Apa saja manfaat dari analisis pelanggan?

Bagi tim sales, strategi yang sempurna tidak akan berguna kalau tidak memahami pelanggan dengan baik. Banyak tim yang menjalankan metode penjualan yang sempurna, namun seringkali mendapatkan hasil di bawah standar. Ini bukan karena kurangnya upaya mereka, namun karena mereka kurang memahami para pelanggan.

Untuk penjualan yang sukses, hal pertama dan terpenting yang harus Anda lakukan adalah memahami pelanggan Anda dan mempersiapkan strategi penjualan Anda sesuai dengan informasi ini. Oleh karena itu, Anda harus melakukan analisis pelanggan secara menyeluruh. Dengan analisis pelanggan, Anda tidak hanya akan dapat memahami audiens target Anda dengan lebih baik, tetapi juga meningkatkan peluang tim Anda untuk menyelesaikan lebih banyak transaksi.

Bagaimana analisis pelanggan bekerja untuk mewujudkannya?

Analisis pelanggan mengungkap perilaku pelanggan

Ketika pelanggan mengunjungi situs web Anda, misalnya, mereka melakukannya karena alasan tertentu. Mengetahui mengapa mereka melakukannya memberi Anda pengaruh dalam menjual produk atau layanan Anda kepada mereka.

Hal ini dikarenakan kebutuhan setiap pelanggan berbeda-beda. Misalnya, jika tim Anda menjual polis asuransi, kemungkinan besar Anda memiliki lebih dari satu atau dua portofolio seperti asuransi mobil, asuransi kesehatan, asuransi rumah. Anda tidak mungkin mengirimkan email yang menjual asuransi mobil kepada seseorang yang membutuhkan asuransi rumah. Prosedur seperti analisis pelanggan membantu Anda mengetahui apa yang berpotensi diinginkan setiap orang hanya dengan melihat data yang tersedia.

Selain itu, dengan data yang mudah diakses di satu tempat, Anda dapat mempelajari semua interaksi bersama pelanggan. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi metode yang tepat untuk setiap pelanggan Anda. Sehingga, Anda dapat memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

Analisis pelanggan membantu Anda menargetkan pelanggan lebih baik

Kampanye pemasaran di platform seperti Facebook, LinkedIn, Twitter, Email, dapat gagal jika tidak dilakukan dengan benar. Salah satu manfaat analisis pelanggan adalah meningkatkan kemampuan Anda untuk mendapatkan wawasan tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak.

Karena Anda memiliki  data pelanggan yang ada di saluran penjualan, Anda dapat dengan cepat menganalisis ini untuk mendapatkan informasi bermanfaat, seperti dari mana sebagian besar pelanggan Anda berasal dan penjualan (jenis produk) mana yang paling menarik. Semua ini bersatu untuk menginformasikan kampanye penjualan dan pemasaran apa pun yang Anda luncurkan berikutnya.

Analisis pelanggan menunjuk pelanggan ideal Anda

Dengan analisis pelanggan, Anda memiliki pandangan yang lebih jelas tentang demografi pelanggan, yang merupakan bagian penting dari strategi pemasaran apa pun. Jika Anda menjalankan bisnis di sebuah negara misalnya, ada kemungkinan besar di sinilah sebagian besar audiens Anda akan ditemukan. Anda bahkan dapat menggali lebih dalam untuk melihat kategori audiens apa yang sesuai dengan pelanggan ideal Anda.

Misalnya, orang yang sudah menikah lebih mungkin untuk membeli polis asuransi jiwa daripada seseorang yang masih kuliah. Intinya, analisis pelanggan memberi tahu Anda kepada siapa Anda harus menjual. Dengan cara ini, anggota tim Anda tidak akan menghabiskan waktu mengejar pelanggan yang pada akhirnya tidak memberikan kontribusi sepeser pun ke ROI Anda.

Analisis pelanggan memungkinkan Anda memprediksi lebih baik

Kebanyakan tim sales bisa sukses karena mereka bisa memprediksi apa yang akan terjadi dalam bisnis nantinya. Melalui analisis pelanggan, mereka melihat perilaku pembelian pelanggan dari waktu ke waktu, status mereka saat ini, lokasi, dll. Hasilnya, mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang kampanye pemasaran, strategi penjualan, alat, dan semua hal lain yang dapat membuat tujuan tersebut lebih mudah dicapai.

Analisis pelanggan membantu Anda mempertahankan pelanggan

Sekitar 62% perusahaan sekarang berinvestasi dalam sumber daya untuk memenuhi permintaan pelanggan yang terus berubah. Ini untuk memberi tahu Anda bagaimana retensi pelanggan sama pentingnya dengan mendapatkan pelanggan baru. Misalnya, tidak mempersonalisasi komunikasi kepada pelanggan Anda dapat membuat mereka meninggalkan perusahaan Anda dan kemudian pergi ke bisnis lainnya atau kompetitor Anda.

Ini juga menjadi semakin penting karena hanya segelintir pelanggan yang mengeluh tentang masalah seperti ini alih-alih beralih secara tiba-tiba. Analisis pelanggan membantu Anda keluar dari masalah ini. Ini dapat membantu Anda memahami masalah pelanggan, apa yang menarik minat mereka, serta informasi penting seperti sarana komunikasi pilihan mereka.

Analisis pelanggan lebih mudah dengan CRM

Sebagai alat yang membantu Anda mengelola hubungan dengan pelanggan dan prospek Anda, CRM adalah salah satu alat penting yang harus dimiliki oleh tim penjualan mana pun.

Meskipun telah disebutkan beberapa manfaat menggunakan analisis pelanggan, menjalankan analisis ini bisa lebih mudah dengan menggunakan CRM. Jika Anda sudah memilikinya, periksa apakah CRM Anda memiliki fitur ini. Sebagian besar platform memungkinkan Anda untuk mengkategorikan prospek Anda berdasarkan bagaimana mereka berinteraksi dengan aset digital Anda. Dengan cara ini, Anda juga dapat mempersonalisasi komunikasi Anda dengan pelanggan dan prospek tanpa mencampuradukkannya.

Pada akhirnya, CRM yang ideal juga dilengkapi dengan fitur analisis pelanggan yang membantu Anda melakukan analisis mendalam tentang sumber prospek, kunjungan situs, pelanggan, demografi, dll. Informasi ini sering disajikan dalam dasbor yang mudah dibaca, memastikan bahwa Anda memiliki semua yang Anda butuhkan tentang prospek dan pengguna Anda saat ini.

Coba CRM Barantum sekarang, kunjungi www.barantum.com

Artikel terkait :

WHATSAPP CRM, MEDIA EFEKTIF UNTUK MERANCANG SEBUAH ANALISA DATA BERDASARKAN DATABASE CUSTOMER

Cara Menjual Agar Sukses, Manfaatkan Analisa CRM

5 FITUR ISTIMEWA WA BUSINESS API YANG DI SUKA PELAKU BISNIS

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".