Bagaimana Cara Promosi Melalui WhatsApp Business?

Cara promosi bisnis dengan WhatsApp Business tidaklah sulit. Selama Anda mengetahui cara yang tepat melakukan promosi di WhatsApp Business, mendapat penjualan berkali-kali lipat pun tidak menjadi hal mustahil asalkan Anda konsisten.

Kini banyak yang memakai WhatsApp Business untuk membantu penjualan bisnis. Hal itu karena hampir tiap orang memiliki aplikasi ini. Sehingga, Anda mampu menjaring banyak pelanggan.

Di sisi lain, algoritma yang berlaku pada fitur status WhatsApp sangat sederhana. Saat Anda menyimpan nomor telepon seseorang dan orang tersebut juga menyimpan nomor telepon Anda, maka status yang anda buat akan muncul dan tampil pada WhatsApp orang tersebut.

Pengertian WhatsApp Business

WhatsApp (WA) Business adalah aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Aplikasi ini mempermudah Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan, melakukan promosi dan layanan bisnis, serta menjawab pertanyaan pelanggan selama proses berbelanja.

WhatsApp Business ini dapat diunduh secara gratis dan memang dibuat khusus untuk bisnis kecil, seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sehingga Anda bisa dengan mudah memakai aplikasi ini untuk bisnis Anda.

Cara Promosi di WhatsApp Business

1. Buat rencana dan target

Seperti cara atau strategi marketing yang lainnya, anda juga harus membuat plan atau rencana serta target pemasaran yang akan dilakukan. Hal ini akan membuat anda lebih mudah dan terarah saat melakukan promosi.

Tentukan terlebih dahulu target promosi Anda baik segmen yang akan anda tuju atau juga target pencapaian yang anda harapkan. Dengan memiliki segmen pasar, promosi yang anda lakukan akan lebih terarah dan meningkatkan ketertarikan calon konsumen.

2. Fokus membuat konten edukasi

WhatsApp story dapat berperan sebagai konten yang Anda buat dan disebarluaskan kepada calon konsumen untuk menarik minat sehingga membeli produk yang anda tawarkan. Saat Anda membuat konten edukasi, akan lebih banyak orang yang tertarik untuk menjadi list dari kontak Anda.

3. Membuat konten yang relevan

Maksud dari relevan di sini, yaitu konten yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda. Misalnya, dalam omnichannel yang mampu mengintegrasi berbagai saluran komunikasi membantu staf Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Dari rekaman percakapan, baik chat maupun telepon, staf Anda mampu menganalisis produk apa yang paling diminati.

Hal ini sangat menguntungkan Anda karena konten yang relevan tersebut meningkatkan persentasi keinginan pelanggan untuk membeli produk Anda. Hal itu karena konten yang Anda buat sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Customer support

Menyediakan customer support yang baik tentu tidak boleh Anda lewatkan. Whatsapp memiliki fitur pesan multimedia yang dipersonalisasi dengan menggunakan teks, audio, atau video. Tenang saja, fitur WhatsApp Business dapat menunjang kinerja staf Anda lebih efektif.

intgrasi whatsapp barantum

5. Membuat grup

WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk membuat grup chat. Melalui grup tersebut, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi maupun promosi kepada pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat membuat khusus reseller yang akan membantu mengontrol mereka dalam menjualkan produk.

Fitur ini juga merupakan cara terbaik untuk mempromosikan produk kepada pelanggan yang memang memiliki minat terhadap produk atau layanan serupa.

6. Menggunakan kata promosi

Selain menggunakan gambar, Anda dapat menggunakan tulisan sebagai media promosi. Tapi tentu saja bukan kata-kata asal karena anda juga harus menyusun kalimat tersebut lebih dahulu agar meningkatkan ketertarikan calon pelanggan kepada produk Anda.

Saat membuat kata-kata promosi, ceritakan bisnis Anda mulai dari cerita mengawali bisnis dan juga proses membangun bisnis tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan studi kasus yang tentu saja akan meningkatkan ketertarikan.

