Strategi Marketing Software Omnichannel untuk Bisnis

Strategi marketing software omnichannel untuk bisnis, memang bisa? Tentu saja BISA.

Sudah mencoba beragam strategi marketing, namun gagal atau tidak dapat hasil maksimal. Padahal sudah merasa strategi tersebut akan meningkatkan penjualan bisnis.

Sebenarnya belum tentu strategi marketing Anda itu belum baik, lho. Bisa jadi, pelaksanaannya yang belum optimal. Misalnya, Anda sudah melakukan berbagai strategi dan mendapatkan perhatian customer. Tapi, saat customer menghubungi bisnis, lama direspons. Alhasil mereka pindah ke kompetitor lain.

Nah, kini Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah adala software omnichannel yang dapat membantu komunikasi bisnis dengan customer. Oleh sebab itu, tidak jarang pebisnis yang menerapkan strategi marketing software omnichannel.

Strategi marketing software omnichannel saat ini seolah menjadi kewajiban bagi perusahaan atau bisnis dalam mempromosikan produk serta menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Dengan segudang manfaatnya, strategi ini menjawab kebutuhan para pemilik bisnis serta meningkatkan pengalaman pelanggan. Tak heran, para digital marketer gencar menggiatkan promosi di berbagai sosial media serta layanan chat.

Pengertian Startegi Marketing

Strategi marketing adalah rencana suatu perusahaan untuk memperkenalkan brand kepada customer sebanyak dan seluas mungkin untuk mencapai target penjualan.

Strategi marketing ini dapat berisi proposisi nilai perusahaan, cara pemasaran terbaik, informasi tentang sasaran pelanggan dan hal lain yang berhubungan dengan rencana penjualan produk/bisnis Anda.

Dalam strategi ini, Anda sebagai pebisnis perlu memiliki perencanaan yang panjang dan matang. Hal itu karena strategi ini mempertaruhkan nilai dan elemen-elemen penting dari brand dalam sebuah perusahaan.

Tentu dalam menerapkan strategi marketing, umumnya tidak langsung mendapatkan strategi yang tepat untuk bisnis. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan evaluasi dan invoasi strategi bisnis. Dengan begitu, bisnis Anda dapat semakin berkembang.

Tujuan Strategi Marketing

Tiap kegiatan dan rencana bisnis tentu memiliki tujuan yang ingin dicapat. Tidak terkecuali dalam strategi marketing. Pada dasarnya, strategi marketing dibuat uintuk menambah tingkat penjualan bisnis. Baik dalam kuantitas pemesanan barang/jasa dari customer maupun kualitas pelayanan staf terhadap customer.

Selain itu, berikut beberapa tujuan strategi marketing untuk bisnis:

  • Meningkatkan kemampuan koordinasi antar tim atau divisi.
  • Sebagai alat ukur dari hasil penjualan berdasarkan standar prestasi yang ditentukan oleh bisnis.
  • Sebagai dasar untuk mengambil keputusan terkait kegiatan penjualan dan pemasar produk/jasa.
  • Meningkatkan kemampuan beradaptasi jika terjadi perubahan di dalam penjualan produk.

Apa Itu Strategi Marketing Software Omnichannel?

Strategi software omnichannel, yaitu perencanaan bisnis yang menggabungkan berbagai saluran komunikasi untuk menciptakan pengalaman belanja dari customer  yang baik dan menjangkau lebih banyak customer.

Strategi marketing software omnichannel ini menyesuaikan pengiriman konten di berbagai platform untuk memberikan pengalaman konten yang konsisten bagi konsumen. Dengan begitu, promosi yang bisnis Anda buat sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Barantum omnichannel terbaik

Beragam Strategi Marketing Software Omnichannel

Tak hanya sekadar mempromosikan serta menjangkau pelanggan, strategi marketing software omnichannel tentu harus memiliki taktik yang tepat agar tujuan usaha atau bisnis Anda dapat tercapai. Selain itu, taktik yang tepat juga akan melancarkan target promosi dan pemasaran.

Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk menyempurnakan strategi marketing software omnichannel:

1. Perhatikan situs web dan sosial media Anda

Mulailah dengan situs web dan saluran media sosial Anda terlebih dahulu dengan memperhatikan apapun yang belum terselesaikan di sana. Misalnya, rancangkan stus website yang responsive, sehingga pengunjung atau pelanggan Anda merasa nyaman ketika mengakses website Anda. Lalu, pastikan juga Anda memposting secara konsisten dan berinteraksi dengan pengguna yang menghubungi Anda melalui saluran (channel) tersebut.

Jika Anda secara konsisten terlibat dengan pengguna atau pelanggan di Instagram tetapi tidak menjawab di Facebook, mereka akan menyadarinya. Berfokus pada satu dan mengabaikan yang lain akan membuat merek Anda terlihat tidak konsisten dan tidak profesional.

2. Perhatikan konten Anda

Strategi marketing software omnichannel berisi pesan, visual, dan caption yang konsisten di semua saluran, platform, dan perangkat. Membuat konten dalam menjalankan strategi marketing software omnichannel sudah menjadi makanan sehari-hari Anda. Ini berarti bagaimana Anda beserta tim harus bisa menciptakan konten yang dapat menyuarakan bisnis Anda.

Jenis konten seperti apa yang ingin Anda buat? Konten seperti apakah yang paling disukai pelanggan Anda?  Tentu semua ini harus dipikirkan secara matang. Pelanggan dari setiap channel mungkin memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan konten bisnis atau produk Anda terhadap kebutuhan mereka.

3. Selesaikan masalah pelanggan Anda

Saat Anda menambahkan satu saluran ke dalam strategi software omnichannel Anda, jadikan itu sebagai solusi dari pemecahan permasalahan pelanggan Anda. Karena tidak semua pelanggan  aktif di semua platform.

Bukan hanya bagi perusahaan Anda untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas atau untuk menghasilkan lebih banyak penjualan, meskipun itu jelas merupakan manfaat nyata dari membangun strategi software omnichannel. Tetapi ini juga tentang memastikan pelanggan Anda memiliki pengalaman yang mudah dan bebas masalah.

4. Sampaikan pesan dan konten yang sama di semua saluran komunikasi

Untuk menciptakan pengalaman yang konsisten, gunakan pesan yang sama di seluruh saluran. Misalnya, jika Anda menjalankan iklan di berbagai platform media sosial, Anda pasti ingin iklan tersebut memiliki pesan yang sama.

Anda dapat mengubah kata-katanya sedikit, selama keseluruhan pesannya sama. Namun, berhati-hatilah dalam menggunakan konten duplikat secara berlebihan. Anda mungkin mengalami masalah duplikat yang kemudian diberikan peringatan oleh mesin pencari dan platform media sosial. Daripada melakukan copy paste, buatlah pesan dengan kata-kata yang berbeda, namun inti pesannya tetap sama.

5. Berikan CTA di setiap konten atau pesan

CTA yang merupakan kependekkan dari call to action adalah elemen website yang mendorong pengunjung untuk melakukan sesuatu terhadap konten terkait, entah itu melakukan pembelian atau transaksi, pendaftaran, dan sebagainya.

Setiap kali Anda terlibat dengan pelanggan di saluran tertentu –apakah itu di iklan di media sosial, email, pesan, Anda harus mengakhiri keterlibatan dengan CTA yang disesuaikan dengan masing-masing saluran atau platform. Misalnya, iklan pada media sosial harus mengarah ke situs web seluler, bukan versi desktop situs Anda.

6. Buatlah aplikasi jika dibutuhkan

Ini tergantung pada industri bisnis dan produk Anda. Pastikan Anda memiliki alasan yang tepat untuk membuat aplikasi dan memikirkan setiap fungsinya.

Strategi marketing software omnichannel dilakukan agar Anda dapat menyampaikan pesan merek dengan cara yang lebih efektif. Strategi ini tentunya dapat menjangkau pembeli target pada waktu yang tepat, meningkatkan peluang untuk mengubah mereka menjadi prospek.

Dapatkan Software Omnichannel Terbaik untuk Bisnis Anda

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali software omnichannel saat ini. Oleh sebab itu, memilih software omnichannel yang tepat untuk bisnis perlu Anda pertimbangkan dengan matang.  Jangan sampai software omnichannel untuk mempermudah bisnis Anda malah menjadi mempersulit.

Software omnichannel ini menggunakan sistem CRM sehingga mempermudah bisnis mampu dijalankan lebih efektif dan efisien. Bisnis Anda akan lebih mudah jika CRM omnichannel dapat dikostum sesuai dengan kebutuhan bisnis. Salah satu CRM omnichannel terbaik yang bisa Anda dapatkan, yaitu dari Barantum CRM omnichannel.

Barantum omnichannel terbaik

Keunggulan Barantum CRM Omnichannel

Barantum CRM omnichannel adalah pilihan tepat bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda serta menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi. Mari lihat fitur-fitur pada Barantum CRM omnichannel, dalam mengefesienkan komunikasi dengan pelanggan.

1. Barantum Chat Omnichannel

Berkomunikasi dengan pelanggan dari platform yang mereka sukai, mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Semuanya ditampilkan dalam satu layar terpadu, membuat komunikasi Anda lebih efektif dan hemat waktu. Anda juga dapat membuat pesan kampanye produk atau layanan Anda di sini.

2. Tampilan 360 derajat dan laporan analisis

Menyajikan data lengkap, seperti:

– Memantau dan mengelola aktivitas penjualan

– Visualisasi sales pipeline yang berfungsi untuk melacak proses bisnis dan kesepakatan yang sedang berlangsung

– Pelaporan dan analisis untuk menyajikan wawasan (insights) untuk menentukan strategi dan keputusan terbaik.

3. Manajemen tugas lacak KPI

Memiliki fitur pelacakan KPI dan pengelolaan tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh, sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai kebutuhannya.

4. Integrasi dengan WhatsApp API dan berbagai saluran komunikasi

Fitur yang satu ini menghubungkan dengan salah satu divisi paling penting pada sebuah bisnis, yaitu customer service. Selain itu, fitur ini bertindak sebagai omnichannel chat, yaitu terhubung dengan WhatsApp.

Tidak hanya itu, software omnichannel CRM Barantum ini mampu mengintegrasikan berbagai platfrom saluran komunikasi. Bahkan Anda juga dapat menggunakan chatbot untuk membantu melayani pelanggan dengan mudah.

5. GPS tracking

Memiliki fitur Live GPS yang dapat melacak lokasi walaupun secara offline sekalipun pada waktu yang sebenarnya.  

6. Mobile app

Memiliki fitur yang mampu dijalankan secara mobile. Hal ini sangat menguntungkan bagi staf lapangan karena aplikasi dapat diakses dimanapun mereka berada. Tim lapangan dapat membuat laporan aktivitas mereka secara real-time dan Anda dapat mengaksesnya di tempat yang berbeda.

7. Otomatisasi dokumen

Memiliki sistem yang menganut pengambilan, pelacakan, penyimpanan, serta pengelolaan yang dilakukan secara otomatis. Otomatisasi ini sangat bermanfaat karena sebuah bisnis tentu tidak lepas dari adanya dokumen-dokumen penting yang harus disimpan secara lengkap dan rapi, agar meminimalisir kesalahan yang terjadi.

Barantum omnichannel terbaik

Anda bisa mendapatkan beragam kemudahan tersebut dari Barantum. Dengan begitu, pekerjaan bisnis Anda lebih cepat, efisien, dan dan cerdas. Anda pun dapat berdiskusi dengan staf profesional kami terkait kebutuhan bisnis Anda menggunakan CRM omnichannel.

Segera daftarkan bisnis Anda dan dapatkan uji coba gratis selama 7 hari dari DI SINI.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".