CUSTOMER BASED ORIENTED, STRATEGI PERUSAHAAN DALAM MEMENANGKAN PERSAINGAN DI ERA GO DIGITAL ( MENYONGSONG SOCIETY 5.0 )

perusahaan asuransi fokus pada pelanggan

CUSTOMER BASED ORIENTED, STRATEGI PERUSAHAAN DALAM MEMENANGKAN PERSAINGAN DI ERA GO DIGITAL ( MENYONGSONG SOCIETY 5.0 )

 

 

Kesamaan apa yang anda lihat saat ini di  Era Go Digital dari para pelaku bisnis. Ya memanjakan customer, itulah salah satu strategi jitu yang dilakukan para pengelola bisnis dalam meningkatkan revenuenya. Berikut  kami coba berikan beberapa contohnya  : pebisnis transfortasi online ( Grap dan Gojek ). Pasti mereka selalu melakukan aktivitas promo untuk menarik konsumen baru. Traveloka atau Shopee,  selalu membuat program-program untuk menarik konsumen baru menggunakan produk aplikasi yang mereka gunakan.

Customer memang masih menjadi  “raja” bagi  para pengelola bisnis. Bukan saja karena customer adalah salah satu aset bagi perusahaan. Tetapi customer adalah strategi perusahaan dalam mengefektifkan dan mengefisiensikan cost operasional dalam kondisi ekonomi yang belum kondusif.  Terlebih saat ini dengan makin berkembangnya aplikasi komunikasi seperti  Whatsapp Business yang makin menarik sebagai media untuk mengelola customer. Ini menjadi satu kesempatan bagus bagi perusahaan untuk mengubah strategi bisnisnya dengan lebih memperhatikan customer dibanding menjadi customer baru.

Ibarat kata, perusahaan lebih efektif mengelola customer yang ada, dari  pada prioritasnya mencari dan mendapatkan customer baru. Jadi  bagi perusahaan membuat kebijakan atau program  untuk mempertahankan customer lama menjadi salah satu hal yang cukup efektif dibandingkan membuat program untuk mendapatkan customer baru sebagai prioritas programnya. Perkembangan bisnis yang ada di Era Go Digital pun turut mempermudah strategi tersebut, seperti saat ini Whatsapp Business API bisa di integrasikan dengan aplikasi khusus customer seperti CRM.

Dari beberapa contoh diatas, apa yang  bisa kita  tarik kesimpulan, dari tren industri berbasis internet saat ini. Secara mudah kita akan bisa mengatakan minimal ada 3 hal yang kesemuanya tertuju pada Customer Based Oriented. Diantaranya adalah : (1) Bahwa pelaku bisnis rela mengeluarkan dana ( istilahnya membakar uang ) demi mendapatkan database klien baru. (2) Pelaku bisnis yakin  bahwa dengan terkumpulnya sejumlah data base konsumen yang cukup banyak. Maka hal itu memudahkan mereka untuk membuat strategi baru terkait produk mereka (3) Bahwa customer  based sudah menjadi salah satu kunci untuk kesuksesan dan keberhasilan usaha mereka dalam meningkatkan profit.

Istilahnya,  ketika konsumen puas dengan  layanan dan produk yang mereka  berikan, maka sudah barang tentu apapun produk yang akan mereka launching atau pasarkan akan lebih mudah terserap ke konsumen. Ambil contoh, saat ini berdasarkan data yang bisa kita temukan terdapat 5 marketplace yang paling diminati di Indonesia : Tokopedia, Shopee Indonesia, Lazada Indonesia,  Bukalapak dan Blibli.  Terus yang jadi pertanyaan adalah, kenapa 5 besar ini yang paling diminati oleh konsumen. Jawaban cukup mudah, karena kelima marketplace inilah yang paling memahami apa yang diinginkan oleh konsumennya. (3) Pelaku bisnis mesti menerapkan apa yang di sebuat  Treat your Customer.

 

 3 HAL PENTING  YANG HARUS DILAKUKAN DALAM MELAYANI CUSTOMER  DI ERA GO DIGITAL SAAT INI

 

Baca juga artikel berikut ; INTEGRASI WHATSAPP CRM BARANTUM, SOLUSI TERKINI PELAKU BISNIS DI INDONESIA

Bicara soal bagaimana sebuah bisnis berkonsep digital bisa unggul dalam melayani konsumennya. Sejatinya tidak terlalu sulit, setidaknya ada  3 hal yang menjadi dasar bagaimana sebuah bisnis yang ingin berfokus  pada customer based oriented melakukan strateginya.  (1) Pelaku bisnis  harus bersikap Customer Focused with Personalized Communication.  Artinya adalah, kemudahan dalam melakukan komunikasi menjadikan konsumen semakin mencintai marketplace atau aplikasi yang di jalankannya.  (2) Pelaku bisnis mesti menjalankan apa  yang di namakan Digital Payment. Model pembayaran yang bersifat digital membuat sebuah bisnis berbasis digital menjadi begitu mudah.  Bukan saja karena sistemnya menjadi lebih cepat, tetapi juga jelas memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen yang bersangkutan   (3) Pelaku bisnis mesti melakukan apa yang di namakan sebagai Treat your Customer. Artinya bahwa apapun yang akan di lakukan atau di jalankan mesti orientasinya adalah untuk membuat konsumen menjadi lebih mudah, murah, aman dan nyaman. Sehingga dari waktu ke waktu perusahaan mesti terus melakukan inovasi yang di tujukan untuk semakin memberikan pelayanan yang purna jual kepada konsumennya.

 

BARANTUM SEBAGAI WHATSAPP OFFICIAL PARTNER INDONESIA, BUKTI BARANTUM PEDULI DENGAN CUSTOMER  & MITRA BISNISNYA

 

integrasi whatsapp api dengan barantum crm

Dengan telah di tetapkannya  Barantum sebagai Whatsapp Official Partner Indonesia. Ini menjadi perhatian tersendiri bagi Barantum dan klien yang menjadi keluarga besar Barantum. Karena dengan demikian, maka  Barantum harus lebih meningkatkan kualitas service dan pelayanannya kepada klien.

Ada beberapa hal yang memang menjadi prioritas tidak saja kepada klien tetapi juga pelaku bisnis yang saat ini belum menjadi keluarga besar Barantum.  Bahwa kedua fitur tersebut yaitu Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing itu adalah sebuah  integrasi sistem dan database yang akan membuat customer atau pengguna CRM semakin di permudah.  Jika kita semua tahu fitur Whatsapp API lebih banyak berkutat mengenai materi pesan masuk dan keluar.

Maka dengan adanya fitur Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing pengguna akan bisa lebih memaksimalkan database yang sudah tersimpan dalam CRM Barantum  untuk  lebih di optimalkan menjadi sebuah marketing strategi yang lebih kompleks dan terintegrasi. Ada  tiga hal yang selalu menjadi perhatian kita menyangkut kolaborasi Barantum dengan manajemen Whatsapp. Bahwa dengan adanya integrasi Barantum CRM dengan Whatsapp Business API.   Customer atau perusahaan akan bisa mengubah customernya sebagai sebuah aset penting bagi perusahaan dari regular customer menjadi loyal customer.

  1. Whatsapp Business API : Dapat Meningkatkan Performance dari  Manajemen  Sales & Marketing ( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )
  2. Whatsapp Business  API  : Dapat Meningkatkan  Produktivitas Bisnis (karena integrasi antara CRM & Whatsapp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)
  3. Whatsapp Business API   : Dapat Meningkatkan dan Mengubah Kualitas Customer ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer ).

 

 

 

In this article

Join the Conversation

twenty + two =