Apakah Ada Perbedaan Akun Bisnis WhatsApp Centang Hijau dan Tidak?

WhatsApp merupakan platform paling privacy bagi pelanggan. Karena mereka harus berhati-hati untuk memberikan data berupa apapun mulai dari teks, gambar, video atau lainnya. Dengan terverifikasinya akun profil bisnis Anda dan mendapatkan centang hijau di WhatsApp, tentu akan meningkatkan kredibilitas akun Anda.

Centang hijau WhatsApp atau WhatsApp Verified Badge memiliki manfaat tersendiri bagi pemiliknya. Akun dengan centang hijau dapat menambah kepercayaan customer bisnis.

Mengingat penjualan secara online sangat rentan dengan berbagai penipuan. Tidak terkecuali dengan banyaknya kasus penipuan saat bertransaksi di WhatsApp.  Dengan adanya centang hijau WhatsApp di akun bisnis Anda, customer tidak perlu ragu lagi dengan penjual ataupun perusahaan.

Apa Itu Centang Hijau WhatsApp?

Verified Badge merupakan sebuah ciri identitas dimana sebuah akun profil bisnis telah terverifikasi pada suatu platform. Verified badge bisa Anda temui di banyak platform sosial media, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, Youtube dan juga WhatsApp. Namun, pada WhatsApp, centang hijau hanya diperuntukkan untuk akun bisnis, bukan akun personal.

Salah satu platform yang menurut kami paling penting, dimana bisnis Anda wajib mendapatkan verified badge dari suatu platform adalah WhatsApp. Kenapa? Karena WhatsApp merupakan platform chat messenger dimana komunikasi antara pebisnis dan pelanggan biasanya dibangun melalui platform tersebut. Dan, menjadi platform chat messenger terbesar saat ini.

Dengan adanya centang hijau WhatsApp pada akun bisnis Anda, berarti akun bisnis Anda sudah terverifikasi oleh WhatsApp sebagai akun yang terpercaya.

Mengapa Perlu Centang Hijau WhatsApp?

Anda sebagai pelaku bisnis harus benar-benar menyadari betapa pentingnya mendapatkan centang hijau di WhatsApp. Berikut ini beberapa alasan kenapa mendapatkan centang hijau di WhatsApp begitu penting dan wajib untuk akun bisnis yang Anda miliki.

  1. Platform chat messenger nomor 1 dan terbesar di Indonesia
  2. Mayoritas masyarakat dan 90% pelanggan Anda pasti menggunakan WhatsApp
  3. Meningkatkan kredibilitas akun bisnis Anda
  4. Memudahkan pelanggan untuk mengenali akun bisnis Anda
  5. Dapat meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda
  6. Mampu meningkatkan rasa aman bagi pelanggan untuk bertransaksi dengan bisnis Anda, dan
  7. Meningkatkan reputasi bisnis Anda dimata pelanggan.

Perbedaan Akun Bisnis WhatsApp Centang Hijau dan Tidak

Sampai di sini Anda telah mengetahui apa itu centang hijau WhatsApp dan alasan perlu memilikinya, kini kita lanjut ke pembahasan berikutnya. Apa perbebedaan akun bisnis WhatsApp centang hijau dan tidak?

Untuk menjawab hal tersebut, mari bandingkan perumpamaan dua perusahaan berikut ini. Terdapat perusahaan X dan Y yang sama-sama bergerak dalam bidang pakaian. Dua perusahaan tersebut sama-sama memanfaatkan media sosial untuk melakukan penjualan.

Tidak hanya itu, dua perusahaan tersebut sama-sama merupakan perusahaan yang baru berkembang. Dari tampak luar, mereka memiliki keunggulan yang sama. Namun, pada suatu hari, perusahaan X menggunakan WhatsApp Bisnis API dari Barantum. Sedangkan perusahaan Y tidak.

Setelah menggunakan WhatsApp Bisnis API yang terintegrasi CRM, perusahaan X dengan mudah membalas pesan dari pelanggan. Hal itu karena seluruh saluran komunikasi atau media sosial perusahaan X dapat terintegrasi dalam satu halaman. Dengan begitu, sales perusahaan X hanya membuka satu halaman saja untuk membalas pesan pelanggan.

