Penjualan Lebih Mudah dengan Whatsapp API

Teknologi telah mengubah cara menjalankan dan menjalankan bisnis. WhatsApp API dapat melakukan keajaiban untuk bisnis Anda dalam banyak cara. Apa saja manfaat dari Whatsapp business API untuk kemajuan bisnis Anda? Bagaimana penjualan dengan WhatsApp API?

Berikut adalah 5 kasus penggunaan potensial teratas kami untuk manfaat WhatsApp business API, Anda akan mengetahui secara persis bagaimana menggunakan WhatsApp business API untuk meningkatkan pengalaman pelanggan Anda.

Pengertian WhatsApp Business API

WhatsApp API adalah sebuah penghubung antar aplikasi dalam bentuk program yang menghadirkan tampilan atau interface selayaknya tampilan WhatsApp termasuk juga fitur-fiturnya. WhatsApp API memungkinkan bisnis menerima dan menjawab pesan WhatsApp tanpa batas dari pelanggan mereka. Berbeda dengan Aplikasi WhatsApp Business, WhatsApp API bukanlah aplikasi yang berdiri sendiri. Anda harus mengintegrasikan API WhatsApp ke sistem pelayanan pelanggan atau sistem manajemen pelanggan bisnis Anda, seperti CRM Barantum atau Barantum Service atau Barantum Omnichannel.

Manfaat Penjualan dengan WhatsApp Business API

1. Kirim rekomendasi hasil personalisasi

Setiap pemilik bisnis mengetahui sekumpulan pelanggan yang akan bersemangat untuk membeli produk baru. Bukankah luar biasa jika Anda dapat mengomunikasikan hal itu pada waktu yang tepat kepada audiens target Anda? WhatsApp API melakukan hal itu untuk bisnis Anda. Anda dapat mengirimkan rekomendasi yang dipersonalisasi kepada pelanggan Anda berdasarkan apa yang disukai pelanggan Anda.

Ini membawa daya tarik besar kepada bisnis Anda bahkan tanpa harus mengeluarkan anggaran besar untuk periklanan atau pemasaran. Bila Perusahaan Anda mempunyai database pelanggan yang cukup maka Anda bisa memberikan pemberitahuan kepada mereka apakah mereka bersedia menerima update terbaru seputar produk Anda atau pengingat hari hari spesial diskon. Pelanggan yang memilih akan ditambahkan ke profil bisnis WhatsApp resmi Perusahaan dan mereka akan dikirimi rekomendasi produk terbaru, layanan terbaru dan lainnya yang dipersonalisasi langsung ke kotak obrolan whatsapp mereka!

CTA WA API

Pengguna juga dapat berinteraksi dengan profil bisnis Whatsapp Perusahaan untuk mengubah rekomendasi pribadi atau meminta Perusahaan untuk memberi tahu mereka tentang jenis pemberitahuan tertentu – misalnya, beri tahu saya jika langganan saya sudah jatuh tempo dan sebagainya. Jika Anda merencanakan dengan tepat apa yang ingin Anda komunikasikan kepada pelanggan pilihan Anda, maka personalisasi WhatsApp API merupakan rekomendasi terbaik untuk bisnis Anda.

2. Percakapan pelanggan dua arah melalui Whatsapp

Salah satu alasan utama mengapa WhatsApp API apk menjadi sangat populer adalah fiturnya yang memiliki percakapan dua arah dengan pelanggan. Dengan fitur ini, pelanggan dapat berkomunikasi dengan bisnis tempat mereka membeli produk atau layanan secara langsung dan real-time. Pelanggan dapat memulai percakapan, menyelesaikan pertanyaan mereka, memberikan feedback, mencari bantuan atas permasalahan mereka dengan produk Anda, dan melakukan lebih banyak lagi. Ini adalah cara terbaik untuk tetap terhubung dengan basis pelanggan Anda. Khawatir tentang waktu yang dihabiskan untuk dukungan pelanggan individu?

Dukungan balasan cepat dalam WhatsApp Business API akan menutup kekhawatiranAnda dengan menjawab sebagian besar pertanyaan umum dengan pesan otomatis dan Anda secara pribadi hanya perlu menangani beberapa pertanyaan khsusus.

3. Lacak Pengiriman melalui Whatsapp API Secara Real-time

lacak pengiriman melalui whatsapp

Fitur berbagi lokasi WhatsApp sangat berguna untuk hal ini. Fitur ini juga dapat digunakan oleh bisnis, di mana pelanggan dapat melacak lokasi langsung produk mereka yang sedang dalam perjalanan. Dengan ini, seluruh proses pengiriman menjadi sangat sederhana dan menghindari semua pemborosan waktu dalam proses tersebut.

Pada Kasus penggunaan ini, sangat bermanfaat sekali untuk bisnis pengiriman makanan dan e-commerce. Selain itu, Bisnis Anda dapat mengirimkan ke lokasi tujuan pengiriman produk dengan cara yang lebih mudah dari sebelumnya. Punya pelanggan yang ingin mengubah lokasi pengiriman di saat-saat terakhir? Cukup minta mereka mengirimkan lokasi yang diperbarui melalui fitur berbagi lokasi dalam Whatsapp mereka, ke akun bisnis WhatsApp Anda.

4. Pelanggan dapat memberikan ulasan produk dengan instan

Anda dapat meminta pelanggan untuk mengulas produk / layanan Anda dan memberikan umpan balik segera setelah penjualan selesai. Pelanggan lebih cenderung mengulas dan menilai layanan bisnis jika nyaman dan tidak merepotkan bagi mereka. Dengan WhatsApp Business API, pelanggan akan lebih nyaman dan tidak perlu repot- repot masuk ke aplikasi lain. Ini sangat berguna bagi pelanggan sehingga mereka tidak akan lupa untuk menulis ulasan singkat tentang bisnis Anda.

Meminta pelanggan Anda untuk menulis umpan balik akan membantu Anda memahami pelanggan dengan lebih baik dalam menjawab atau menyelesaikan masalah mereka. WhatsApp Business API memberi Anda kumpulan respons yang lebih besar bersama dengan peringkat dan pelaporan yang handal.

5. Pemberitahuan real time dengan beragam fitur

WhatsApp Business API juga memungkinkan Anda mengirim pemberitahuan real-time yang lebih beragam termasuk media seperti gambar, file, teks audio, dan sebagainya yang akan menyampaikan pesan Anda dengan sangat cepat. Banyak pelanggan mungkin mengabaikan teks SMS panjang dan bahkan email. Tetapi kebanyakan pelanggan tidak mengabaikan pesan dalam Whatsapp mereka. Dengan mengirimkan pesan Whatsapp melalui Whatsapp Business API secara real-time, Anda dapat membuat pengalaman pelanggan lebih beragam sepuluh kali lipat saat Anda memasukkan semua informasi yang relevan ke dalam kotak obrolan, membuat pelanggan Anda jadi lebih mudah untuk mengambil data mereka yang Anda kirimkan semisal dokumen, invoice, file kontrak, dsb kapan pun mereka butuhkan.

integrasi whatsapp api dengan barantum CRM

Ini adalah 5 manfaat WhatsApp Business API untuk bisnis Anda. Masih banyak lagi segudang manfaat Whatsapp API lainnya bagi Bisnis Anda. Tingkatkan pengalaman pelanggan Anda dan kembangkan bisnis Anda dengan pesat sekarang juga dengan menggunakan Barantum – Whatsapp Business API dan pelajari lebih lanjut tentang bagaimana Barantum dapat membantu bisnis Anda berkembang.

Tuliskan pertanyaan Anda kepada kami dalam kolom dibawah ini atau hubungi kami langsung dan kami akan dengan senang hati berdiskusi tentang cara meningkatkan bisnis Anda. Jangan lupa kunjugi juga www.barantum.com

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".