CRM Solusi Terbaik Bagi Bisnis Anda

Barantum CRM terbaik Indoensia

Apa sih CRM itu?

 

Bahkan jika Anda belum pernah menggunakan CRM sebelumnya, Anda mungkin pernah mendengar istilah yang tersebut di industri Anda. Anda tahu bahwa banyak perusahaan (termasuk pesaing Anda) menerapkan perangkat lunak/ software CRM karena menghemat waktu dan dapat menaikan penjualan.

 

Tetapi apa itu CRM? Dan apa  keuntungannya bagi Anda?

 

CRMCustomer Relationship Management — adalah software sistem informasi yang membantu individu dan tim memaksimalkan komunikasi dengan pelanggan dan upaya penjualan mereka.

CRM bukan sekadar buku alamat.  Namun akan memberdayakan tim Anda untuk membangun hubungan yang lebih efektif dan memberikan pengalaman pelanggan yang terbaik.

Di masa lalu, hanya perusahaan besar yang mampu menerapkan aplikasi CRM dan pada masanya, itu cukup rumit untuk dipelajari dan diimplementasikan. Saat ini, bisnis dari semua ukuran memiliki akses ke opsi software CRM yang mudah digunakan dan terjangkau.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan nilai yang dapat diberikan CRM untuk bisnis Anda, cara mengetahui apakah bisnis Anda siap untuk CRM, dan apa yang harus dipertimbangkan ketika mengevaluasi berbagai produk aplikasi CRM.

 

Apa yang CRM bisa lakukan untuk saya?

 

Ketika bisnis Anda pertama kali dimulai, Anda akan melacak pelanggan melalui email, buku alamat dan spreadsheet.

Tetapi sekarang perusahaan Anda sedang bertumbuh — dan itu berarti, lebih banyak peluang untuk mengubah cara Anda menjalankan bisnis Anda.

  • Spreadsheet sulit untuk diperbarui, sulit untuk tetap sinkron dengan data yang tim Anda miliki.
  • Informasi pelanggan yang berharga tersimpan di kotak masuk / inbox email karyawan Anda.
  • Catatan bisa saja hilang atau dibuang.
  • Komunikasi pelanggan menjadi tidak konsisten antara karyawan Anda.

Masalah sebenarnya adalah bahwa data terpenting Anda tersebar di banyak sistem dan orang, sehingga sulit untuk memanfaatkan informasi yang Anda miliki dan sulit berkolaborasi dalam penjualan.

 

Di sinilah peran CRM

 

Aplikasi CRM membantu Anda dan tim Anda

  1. Gabungkan semua data Anda ke dalam satu lokasi yang mudah diakses

CRM memusatkan data pelanggan Anda sehingga setiap orang di perusahaan Anda dapat mengakses semua informasi yang mereka butuhkan dari satu platform.

Kontak informasi

Cari alamat email pelanggan, nomor telepon, alamat surat, situs web, dan akun media sosial.

Riwayat komunikasi

Lacak semua interaksi melalui email, panggilan telepon, obrolan online, dan dukungan pelanggan.

Sejarah pelanggan

Referensi hubungan pelanggan, riwayat pembelian, dan bagaimana pelanggan menemukan bisnis Anda.

74% pengguna mengatakan bahwa sistem CRM mereka memberi mereka akses yang lebih baik ke data pelanggan.

 

  1. Jual lebih banyak dan lebih cepat

Harus melakukan entri data secara manual adalah salah satu penyebab hilangnya produktivitas terbesar dari tenaga penjualan/ tim sales Anda. Dengan CRM maka Anda dapat mengotomatiskan banyak tugas admin yang berulang ini. Sehingga tim Anda dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengetik dan lebih banyak waktu untuk memaksimalkan penjualan

CRM juga membantu Anda dalam membangun proses penjualan yang terstandardisasi, yang akan memberikan strategi terbaik bagi tim Anda  untuk mendapatkan deal dan membantu mengurangi lamanya siklus penjualan Anda.

 

Dengan proses penjualan, Anda dapat …

Terus meningkatkan metode penjualan Anda.