Dengan begitu, pelanggan mereka tidak menunggu waktu lama untuk membalas pesan. Di sisi lain, adanya centang hijau pada akun bisnis WhatsApp perusahaan X membuat pelanggan langsung percaya pesan yang dikirimkan. Pekerjaan di perusahaan X pun menjadi lebih mudah.

Di sisi lain, staf perusahaan Y perlu membuka seluruh akun media sosial perusahaan. Banyaknya pesan yang masuk membuat staf perusahaan tersebut menjadi kerepotan. Bahkan, tidak jarang pesan pelanggan tidak sengaja terabaikan.

Saat melakukan promosi melalui pesan WhatsApp pun pelanggan tidak langsung percaya bahwa pesan yang dikirimkan benar dari perusahaan Y. Alhasil, pendapatan perusahaan Y tidak maksimal.

Dari dua perumpamaan tersebut, apakah Anda dapat melihat perbedaannya?

register whatsapp api barantum

Perbedaan antara akun bisnis WhatsApp centang hijau dan tidak bisa disimpulkan menjadi beberapa hal:

  • Akun bisnis WhatsApp centang hijau lebih dipercaya dibandingkan akun bisnis yang tidak centang hijau.
  • Pada akun bisnis centang hijau bisa digunakan lebih dari 1 pengguna, sedangkan yang tidak penggunanya terbatas.
  • Akun bisnis WhatsApp centang hijau lebih responsif dibandingkan akun bisnis yang tidak centang hijau.
  • Promosi lebih mudah pada akun bisnis WhatsApp centang hijau daripada yang tidak centang hijau.

Cara Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp

Facebook sebagai pemilik WhatsApp telah bermitra dengan Penyedia Solusi Bisnis (BSP) secara global untuk membantu bisnis melalui WhatsApp Business API. Barantum merupakan Mitra resmi WhatsApp yang di tunjuk sebagai BSP untuk WhatsApp Business API. Jika Anda tertarik, Anda dapat langsung mendaftar untuk verifikasi bisnis WhatsApp menggunakan tautan ini pengajuan WhatsApp Business API.

Waktu persetujuan untuk melakukan verifikasi ini biasanya antara satu sampai tiga minggu. Namun, proses persetujan dapat lebih lama tergantung approval dari Facebook. Langkah – langkah untuk proses verifikasi Akun WhatsApp Bisnis Resmi Anda adalah sebagai berikut:

1. Daftarkan bisnis Anda melalui BSP resmi yang ditunjuk oleh WhatsApp, seperti Barantum.

2. Buat akun Business Manager.

3. Berikan ID Facebook Bisnis Manajer (BMID) Anda kepada Barantum selaku BSP Resmi WhatsApp.

4. Menyutujui pengiriman pesan oleh BSP atas nama bisnis Anda kepada pelanggan.

5. Selanjutnya, kamu perlu melakukan proses verifikasi kelengkapan profil dan kebijakan perusahaan. Pastikan, nama bisnis sesuai dengan Facebook Businees Manager dan WhatsApp Business API.

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Buat akun Facebook Business Manager

Untuk memverifikasi akun bisnis WhatsApp atas nama Anda, Anda harus mengurus beberapa hal terlebih dahulu. Secara khusus, hal ini termasuk membuat akun Facebook Business Manager.

Sebagai alat Facebook yang membantu Anda dalam mengatur dan mengelola bisnis Anda, Business Manager mengharuskan Anda untuk memiliki profil Facebook sehingga Anda dapat menggunakan nama pengguna dan kata sandi Facebook Anda untuk mendaftar.

Anda dapat mengunjungi situs web Facebook Business lalu membuat akun. Di sini Anda akan memasukkan nama, nama bisnis, alamat email, dan detail bisnis lainnya. Anda hanya dapat memiliki hingga dua akun Business Manager secara bersamaan.

2. Berikan ID business manager kepada Barantum selaku BSP resmi WhatsApp

Dengan membuat dan memverifikasi akun bisnis Anda, kami akan memerlukan Business Manager ID Anda. Informasi ini tersedia di Pengaturan Bisnis → Info Bisnis, di bawah Nama Akun Manajer Bisnis. Setelah menemukannya, kirim email yang berisi Business Manager ID Anda kepada tim kami.

3. Menyetujui pengiriman pesan dari platform Barantum

Setelah memiliki Business Manager ID, kami akan membutuhkan persetujuan Anda untuk mengirim pesan kepada pelanggan Anda atas nama Anda. Proses ini akan mengirim permintaan “pesan atas nama” melalui email dan Business Manager. Anda dapat menyetujuinya melalui Pengaturan Bisnis → Permintaan, lalu terima.

4. Verifikasi bisnis, kebijakan, dan nama tampilan Anda

Setelah Anda menyetujui permintaan BSP, Anda perlu memverifikasi nama dan kebijakan bisnis Anda di Business Manager sehingga WhatsApp dapat melihatnya. Anda dapat melakukan ini di Pengaturan Bisnis → Pusat Keamanan, di bawah Verifikasi lalu mulai verifikasi. Opsi ini akan berwarna abu-abu sampai Anda menyetujui “pesan atas nama” yang dikirimkan tim kami kepada Anda.

Nama tampilan Anda harus sesuai dengan kebijakan Perdagangan dan Bisnis WhatsApp dan pedoman yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Juga perlu perhatikan bahwa, setelah Anda mendaftarkan nama kontak bisnis Anda di WhatsApp sebagai akun bisnis resmi, Anda tidak mungkin untuk mengubahnya tanpa kehilangan status terverifikasi.

Setelah Anda memasukkan detail bisnis, memilih jenis bisnis, dan memasukkan nomor telepon Anda, Anda akan menerima kode verifikasi (melalui panggilan telepon, pesan teks, atau email). Setelahnya, Anda dapat men-submit pesan tersebut untuk menyelesaikan proses ini.

Itulah tadi beberapa tahapan untuk memverifikasi akun bisnis WhatsApp Anda hingga Anda mendapatkan tanda centang hijau atau verified bagde WhatsApp untuk Akun bisnis Anda.

Barantum, Official WhatsApp Bisnis Partner

Jika Anda ingin mendaftar dan mendapatkan centang hijau di WhatsApp, Anda bisa bekerja sama dengan mitra resmi WhatsApp. Barantum, merupakan salah satu mitra resmi WhatsApp yang terpercaya. Staf profesional Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp pada profil bisnis Anda dengan mudah.

Keunggulan Fitur-Fitur WhatsApp Business API dari Barantum

1. Centang hijau pada akun bisnis

Tanda verifikasi mampu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap brand bisnis.

2. WhatsApp multi-user

Satu nomor API WhatsApp Bisnis bisa diakses oleh beberapa admin sekaligus melalui banyak perangkat sehingga respons untuk pelanggan jadi lebih cepat.

3. Alokasi agent (round robin)

Alokasikan pesan masuk secara merata kepada seluruh agen yang tersedia secara otomatis.

4. Terintegrasi Barantum CRM

Membantu bisnis berinteraksi dan membangun hubungan dengan pelanggan dengan mengelola semua informasi untuk mendorong kesetiaan pelanggan.

5. Broadcast chat

Mengirimkan pesan ke pelanggan dengan jumlah tak terbatas dalam satu waktu tanpa banned.

6. Office hours

Respon informasi pesan yang masuk diluar jam kerja untuk meyakinkan pelanggan bahwa bisnis tidak mengabaikannya

7. Chatboth (chat script)

Untuk menjawab pesan masuk secara otomatis. Seperti greeting message, harga produk, memberikan gambar produk, atau dapat diatur sesuai kebutuhan bisnis.

8. Terintegrasi dengan banyak channels chat

Terima dan respon pesan dari semua aplikasi pesan dan sosial media dalam satu halaman.

9. Laporan analitik

Menampilkan pencapaian kerja tim, dan data konsumen yang dipakai oleh tim CS agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Dapatkan kemudahan WhatsApp Business API dari partner resmi WhatsApp, Barantum, sekarang juga. Daftar sekarang dan diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan stfat profesional Barantum DI SINI.

register whatsapp api barantum

Rekomendasi Artikel

  1. Centang Hijau WhatsApp: Syarat, Manfaat dan Cara Mendapatkannya
  2. Manfaat Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp API
  3. Cara Verifikasi WhatsApp Centang Hijau dengan Mudah
  4. Berapa Harga WhatsApp API dan Manfaat Penggunaannya?
  5. 9 Alasan Bisnis Anda Perlu Gunakan WhatsApp API di Masa Pandemi
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".