7. Membuat status

Sama halnya dengan Facebook maupun Instagram, di dalam aplikasi WhatsApp juga mengenal update status. Sesekali yang harus anda lakukan adalah dengan meng-upload video dalam rangkaian ini. Upload video yang dimaksud yaitu video mengenai penjelasan, detail, maupun info promosi yang sedang Anda lakukan.

Dengan membuat status, pelanggan di kontak Anda dapat melihat produk Anda. Produk Anda pun semakin dikenal.

8. Melakukan blast WhatsApp

Selain mengirim pesan di grup, Anda bisa mengirim pesan sekaligus ke seluruh konten Anda dengan blast atau broadcast WhatsApp. Dalam mendukung fitur ini, Anda bisa memakai sistem CRM Omnichannel, seperti Barantum, untuk memaksimalkan pesan blast yang ingin Anda kirimkan.

Dengan melakukan blast WhatsApp, Anda bisa menjaga komunikasi dengan pelanggan lebih baik. Anda bisa secara berkala mengirimkan blast kepada pelanggan Anda. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa pelanggan Anda membaca penawaran Anda. Hal ini lebih efisien dibandingkan hanya memasang status di WhatsApp.

Namun, lakukan blast secara proporsional. Jangan pernah sekali-kali melakukan spam yang isisnya hanya menjual dan menjual. Coba posisikan diri Anda sama halnya dengan pelanggan.

Maksimalkan Promosi Bisnis dengan WhatsApp Business API

Seperti halnya yang sudah Anda ketahui bahwa WA Business dapat membantu mempromosikan penjualan bisnis Anda. Namun, untuk mengoptimalkan dan lebih mengefisiensi kinerja staf agar mendapatkan lebih banyak penjualan, Anda bisa memakai WA Business API. Pastikan, Anda mendapaftar WA Business API di mitra resmi WhatsApp, seperti Barantum.

Beragam fitur WA Business API yang bisa Anda dapatkan jika bekerja sama dengan Barantum:

1. Centang hijau

centang hijau whatsapp

Centang hijau atau verified bedge merupakan tanda verifikasi yang mampu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap merek bisnis Anda.

2. WhatsApp multi user

multi user whatsapp

Satu nomor WhatsApp Bisnis API bisa diakses oleh beberapa admin sekaligus melalui banyak perangkat, sehingga respons untuk pelanggan jadi lebih cepat.

3. Alokasi agent

alokasi agen

Alokasikan pesan masuk secara merata kepada seluruh agen yang tersedia secara otomatis.

4. Terintegrasi Barantum CRM

terintegrasi crm barantum

Membantu bisnis berinteraksi dan membangun hubungan dengan pelanggan dengan mengelola semua informasi untuk mendorong kesetiaan pelanggan.

5. Broadcast chat

broadcast chat whatsapp

Mengirimkan pesan ke pelanggan dengan jumlah tak terbatas dalam satu waktu.

6. Office hours

office hour

Respons informasi pesan yang masuk di luar jam kerja untuk meyakinkan pelanggan bahwa bisnis tidak mengabaikannya.

7. Teritegrasi dengan banyak saluran komunikasi

terintegrasi dengan banyak channel

Terima dan respons pesan dari semua aplikasi pesan dan sosial media dalam satu halaman.

8. Laporan analitik

laporan analitik

Menampilkan pencapaian kerja tim, dan data konsumen yang dipakai oleh tim customer service agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

 

register whatsapp api barantum

Rekomendasi Artikel

  1. Centang Hijau WhatsApp: Syarat, Manfaat dan Cara Mendapatkannya
  2. Manfaat Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp API
  3. Cara Verifikasi WhatsApp Centang Hijau dengan Mudah
  4. Berapa Harga WhatsApp API dan Manfaat Penggunaannya?
  5. Cara Selalu Closing dengan WhatsApp Business API

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments