Setiap bisnis pasti ingin menjangkau banyak pelanggan dalam satu waktu. Fitur broadcast WA memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan yang sama ke beberapa kontak secara bersamaan, yang sangat berguna bagi para pelaku bisnis dan profesional pemasaran dalam menyebarkan informasi dengan cepat.

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan WA broadcast.

Apa itu Broadcast WA?

Broadcast WhatsApp atau broadcast WA adalah pesan yang dikirimkan secara massal ke banyak penerima sekaligus, fitur ini juga dikenal dengan nama WhatsApp Blast.

Dengan fitur ini memungkinkan pengguna cukup membuat satu pesan saja yang secara otomatis dapat dikirim ke banyak kontak sekaligus tanpa harus mengirimkannya satu per satu.

Secara singkat, untuk menggunakan fitur Broadcast WA, Anda harus memilih opsi “New Broadcast” dan menambahkan kontak yang ingin dituju.

Setelah itu, pengguna dapat mengetik pesan yang ingin dikirim dan mengirimkannya ke semua kontak dalam daftar Broadcast.

Pesan yang dikirim melalui fitur Broadcast WA tidak dapat diubah atau dihapus setelah dikirim. Jadi, pengguna harus berhati-hati dan memastikan pesan yang dikirim benar-benar sesuai dengan tujuan pengirimannya.

Baca juga: Perbedaan WhatsApp Biasa,WhatsApp Business & WhatsApp API
new cta_waba_3

Bagaimana Cara Menggunakan Broadcast WhatsApp?

Cara menggunakan dan melakukan broadcast wa pada perangkat android maupun ios tidak jauh berbeda, simak penjelasannya berikut ini:

1. Mengirimkan Pesan Broadcast WhatsApp Melalui Android

Untuk cara mengirimkan pesan broadcast WhatsApp melalui Android, Anda bisa mengikut langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp dari perangkat Android Anda.
  • Pada menu pesan (chat), klik ikon titik tiga yang terletak pada bagian kanan atas.
  • Pilih opsi New Broadcast atau Siaran baru.
  • Setelah itu, pilih kontak yang ingin dikirimi pesan broadcast maksimal 256 kontak, kemudian klik ikon centang.
  • Lalu, tampilan akan dialihkan ke chat room pesan broadcast.
  • Buat pesan yang diinginkan, Anda bisa juga mencantumkan foto, video, kontak, maupun lokasi.
  • Terakhir, klik tombol Send.

2. Mengirimkan Pesan Broadcast WhatsApp Melalui iOS

Untuk cara mengirimkan pesan broadcast WhatsApp melalui iOS, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat iOS.
  • Klik opsi Broadcast Lists pada bagian kiri atas pada laman Chats.
  • Klik New List untuk membuat daftar kontak yang ingin dikirimi pesan dan pilihlah kontak tersebut.
  • Tampilan akan dialihkan ke chat room baru untuk pesan broadcast.
  • Buat pesan yang diinginkan, Anda bisa juga mencantumkan foto, video, kontak, maupun lokasi..
  • Klik ikon Send dan broadcast berhasil terkirim.

Baca juga: Cara Kirim Blast WhatsApp ke Ribuan Nomor Sekaligus

new cta_waba_1

Apa Manfaat Broadcast WA?

Manfaat dari broadcast wa mirip dengan wa blast. Namun, selain untuk efisiensi mengirim pesan ke banyak penerima dalam satu waktu, manfaat lainnya adalah:

1. Efisiensi Komunikasi

Pertama, dengan Broadcast WhatsApp , bisnis dapat dengan mudah mengirim pesan promosi, informasi produk, atau berita terkini kepada seluruh daftar pelanggan atau kontak secara bersamaan.

Ini mengurangi waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk mengirim pesan individual ke setiap pelanggan.

2. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Kedua, broadcast dapat membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan karena pesan langsung terkirim ke ponsel mereka.

Dibandingkan dengan email atau media iklan lainnya, WhatsApp memiliki tingkat pembacaan yang lebih tinggi, yang berarti peluang pesan dilihat lebih tinggi.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Yang Efektif

3. Promosi dan Penawaran Khusus

Berikutnya, Broadcast WhatsApp memungkinkan bisnis untuk mengirimkan penawaran khusus, diskon, atau promosi kepada pelanggan secara eksklusif.

Ini dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian atau merespons lebih cepat, karena merasa mendapatkan kesempatan yang unik.

4. Hemat Biaya

Selanjutnya, dengan mengirim pesan melalui Broadcast WhatsApp relatif lebih ekonomis dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti iklan cetak atau pemasaran melalui SMS.

Selain itu, mengirim pesan melalui WhatsApp tidak menarik biaya tambahan untuk pengiriman internasional, yang dapat sangat menguntungkan jika bisnis Anda beroperasi secara global.

5. Survei dan Umpan Balik

Terakhir, Broadcast WhatsApp juga dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan survei atau permintaan umpan balik kepada pelanggan.

Bisnis dapat mengetahui pandangan pelanggan tentang produk atau layanan mereka dan menggunakan informasi ini untuk meningkatkan kualitas bisnis mereka.

Baca juga: Kepuasan Pelanggan: Arti, Cara Mengukur dan Meningkatkannya

Apa Kekurangan dari Broadcast WhatsApp?

perbedaan-wa-blast-dan-broadcast (1)

Baca juga: Top 10 Software WhatsApp Broadcast Terbaik di Indonesia

Secara fitur, WhatsApp broadcast mirip dengan WhatsApp blast, namun untuk wa broadcast memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

1.Pembatasan Jumlah Penerima

WhatsApp membatasi jumlah penerima dalam satu daftar broadcast hingga 256 kontak, sehingga kurang cocok untuk mengirim pesan ke audiens yang sangat besar.

2.Tidak Ada Interaksi Dua Arah yang Efektif

Pesan yang dikirim melalui broadcast hanya dapat diterima oleh kontak yang menyimpan nomor pengirim, dan respon dari penerima tidak dapat dilihat oleh pengguna lain, sehingga interaksi dua arah terbatas.

3.Kurangnya Personalisasi

Pesan broadcast tidak dapat dipersonalisasi, sehingga pesan cenderung generik dan mungkin kurang relevan bagi sebagian penerima.

4.Risiko Diblokir atau Dilaporkan

Jika pesan dianggap mengganggu, penerima bisa memblokir atau melaporkan nomor pengirim, yang berpotensi menyebabkan akun WhatsApp pengirim diblokir.

5.Keterbatasan Analitik

WhatsApp tidak menyediakan alat analitik yang mendalam, sehingga sulit untuk mengukur efektivitas pesan yang dikirimkan melalui broadcast.

Dapatkan Aplikasi WhatsApp Blast dan Broadcast WA Tanpa Batas Sekarang

Mockup Sistem Barantum

Dengan fitur broadcast ini, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengirim pesan kepada banyak orang sekaligus. Namun, penting untuk selalu menghargai privasi dan preferensi setiap penerima pesan dengan tidak mengirimkan spam atau pesan yang tidak relevan.

Jika Anda ingin meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mengelola pesan dan hubungan dengan pelanggan, Mitra Resmi WhatsApp seperti Barantum adalah pilihan yang tepat. Dengan Barantum, Anda dapat mengelola pesan dan data pelanggan dengan lebih mudah dan terorganisir.

Tertarik dengan Barantum?

all product
Barantum adalah penyedia solusi aplikasi CRM, Omnihannel Chat, Call Center Software dan WhatsApp Business API terbaik di Indonesia. Segera konsultasi kebutuhan bisnis Anda dengan tim profesional kami.
3.3 4 votes
Article Rating
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments