Panduan Mendapatkan WhatsApp Bot Terbaru

Chatbot atau robot percakapan merupakan suatu program yang didesain khusus untuk membalas percakapan secara otomatis. Robot percakapan ini bisa kita temui pada platform percakapan yang memiliki akses API (Application Programming Interface), contohnya seperti Telegram dan WhatsApp.

Sebagai platform percakapan nomor 1 (satu) saat ini, WhatsApp juga menyediakan akses API dimana API tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat fitur-fitur baru dari aplikasi tersebut, contohnya seperti fitur WA Blast dan WhatsApp Bot ini.

Untuk itu, Anda sudah berada di artikel yang tepat. Apa itu WhatsApp Bot? Bagaimana cara kerjanya? Sampai bagaimana cara untuk mendapatkan chatbot itu sendiri akan dibahas di artikel ini. Ayo simak selengkapnya!

Apa itu WhatsApp Bot?

Chatbot WA atau WhatsApp Bot adalah robot percakapan yang didesain untuk menjawab atau membalas pesan secara otomatis berdasarkan kata kunci tertentu yang telah diatur sebelumnya pada platform WhatsApp. Tujuannya adalah untuk memberikan layanan pelanggan yang cepat dan efektif.

Dengan menggunakan Chatbot WA, Anda dapat memberikan pelayanan pelanggan yang cepat dan menghemat banyak waktu. WhatsApp Bot ini biasanya digunakan oleh perusahaan atau bisnis yang memiliki lalu lintas percakapan yang tinggi mulai dari ratusan sampai dengan puluhan ribu chat masuk perharinya.

Jika WA Blast berfungsi untuk mengirimkan pesan ke banyak pelanggan sekaligus, Chatbot WA berfungsi untuk membalas pesan banyak pelanggan sekaligus secara otomatis.

Cara kerja chatbot WA ini sangat sederhana. Sistem ini bekerja berdasarkan kata kunci yang sudah tercatat di dalam sistem. Jadi, setiap kali menerima pertanyaan dari pelanggan, secara otomatis bot akan menyesuaikan jawaban yang sesuai dengan kata kunci dari pertanyaan tersebut.

Chatbot tidak hanya sekadar menjawab pertanyaan statis saja. Namun, jawaban yang diberikan juga bisa bersifat dinamis sesuai dengan kebutuhan informasi pelanggan. Contohnya untuk beberapa tipe jawaban pelanggan untuk “penolakan”, berupa tidak, enggak mau, enggak jadi dan sebagainya dengan respons atau jawaban yang dapat disesuaikan nantinya.

Apa Manfaat WhatsApp Bot Untuk Bisnis?

Berikut manfaat yang dapat dapatkan jika bisnis Anda menggunakan fitur Chatbot WA:

1. Layanan Pelanggan 24/7

Konsumen membutuhkan pelayanan secepat mungkin untuk melayani kebutuhan mereka. Namun kita tahu pasti ada batasan jam kerja apabila bisnis menggunakan layanan konsumen menggunakan tenaga manusia. Dengan menggunakan chatbot yang responsif, konsumen akan mendapatkan pelayanan setiap saat tanpa ada batasan waktu.

2. Cara Kerja Yang Sederhana

Chatbot WA ini memiliki cara kerja yang sangat sederhana. Hanya memasukkan kata kunci ke dalam sistem, pelanggan Anda bisa mendapatkan jawaban dengan cepat sesuai kata kunci tersebut. Selain itu juga dapat mempermudah pekerjaan staf customer service dalam melayani pelanggan.

Anda dapat mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan dan mongonversinya menjadi kata kunci dan respons apa untuk kata kunci tersebut. Lalu, jika ada pertanyaan yang tidak dapat diselesaikan oleh chatbot WA ini, Anda bisa menyiapkan respons agar pelanggan dapat menunggu beberapa saat sehingga staf Anda dapat mengambil alih percakapan dan menjawabnya secara personal.

