Begini Cara Kerja Canvasser Yang Tepat

Apa itu canvasser? Kata canvasser mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, jika mengetahui kegiatannya, kemungkinan besar Anda pun pernah melihat atau melakukannya secara langsung.

Canvasser merupakan orang yang melakukan sales canvassing. Sales canvassing ini merupakan metode penjualan bisnis yang masih banyak diterapkan oleh perusahaan.

Seorang canvasser melakukan penjualan dari pintu ke pintu. Mungkin Anda pernah mengalami saat di rumah, lalu ada orang menawarkan produk ke rumah Anda. Sekilas terlihat cara yang kuno. Namun, jika ditunjang dengan sistem yang tepat. Sales canvassing bisa mudah melakukan penjualan dan closing.

Jadi, apa itu sales canvasser dan bagaimana cara yang baik dan benar melakukan penjualan? Yuk, simak artikel berikut ini.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

Apa Itu Canvasser?

Canvasser adalah individu yang memiliki tugas untuk langsung menawarkan produk kepada konsumen sebagai bagian dari metode canvassing dalam proses penjualan.

Tugas canvasser, yaitu bertanggung jawab untuk secara langsung menawarkan produk kepada konsumen sebagai bagian dari proses penjualan, yang termasuk dalam metode canvassing.

Proses canvassing yang dilakukan oleh canvasser ini sering kali melibatkan pendekatan persuasif dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Mereka harus mengenali kebutuhan dan keinginan calon pelanggan, serta mampu menyampaikan informasi produk secara jelas dan meyakinkan.

Selain itu, seorang canvasser juga harus dapat mengatasi penolakan atau keberatan dari calon pelanggan dengan profesional dan tetap mempertahankan kesan positif tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Keberhasilan seorang canvasser dalam menjalankan tugasnya dapat berdampak langsung pada peningkatan penjualan dan pertumbuhan bisnis perusahaan.

Apa Manfaat Canvasser Untuk Bisnis?

Berikut manfaat canvasser untuk bisnis:

1. Dapat Mempercepat Penetrasi Pasar

Mempercepat penetrasi pasar yaitu cara untuk mengukur seberapa banyak sebuah produk atau jasa digunakan oleh para konsumen. Yang dibandingkan dengan jumlah total pasar untuk produk yang ditawarkan. Proses penetrasi pasar akan berjalan lebih cepat dan efektif karena kegiatan penawaran, distribusi dan penjualan dilakukan secara langsung dan bersamaan.

2. Distribusi Produk yang Lebih Merata

Metode canvassing sangat berguna sekali untuk pemerataan tingkat distribusi sebuah produk. Dengan menggunakan canvassing, maka seorang canvasser akan mendistribusikan produk di berbagai area secara merata berdasarkan journey plan mereka yang sebelumnya sudah ditetapkan. Sehingga, produk pun akan lebih mudah diperoleh pelanggan.

3. Dapat Mengembangkan Potensi Pasar

Kelebihan sales canvassing yang pertama adalah dapat mengembangkan potensi pasar. Anda dapat mendapatkan banyak calon pelanggan baru pada area-area tertentu dengan informasi karakteristik pelanggan yang cukup akurat untuk kebutuhan produk atau jasa tertentu. Dengan begitu Anda dapat menyiapkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang ada pada area tersebut.

4. Umpan Balik dari Pasar yang Lebih Akurat

Melakukan pendataan di suatu daerah atau wilayah merupakan salah satu tugas penting tim sales. Data tersebut bisa berupa informasi mengenai alamat, pemilik toko, hingga kebutuhan dan keluhan yang mereka hadapi.

Barantum CRM - CRM, Chat & Call Center Software Terbaik

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Canvasser?

Tugas utama canvasser adalah melakukan prospek dan penjualan produk atau jasa kepada pelanggan potensial. Ini biasanya dilakukan dengan cara mengunjungi pelanggan potensial di tempat kerja atau rumah mereka, menyajikan produk atau jasa, dan mencoba untuk mengajukan tawaran atau membuat penjualan.

Berikut adalah tugas dan tanggung jawab canvasser, yaitu:

1. Mencari Calon Pelanggan

Canvasser bertugas mencari orang-orang yang mungkin tertarik dengan produk atau jasa yang dijual. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menjajakan produk atau jasa di tempat-tempat yang ramai, mengikuti event-event, atau menghubungi calon pelanggan melalui telepon atau email.

2. Mempresentasikan Produk Atau Jasa

Canvasser harus mengetahui seluk-beluk produk atau jasa yang dijual dengan baik, agar bisa menjelaskan kepada calon pelanggan dengan tepat dan meyakinkan.

3. Menjawab Pertanyaan Calon Pelanggan

Canvasser harus siap menjawab pertanyaan calon pelanggan yang muncul selama presentasi produk atau jasa. Hal ini penting untuk membangun kepercayaan calon pelanggan terhadap produk atau jasa yang dijual.

4. Melakukan Follow-Up

Setelah menjual produk atau jasa, sales harus melakukan follow-up dengan pelanggan untuk memastikan bahwa produk atau jasa tersebut sesuai dengan harapan pelanggan dan tidak ada masalah yang timbul.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Kinerja Canvasser?

Berikut adalah tiga cara untuk memaksimalkan kinerja canvasser:

1. Penyediaan Pelatihan dan Pengembangan

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan kinerja canvasser adalah dengan menyediakan pelatihan yang komprehensif dan berkelanjutan. Pelatihan ini dapat mencakup pengetahuan tentang produk atau layanan yang ditawarkan, keterampilan penjualan, negosiasi, komunikasi, serta penggunaan alat dan teknologi yang relevan. Dengan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan canvasser, mereka akan menjadi lebih percaya diri, efektif, dan mampu menghadapi tantangan penjualan dengan lebih baik.

2. Pembentukan dan Pemeliharaan Hubungan Pelanggan

Canvasser harus berfokus pada memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, memberikan pelayanan yang baik, dan menjalin hubungan jangka panjang. Dengan membangun hubungan yang positif, canvasser dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, mendapatkan referensi, dan memperluas jaringan pelanggan mereka.

3. Penggunaan Teknologi dan Alat Bantu Penjualan

Memanfaatkan teknologi dan alat bantu penjualan dapat signifikan dalam meningkatkan kinerja canvasser. Misalnya, penggunaan Customer Relationship Management (CRM), seperti Barantum CRM, memungkinkan mereka untuk mengelola proses penjualan, melacak interaksi dengan pelanggan, dan menganalisis data penjualan. Selain itu, alat pemasaran digital, seperti email otomatisasi, media sosial, dan analisis web, dapat membantu canvasser dalam menjangkau pelanggan potensial dengan lebih efisien dan efektif.

Dengan menerapkan strategi ini, bisnis dapat membantu memaksimalkan kinerja canvasser, meningkatkan produktivitas, dan mencapai target penjualan yang lebih tinggi.

Barantum CRM, Solusi Terbaik Untuk Sales Canvassing

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di IndonesiaUntuk meningkatkan efisiensi dan keberhasilan kinerja canvasser, perusahaan dapat mengandalkan solusi terintegrasi seperti CRM Barantum. Dengan CRM Barantum, perusahaan Anda dapat mengelola informasi pelanggan secara lebih terstruktur dan efisien dan mengumpulkan data yang relevan dari interaksi dengan calon pelanggan.

CRM Barantum juga memberikan akses ke analisis data yang mendalam. Sehingga membantu perusahaan Anda untuk lebih memahami preferensi dan kebutuhan calon pelanggan, serta menyusun strategi pemasaran yang lebih cerdas dan tepat sasaran.

Dengan bantuan CRM Barantum, perusahaan Anda dapat memaksimalkan kinerja canvasser, mengoptimalkan proses canvassing, dan meningkatkan efisiensi dalam mencapai target penjualan. Integrasi teknologi CRM ini juga membantu perusahaan untuk tetap berada di garis depan dalam industri yang kompetitif, menjalin hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, dan mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Teknologi CRM All-in-One Solutions yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.


Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

5 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".