Proses penjualan akan menyediakan data yang Anda butuhkan untuk mengidentifikasi penyebab transaksi yang macet, mengambil langkah untuk mengatasi masalah, dan memastikan bahwa tim Anda memfokuskan upaya pada kegiatan yang menghasilkan pendapatan terbanyak.

 

Akurat memprediksi penjualan Anda

Memiliki tingkat presentasi keberhasilan yang lebih akurat, memungkinkan manajer penjualan meramalkan secara pasti berapa banyak penjualan yang akan ditutup oleh tim dari sejumlah prospek dan menetapkan sasaran pendapatan yang realistis.

 

Dapatkan karyawan baru untuk mempercepat penjualan dengan lebih mudah

Proses penjualan yang terstandardisasi membuat proses training menjadi lebih cepat, sederhana, dan sangat mudah, dengan menunjukkan kepada tenaga penjual / sales person apa yang harus mereka lakukan di setiap tahap penjualan. Bahkan sales baru pun akan dapat memberikan dampak langsung setelah mereka mempelajari langkah-langkah dasar dalam proses penjualan Anda.

 

Memberikan pengalaman yang lebih baik untuk pelanggan

Ketika tenaga penjual Anda mendorong prospek ke tahap penjualan yang belum dapat mereka antisipasi, hal tersebut kemungkinan besar akan membatalkan transaksi dan merusak hubungan dengan pembeli. Dengan Proses penjualan melalui CRM akan dapat memastikan sales tidak akan  meningkatkan status penjualan hingga pembeli siap untuk bergerak maju.

 

Tetap fokus pada pelanggan Anda

Dengan memiliki akses ke informasi tentang minat dan perilaku pelanggan, perwakilan penjualan Anda dapat mengejar peluang yang tepat pada waktu yang tepat, atau berkolaborasi dengan tim pemasaran Anda untuk menyampaikan konten yang ditargetkan dan bermanfaat bagi prospek Anda. Penjualan menjadi pengalaman yang lebih dipersonalisasi yang berfokus pada pelanggan.

Aplikasi CRM juga membantu Anda mengantisipasi kebutuhan pelanggan Anda sebelum mereka menghubungi Anda, dan tim support Anda dapat membuat pelanggan Anda senang, dengan membantu mereka menyelesaikan masalah mereka dengan segera.

 

47% dari pengguna CRM yang disurvei mengatakan bahwa CRM mereka memiliki “dampak signifikan” pada kepuasan pelanggan.

 

Siapa yang mendapat keuntungan dari CRMSetiap tim dalam organisasi Anda yang berinteraksi dengan pelanggan dapat merasakan manfaat menggunakan CRM, termasuk tim penjualan, pemasaran, dukungan, dan manajemen Anda.

 

CRM membantu Tim Sales

 

Menjual lebih efektif

CRM memungkinkan tim sales Anda untuk mengelola transaksi mereka dan melakukan semua komunikasi penjualan mereka dari satu lokasi. Dengan mengintegrasikan CRM Anda dengan alat bisnis organisasi Anda — termasuk email, kalender, dan perangkat lunak otomasi pemasaran — Sales Anda tidak perlu membuang buang waktu lagi.

Software CRM juga memberikan wawasan lengkap tentang status setiap transaksi yang sedang berlangsung, dan membantu manajer penjualan untuk melatih tim mereka, menetapkan kuota, dan melacak kinerja penjualan individu.

Tidak membuang Kesempatan

Dengan CRM, Anda dapat mengotomatiskan pengingat untuk tim Anda untuk menjangkau prospek pada waktu yang tepat sehingga calon pelanggan tidak akan pernah hilang.

Tetap dalam jangkauan

Platform CRM berbasis cloud modern dapat diakses dari perangkat apa pun, yang artinya transaksi Anda tidak semua terjebak di kantor. Dengan akses mobile CRM dan pemberitahuan ponsel smartphone Anda, Sales Anda tidak akan kehilangan sesuatu yang penting, baik di pesawat, di kantor klien, atau sedang rapat.

 

Investasikan pada apa yang berhasil, dan hentikan apa yang tidak berhasil

Alih-alih menebak, manajer penjualan dapat melacak alasan mengapa transaksi dimenangkan atau hilang. Dengan menganalisis pola data pelanggan dan laporan penjualan CRM, manajer penjualan dapat menentukan metode mana yang efektif dan mana yang perlu ditingkatkan.

24% sales mencapai target kuota penjualan tahunan dengan aplikasi mobile CRM yang terinstall pada smartphone mereka

 

CRM Solusi Terbaik

 

Ketahui bagaimana calon pelanggan menemukan Anda

CRM membantu Anda melacak bagaimana prospek menemukan bisnis Anda — melalui penelusuran online, pameran, atau event pemasaran khusus — sehingga Anda dapat menentukan di mana Anda mendapatkan keuntungan terbesar dari investasi marketing Anda.

Dengan memiliki akses ke dalam interaksi penjualan perusahaan Anda, tim pemasaran Anda dapat lebih memahami tentang kekhawatiran prospek atau pelanggan dan seputar pertanyaan umum, lalu menggunakan informasi ini untuk membuat konten yang lebih relevan.

Buat pelanggan tetap terlibat

CRM mengumpulkan banyak data berharga yang dapat dimanfaatkan tim marketing Anda untuk membuat prospek menjadi pelanggan dan pelanggan menjadi pendukung.

 

Dengan Menggunakan CRM dapat mengurangi biaya pemasaran perusahaan sebesar 23%.

 

CRM membantu layanan dukungan pelanggan

 

Personalisasi Customer Experience

Mengetahui riwayat percakapan sebelumnya dengan setiap pelanggan memungkinkan tim support Anda untuk memberikan pelayanan dukungan pelanggan yang memuaskan setiap waktunya. Dengan menyediakan akses ke dalam database pelanggan yang terperinci, CRM memungkinkan tim support Anda melihat setiap pelanggan yang menghubungi.

Atasi masalah pelanggan lebih cepat

Waktu respons yang lebih cepat untuk menanggapi permintaan akan membuat pengalaman pelanggan yang lebih menyenangkan dan memuaskan.

CRM menautkan informasi pelanggan penting — termasuk produk yang dibeli, riwayat pelanggan, dan interaksi sebelumnya — ke setiap dukungan sehingga Anda dapat menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat dan lebih efektif.

Gabungkan semua komunikasi pelanggan

Selain melakukan log percakapan email dan panggilan telepon, CRM dapat diintegrasikan dengan aplikasi chatting atau obrolan online sehingga semua obrolan pelanggan yang terkait dengan dukungan disimpan di CRM Anda. Tim support Anda dapat meninjau obrolan yang tersimpan ini di masa mendatang, atau mengirim ringkasan obrolan yang tersimpan ke pelanggan, setelah menyelesaikan permintaan layanan.

 

47% dari pengguna CRM yang disurvei mengatakan bahwa CRM mereka memiliki dampak yang signifikan terhadap retensi pelanggan, dan persentase yang sama mengatakan CRM mereka memiliki dampak yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

 

CRM membantu para Leader

 

Jangan lupa baca artikel berikut Kenapa CRM Penting Bagi Bisnis Anda

 

Ukur dan kembangkan bisnis Anda

Memiliki akses ke data tentang peluang, tren, dan perkiraan penjualan sangat penting untuk menyusun rencana jangka pendek dan jangka panjang perusahaan Anda.

Pemimpin bisnis dapat menggunakan data CRM untuk mengidentifikasi pasar dan produk mana yang paling menguntungkan, dan mengevaluasi cara menyesuaikan strategi untuk mencapai tujuan mereka.

Optimalkan kinerja tim

CRM menjaga pemimpin bisnis tetap up to date pada kesehatan bisnis mereka, dan apakah masing-masing tim berada di jalur untuk mencapai target.

Laporan penjualan secara real time dapat membantu pimpinan perusahaan mengidentifikasi mana yang tidak efisien dalam proses penjualan, jumlah keuntungan dari yang di investasikan untuk kampanye pemasaran, dan juga dapat mengetahu bila ada pelanggan yang tidak menerima dukungan yang tepat.

 

65% bisnis mengadopsi CRM dalam lima tahun pertama mereka.

 

Apakah saya siap untuk CRM?

Perusahaan sering memulai pencarian CRM mereka ketika komunikasi penjualan mereka mulai berantakan — dan pada saat itu, mereka telah kehilangan peluang dan pendapatan karena mengalami disorganisasi atau ketidak beraturan dalam organisasi

Saran kami? Jangan biarkan diri Anda sampai kepada titik itu. Segera setelah bisnis Anda memiliki tim penjualan, Anda lebih baik segera bergegas untuk membeli aplikasi CRM.

Untuk memastikan bahwa Anda akan mendapatkan hasil maksimal dari investasi CRM Anda, tanyakan pada diri Anda tiga pertanyaan berikut sebelum melakukan.

  1. Apakah saya memiliki strategi penjualan?

CRM dirancang untuk melengkapi strategi penjualan Anda saat ini. Jika perusahaan Anda belum memiliki sistem standar untuk mengubah prospek menjadi pelanggan, luangkan waktu untuk berpikir tentang bagaimana tim penjualan Anda menghasilkan prospek dan kegiatan apa yang diselesaikan oleh sales Anda untuk membuatnya mendapatkan transaksi. Kemudian, buat garis besar proses penjualan selangkah demi selangkah untuk diikuti tim Anda.

  1. Apakah saya tahu apa yang ingin saya pecahkan?

Apa masalah yang dihadapi pelanggan yang perlu perbaikan di perusahaan Anda? Apakah Anda sedang kesulitan atau bermasalah dengan pertumbuhan penjualan, retensi pelanggan, upselling, atau kepuasan pelanggan?

Definisikan masalah yang Anda alami saat berinteraksi dengan pelanggan Anda. Dengan begitu, Anda dapat memusatkan perhatian Anda untuk menciptakan solusi setelah menerapkan sistem perusahaan Anda ke CRM

 

Apakah saya sudah menyelesaikan pembelian?

Adopsi pengguna yang rendah sering dikutip sebagai alasan utama untuk inisiatif CRM gagal,  Rapat dan pengarahan kepada setiap anggota tim sales Anda untuk membuat mereka menyadari betapa pentingnya CRM bagi ke-efektifan kinerja mereka sangat di perlukan. Pimpinan perusahaan perlu berkomitmen untuk mengalihkan data bisnis ke CRM, dan baik itu tenaga penjualan dan juga pemimpin tim harus berkomitmen untuk menggunakannya secara konsisten dan teratur.

Untuk mendapatkan dukungan yang lengkap, tunjukkan bagaimana CRM akan membawa nilai bagi setiap posisi di perusahaan Anda, dan pastikan untuk melibatkan tim penjualan Anda dalam proses keputusan; jika staf penjualan Anda tidak merasakan bagaimana mudahnya menggunakan aplikasi CRM dan mengetahui apa saja hasil yang menguntungkan mereka dengan menggunakan CRM mereka tidak akan menggunakannya.

 

Bagaimana saya memilih CRM yang tepat?

Untuk tim penjualan bisnis kecil, beberapa manfaat CRM bagus untuk dimiliki dan yang lain sangat penting. Delapan item ini tidak dapat dinegosiasikan ketika meneliti solusi CRM.

  1. Bisakah CRM melacak semua komunikasi tim dan pelanggan?

Interaksi dengan pelanggan Anda dapat menjangkau percakapan email, panggilan telepon, dan juga obrolan online / chatting. CRM Anda harus dapat merekam dan menempatkan semua komunikasi di satu lokasi sehingga Anda tahu tindakan selanjutnya yang harus dilakukan dan tidak pernah kehilangan detail penting.

Solusi CRM terbaik akan memudahkan untuk memasukkan data pelanggan, mengikuti interaksi pelanggan di seluruh tim, dan menemukan informasi yang Anda butuhkan dengan cepat. Tips: Sebelum Anda memilih CRM, konfirmasikan bahwa itu dapat mengimport riwayat komunikasi dari alat manajemen kontak yang saat ini Anda gunakan (yaitu spreadsheet atau CRM sebelumnya).

 

  1. Seberapa mudah bagi karyawan Anda untuk digunakan?

Team Sales anda bukanlah pakar perangkat lunak, jadi CRM Anda harus user friendly. Idealnya, desain dan antarmuka harus cukup intuitif sehingga semua orang di perusahaan Anda dapat mempelajari sistem dengan cepat dan mulai menggunakannya dengan segera.

 

  1. Bisakah Anda menggunakannya saat bepergian?

Fungsi CRM Anda harus dapat diakses dan memberikan pengalaman yang mudah digunakan dari semua perangkat termasuk ponsel, sehingga Anda dapat terhubung ke penawaran Anda di mana pun Anda berada.

 

  1. Seberapa baik CRM beradaptasi dengan proses penjualan Anda saat ini?

Menerapkan CRM bukan berarti mengubah cara Anda menjual. Sistem CRM harus dengan mudah diterapkan ke strategi yang sedang Anda jalani saat ini.

 

  1. Adakah Fungsi CRM untuk mengimpor data pelanggan Anda yang sudah ada?

Tidak ada yang memulai dari awal. Pastikan bahwa Aplikasi ini yang Anda pertimbangkan mempermudah mengimpor informasi pelanggan yang sudah ada sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu berminggu-minggu mengetik prospek, dan klien Anda saat ini.

 

  1. Adakah Solusi CRM menawarkan laporan custom dan pelacakan kinerja?

Perhatikan dengan seksama bagaimana CRM menarik data pelanggan untuk laporannya. Kesimpulan apa yang dapat ditariknya dari perilaku pelanggan, interaksi, dan aktivitas tim Anda? Apakah laporan dapat diekspor dan dibagikan? Seberapa mudahnya menyesuaikan pelaporan CRM untuk menemukan informasi yang paling penting bagi tim Anda?

 

  1. Apakah Sistem Software CRM yang dapat terintegrasi dengan alat-alat yang digunakan bisnis Anda?

Sistem CRM Anda harus memungkinkan Anda mengelola semua aktivitas penjualan dan data pelanggan dari satu tempat. Dengan memilih CRM yang mudah terintegrasi dengan email Anda, chat online, dan program berbagi dokumen, Anda tidak lagi harus menghabiskan hari Anda untuk beralih antara aplikasi dan tab browser.

 

  1. Bisakah saya benar-benar membeli CRM?

Harga per-pengguna bisa menyesatkan. Bagi beberapa aplikasi CRM, biaya bulanan yang rendah itu tidak mencerminkan semua biaya tersembunyi yang mungkin akan Anda temui ketika mulai menggunakannya.

Apakah ada biaya untuk onboarding dan pelatihan? Apakah Anda harus membayar ekstra untuk kontak tambahan atau fitur laporan? Apakah ada biaya tambahan untuk penambahan kapasitas data? Semua biaya tambahan ini dapat menambah pengeluaran CRM tahunan Anda, jadi pastikan Anda melakukan penelitian terlebih dahulu.

 

Lalu Apa berikutnya?

Aplikasi CRM Terbaik

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana CRM membawa nilai dan manfaat yang massive untuk membantu Anda terutama bagi bisnis Anda, apa yang perlu dipertimbangkan ketika mengevaluasi berbagai Fitur CRM dan bagaimana penerapan CRM, dan jika bisnis Anda siap untuk mengadopsi satu, sekarang saatnya untuk mulai mengevaluasi pilihan Anda dan belajar menggunakanya.

 Anda bisa Coba Barantum CRM  gratis selama 14 hari, atau kontak kami untuk berbicara langsung dengan salah satu pakar CRM kami. Kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaan tentang bagaimana Barantum memberikan solusi terbaik CRM bagi perusahaan Anda, dan mendorong pertumbuhan bisnis Anda.

In this article

Join the Conversation

19 + 14 =