Kegiatan Sales Canvassing Dalam Pemasaran

Kegiatan sales canvassing dalam pemasaran memungkinkan perusahaan mencapai tujuan seperti mengembangkan potensi pasar, mempercepat pasar dan memastikan distribusi produk yang lebih merata di pasar.

Komponen yang ada pada proses penjualan harus diperhatikan secara detail karena akan mendorong bagaimana penjualan akan berhasil atau tidak. Salah satunya adalah kegiatan pemasaran atau marketing yang dapat mendongkrak omzet penjualan. Ada berbagai metode yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya adalah sales canvassing.

Apa Itu Sales Canvassing?

Canvassing adalah salah satu kegiatan sales untuk melakukan kontak dengan pelanggan atau calon pelanggan dengan cara melakukan kunjungan ke lokasi dimana calon pelanggan berada dengan tujuan untuk menawarkan, distribusi, dan untuk mendapatkan pelanggan baru. Sedangkan sales canvasser adalah sebutan untuk orang yang bertugas melakukan kegiatan canvassing tersebut.

Apa Tujuan Dari Sales Canvassing?

Tujuan dari kegiatan canvassing adalah untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan mendapatkan pelanggan baru untuk meningkatkan penjualan melalui calon pelanggan yang belum menggunakan produk atau jasa dari perusahaan. Selain itu juga untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana dan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Informasi yang didapatkan pun lebih akurat karena sales bertemu langsung dengan calon pelanggan, sehingga di kunjungan sales berikutnya ia bisa menyiapkan dan menawarkan produk yang sesuai pelanggan butuhkan.

Bagaimana Cara Kerja Sales Canvassing?

Terdapat dua cara kerja yang biasanya dilakukan yang dapat dipakai oleh seorang canvasser dalam melakukan kontak dengan pelanggan atau calon pelanggan. Pertama, canvasser menghubungi pelanggan terlebih dahulu melalui telepon, pesan, maupun email. Kedua, canvasser menemui pelanggan atau calon pelanggan dengan cara datang langsung ke lokasi dimana pelanggan berada.

Keuntungan yang bisa didapat dari memiliki seorang canvasser adalah perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan distribusi pemasaran pada pelanggan di daerah-daerah terpencil yang sulit tersentuh oleh distributor.

Perusahaan yang menyadari pentingnya sales bagi perusahaan mereka, akhirnya berusaha untuk menjanjikan dan menawarkan berbagai fasilitas hingga bonus besar untuk para canvasser agar dapat membantu mereka dalam menyukseskan perusahaan.

Mengapa Bisnis Perlu Sales Canvassing?

Biasanya sales canvassing melakukan kegiatan penjualannya dengan mengendarai kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Dengan cara ini, perusahaan dapat meluaskan target pasar mereka.

Mengapa banyak perusahaan yang memiliki sales canvassing? Dengan adanya sales canvassing, perusahaan lebih mudah melakukan distribusi dan pemasaran kepada konsumen. Bahkan, hal itu bisa dilakukan sampai di daerah terpencil atau daerah yang sulit tersentuh oleh distributor.

Barantum CRM Canvassing Terbaik di Indonesia

Apa Kelebihan dari Sales Canvassing?

Meskipun metode canvassing ini terlihat kuno karena melakukan penjualan dari pintu ke pintu (door to door). Nyatanya, metode pemasaran ini masih sering digunakan oleh perusahaan. Berikut ini kelebihan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan metode canvassing, yaitu:

1. Dapat mengembangkan potensi pasar

Kelebihan sales canvassing yang pertama adalah dapat mengembangkan potensi pasar. Anda dapat mendapatkan banyak calon pelanggan baru pada area-area tertentu dengan informasi karakteristik pelanggan yang cukup akurat untuk kebutuhan produk atau jasa tertentu. Dengan begitu Anda dapat menyiapkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang ada pada area tersebut.

2. Dapat mempercepat penetrasi pasar

Kelebihan canvassing selanjutnya juga dapat mempercepat penetrasi pasar yaitu cara untuk mengukur seberapa banyak sebuah produk atau jasa digunakan oleh para konsumen dibanding jumlah total pasar untuk produk yang ditawarkan tersebut. Proses penetrasi pasar akan berjalan lebih cepat dan efektif karena kegiatan penawaran, distribusi dan penjualan dilakukan secara langsung dan bersamaan.

3. Distribusi produk yang lebih merata

Metode canvassing sangat berguna sekali untuk pemerataan tingkat distribusi sebuah produk. Dengan menggunakan canvassing, maka seoarng canvasser akan mendistribusikan produk di berbagai area secara merata berdasarkan journey plan mereka yang sebelumnya sudah ditetapkan. Sehingga, produk pun akan lebih mudah diperoleh pelanggan.

4. Umpan balik dari pasar yang lebih akurat

Melakukan pendataan di suatu daerah atau wilayah merupakan salah satu tugas penting tim sales. Data tersebut bisa berupa informasi mengenai alamat, pemilik toko, hingga kebutuhan dan keluhan yang mereka hadapi.

Pendataan yang dilakukan oleh canvasser ini nantinya bisa langsung disampaikan pada pihak produsen, sehingga akan jadi lebih akurat daripada hanya mengandalkan data atau info dari distributor saja. Sehingga Anda sebagai Sales Manager bisa segera menentukan langkah selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sesuai informasi yang didapat.

Kekurangan Sales Canvassing

1. Memerlukan proses yang panjang dan melelahkan

Pekerjaan yang lebih banyak dilakukan di luar ruangan tentu melelahkan dan memerlukan tenaga ekstra. Oleh sebab itu, bagi perusahaan yang membutuhkan metode penjualan ini, tidak jarang mereka harus terus melakukan proses rekrutmen agar dapat menutupi keperluan SDM untuk menempati posisi ini.

2. Biaya operasional yang cukup tinggi

Sales canvassing yang bekerja di luar kantor tentu membutuhkan biaya transportasi yang tidak sedikit. Tidak hanya itu, perusahaan perlu mempertimbangkan pengeluaran biaya untuk gaji bulanan, upah lembur, dan juga insentif atau bonus yang didapat dari hasil penjualan sales. Hal ini tentunya akan meningkatkan biaya operasional perusahaan.

3. Tingkat keberhasilan yang relatif rendah

Sales canvassing memiliki tingkat keberhasilan penjualan yang relatif rendah. Karena informasi mengenai kebutuhan pelanggan yang minim dan juga pengetahuan pembeli mengenai informasi produk yang sangat beragam, atau produk yang ditawarkan tidak sesuai kebutuhan mereka. Sehingga diperlukan cara yang tepat, baik dalam komunikasi maupun lokasi penjualan sales.

4. Perlu pengawasan yang lebih ketat

Adanya sales canvassing menuntut perusahaan untuk mengawasi semua kegiatan secara ketat. Sehingga perusahaan dapat memastikan harga yang ditawarkan sales kepada pelanggan telah sesuai, apakah sales benar datang langsung ke lokasi pelanggan dan agar tidak memberikan laporan palsu mengenai kegiatan canvassing ini.

Solusi Mengatasi Kekurangan Sales Canvassing Menggunakan Aplikasi CRM

Aktivitas yang lebih banyak dilakukan di luar ruangan ini membutuhkan teknologi yang dapat membuat pekerjaan sales menjadi lebih cepat, mudah, dan praktis. Ditambah informasi yang mereka dapatkan mengenai data pelanggan dan penjualan perlu diproses cepat agar bisa langsung ditindaklanjuti.

Apalagi Anda sebagai Sales Manager juga kesulitan dalam mengawasi, memantau dan memonitoring kegiatan canvassing ini. Anda kesulitan untuk memastikan apakah sales canvasser menjalankan tugas dan pekerjaan dengan benar atau tidak.

Salah satu solusi untuk masalah ini adalah dengan cara menggunakan aplikasi CRM. Aplikasi CRM memiliki berbagai fitur yang dapat mempermudah seorang canvasser dalam menjalankan pekerjaannya dan juga Anda sebagai Sales Manager dalam memonitoring aktivitas pekerjaan mereka.
Barantum CRM Canvassing Terbaik di Indonesia

Fitur Aplikasi CRM Yang Dapat Memudahkan Proses Canvassing

1. Mobile Application

Dengan menggunakan aplikasi CRM akan mempermudah seorang canvasser untuk memasukkan hasil kerja mereka dalam aktivitas kunjungan atau canvassing yang mereka lakukan ke dalam sistem yang dapat di instal pada smartphone mereka. Aplikasi ini tentu akan mempermudah seluruh aktivitas sales karena dapat diakses kapanpun dan dimana pun sales Anda melakukan kunjungan.

2. Check In Check Out

Dengan fitur ini Anda dapat mendapatkan informasi mengenai kapan dan jam berapa sales canvasser melakukan kunjungan, jumlah dan durasi kunjungan yang dilakukan.

Anda juga dapat memastikan apakah sales benar melakukan kunjungan dan sampai di lokasi atau tidak karena aplikasi CRM ini umumnya sudah dilengkapi dengan teknologi GPS Tracking. Sehingga memudahkan Anda sebagai Sales Manager untuk memantau dan memonitoring kinerja sales dan mengukur KPI tim sales Anda.

3. Leads & Deals Management

Dengan fitur ini sales bisa memasukkan data informasi pelanggan dan menjadikannya sebagai leads potential, pencatatan riwayat aktivitas follow-up penjualan sampai dengan terjadinya deals atau clossing.

Selain itu, data pelanggan akan tersimpan secara cloud dalam database CRM, sehingga Anda tidak perlu khawatir data pelanggan hilang atau tidak dapat diakses ketika sales yang menangani pelanggan tersebut resign.

4. Heatmap Area

Fitur ini berguna untuk melakukan analisa menganalisis populasi atau wilayah potensial sales untuk melakukan promosi. Anda bisa melihat titik area mana saja yang sering dikunjungi oleh sales sampai area mana saja yang memiliki tingkat deals atau clossing paling tinggi.

5. Sales Script

Pegangan materi yang perlu dibahas sebagai SOP tim sales canvassing sehingga mempermudah dan mengoptimalkan tim sales dalam berkomunikasi untuk meyakinkan calon pelanggan.

Jadi, apakah Anda sudah menggunakan aplikasi CRM untuk tim sales Anda?

Barantum CRM Canvassing Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Artikel

  1. Apa Manfaat Canvassing dan Penerapannya Dalam CRM
  2. Contoh CRM dan Tutorial Cara Kerja CRM Barantum
  3. 5 Alasan Sales Lapangan Anda Perlu CRM
  4. Cara Mudah Monitor Aktivitas Sales Lapangan dengan CRM
  5. Cara Membuat Sales Lapangan Selalu Semangat Mencapai Target

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang