Seputar Customer Retention dan Pentingnya Untuk Bisnis Anda

Apakah Anda ingin membangun bisnis yang sukses? Salah satu kunci utama untuk mencapai hal itu adalah dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Memahami arti penting dari customer retention, manfaat yang dapat diperoleh, dan strategi yang efektif untuk mencapainya merupakan langkah penting dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Customer retention mengacu pada kemampuan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mencegah mereka beralih ke kompetitor. Ini mencakup upaya perusahaan dalam membangun hubungan yang kuat, memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan, serta memberikan pengalaman yang memuaskan.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, mempertahankan pelanggan  menjadi prioritas karena pelanggan yang sudah ada cenderung lebih mungkin untuk melakukan pembelian berulang, memberikan referensi positif, dan berkontribusi pada pertumbuhan jangka panjang perusahaan.

Untuk lebih memahami pentingnya customer retention dan mendapatkan informasi tentang strategi-strategi yang efektif untuk mencapainya, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Barantum CRM dan Call Center

Apa Itu Customer Retention?

Customer retention adalah kapabilitas perusahaan dalam mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian ulang atau menggunakan layanan kembali, sehingga mereka tidak beralih ke pesaing.

Kemampuan perusahaan untuk membangun hubungan yang kuat dan memberikan pengalaman positif kepada pelanggan akan berkontribusi pada loyalitas mereka. Hal ini mencakup penyediaan layanan pelanggan yang responsif, peningkatan produk atau layanan berdasarkan umpan balik pelanggan, serta pengembangan program loyalitas yang menarik.

Dengan memberikan nilai tambah dan memenuhi kebutuhan pelanggan secara konsisten, perusahaan dapat menciptakan ikatan yang kuat, membuat pelanggan cenderung untuk melakukan pembelian kembali, dan bahkan dapat menjadi advokat merek yang setia.

Selain itu, customer retention juga memiliki implikasi ekonomi yang signifikan. Mempertahankan pelanggan yang sudah ada seringkali lebih cost-effective dibandingkan dengan usaha mendapatkan pelanggan baru. Pelanggan yang sudah memiliki pengalaman positif dengan bisnis cenderung lebih mudah dipertahankan, dan upaya untuk membangun hubungan yang berkelanjutan dengan mereka dapat menghasilkan pendapatan yang stabil dalam jangka panjang.

Customer Retention

Mengapa Bisnis Penting Meningkatkan Customer Retention?

Penting bagi bisnis untuk meningkatkan customer retention guna menjaga hubungan yang kokoh antara perusahaan dan pelanggan, sehingga pelanggan akan tetap setia dan terus memanfaatkan produk atau layanan yang disediakan.

Selain itu, customer retention juga membantu perusahaan Anda dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, menghasilkan kepuasan pelanggan yang tinggi, dan menciptakan efek domino positif seperti rekomendasi pelanggan dan peningkatan citra brand bisnis Anda.

Pelanggan yang puas dan loyal cenderung tetap menggunakan produk atau layanan perusahaan, memperoleh pengalaman yang memuaskan, dan merekomendasikannya kepada orang lain. Hal ini membantu perusahaan dalam memperluas pangsa pasar dan mendapatkan pelanggan baru dengan biaya yang lebih rendah.

Menjaga kepuasan pelanggan Anda umumnya lebih menghemat biaya dibandingkan dengan mencari pelanggan baru. Dalam Harvard Business Review, dinyatakan bahwa mendapatkan pelanggan baru 25 kali lebih mahal biayanya dibandingkan mempertahankan pelanggan.

Biaya yang dikeluarkan lebih murah karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya promosi atau iklan. Yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kualitas produk dan kepuasan layanan pelanggan Anda.

Apa Manfaat Customer Retention?

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari customer retention:

1. Pendapatan yang Stabil

Mempertahankan pelanggan yang sudah ada memberikan kontribusi langsung pada pendapatan yang stabil. Pelanggan yang kembali secara teratur untuk membeli produk atau menggunakan layanan menciptakan dasar pendapatan yang dapat diandalkan, mengurangi fluktuasi dan ketidakpastian.

2. Efisiensi Biaya

Customer retention seringkali lebih cost-effective dibandingkan dengan upaya akuisisi pelanggan baru. Mencari pelanggan baru memerlukan investasi finansial yang besar, sementara mempertahankan pelanggan yang sudah ada memerlukan biaya yang lebih rendah, seperti pemasaran kepada basis pelanggan yang sudah dikenal.

3. Loyalitas Pelanggan

Pelanggan yang merasa puas dengan produk atau layanan, serta mendapatkan pengalaman positif, cenderung menjadi pelanggan setia. Loyalitas pelanggan membawa manfaat jangka panjang, termasuk pembelian berulang, rekomendasi kepada orang lain, dan kontribusi positif terhadap reputasi merek.

4. Umpan Balik yang Berharga

Mempertahankan pelanggan memberikan kesempatan untuk mendapatkan umpan balik yang berharga. Melalui interaksi yang berkelanjutan, perusahaan dapat memahami kebutuhan, keinginan, dan masalah pelanggan, memungkinkan perusahaan untuk terus meningkatkan produk atau layanan mereka.

5. Peningkatan Cross-Selling dan Up-Selling

Pelanggan yang sudah ada cenderung lebih terbuka terhadap penawaran cross-selling (penawaran produk tambahan) dan up-selling (peningkatan paket atau fitur). Dengan merancang strategi penjualan yang sesuai, perusahaan dapat meningkatkan nilai transaksi per pelanggan.

Barantum CRM dan Call Center

Bagaimana Strategi Meningkatkan Customer Retention?

Berikut adalah strategi meningkatkan customer retention, yaitu:

1. Cepat Merespons Pelanggan

Strategi yang pertama adalah membalas pesan mereka dengan cepat. Pelanggan merasa senang jika agen bisnis merespons pesan mereka dengan cepat. Untuk merespons pelanggan dengan cepat, solusinya Anda bisa menggunakan WhatsApp Business API yang terintegrasi sistem CRM. Sehingga memungkinkan bisnis membalas pesan otomatis.

2. Membangun Komunikasi Lebih Personal

Strategi yang kedua, yaitu melakukan komunikasi yang terpersonalisasi. Hal ini akan mendekatkan hubungan pelanggan dan bisnis karena pelanggan merasa bahwa bisnis menghargai mereka.

3. Menerapkan Up Selling dan Cross Selling

Cara lainnya, yaitu dengan up selling dan cross selling. Artinya, Anda menawarkan produk atau jasa dengan harga lebih tinggi tetapi kualitas lebih bagus dan mengajak konsumen untuk membeli produk lainnya.

4. Mengumpulkan Feedback

Selanjutnya, dengan mengumpulkan feedback. Feedback (umpan balik) dari pelanggan berfungsi untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan mereka terhadap bisnis. Baik dalam hal pelayanan maupun kualitas produk bisnis.

5. Menggunakan Media Sosial

Strategi terakhir, yaitu memanfaatkan akun media sosial bisnis. Media sosial seperti Instagram, Twitter, LinkedIn, dan Facebook dapat membantu bisnis untuk menjangkau pelanggan lebih luas dan membangun hubungan dan kepercayaan pelanggan.

Untuk memudahkan bisnis dalam melayani pelanggan di tiap akun media sosial, Anda bisa menggunakan CRM Omnichannel, seperti Barantum CRM, yang mampu mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi dalam satu halaman.

Dalam memaksimalkan customer retention, sebaiknya Anda segera mempertimbangkan penerapan sistem CRM dalam bisnis. Implementasi CRM dalam bisnis mampu meningkatkan loyalitas pelanggan dan time to market serta mempermudah melakukan follow up dan promosi. Sehingga meningkatkan penjualan. Informasi dan riwayat aktivitas pelanggan pun dapat tersimpan di dalam CRM. Sehingga Anda mampu mengetahui kebutuhan tiap pelanggan.

Dapatkan Sistem CRM Terbaik Untuk Tingkatkan Customer Retention Bisnis Anda!

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Bagaimana? Apakah Anda sudah memahami apa itu customer retention dan pentingnya bagi bisnis? Untuk meningkatkan customer retention bisnis, sebaiknya didukung dengan sistem berteknologi modern, seperti Barantum CRM.

Barantum akan membantu bisnis Anda berkembang dengan memenuhi semua kebutuhan layanan bisnis Anda mulai dari penjualan, call centertelemarketingcustomer service, dan canvassing. Fitur-fitur unggulan di Barantum CRM, seperti manajemen Contact, manajemen Deals, manajemen Activity, Rekaman, IVR, Robocall, dan fitur lainnya lainnya mampu membantu Anda untuk memperoleh loyalitas pelanggan.

Teknologi CRM All-in-One Solutions yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM dan Call Center

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".