Pelajari Strategi CRM Omnichannel Dalam Bisnis

Menjangkau banyak pelanggan di berbagai saluran dan mendapatkan kepuasan pelanggan yang tinggi merupakan goals dari semua bisnis. Dengan begitu, kesempatan untuk mendapatkan omzet penjualan yang tinggi akan semakin mudah didapatkan. Salah satu strategi atau cara untuk menjangkau banyak pelanggan secara bersamaan di berbagai channel atau saluran dengan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi adalah dengan menggunakan strategi CRM Omnichannel.

Untuk mengetahui informasi detailnya, pastikan Anda untuk membaca artikel ini sampai habis. Simak selengkapnya!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa itu CRM Omnichannel?

CRM Omnichannel adalah strategi manajemen hubungan pelanggan yang memanfaatkan teknologi omnichannel. yaitu teknologi yang menghubungkan berbagai saluran dimana pelanggan dan bisnis berinteraksi ke dalam satu platform.

Berbeda dengan multichannel, omnichannel adalah tahap evolusi multichannel yang lebih luas.

Omnichannel berasal dari dua kata, yaitu omni dan channelOmni artinya semua atau universal. Sedangkan channel adalah saluran. Yang artinya adalah omnichannel ini menggabungkan semua channel (saluran/media), dimana pelanggan dapat menemukan dan terhubung dengan bisnis di berbagai channel seperti multichannel tapi dengan tingkat pengalaman pelanggan yang lebih baik dan tinggi.

Apa Keunggulan dari CRM Omnichannel?

CRM Omnichannel merupakan level up dari strategi CRM (Customer Relationship Management) biasa. Seperti yang Anda ketahui, CRM adalah strategi bisnis untuk meningkatkan pelayanan pelanggan perusahaan dengan tujuan meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan yang akan berbanding lurus dengan meningkatnya pendapatan perusahaan.

Tapi, dengan menggunakan teknologi omnichannel, bisnis mampu mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat. Berikut ini keunggulan dari menggunakan CRM Omnichannel untuk bisnis Anda:

1. Jangkauan Pelanggan Yang Lebih Luas

Pertama, jangkauan pelanggan yang lebih luas. Anda bisa menjangkau banyak pelanggan di berbagai saluran komunikasi seperti pesan masuk WhatsApp, Line, Telegram, direct message di Instagram, Facebook, komentar di akun Sosial Media perusahaan, Live Chat di website dan banyak lagi secara bersamaan di dalam satu platform.

Anda bisa juga menghemat banyak biaya perusahaan, yaitu dengan cukup menugaskan 1 orang staff sebagai Contact Center atau Call Center.

2. Sistem Layanan Pelanggan Yang Terintegrasi

Kedua, sistem yang terintegrasi antara sistem CRM dan berbagai saluran media komunikasi. Dengan begitu, Anda dapat memantau semua aktivitas pra-penjualan sampai dengan pasca-penjualan di berbagai saluran komunikasi. Sehingga Anda dapat memonitor kinerja tim sales dan layanan pelanggan Anda secara bersamaan.

Dengan sistem layanan pelanggan yang terintegrasi juga Anda dapat meningkatkan pengalaman pelanggan ke tingkat yang sangat tinggi. Sehingga bisa menciptakan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan yang lebih baik pula.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

3. Efektivitas Perusahaan Yang Lebih Tinggi

Terakhir, Anda dapat meningkatkan efektivitas perusahaan berkali-kali lipat. Dengan sistem yang fleksibel dan dapat disesuaikan untuk semua tim dan divisi, mulai dari tim sales, marketing, customer service, executive dan banyak lagi. Setiap tim bisa memiliki work flow nya masing-masing dengan fitur yang disesuaikan sesuai kebutuhan. Cukup menggunakan satu sistem yaitu CRM Omnichannel, semua aktivitas perusahaan menjadi lebih efisien, efektif dan transparan.

Bagaimana Cara Kerja dari CRM Omnichannel?

CRM Omnichannel bekerja dengan cara menghubungkan semua saluran komunikasi menjadi satu dan mengintegrasikannya dengan sistem CRM. Sehingga semua aktivitas di berbagai saluran komunikasi tersebut dapat tercatat dan dimonitor dengan mudah oleh manajemen perusahaan.

Alih-alih menggunakan dua sistem berbeda yaitu CRM dan aplikasi Omnichannel, Anda bisa mendapatkan semua fitur dua sistem tersebut dari satu sistem, yaitu CRM Omnichannel. Untuk itu, pastikan Anda untuk memilih vendor atau penyedia software CRM yang sudah menyediakan fitur omnichannel di software CRM mereka.

Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak, cukup untuk menggunakan satu aplikasi atau software saja.

Dapatkan CRM Omnichannel Terbaik Sekarang!

Omnichannel Contact Center Barantum - Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Kini Anda telah mengetahui lebih banyak mengenai omnichannel. Dalam memiliki omnichannel yang tepat untuk bisnis, sebaiknya Anda pertimbangkan dengan matang.  Jangan sampai sistem omnichannel untuk mempermudah bisnis Anda malah menjadi mempersulit bisnis Anda.

Gunakan Barantum CRM Omnichannel, penyedia terbaik di Indonesia dengan fitur yang sangat lengkap dan juga sangat mudah digunakan. Dapatkan sistem terbaik untuk bisnis Anda sekarang!

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM Omnichannel- Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".