Broadcast WhatsApp adalah cara pengiriman pesan secara praktis dan hemat biaya

Sebagai pemiliki bisnis, bisa jadi Anda menjadi salah satu pengguna WhatsApp Business. Layanan ini menjadi andalan pebisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih efektif. Dengan berbagai fitur canggihnya, WhatsApp Business menjadi penunjang aktivitas bisnis.

Salah satu fitur yang paling sering digunakan adalah broadcast WhatsApp. Apakah itu? Bagi Anda yang baru mau menggunakan layanan ini, Anda akan membutuhkannya. Broadcast WhatsApp adalah pesan siaran yang akun pemilik bisnis kirimkan ke banyak kontak dalam waktu bersamaan. Berbeda dengan WhatsApp versi reguler, Anda hanya perlu menuliskan satu pesan saja untuk dikirimkan ke banyak nomor dengan satu klik. Pengiriman pesan dengan cara ini tentu menghemat waktu Anda.

Baca juga: WhatsApp Business API Barantum: Terpercaya, Cerdas, dan Mudah

Syarat melakukan Broadcast WhatsApp

WhatsApp memberikan syarat dalam melakukan broadcast, yaitu:

  • Daftar kontak yang ingin Anda kirim perlu disimpan pada perangkat yang akan digunakan.
  • Pastikan semua kontak di daftar kontak Anda telah menyimpan nomor telepon Anda.
  • Broadcast WhatsApp hanya dapat mengirimkan pesan ke 256 kontak dalam sekali klik.
  • Pada dasarnya WhatsApp tidak mengatur berapa banyak jumlah pesan yang Anda kirim, namun mengirimkan banyak pesan broadcast dalam waktu berdekatan berpotensi diblokir. Kecuali jika Anda menggunakan WhatsApp business API. Dengan WA API, Anda dapat mengirim pesan tanpa syarat apapun. Anda juga tidak perlu khawatir akan pemblokiran oleh WhatsApp, karena WhatsApp API hanya dapat diperoleh dari mitra resmi WhatsApp API, misalnya Barantum.
  • Waktu pesan di terima tidak sama. Untuk memastikan agar semua pesan dapat terkirim, Anda tidak disarankan  untuk menyiarkan sejumlah besar pesan dalam satu waktu.

Cara Broadcast WhatsApp

Berikut langkah-langkah membuat broadcast whatsapp pada perangkat Android dan iOS.

a. Pada perangkat Android

  • Buka aplikasi WhatsApp dari perangkat Android Anda.
  • Pada laman chat, klik ikon titik tiga yang terletak pada bagian kanan atas.
  • Pilih opsi ‘New Broadcast’ atau ‘Siaran baru’.
  • Setelah itu, Pilih kontak yang ingin dikirimi pesan broadcast maksimal 256 kontak, kemudian klik ikon centang.
  • Tampilan akan dialihkan ke chat room pesan broadcast
  • Buat pesan yang diinginkan, Anda bisa juga mencantumkan foto, video, kontak, maupun lokasi,
  • Terakhir klik tombol send.

b. Perangkat iOS

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat iOS.
  • Klik opsi ‘Broadcast Lists’ pada bagian kiri atas pada laman ‘Chats’.
  • Klik ‘New List’ untuk membuat daftar kontak yang ingin dikirimi pesan dan pilih kotak-kotak tersebut.
  • Tampilan akan dialihkan ke chat room baru untuk pesan broadcast.
  • Buat pesan yang diinginkan atau copy paste pesan yang sudah diketik sebelumnya.
  • Klik ikon send, pesan akan dikirim.

Baca juga: API WhatsApp Business: Skenario & Implementasi Penggunaan

Cara Broadcast WhatsApp ke semua kontak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, broadcast pada WhatsApp Business biasa memiliki keterbatasan dalam mengirimkan jumlah pesan broadcast. Padahal sebagai pebisnis, Anda tentu ingin memaksimalkan broadcast pesan WhatsApp tanpa kena resiko pemblokiran. Menghindari hal ini terjadi, Anda membutuhkan WhatsApp Business API. Dengan menggunakan API, Anda bebas melakukan broadcast pesan tanpa syarat apapun.

Untuk mendapatkan layanan ini, Anda harus mendaftar pada mitra resmi WhatsApp seperti Barantum.com misalnya. Bagaimana langkah-langkahnya?

#1 Mendaftar ke Barantum.com

Untuk mengirimkan pesan broadcast melalui Chabot WA Business, mulailah dengan mendaftarkan bisnis menjadi WhatsApp Business API melalui Business Solution Provider (BSP) resmi WhatsApp. Pilihlah BSP sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan memiliki banyak pengalaman seperti Barantum.com.

#2 Lakukan verifikasi akun Facebook Business Manager

Lakukan verifikasi akun bisnis Anda pada Facebook Business Manager untuk membuktikan bahwa akun Anda telah memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh pihak WhatsApp. Sebagai tambahan, Anda juga perlu menyiapkan data, seperti: nama perusahaan, URL website perusahaan, E-mail resmi bisnis, SIUP/NIB/NPWP bisnis. Barantum akan membantu Anda dalam proses verifikasi ini sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukannya.

#3 Daftarlah nomor yang ingin Anda gunakan

Pilih satu nomor telepon yang akan Anda gunakan sebagai kontak bisnis hingga ke depannya. Tambahkan informasi bisnis dengan mengisi alamat, profil perusahaan, jam operasional, dan website Anda untuk meningkatkan kredibilitas dan brand image di mata pelanggan.

Anda akan mendapatkan tanda centang hijau apabila nomor bisnis berhasil terverifikasi. Selain itu, prospek atau pelanggan yang belum menyimpan nomor Anda juga bisa melihat nama bisnis Anda dengan centang hijau pada kolom chat WhatsApp.

#4 Buat list kontak yang ingin Anda broadcast

Pada tahapan ini, Anda sudah masuk ke sistem chat panel Barantum. Anda bisa mengunggah daftar nomor yang ingin Anda kirim dalam format CSV atau Excel.

#5 Buat format pesan broadcast Anda

Selanjutnya pada bagian membuat template pesan, buatlah format pesan broadcast WhatsApp Anda minimal sehari sebelum waktu pengiriman. Sebab, pihak WhatsApp akan memeriksa terlebih dahulu apakah isi pesan telah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Perlu Anda ketahui bahwa isi pesan broadcast WhatsApp tidak boleh mengandung unsur jualan secara terbuka. Format pesan broadcast WhatsApp juga bisa disisipkan gambar, dokumen atau video.

#6 Kirim semua pesan broadcast WhatsApp ke semua kontak

Setelah mendapat persetujuan dari WhatsApp, Anda bisa mengirim pesan broadcast WhatsApp ke semua kontak. Jangan lupa isi nama kampanye, kontak penerima, dan daftar format template pesan Anda. Setelah itu pesan broadcast WhatsApp bisa terkirim.

Dalam mempersiapkan WA Business API, Anda dapat membaca panduan utama WhatsApp Business API untuk melihat lebih rinci mengenai apa yang Anda butuhkan.

Apakah broadcast WhatsApp cocok dengan bisnis Anda?

Jika bisnis Anda berukuran kecil yang beroperasi dengan baik menggunakan WhatsApp Business, Anda mungkin akan memiliki 100-200 pelanggan yang Anda kenal secara pribadi. Mereka tentu memiliki nomor WhatsApp Business Anda di kontak mereka.

Dalam skenario ini, Anda dapat memanfaatkan list broadcast WhatsApp menggunakan WA Business Anda karena sebagian besar dari mereka kemungkinan akan menerima pesan yang ingin Anda kirim.

Jika Anda adalah bisnis menengah atau besar yang mapan yang memiliki lebih dari 200 pelanggan, Anda mungkin telah menyimpulkan bahwa broadcast menggunakan WA Business biasa bukanlah hal yang mudah. Untuk skenario ini, Anda membutuhkan WhatsApp Business API.

Baca juga: Apa itu WhatsApp API ? Semua yang perlu Anda ketahui tentang WhatsApp API

Pelanggan tentu membutuhkan tanggapan cepat serta layanan yang baik dari Anda. WhatsApp Business dengan fitur boradcast pesan akan membantu aktivitas bisnis Anda, terutama dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Solusi yang modern ini akan makin efektif kinerjanya dengan mendaftarkan bisnis Anda ke Barantum. Sebagai mitra resmi WhatsApp, Barantum akan membantu serta membimbing Anda dari proses awal hingga akhir, bahkan kapanpun Anda membutuhkannya. Tingkatkan performa WhatsApp Business Anda bersama Barantum sekarang!

Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang