Tutorial Kirim Broadcast WA Tanpa Simpan Nomor

Sebagai aplikasi yang diminati lebih dari 2 miliar pengguna, WhatsApp menjadi media strategis untuk melakukan promosi. Salah satunya dengan fitur broadcast yang kini Anda bisa kirim broadcast WA tanpa perlu simpan nomor pelanggan. Bagaimana cata kirim broadcast WA tanpa simpan nomor? Yuk, simak caranya dalam artikel ini!

Apa Yang Dimaksud dengan Broadcast WA Tanpa Simpan Nomor?

Broadcast WhatsApp (WA) tanpa simpan nomor adalah cara mengirim pesan ke banyak nomor pelanggan tanpa perlu memilih ulang daftar nomor penerimanya. Untuk bisa menggunakan broadcast WA tanpa simpan nomor hanya bisa dilakukan di WhastApp Business API (atau bisa disebut WABA).

WABA merupakan WhastApp Business lanjutan yang khusus dibuat untuk keperluan bisnis dengan beragam fitur unggulan yang tidak dapat ditemukan pada WhatsApp Business standar. Fitur broadcast pada WABA ini memungkinkan Anda bisa mengirim broadcast ke banyak nomor tanpa batas. Anda pun tidak perlu simpan nomor untuk melakukan broadcast. Sehingga kinerja agen bisnis Anda menjadi lebih efektif.

WA Blast Resmi Tanpa Takut Terblokir by Barantum

Mengapa Bisnis Perlu Broadcast WA Tanpa Simpan Nomor?

Bisnis perlu menggunakan broadcast tanpa simpan kontak karena dapat memudahkan dan mempercepat pengiriman pesan ke banyak kontak pelanggan bisnis. Sehingga agen Anda tidak perlu mengirim satu per satu ke kontak pelanggan yang akan memakan waktu lama dan tidak efektif. Jadi, dengan penggunaan broadcast ini, agen lebih mudah untuk mengirimkan promosi ke banyak pelanggan bisnis tanpa banyak menyita waktu kerjanya. Alhasil target penjualan bisnis pun lebih cepat tercapai.

Apa Manfaat Broadcast WA Tanpa Simpan Nomor?

Adapun manfaat penggunaan broadcast WA tanpa simpan nomor sebagai berikut:

1. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Manfaat pertama dari broadcast WA tanpa simpan nomor, yaitu mampu menjangkau banyak pelanggan. Broadcast memiliki fungsi utama sebagai mengirim pesan secara massal. Sehingga memungkinkan Anda untuk menjangkau banyak pelanggan dalam satu waktu. Kemudahan tersebut dapat berpengaruh pada tingkat penjualan bisnis.

2. Menghemat Waktu

Manfaat lainnya dari broadcast WA tanpa simpan nomor, yaitu agen mampu menggunakan waktunya lebih efektif. Dengan menggunakan broadcast tanpa simpan nomor, Anda tidak perlu menyalin ulang tiap pesan yang ingin dikirimkan ke masing-masing pelanggan. Pasalnya saat menggunakan cara manual akan sangat menghabiskan waktu dan tenaga. Sehingga akan menghambat produktivitas agen. Dengan broadcast, Anda bisa 33% mengefisiensikan waktu kerja agen.

3. Menghemat Biaya

Manfaat berikutnya, yaitu Anda bisa memangkas biaya pengeluaran bisnis. Karena Anda bisa memanfaatkan broadcast ini sebagai media promosi dengan biaya yang lebih hemat dibandingkan melakukan promosi di berbagai macam media lainnya, seperti website, iklan, brosur dan lain-lain.

4. Meningkatkan Penjualan

Manfaat terakhir, yaitu penjualan bisnis Anda dapat meningkat. Banyaknya manfaat yang diperoleh dari WA Blast di atas berhubungan dengan potensi meningkatnya penjualan bisnis Anda. Bayangkan, jika Anda dapat menjangkau banyak pelanggan dalam waktu singkat tentu akan meningkatkan konversi penjualan bisnis Anda.

Apakah Broadcast WA Tanpa Simpan Nomor Berbayar?

Broadcast merupakan fitur yang terdapat dalam WhatsApp Business API. Dalam penggunaannya, Anda akan dikenakan biaya per bulan. Facebook akan mengirimkan invoice ke email Anda di minggu pertama di setiap bulannya.

Biaya penggunaan WhatsApp Business API ditentukan oleh pihak Facebook dan bervariasi tergantung dimana percakapan dimulai.

  1. Percakapan yang diinisiasi pelanggan (Customer Initiated)
    Yaitu percakapan yang dimulai oleh pelanggan dengan mengirimkan pesan terlebih dahulu kepada perusahaan bisnis. Sesi customer initiated akan mulai dihitung dari mulai bisnis membalas pesan pelanggan.

    Pada customer initiated ini bisnis akan dikenakan tarif Rp271,- per satu pesan dalam 24 jam sesi chat dan nomor Indonesia.

  2. Percakapan yang diinisiasi bisnis (Business Initiated)
    Yaitu percakapan yang dimulai oleh bisnis dengan mengirimkan pesan dahulu kepada pelanggan. Bisnis memulai mengirimkan template pesan kepada pelanggan yang sudah di approve oleh Facebook.

    Pada business initiated dikenakan tarif Rp465,- per satu pesan chat dalam 24 jam sesi chat dan nomor Indonesia.

WA Blast Resmi Tanpa Takut Terblokir by Barantum

Namun jangan khawatir! Pihak Facebook memberikan keluasan dan tidak akan memungut biaya (gratis) untuk setiap 1.000 percakapan pertama setiap bulannya. Percakapan ini baik yang diinisiasi oleh pelanggan maupun pelaku bisnis.

 

Bagaimana Cara Mengirim Broadcast WA Tanpa Simpan Nomor?

Berikut ini 5 langkah untuk cara mengirim broadcast WA tanpa simpan nomor:

1. Login ke Dashboard WA Blast Resmi by Barantum

Tutorial Cara WA Blast - Step 1Langkah pertama adalah Anda harus login terlebih dahulu ke Dashoard BarantumChat atau kunjungi https://CRMv5.barantum.com/barantumchat.

2. Import Daftar Kontak Tujuan/Penerima (List Receiver)

Tutorial Cara WA Blast - Step 2Langkah selanjutnya adalah dengan meng-import daftar penerima (list receiver) yang akan menjadi target broadcast Anda. Anda bisa mengelompokkannya sendiri dengan memberikan nama daftar untuk setiap daftar penerima yang Anda buat. Misalnya: Pelangan Produk A, Pelanggan Produk B dan sebagainya.

3. Membuat Template Pesan Broadcast

Tutorial Cara WA Blast - Step 3Setelah daftar penerima berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat template pesan broadcast yang akan Anda kirim. Anda juga bisa memanggil nama kontak secara otomatis pada template pesan. Ada juga fitur Call to Action (CTA) berupa Button dan Quick Reply.

Pada CTA Button, Anda bisa memberikan tautan pada produk terkait, halaman pembayaran, website, halaman toko, link marketplace dan sebagainya. Untuk Quick Reply, Anda bisa memberikan beberapa pilihan opsi ‘pilihan cepat’ untuk respons dari pesan Anda nantinya, misal ‘Ya, saya tertarik!‘, atau ‘Apa ada promo lainnya?‘ dan sebagainya.

4. Periksa Kembali Template Broadcast Anda

Tutorial Cara WA Blast - Step 4

Template pesan broadcast yang Anda buat akan diperiksa terlebih dahulu oleh pihak Facebook untuk memastikan Anda tidak melanggar syarat dan ketentuan mereka. Dan pastikan kembali template yang Anda buat tidak ada typo atau kesalahan penulisan lainnya.

5. Pesan Broadcast Siap Dikirim ke Ribuan Pelanggan!

Tutorial Cara WA Blast - Step 5

Setelah template pesan disetujui oleh pihak Facebook dan status menjadi APPROVED. Selamat! Template pesan Anda sudah siap untuk dikirim ke ribuan pelanggan Anda. Selanjutnya adalah Anda hanya perlu mengklik tombol Send Now, maka seluruh pesan akan terkirim ke penerima secara bersamaan secara real time.

Mengingat broadcast tanpa simpan nomor hanya bisa dilakukan di WhastApp Business API, maka Anda perlu mendapatkannya terlebih dahulu. WhatsApp Business API hanya bisa didapatkan jika Anda bekerja sama dengan Business Solution Provider (BSP) WhatsApp. Namun, pastikan Anda bekerja sama dengan BSP atau Mitra Resmi WhatsApp yang terpercaya, seperti Barantum. Bekerja sama dengan BSP ilegal berisiko akun bisnis Anda diretas dan terjadi pencurian data.

Bagaimana Cara Mendapatkan Broadcast WA Resmi?

Berikut ini 3 langkah untuk mendapatkan fitur broadcast menggunakan WhatsApp Business API resmi:

1. Daftarkan Nomor Anda ke Mitra Resmi WhatsApp, Barantum

Cara Mendapatkan WA Blast 1 - Daftar ke Mitra Resmi WhatsApp, Barantum

Broadcast merupakan salah satu fitur dari WhatsApp Business API. Untuk mendapatkannya, Anda perlu untuk mendaftarkan nomor bisnis Anda ke Mitra Resmi WhatsApp Barantum. Selanjutnya, tim Barantum akan menyiapkan fitur Broadcast yang Anda butuhkan.

Pastikan Anda mendaftar di Mitra Resmi WhatsApp terpercaya seperti Barantum. Hal ini demi kenyamanan dan keamanan Anda, dan juga agar mendapatkan layanan support terbaik yang fast respons ketika mengalami kendala nantinya.

2. Lakukan Verifikasi Facebook Business Manager Anda

Cara Mendapatkan WA Blast 2 - Verifikasi Akun Facebook Business Manager
Selanjutnya, BSP WhatsApp akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda. Proses ini sangat penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Sementara itu, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Fitur Broadcast Siap Digunakan

Cara Mendapatkan WA Blast 3 - Fitur WA Blast Siap Digunakan

Setelah proses verifikasi berhasil. Anda sudah bisa mulai menggunakan broadcast dengan cara masuk ke dashboard/layanan yang telah disediakan Mitra Resmi WhatsApp yang Anda pilih, Barantum. Selanjutnya Anda bisa mengikuti cara mengirim broadcast tanpa simpan nomor di atas.

Dapatkan Fitur Broadcast WA Resmi Sekarang!

Sebagai mitra resmi WhatsApp di Indonesia, Barantum dapat membantu bisnis Anda untuk mendapatkan fitur WA Blast dengan menggunakan WhatsApp Business API. Dengan begitu, Anda dapat mengirimkan pesan broadcast tanpa khawatir nomor bisnis Anda akan diblokir.

Selain aman dan terpercaya, tim kami siap membantu dan memberikan layanan support terbaik untuk Anda. Dengan mendaftar di Barantum, Anda juga bisa menggunakan fitur WhatsApp Business API lainnya seperti Centang Hijau WA, Chatbot WA atau Bot WhatsApp, Alokasi Chat per Agent dan masih banyak lagi.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.


Kirim WA Blast Tanpa Simpan Kontak by Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".