Praktis Membuat WhatsApp Interactive Button

Interaksi dengan pelanggan tidak lagi hanya mengandalkan pesan teks biasa, tetapi juga memanfaatkan kemampuan interaktif yang ditawarkan oleh fitur Interactive Button di WhatsApp API resmi.

Dengan tombol interaktif ini, pelanggan dapat dengan mudah memilih pilihan yang telah ditentukan oleh bisnis Anda. Sehingga membuat interaksi lebih efisien. Dari tombol teks yang sederhana hingga tombol aksi panggilan, ada banyak cara untuk menyesuaikan pengalaman interaktif sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda.

Namun, sebelum kita memasuki langkah-langkah praktis tentang cara membuat dan mengintegrasikan WhatsApp interactive button, penting untuk mengenal BSP (Business Solution Provider) resmi WhatsApp. BSP inilah yang akan membantu Anda mengaktifkan dan mengelola fitur WhatsApp Business API, termasuk interactive button.

Lalu, bagaimana cara membuat WhatsApp interactive buttons? Yuk, baca artikelnya sampai selesai!

chatbot - bsp terbaik whatsapp

Apa itu WhatsApp Interactive Button?

WhatsApp interactive buttons adalah fitur yang memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pesan yang diterima melalui WhatsApp dengan lebih interaktif dan terstruktur.

Melalui WhatsApp interactive buttons, Anda dapat mengarahkan pelanggan ke tindakan-tindakan yang diinginkan, seperti mengunjungi situs web, melakukan pemesanan, mendaftar acara, atau menghubungi layanan pelanggan.

Ketika pelanggan Anda menerima pesan yang memiliki tombol interaktif, mereka dapat memilih opsi yang sesuai dengan minat atau kebutuhan mereka hanya dengan mengklik tombol tersebut, tanpa perlu mengetikkan balasan manual. Sehingga memberikan pengalaman pengguna yang lebih nyaman dan memfasilitasi interaksi yang lebih cepat dan efisien antara bisnis dan pelanggan.

Dengan memanfaatkan WhatsApp interactive buttons, Anda dapat menciptakan komunikasi yang lebih terarah, memberikan jawaban instan atas pertanyaan umum, dan merangsang tindakan langsung dari pelanggan. Sehingga bisnis Anda dapat mempercepat proses interaksi dan konversi penjualan.

Apa Keunggulan WhatsApp Interactive Button?

Berikut adalah keunggulan WhatsApp interactive buttons, yaitu:

1. Meningkatkan Keterlibatan Pengguna

Pertama, WhatsApp interactive buttons membantu bisnis Anda untuk memberikan pengalaman berinteraksi yang lebih menarik kepada pengguna. Dengan menawarkan pilihan tombol-tombol interaktif, pelanggan dapat dengan mudah berpartisipasi dalam tindakan tertentu, seperti mengklik tombol “Beli Sekarang” atau “Daftar Acara.” Sehingga mampu mendorong keterlibatan yang lebih tinggi daripada pesan teks biasa.

2. Cepat dan Mudah Respons Pesan

Kedua, pelanggan dapat dengan cepat merespons pesan dengan mengklik tombol interaktif yang relevan, tanpa perlu mengetik balasan secara manual. Sehingga dapat mempersingkat waktu yang diperlukan untuk mengambil tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian atau mengakses informasi lebih lanjut.

3. Pesan Lebih Terstruktur

Selanjutnya, dengan tombol interaktif, bisnis Anda dapat menyusun pesan yang lebih terstruktur dan jelas. Pelanggan dapat melihat pilihan yang tersedia dengan jelas. Sehingga mereka lebih mudah memahami opsi yang mereka miliki dan dapat mengambil keputusan dengan lebih baik.

4. Pesan Lebih Efektif

Berikutnya, pesan yang mengandung tombol interaktif dapat membantu bisnis menyampaikan informasi dengan lebih efektif. Misalnya, dalam pesan promosi, tombol “Dapatkan Penawaran” dapat langsung mengarahkan pengguna ke halaman pembelian, meningkatkan peluang konversi.

5. Pengalaman Pelanggan yang Personal

Terakhir, bisnis dapat menggunakan tombol interaktif untuk menyediakan opsi yang disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pelanggan. Sehingga memberikan pengalaman yang lebih personal dan relevan, meningkatkan kemungkinan interaksi positif dan konversi.

Secara keseluruhan, WhatsApp interactive buttons memungkinkan bisnis untuk memberikan komunikasi yang lebih efisien, terarah, dan menarik kepada pelanggan, menciptakan pengalaman yang lebih baik dalam interaksi melalui platform ini.

Apa Saja Jenis WhatsApp Interactive Button?

Berikut adalah jenis WhatsApp interactive button, yaitu:

1. Text Button (Tombol Teks)

Text Button merupakan jenis tombol interaktif yang berisi teks atau kata-kata yang dapat dipilih oleh pengguna. Contohnya, dalam situasi di mana bisnis ingin mengajukan pertanyaan sederhana kepada pengguna, seperti “Apakah Anda tertarik?” atau “Apakah Anda ingin menerima penawaran khusus?”. Tombol-tombol ini menyediakan opsi respons yang dapat dipilih dengan cepat dan mudah, menghindari kebutuhan untuk mengetik balasan manual. Sehingga pelanggan dapat memilih tombol yang paling sesuai dengan respons yang mereka ingin berikan.

2. URL Button (Tombol URL)

URL Button digunakan untuk mengarahkan pengguna langsung ke halaman web atau URL tertentu saat tombol tersebut diklik. Misalnya, dalam pesan promosi atau informasi produk, bisnis dapat menyertakan tombol “Pelajari Lebih Lanjut” yang mengarahkan pengguna ke halaman produk di situs web mereka. Sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengeklik tombol ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tanpa perlu mencari informasi sendiri di web.

