Apa itu target pasar?

Tim sales dan marketing tentu harus memahami kebutuhan, keinginan, dan preferensi konsumen mereka. Hal ini merupakan bagian terpenting dalam menyusun strategi pasar dari sebuah bisnis. Dengan mengetahui hal tersebut, maka tim mampu menentukan target pasar mereka – memberikan penawaran yang tepat dan kemudian menargetkannya ke pelanggan yang tepat pula.  

Target pasar adalah sekelompok pelanggan yang menjadi sasaran produk dan layanan Anda. Ini biasanya didasarkan pada faktor-faktor seperti kecenderungan perilaku, lokasi geografis, dan karakteristik demografis. Konsumen yang mendapatkan nilai dari produk Anda, merekalah yang menjadi target pasar Anda. Sebelum menawarkan produk atau layanan, sebaiknya Anda menganalisa target pasar Anda terlebih dahulu. Bagaimana cara menganalisis target pasar Anda? Analisa target pasar ini meliputi analisa produk, kompetitor (pesaing), segmentasi produk, penelitian dan evaluasi hasil.

Analisa produk Anda

“Kebutuhan apa yang dipenuhi oleh produk Anda?”

“Siapa yang dapat memanfaatkan produk Anda?”

“Apa persoalan yang dapat diselesaikan oleh produk Anda?”

Inilah segelintir pertanyaan untuk menganilisis produk Anda. Menganalisis produk atau layanan Anda dengan cara ini akan membantu Anda lebih memahami target pasar Anda. Bahkan, dengan analisis ini, bisa saja pelanggan Anda saat ini bukanlah orang yang Anda coba targetkan. Jika Anda melihat adanya keterputusan dalam proses ini, Anda sebaiknya menyelaraskan target pasar Anda dengan tujuan pemasaran Anda yang sebenarnya sehingga Anda dapat menyelaraskannya kembali.

Perhatikan kompetitor Anda

Carilah kompetitor Anda, lalu cari tahu siapa target konsumen mereka, dan lihat apakah Anda dapat menemukan area pasar yang dapat Anda fokuskan yang mungkin mereka lewatkan. Cara terbaik untuk menemukan ini adalah dengan melakukan analisis kompetitif. Anda akan melakukan riset untuk mengetahui siapa pesaing Anda, melihat apa yang mereka tawarkan, dan bahkan meninjau taktik penjualan mereka. Melihat pesaing Anda bahkan akan membantu Anda mengidentifikasi celah pasar sasaran yang dapat Anda isi. Apakah ada target pasar yang tidak mereka fokuskan? Ini dapat mengarahkan Anda untuk memperluas ke pasar baru secara geografis atau mengembangkan produk baru untuk menargetkan pasar yang berbeda.

Buatlah kriteria untuk segmentasi pasar

Segmentasi pasar target adalah proses membagi audiens target Anda menjadi kelompok (atau segmen) yang lebih terfokus, dapat diidentifikasi, dan dapat didekati.

Target pasar dapat disegmentasikn oleh beberapa variabel yang berbeda, seperti  faktor demografis (membagi target pasar berdasarkan faktor-faktor seperti pendapatan, pendidikan, ras, jenis kelamin, atau pekerjaan), geografis (membagi target pasar berdasarkan batas geografis), perilaku (membagi target pasar Anda berdasarkan kecenderungan perilaku dan pola pengambilan keputusan), dan psikografis (membagi target pasar berdasarkan ciri kepribadian, nilai, dan opini)

Cara ini adalah dasar untuk menciptakan persona pembeli. Anda akan membagi target pasar Anda menjadi beberapa target pelanggan.

Untuk melakukan segmentasi secara efektif, Anda harus memiliki cara yang tepat  untuk mengukur nilai yang Anda berikan ke pasar. Kemudian, identifikasi apakah ada perusahaan atau pesaing yang memberikan nilai lebih dari yang lain. Ini akan memperkuat posisi produk Anda. 

Segmentasi memberikan beberapa manfaat bagi tim penjualan. Jika Anda sudah mengetahui konsumen yang kemungkinan besar akan menerima produk atau layanan Anda, Anda akan mendapat dukungan saat melakukan sebagian besar proses penjualan. Pertama, segmentasi yang efektif dapat menjadi aset utama dalam hal pencarian calon pelanggan. Jika tim Anda memiliki gambaran yang kuat tentang jenis pelanggan mana yang cenderung tertarik dengan penawaran Anda, prospek yang sulit dapat menjadi mudah — membiarkan perwakilan tersebut menggunakan pesan penjualan Anda dengan lebih terpandu saat terhubung dengan prospek.

Selain itu, segmentasi juga dapat membantu kualifikasi prospek. Mengetahui apakah prospek sesuai dengan tagihan kelas pelanggan berkonversi tinggi memberi repetisi awal yang baik selama tahap itu.

Lakukan penelitian

Ketika Anda mulai mempersempit pasar Anda, inilah saatnya untuk meneliti lebih lanjut. Anda harus mencari strategi pemasaran apa yang harus digunakan untuk mencapai target pasar potensial Anda. Apakah target pasar cukup besar untuk produk atau layanan Anda? Riset pasar akan membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang target pasar Anda. Memilih target pasar yang tepat dapat memberitahu Anda banyak hal tentang bisnis Anda. Apakah Anda ingin menjadi bisnis kecepatan sejati, atau apakah Anda melihat diri Anda sebagai aliran pipa yang lebih stabil dengan perusahaan dan konsumen?

Pantau dan evaluasi hasil Anda

Analisis target pasar tidak boleh statis — Anda tidak hanya melakukannya, langsung puas dengan hasilnya, dan berhenti di situ. Ini adalah proses yang berkelanjutan. Anda perlu terus melacak hasil Anda, mengevaluasi apa yang Anda lihat, dan mengulangi konsepsi Anda tentang target pasar Anda untuk menariknya secara lebih efektif.

Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang target pelanggan Anda. Keberhasilan dan kelangsungan pesan penjualan Anda, upaya pencarian calon pelanggan, dan proses penjualan yang lebih luas bergantung pada pengetahuan Anda tentang siapa yang membeli produk atau layanan Anda dan pola pikir yang membuat mereka melakukannya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".