3. Bisnis Lebih Produktif dan Efektif

Proses yang sederhana membuat pekerjaan staf customer service Anda lebih efektif dan lebih produktif. Staf Anda dapat lebih fokus pada permasalahan pelanggan yang bersifat lebih teknis yang tidak dapat diselesaikan oleh chatbot. Pelanggan yang memiliki pertanyaan tidak seluruhnya langsung terhubung dengan customer service. Melainkan terhubung dengan chatbot terlebih dahulu, jika ditemukan pertanyaan yang tidak dapat diselesaikan oleh chatbot barulah staf Anda dapat mengambil alih percakapan tersebut.

4. Menghemat Waktu dan Biaya

Dengan menggunakan WhatsApp Bot, bisnis juga dapat menghemat banyak waktu dan biaya. Bisnis dapat menghemat banyak waktu yang terbuang untuk membalas pesan pelanggan secara satu per satu, dan menghemat biaya untuk menyewa lebih banyak staf untuk menangani pesan atau chat yang masuk. Chatbot dapat otomatis merespons setiap pertanyaan pelanggan sesuai kata kunci dan dengan respons yang cepat.

5. Mengurangi Adanya Kesalahan (Human Error)

Tidak ada karyawan yang sempurna dan tidak pernah melakukan kesalahan. Kesalahan bisa saja terjadi saat staf customer service sedang menangani pelanggan, seperti salah membalas chat, terjadinya typo atau lupa untuk membalas pesan pelanggan. Namun, hal tersebut bisa diminimalisir dengan adanya chatbot ini. Karena chatbot ini bersifat konsisten dan memberikan jawaban sesuai pertanyaan yang diajukan atau kata kunci yang diberikan.

6. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Dengan menggunakan chatbot WA tentu akan meningkatkan customer experience (pengalaman pelanggan) bisnis Anda. Kemampuan bisnis untuk menangani dan menjawab banyak pelanggan dan memberikan pelayanan secara cepat tentu akan semakin banyak pula pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan bisnis Anda.

Apabila bisnis dapat melayani pelanggan setiap saat dengan bantuan fitur chatbot, maka pelanggan akan semakin merasa puas karena mendapatkan pelayanan yang mereka inginkan. Di samping itu, layanan pelanggan yang selalu tersedia selama 24 jam. Pelanggan dapat bertanya kapan saja dan langsung mendapatkan jawaban. Hal ini juga dapat lebih meningkatkan keuntungan bisnis.

Bagaimana Cara Kerja WhatsApp Bot?

Cara kerja WhatsApp Bot dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Misalnya Anda dapat mengatur bot untuk memberikan jawaban atas pertanyaan pelanggan melalui pesan teks ataupun suara. Ada 4 macam metode sistem operasional yang dimiliki oleh chatbot, dilansir dari tempo.co, yaitu:

1. Pattern Matcher (Penyesuaian pola)

Pada metode ini, bot menggunakan strategi penyesuaian pola (Pattern Matching) saat mengelompokkan teks. Chatbot yang berbasis aturan atau skrip dan terstruktur sebagian besar termasuk dalam kategori pattern matcher. Chatbot tersebut menggunakan basis pengetahuan yang berisi dokumen dan setiap dokumen terdiri dari pola dan template tertentu.

Maka, setiap kali chatbot memperoleh pertanyaan, ia akan memberikan respons apapun yang sekiranya tepat dengan pola terkait. Namun, jika ada bentuk permintaan yang di luar dari bentuk pola, maka ia tidak akan mampu memberikan jawaban yang sesuai.

2. Suitable Algorithms (Kecocokan Algoritma)

Chatbot berbasis algoritma tidak hanya mencocokkan pola dengan respons, mereka memilih algoritma pencocokan pola dan membandingkan kalimat masukan dengan respon dalam korpus data. Algoritma memainkan peran utama di sini karena mereka membantu chatbot dalam menganalisis kumpulan data besar. Ini mengurangi pekerjaan pencocokan pola.

3. Decision Tree-Based (Berbasis Pohon Keputusan)

Decision tree-based merupakan salah satu sistem bot yang sering dijumpai pada bot yang memberikan opsi pertanyaan di awal percakapan. Cara kerja chatbot satu ini bisa dibilang kurang ramah pengguna. Karena pengguna harus mengikuti urutan jawaban yang sudah terprogram oleh mesin bot. Metode ini bisa rumit atau simpel tergantung bagaimana perancangan konsepnya.