3. Call Button (Tombol Panggilan)

Berikutnya, terdapat call button. Call button digunakan untuk memfasilitasi panggilan telepon langsung antara pengguna dan bisnis. Dalam hal ini, bisnis Anda menyediakan nomor telepon yang telah ditentukan, dan pengguna dapat mengklik tombol “Hubungi Kami” atau sejenisnya untuk memulai panggilan secara langsung. Sehingga berguna dalam situasi di mana pengguna ingin berbicara langsung dengan layanan pelanggan, mendapatkan bantuan, atau melakukan konsultasi.

4. Call to Action Buttons (Tombol Panggilan untuk Tindakan)

CTA Buttons adalah tombol yang didesain khusus untuk mendorong pengguna melakukan tindakan tertentu. Tombol ini biasanya memiliki teks yang mendesak, seperti “Beli Sekarang,” “Daftar Acara” atau “Dapatkan Penawaran”. Jadi, CTA Buttons memandu pengguna untuk melakukan langkah konkret, seperti melakukan pembelian, mendaftar, atau mengambil tindakan yang diinginkan, misalnya ke halaman pembayaran atau keranjang belanja.

Jenis-jenis tombol interaktif ini memberikan fleksibilitas kepada bisnis untuk menciptakan pesan-pesan yang lebih terstruktur, interaktif, dan efektif dalam berkomunikasi dengan pengguna melalui WhatsApp.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Siapa Saja Yang Dapat Menggunakan WhatsApp Interactive Button?

WhatsApp interactive buttons dapat digunakan oleh berbagai jenis bisnis, organisasi, atau entitas yang ingin meningkatkan interaksi dengan pelanggan atau pengguna mereka melalui pesan WhatsApp yang lebih terstruktur dan interaktif.

Untuk mengaktifkan fitur ini, perlu bekerja sama dengan Business Solution Provider (BSP) resmi WhatsApp seperti Barantum. BSP resmi ini memiliki pengetahuan dan izin yang diperlukan untuk mengintegrasikan fitur-fitur WhatsApp Business API, termasuk Interactive Buttons, dengan sistem bisnis Anda. Kerja sama dengan BSP resmi memastikan implementasi yang benar, kepatuhan terhadap aturan dan regulasi, serta akses ke berbagai fitur canggih yang ditawarkan oleh WhatsApp Business API.

Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Interactive Button?

chatbot chatscript barantum

Cara membuat WhatsApp interactive button cukup mudah. Namun, hal yang penting Anda perhatikan, yaitu kesinambungan antar pesan interaktif yang dibuat.

Berikut langkah-langkah cara membuat WhatsApp interactive button:

1. Buka pengaturan BarantumChat -> pilih Chatscript.

cara membuat chatbot atau chatscript barantum 1

2. Isi nama judul chatscript dan isi deskripsi sesuai chatscript yang dibuat -> klik Save.

cara membuat chatbot atau chatscript barantum 2

3. Klik ikon mata untuk melihat detail chatscript yang ingin Anda buat.

cara membuat chatbot atau chatscript barantum 3

4. Klik Action -> lalu pilih Edit.

cara membuat chatbot atau chatscript barantum 4

5. Isi nama chatscript, deskripsi, dan jam aktif chatscript sesuai kebutuhan. Jika ingin diaktifkan selama 24 jam, maka isi jam dimulai pukul 07.00 AM dan berakhir pukul 06.59 AM. Selanjutnya, klik Save.

cara membuat chatbot atau chatscript barantum 6

6. Selanjutnya, pilih +Script Items

cara membuat chatbot atau chatscript barantum 7

7. Pilih Type Script: Basic, lalu isi judul script dan deskripsinya. Klik Interactive Message untuk menambahkan WhatsApp interactive button.

8. Terakhir, pilih interaktif yang Anda inginkan, lalu simpan. Selesai.

wa interactive buttons

Perlu diketahui, WhatsApp interactive buttons ini terdapat dalam fitur chatbot atau chatscript. Untuk mengetahui detail lebih lengkap mengenai cara membuat chatscript,  bisa Anda lihat lebih lengkap pada artikel berikut -> Cara Membuat Chatbot WhatsApp Menggunakan Barantum.

Dapatkan WhatsApp Interactive Button di Barantum Sekarang

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Dengan pengetahuan yang mendalam tentang cara membuat dan mengintegrasikan Interactive Button di WhatsApp API resmi, Anda sekarang memiliki alat yang kuat untuk meningkatkan interaksi bisnis dengan pelanggan.

Namun, ingatlah bahwa kerja sama dengan Business Solution Provider (BSP) resmi WhatsApp, seperti Barantum, adalah langkah penting dalam mengoptimalkan fitur-fitur canggih ini. Melalui kerja sama ini, Anda akan mendapatkan panduan ahli dalam mengintegrasikan interactive button secara efektif, memastikan kepatuhan terhadap regulasi, dan memaksimalkan potensi penggunaan fitur ini.

Dengan memanfaatkan interactive button, Anda mampu memberikan pengalaman pelanggan yang lebih mudah, lebih cepat, dan lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan fitur ini sebagai bagian integral dari strategi komunikasi bisnis Anda di platform WhatsApp.

Dengan dukungan BSP resmi WhatsApp seperti Barantum, Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak hanya memiliki alat yang tepat, tetapi juga panduan yang akurat untuk membuat interaksi bisnis yang lebih kuat.

Dapatkan Sekarang!


chatbot - bsp terbaik whatsapp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".