Memulai dan Kembangkan Bisnis Online Anda Dari Sekarang

Di era kemajuan teknologi saat ini, jika hanya memiliki bisnis “offline” dianggap ketinggalan zaman. Hal tersebut karena melihat kondisi saat ini banyak masyarakat yang lebih suka berbelanja di e-commerce atau platform online.

Bahkan, kini semua jenis industri, seperti pakaian, perusahaan konstruksi, makanan atau minuman, alat elektronik, apotek, sayur-mayur, dan lainnya sudah memanfaatkan online shop untuk menjual produk atau jasa bisnisnya. Makanya tidak jarang banyak orang yang membuka bisnis, terutama online shop.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara memulai bisnis online dan langkah-langkah yang dapat Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis tersebut. Untuk informasi lengkapnya, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online?

Langkah pertama dalam memulai bisnis online, yaitu menentukan nama (brand) perusahaan Anda. Anda perlu memberikan informasi dengan jelas terkait produk atau jasa yang bisnis tawarkan. Sehingga calon pelanggan Anda dapat mengetahui bisnis dengan baik.

Dalam menentukan nama brand, buatlah nama yang unik dan mudah diingat. Sehingga bisnis Anda lebih mudah dikenali. Selanjutnya, ada langkah-langkah lain yang perlu Anda lakukan, yaitu membuat situs web perusahaan dan membuat akun bisnis media sosial.

Membuat Situs Web Perusahaan

Pertama, dalam membuat bisnis online dibutuhkan situs web. Situs web adalah metode paling efektif untuk memperkenalkan bisnis Anda secara online. Setelah Anda membuat situs untuk perusahaan Anda, calon pelanggan Anda dapat lebih mudah melihat dan mengetahui informasi terbaru bisnis Anda, baik itu produk, promo, ataupun harga yang ditawarkan.

Jadi, membuat situs web ini menjadi penting untuk Anda lakukan. Karena ketika seseorang ingin menggunakan suatu produk/jasa tertentu, hampir semua dari mereka akan melihat website perusahaan atau akun perusahaan terlebih dahulu.

Tentu saja, membuat situs web untuk bisnis bukanlah hal yang mudah. Ya, membuat situs web itu terbilang cukup sulit. Terdapat banyak hal yang harus Anda lakukan sebelum dan sesudahnya.

Oleh sebab itu terdapat berbagai hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat website perusahaan, yaitu sebagai berikut:

1. Memilih Domain Yang Tepat

Sebagai permulaan, saat membuat situs web, Anda harus memastikan bahwa Anda memilih domain yang tepat. Nama domain harus merupakan nama merek sehingga orang dapat dengan mudah menemukan situs bisnis Anda dengan melakukan pencarian “*companyname*.com”.

2. Memilih Desain dan Tema Yang Sesuai

Berikutnya, Anda harus memastikan bahwa desain dan tema warna mencerminkan perusahaan Anda. Misalnya, Anda harus membuat tema situs web Anda sesuai dengan warna karakteristik perusahaan. Jika perusahaan Anda identik dengan warna biru, maka pada website perusahaan lebih dominan memiliki warna biru.

3. Optimasi SEO

Setelah selesai membuat situs web perusahaan, hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengoptimalkannya SEO (Search Engine Optimization). Artinya, Anda harus mengoptimalkan semua elemen di halaman website, seperti meningkatkan kecepatan loading, membuat dan menerapkan UI atau yang ramah pengguna, dan menambahkan konten berkualitas.

Membuat Akun Bisnis di Media Sosial

Cara berikutnya, yaitu membangun brand awareness dengan membuat akun media sosial. Saat ini, banyak orang cenderung mencari brand perusahaan melalui media sosial, seperti profil Instagram, X (nama baru untuk Twitter), Facebook, WhatsApp, dan lainnya.

Dengan memiliki akun di media sosial, membantu lebih cepat dan mudah bagi Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan dan memberikan informasi, promosi, dan lainnya.

Jika Anda sudah memiliki akun bisnis di media sosial, ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan dalam membuat akun di media sosial, di antaranya:

1. Fokus Pada Target Pasar

Saat membuat profil media sosial, fokuslah pada platform yang paling mungkin digunakan oleh audiens target Anda. Misalnya, jika Anda berurusan dengan produk atau layanan yang biasanya digunakan atau dibeli oleh remaja, Anda harus menargetkan platform yang juga sering dikunjungi oleh remaja. Instagram dan Facebook, misalnya, lebih cenderung digunakan oleh remaja dibandingkan dengan Twitter atau LinkedIn.

2. Mendapatkan Verifikasi Resmi

Banyaknya penipuan di platform media sosial membuat perusahaan harus waspada. Sehingga penting bagi bisnis memiliki tanda verifikasi resmi, misalnya centang biru pada Instagram dan centang hijau pada akun WhatsApp Business. Tanda tersebut menunjukkan bahwa akun perusahaan Anda benar-benar resmi dan tepercaya.

Untuk mendapatkan tanda verifikasi resmi, Anda perlu melampirkan dokumen legalitas perusahaan. Sebagai contoh, Anda bisa mendapatkan centang hijau WhatsApp jika bekerja sama dengan BSP dan mitra resmi WhatsApp tepercaya, yaitu Barantum.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Bagaimana Cara Mengembangkan Bisnis Online?

Untuk mengembangkan bisnis online, diperlukan konsistensi dan interaksi rutin di media sosial dengan pelanggan Anda. Selain itu, juga konsistensi dalam membuat konten yang sesuai dengan produk atau jasa bisnis yang Anda miliki.

Berikut adalah hal-hal yang penting Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis online, yaitu:

1. Membuat dan Membagikan Konten di Situs Web/Blog

Pertama, mengembangkan bisnis secara online bisa dilakukan dengan membuat konten-konten yang relevan dengan bisnis Anda. Lalu, Anda perlu melihat sejauh mana konten tersebut berkembang. Sehingga Anda dapat melakukan evaluasi dengan mengetahui berapa lama mereka berada dalam website atau artikel Anda.

Website dan blog ini adalah platform yang sangat umum dan populer digunakan oleh hampir setiap perusahaan. Saat Anda membagikan konten melalui website/blog Anda, Anda memberikan informasi kepada pembaca. Di mana informasi tersebut bisa berisi informasi produk atau jasa bisnis Anda ataupun informasi umum yang masih berkaitan dengan bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat membuat dan membagikan konten di website atau blog Anda:

  • Posting Konten yang Relevan dengan Bisnis Anda

Saat membuat konten, pastikan konten yang Anda publikasikan hanyalah konten yang relevan dengan industri bisnis Anda. Lalu, lakukan optimasi SEO pada konten yang telah Anda publikasikan agar berada di dalam urutan pencarian pertama.

  • Lakukan Riset

Sebelum membuat konten, Anda harus melakukan riset untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Hal ini akan membantu Anda dalam menyusun konten yang benar-benar bermanfaat bagi pembaca.

  • Penulisan Sudah Tepat

Saat menulis konten, pastikan isi konten telah menggunakan tata bahasa yang tepat dan bebas typo. Sehingga Anda perlu mengecek tulisan yang telah Anda buat. Anda juga bisa menggunakan website pemeriksa tata bahasa untuk mengecek tulisan lebih cepat. Namun, sebaiknya Anda tidak memercayainya 100% dan lakukan pengecekan manual juga.

  • Isi Tidak Mengandung Plagiarisme

Anda juga harus memastikan bahwa konten yang Anda buat dan publikasikan dalam hal ini adalah unik dan orisinal. Terlepas dari apa yang dapat dilakukan konten plagiat terhadap SEO situs Anda, hal itu dapat sangat memengaruhi reputasi dan integritas merek Anda secara keseluruhan. Bahkan jika Anda membuat konten sendiri, Anda harus memastikan bahwa itu tidak dijiplak dengan bantuan pemeriksa plagiarisme online.

2. Terlibat dalam Social Media Marketing (SMM)

Setelah membuat konten di media sosial, Anda bisa memulai menggunakan media sosial sebagai platform pemasaran atau marketing. Untuk membuat konten media sosial marketing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari visual, teks, dan ciri khas perusahaan Anda.

Anda bisa menggunakan Google Ads, Instagram Ads, maupun Facebook Ads yang bisa diarahkan langsung untuk chat ke nomor WhatsApp bisnis yang terintegrasi CRM Omnichannel, seperti Barantum. Sehingga seluruh data bisa tersimpan dalam satu halaman.

Solusi Pelayanan Bisnis Online yang Responsif dengan Omnichannel

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Dalam dunia bisnis yang semakin terhubung dan digital, solusi pelayanan bisnis online yang responsif dengan pendekatan omnichannel telah menjadi hal yang penting. Sistem omnichannel, seperti Barantum. dapat membantu bisnis Anda dalam memberikan layanan pelanggan yang responsif dengan channel yang terintegrasi secara terpusat.

Selain itu sistem ini juga mampu menyatukan data dan informasi dari berbagai sumber yang berbeda, memastikan konsistensi pesan di semua platform. Dan, untuk mendapatkan sistem omnichannel terbaik dengan fitur lengkap, Anda bisa menggunakan sistem Barantum.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".