Namun, banyak pula pemilik bisnis yang menggunakan metode ini karena tingkat kerumitannya yang rendah, lebih cepat, dan tetap berguna dalam melayani pertanyaan para pengguna.

4. Contextual (Kontekstual)

Untuk bisa menciptakan percakapan secara beraturan, chatbot kontekstual mengandalkan sistem kecerdasan buatan dengan Machine Learning (ML). Dikutip dari senseforth.ai, teknologi yang sering digunakan untuk menciptakan metode kerja kontekstual pada chatbot, yaitu Natural Language Processing (NLP). NLP merupakan teknologi yang memudahkan AI untuk bisa memahami bahasa alami sesuai maksud pengguna.

Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Bot?

Adapun cara membuat chatbot di WhatsApp, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia
Langkah pertama untuk mendapatkan dan menggunakan WhatsApp Business API adalah mendaftarkan bisnis Anda ke BSP WhatsApp Resmi, Barantum. Barantum inilah yang akan membantu Anda untuk mendapatkan fitur chatbot secara resmi untuk bisnis Anda.

2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Verifikasi Facebook Business Manager

Chatbot WA ini merupakan salah satu fitur dari WhatsApp Business API, dan karena WhatsApp adalah miliki Facebook (Meta) maka untuk mengakses dan menggunakan WhatsApp API ini Anda diharuskan untuk memverifikasi Akun Facebook Business Manager Anda.

Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan terpercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Bisnis/Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP Bisnis

3. Login ke Chat Panel Barantum.com, BarantumChat

Cara Membuat Chatbot WA - Login ke Barantum Chat

Setelah proses verifikasi bisnis Anda berhasil dan disetujui, selanjutnya Anda akan diberikan informasi akun atau akses login untuk masuk ke chat panel Barantum,com, yaitu BarantumChat.

Untuk mengaksesnya Anda bisa membuka tautan berikut BarantumChat

4. Menentukan Alur Percakapan WhatsApp Bot

Dapatkan Chatbot WhatsApp Dengan WhatsApp Business API dari Barantum

Anda bisa membuat alur percakapan chatbot sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bisnis Anda. Anda bisa memasukkan informasi yang sering kali ditanyakan oleh pelanggan. Dengan begitu pertanyaan pelanggan dapat langsung terjawab secara otomatis.

5. Gunakan dan Uji Coba WhatsApp Bot Anda!

Dapatkan Chatbot WhatsApp Dengan WhatsApp Business API dari BarantumSelamat, Anda sudah berhasil membuat chatbot Anda sendiri. Langkah selanjutnya adalah menguji coba chatbot WA yang telah Anda buat.

Dapatkan dan Buat WhatsApp Bot Anda Sekarang!

Dapatkan Chatbot WhatsApp Dengan WhatsApp Business API dari Barantum
Anda dapat mendapatkan chatbot WA dan membuat alur percakapan chatbot Anda sendiri dengan menggunakan Barantum. Barantum merupakan WhatsApp Business Parnert terbaik yang bisa membantu dan mempermudah Anda untuk mendapatkan fitur chatbot WA dari WhatsApp Business API.

Dengan mendaftar di Barantum juga Anda tidak hanya mendapatkan fitur WhatsApp Bot, tapi juga mendapatkan fitur WhatsApp Business API lainnya seperti fitur Centang Hijau WA, WA Blast, WhatsApp Multi User, WhatsApp Multi Device dan banyak lagi fitur lainnya yang bisa Anda dapatkan. Tunggu apalagi? Ayo daftar sekarang!

Rekomendasi Artikel

  1. 5 Alasan Perlu Verified Badge Pada Akun WhatsApp Bisnis Anda
  2. Perbedaan Akun Bisnis WhatsApp Centang Hijau dan Tidak
  3. Catat! Begini 5 Cara Promosi Jitu Menggunakan WA Business
  4. Begini 5 Kelebihan WA Business Untuk Optimalkan Penjualan
  5. Laku Keras, Manfaatkan WhatsApp Business untuk Tingkatkan Penjualan

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang