Bagaimana WhatsApp API memberikan dampak pada setiap industri?

Layanan perpesanan seperti WhatsApp dapat membantu bisnis memiliki dampak yang lebih signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Bisnis dapat memperluas jangkauan audiens, melakukan percakapan yang aman dengan pelanggan, serta meningkatkan konversi.  Bagi pebisnis, WhatsApp Business API dapat menjadi pengubah permainan dan membantu mereka memiliki keunggulan kompetitif.

WhatsApp Business API menjadi saluran komunikasi yang kuat untuk keterlibatan pengguna, terutama untuk bisnis berskala besar yang melayani audiens yang lebih luas. Lebih dari tiga juta organisasi di seluruh dunia menggunakan WhatsApp Business, dan sekitar 84% bisnis kecil dan menengah mengonfirmasi bahwa mereka secara aktif berkomunikasi dengan pengguna akhir mereka melalui saluran perpesanan ini.

Berikut adalah empat industri populer yang menggunakan WhatsApp sebagai salah satu saluran utama untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka.

Baca juga: Cara Jangkau Pelanggan Lebih Banyak Dengan WhatsApp Business API

1. E-commerce

Karena perusahaan E-commerce memiliki interaksi pelanggan tatap muka yang terbatas, mereka perlu membuat interaksi online yang instan dan kuat. Dengan memetakan perjalanan pelanggan mereka, menemukan peluang di setiap fase, dan memungkinkan layanan pelanggan yang dipersonalisasi melalui saluran pesan instan, bisnis E-commerce dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan mereka dan memberi mereka pengalaman berbelanja yang lebih baik.

WhatsApp Business API memungkinkan perusahaan e-commerce untuk memenuhi harapan pelanggan yang berkembang saat ini dengan mulus.

Mari kita lihat beberapa cara bisnis e-commerce dapat menggunakan WhatsApp dalam strategi komunikasi.

Menjawab pertanyaan umum pelanggan

Bisnis e-commerce menerima banyak pertanyaan pelanggan setiap hari tentang produk dan layanan mereka. Menanggapi pertanyaan ini dapat menjadi tantangan bagi tim dukungan pelanggan. Namun, dengan WhatsApp Business API, semua pertanyaan umum yang diajukan pengguna dapat dijawab dan dikirim dalam bentuk pesan kepada konsumen yang telah memilih untuk menerima notifikasi WhatsApp. Dengan cara ini, tim layanan pelanggan akan dapat mengelola tugas penting bisnis lainnya.

Merekomendasikan Produk

E-commerce dapat menggunakan WhatsApp untuk membantu pelanggan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Konsumen dapat terhubung dengan  e-commerce melalui WhatsApp dan menyampaikan kebutuhan mereka. Tim layanan pelanggan kemudian dapat mengatur tanggapan otomatis untuk menampilkan produk yang relevan menggunakan gambar dan video. Atau rekomendasikan lebih banyak produk berdasarkan penelusuran atau riwayat pembelian pengguna.

Berikan pembaruan pengiriman

Dari saat pelanggan melakukan pemesanan, perusahaan e-commerce dapat membagikan pembaruan pengiriman real-time melalui WhatsApp hingga pesanan dikirimkan. Saluran komunikasi dua arah juga memungkinkan pelanggan untuk mengklarifikasi semua pertanyaan mereka terkait dengan pengiriman pesanan dengan langsung menghubungkan mereka dengan tim dukungan.

2. Kesehatan

Kemajuan komunikasi digital memainkan peran yang sangat diperlukan dalam manajemen kesehatan. Dengan meningkatnya permintaan akan layanan kesehatan berkualitas, solusi telehealth menjadi semakin penting. Saat ini, sektor perawatan kesehatan berfokus pada platform komunikasi yang lebih cepat dan andal untuk menghadirkan solusi perawatan kesehatan terpadu.

WhatsApp dapat bertindak sebagai media dan memfasilitasi beberapa permintaan penting. Dari mengirim konfirmasi/pengingat janji temu, pembaruan resep, dan laporan tes medis hingga berbagi pemrosesan asuransi dan pembaruan saldo terutang. Penyedia layanan kesehatan dapat memberikan resolusi instan untuk pertanyaan setiap pasien, terlepas dari lokasi geografis pasien dan waktu dalam sehari. Tanggapan yang dipersonalisasi ini membantu perusahaan perawatan kesehatan membangun ikatan yang kuat dengan pasien mereka dan memenangkan kepercayaan mereka.

Baca juga: Kenali 11 WhatsApp Marketing Tools Ini & Tips Penggunaannya!

3. Agen perjalanan online

Meningkatnya persaingan dalam  industri perjalanan telah menempatkan agen perjalanan online di bawah tekanan besar untuk menunjukkan kepada pelanggan nilai tambah yang mereka berikan melebihi harga. Mereka harus mengalihkan fokus dalam pemasaran perjalanan dari sekadar mendapatkan pemesanan menjadi melihat seluruh perjalanan pelanggan . Di setiap langkah perjalanan seorang pelancong, mereka memiliki peluang untuk menambah nilai, terlibat dengan mereka, dan bahkan meningkatkan peluang memperoleh pendapatan di luar pemesanan tiket.

Menambahkan WhatsApp ke rangkaian komunikasi mereka akan membuat mereka menjadi tuan rumah dan mitra perjalanan yang lebih mudah dijangkau dan terhubung dengan lebih baik. Mereka dapat melakukan seluruh perjalanan pelanggan secara end-to-end melalui WhatsApp.

Misalnya, konsumen dapat mengajukan pertanyaan pemesanan tiket dengan pesan WhatsApp sederhana, dan tim dukungan agen perjalanan onloine dapat merespons dengan ketersediaan kursi dan harga. Setelah konsumen membagikan preferensi mereka, agen dapat membantu mereka dengan pemesanan dengan membagikan tautan untuk melakukan pembayaran, mengonfirmasi pemesanan, dan kemudian membagikan tiket melalui WhatsApp. Sebelum menaiki pesawat, pelanggan bahkan dapat menanyakan status penerbangan dan detail lainnya, semuanya melalui platform yang sama.

HOW TO CREATE MQL & SQL FOR INCREASE OMZET
sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

4. Lembaga keuangan, bank, dan asuransi (BFSI)

Inovasi digital, persaingan yang ketat, dan ekspektasi nasabah yang meningkat mengubah sektor perbankan dan jasa keuangan. Untuk berkembang dalam lingkungan seperti itu, organisasi harus menemukan cara inovatif untuk menawarkan layanan unik yang memenuhi kebutuhan pelanggan yang tidak terpenuhi.

Menggunakan aplikasi seperti WhatsApp dalam strategi komunikasi mereka akan memungkinkan perusahaan BFSI mengelola percakapan pelanggan secara efisien. Memberi mereka pandangan holistik tentang interaksi mereka, dan dengan demikian membantu mereka membantu pelanggan mereka dengan lebih baik.

Baik itu membantu pelanggan dalam proses pembukaan akun, atau sesuatu yang penting seperti melaporkan penipuan, sektor BFSI dapat menggunakan solusi bisnis WhatsApp untuk merampingkan operasi mereka dan membuatnya nyaman bagi pemangku kepentingan mereka. Bank dan lembaga keuangan juga dapat menggunakan saluran ini untuk memberi tahu dan memberi informasi kepada pelanggan mereka untuk proses seperti otentikasi OTP, peringatan transaksional, pembaruan portofolio, pengingat pembaruan kebijakan, ringkasan perdagangan, dan banyak lagi.

WhatsApp API meningkatkan keterlibatan pelanggan Anda

Ada hubungan yang jelas antara pengalaman pelanggan dan loyalitas mereka terhadap suatu merek. Keterlibatan pengguna yang sukses akan mengarah pada peningkatan loyalitas pelanggan. Semakin banyak pembeli yang kembali ke produk favorit, mereka memberikan peluang yang lebih baik bagi bisnis untuk mendorong lebih banyak penjualan.

Era percakapan saat ini mengharuskan bisnis untuk mengoptimalkan keterlibatan mereka dengan pelanggan di berbagai saluran. Pelanggan yang berbeda akan memiliki preferensi komunikasi yang berbeda. Oleh karena itu, strategi komunikasi multi-saluran bisnis harus memungkinkan titik kontak yang berbeda ini bekerja sama dalam berbagai cara. Ini harus mendukung perjalanan pilihan pelanggan mereka. Lebih dari itu, memberikan kemudahan dan aksesibilitas bagi pelanggan untuk berinteraksi melalui saluran yang ingin mereka gunakan.

Dengan jangkauannya yang luas, basis pengguna yang sangat aktif, dan kemampuan komunikasi yang kaya, WhatsApp telah menjadi saluran favorit untuk bisnis. Lebih banyak organisasi harus mempertimbangkan untuk menambahkan WhatsApp ke dalam strategi komunikasi mereka. Ini dapat memperkuat inisiatif keterlibatan pengguna multi-saluran mereka. Ini membantu mendapatkan loyalitas pelanggan dengan memungkinkan mereka untuk menanggapi pertanyaan pelanggan dan memberikan dukungan konstan secara instan.

Barantum

Baca juga:

Begini Cara WhatsApp Business API Untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Apa itu Verified Badge Centang Hijau pada WhatsApp ? dan cara mendapatkannya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang