Cara Mudah Mengirim Broadcast WhatsApp Terbaik

Salah satu fitur yang sangat populer dalam WhatsApp (WA) adalah Broadcast. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak dalam satu waktu. Hal ini sangat berguna bagi para pebisnis ataupun yang bekerja di bidang marketing yang ingin menyebarkan informasi secara cepat. Namun, tidak semua orang tahu cara menggunakan fitur ini dengan benar dan efektif.

Jika Anda masih bingung dan belum terbiasa menggunakan fitur Broadcast WhatsApp, maka artikel ini cocok untuk Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips dan cara mudah untuk mengirim pesan Broadcast di WhatsApp. Ditambah kami akan membagikan tips menarik untuk Anda bisa mengirim pesan ke semua kontak pelanggan tanpa batas.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, baca artikel ini sampai selesai, ya!

Broadcast WA dari Mitra Resmi WA Tepercaya Barantum

Apa itu WhatsApp Broadcast?

Broadcast WhatsApp atau broadcast WA adalah pesan yang dikirimkan secara massal ke banyak penerima sekaligus. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna cukup membuat satu pesan saja yang secara otomatis dapat dikirim ke banyak kontak sekaligus tanpa harus mengrimkannya satu per satu.

Secara singkat, untuk menggunakan fitur Broadcast WA, Anda harus memilih opsi “New Broadcast” dan menambahkan kontak yang ingin dituju. Setelah itu, pengguna dapat mengetik pesan yang ingin dikirim dan mengirimkannya ke semua kontak dalam daftar Broadcast. Pesan yang dikirim melalui fitur Broadcast WA tidak dapat diubah atau dihapus setelah dikirim. Jadi, pengguna harus berhati-hati dan memastikan pesan yang dikirim benar-benar sesuai dengan tujuan pengirimannya.

Apa Manfaat Broadcast WhatsApp?

Manfaat Broadcast WhatsApp , yaitu menyediakan informasi penting kepada pelanggan, seperti pengumuman, promo, produk terbaru, dan lainnya. Berikut adalah manfaat lainnya dari penggunaan WhatsApp Broadcast bagi bisnis Anda, yaitu:

1. Efisiensi Komunikasi

Pertama, dengan Broadcast WhatsApp , bisnis dapat dengan mudah mengirim pesan promosi, informasi produk, atau berita terkini kepada seluruh daftar pelanggan atau kontak secara bersamaan. Ini mengurangi waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk mengirim pesan individual ke setiap pelanggan.

2. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Kedua, broadcast dapat membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan karena pesan langsung terkirim ke ponsel mereka. Dibandingkan dengan email atau media iklan lainnya, WhatsApp memiliki tingkat pembacaan yang lebih tinggi, yang berarti peluang pesan dilihat lebih tinggi.

3. Promosi dan Penawaran Khusus

Berikutnya, Broadcast WhatsApp memungkinkan bisnis untuk mengirimkan penawaran khusus, diskon, atau promosi kepada pelanggan secara eksklusif. Ini dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian atau merespons lebih cepat, karena merasa mendapatkan kesempatan yang unik.

4. Hemat Biaya

Selanjutnya, dengan mengirim pesan melalui Broadcast WhatsApp relatif lebih ekonomis dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti iklan cetak atau pemasaran melalui SMS. Selain itu, mengirim pesan melalui WhatsApp tidak menarik biaya tambahan untuk pengiriman internasional, yang dapat sangat menguntungkan jika bisnis Anda beroperasi secara global.

5. Survei dan Umpan Balik

Terakhir, Broadcast WhatsApp juga dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan survei atau permintaan umpan balik kepada pelanggan. Bisnis dapat mengetahui pandangan pelanggan tentang produk atau layanan mereka dan menggunakan informasi ini untuk meningkatkan kualitas bisnis mereka.

Bagaimana Cara Menggunakan Broadcast WhatsApp?

Berikut cara mengirim Broadcast WA di masing-masing aplikasi:

1. Mengirimkan Pesan Broadcast WhatsApp Melalui Android

Untuk cara mengirimkan pesan broadcast WhatsApp melalui Android, Anda bisa mengikut langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp dari perangkat Android Anda.
  • Pada menu pesan (chat), klik ikon titik tiga yang terletak pada bagian kanan atas.
  • Pilih opsi New Broadcast atau Siaran baru.
  • Setelah itu, pilih kontak yang ingin dikirimi pesan broadcast maksimal 256 kontak, kemudian klik ikon centang.
  • Lalu, tampilan akan dialihkan ke chat room pesan broadcast.
  • Buat pesan yang diinginkan, Anda bisa juga mencantumkan foto, video, kontak, maupun lokasi.
  • Terakhir, klik tombol Send.

2. Mengirimkan Pesan Broadcast WhatsApp Melalui iOS

Untuk cara mengirimkan pesan broadcast WhatsApp melalui iOS, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat iOS.
  • Klik opsi Broadcast Lists pada bagian kiri atas pada laman Chats.
  • Klik New List untuk membuat daftar kontak yang ingin dikirimi pesan dan pilihlah kontak tersebut.
  • Tampilan akan dialihkan ke chat room baru untuk pesan broadcast.
  • Buat pesan yang diinginkan, Anda bisa juga mencantumkan foto, video, kontak, maupun lokasi..
  • Klik ikon Send dan broadcast berhasil terkirim.

Jika Anda menggunakan WhatsApp Business biasa, Anda hanya bisa mengirimkan pesan ke 256 konntak saja dalam satu kali kirim. Jika Anda ingin mengirim broadcast WA lebih dari 256 kontak, Anda perlu mengulangi langkah-langkah dari awal. Jadi, diperlukan beberapa channel/grup untuk mengirimkan pesan broadcast WA.

Namun, Anda dapat menghemat waktu dalam mengirimkan broadcast WA ke seluruh kontak tanpa batas dalam satu kali klik jika Anda menggunakan WhatsApp Business API.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Kekurangan dari WhatsApp Broadcast?

Sayangnya WhatsApp Broadcast ini memiliki berbagai kelemahan atau kekurangan dalam penggunaannya. Adapun kekurangan dari WhatsApp Broadcast, yaitu sebagai berikut:

  1. Jumlah penerima pesan terbatas dalam sekali kirim, yaitu maksimal 256 kontak.
  2. Anda baru bisa mengirimkan WhatsApp Broadcast jika Anda menyimpan nomor pelanggan yang akan dituju, begitu pun sebaliknya.
  3. Pesan broadcast yang dikirimkan tidak secara real-time. WhatsApp akan memberikan jeda pengiriman broadcast sehingga mengakibatkan pelanggan Anda mendapatkan pesan broadcast yang lebih lama.
  4. Dalam mengirim pesan secara bersamaan ke pelanggan, Anda tidak bisa melakukan personalisasi pesan. Sehingga hubungan antara bisnis dan pelanggan tidak maksimal.
  5. Hanya bisa digunakan maksimal oleh 2 admin.

Itulah beberapa kekurangan dari penggunaan Broadcast WhatsApp . Namun, jangan khawatir karena Meta telah memberikan solusi bagi bisnis Anda yang lebih lebih mudah menggunakan Broadcast WhatsApp .

Bagaimana Cara Mengatasi Kekurangan Broadcast WhatsApp?

Cara mengatasi kekurangan Broadcast WhatsApp ini dengan cara upgrade WhatsApp Business ke WhatsApp Business API. Untuk bisa mendapatkan fitur broadcast, Anda perlu menggunakan WhatsApp Business. Jika Anda ingin mendapatkan fitur broadcast yang lebih advance, Anda bisa menggunakan WhatsApp Business API.

Dengan WhatsApp Business API, Anda bisa menggunakan fitur Blast WhatsApp di mana fitur ini memiliki fungsi yang sama seperti Broadcast WhatsApp dengan kelebihan yang lebih unggul.

WA Blast vs Broadcast WA - Perbedaannya

Sebagai informasi, perbedaan WhatsApp Business biasa dan WhatsApp Business API terletak pada cara mendapatkannya. WhatsApp Business biasa bisa didapatkan secara gratis di Play Store dan App Store. Sedangkan WhatsApp Business API hanya bisa didapatkan dengan bekerja sama pada BSP resmi WhatsApp. Perbedaan keduanya bisa Anda ketahui pada artikel ini -> WhatsApp Business & WhatsApp API: Apa sih Bedanya?.

Dengan penggunaan Blast WhatsApp, Anda bisa mengirim pesan tanpa batas ke seluruh pelanggan Anda dalam sekali kirim dengan pengiriman pesan secara real-time. Sehingga pesan sampai ke pelanggan secara bersamaan.

Selain itu, penggunaan WhatsApp Business API ini dapat digunakan oleh banyak admin tanpa batas di berbagai device. Jadi, pekerjaan lebih efisien dan mempercepat pelayanan pelanggan bisnis Anda.

Untuk Anda yang ingin mengetahui tentang Blast WhatsApp dan cara penggunaannya, bisa Anda simak pada artikel berikut: Cara Kirim Blast WhatsApp ke Ribuan Nomor Sekaligus.

Dapatkan Aplikasi WhatsApp Blast dan Broadcast Tanpa Batas Sekarang

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Itulah beberapa tips dan cara mudah untuk mengirim broadcast di WhatsApp. Dengan menggunakan fitur broadcast ini, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengirim pesan kepada banyak orang sekaligus. Ingatlah untuk selalu menghargai privasi dan preferensi setiap penerima pesan dengan tidak mengirim spam atau pesan yang tidak relevan.

Namun, jika Anda ingin meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mengelola pesan dan hubungan dengan pelanggan, Mitra Resmi WhatsApp, Barantum, bisa menjadi pilihan yang tepat. Sehingga Anda dapat mengelola pesan dan data pelanggan dengan mudah dan terorganisasi.

Pastikan Anda untuk mendapatkan aplikasi WA Blast ini dari penyedia resmi dan Mitra Resmi WhatsApp Indonesia seperti Barantum.

Selain aman dan tepercaya, tim kami siap membantu dan memberikan layanan support terbaik untuk Anda. Dengan mendaftar di Barantum, Anda juga bisa menggunakan fitur WhatsApp Business API lainnya seperti Centang Hijau (Verified Badge) Chatbot, Alokasi Chat per Agent dan masih banyak lagi.

Dapatkan Sekarang!


Broadcast WA dari Mitra Resmi WA Tepercaya Barantum

3.3 4 votes
Article Rating
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Budi
Budi
Juli 27, 2023 1:20 pm

Saya sudah mencoba , dan hasil nya sangat memuaskan, karena fitur jauh lebih lengkap, stabil dan yang paling utama, ada gratis nya juga loh.

Last edited 7 months ago by Budi