Tak hanya meningkatkan penjualan, WhatsApp API juga mempertahankan pelanggan Anda

Mobilitas pebisnis yang tinggi serta kebutuhan akan pergerakan komunikasi bisnis yang dinamis, selaras dengan fungsi WhatsApp Business API. Bagi Anda yang masih ragu untuk menggunakannya, Anda tidak perlu khawatir. Kecanggihan fitur – fiturnya akan mendukung aktivitas penjualan Anda. Terutama dalam berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Anda pasti sadar, bahwa sebagian besar pelanggan Anda menggunakan aplikasi perpesanan ini.

Dibandingkan dengan obrolan langsung, WhatsApp dapat membantu mengurangi churn (pengurangan) pelanggan dan menaikkan konversi Anda. Ini adalah saluran yang ideal untuk tetap berhubungan dan menjawab pertanyaan pelanggan dalam jangka waktu yang lama.

Manfaat WhatsApp Business API untuk penjualan

Sebelum Anda mengetahui bagaimana WhatsApp bekerja untuk penjualan, terlebih dahulu Anda harus mengetahui manfaatnya.

  • Sebagai saluran komunikasi yang mudah dan praktis

WhatsApp memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan di saluran yang sudahmereka gunakan. Kebanyakan orang memeriksa pesan mereka beberapa kali sehari yang menjadikan WhatsApp cara termudah dan paling nyaman bagi mereka untuk berhubungan dengan bisnis. Pelanggan Anda juga tidak perlu memeriksa email mereka terus-menerus untuk mendapatkan pembaruan tentang pesanan/permintaan mereka.

  • Jangkauan global

Sebagai aplikasi messenger teratas di 128 negara,  WhatsApp Business API memungkinkan Anda untuk mendapatkan pelanggan  lebih luas daripada dengan saluran lain. Ini terutama merupakan pilihan populer di negara-negara seperti Brasil, Meksiko, dan Malaysia di mana 60% penduduknya menggunakan WhatsApp.

  • Kecepatan pengiriman pesan

Salah satu frustrasi pelanggan terbesar adalah antrian tak berujung dan tanggapan tertunda. Pesan WhatsApp lebih pendek dan lebih langsung daripada email. Artinya, Anda dapat bereaksi lebih cepat terhadap pertanyaan dan masalah pelanggan, sehingga mengurangi kemungkinan churn.

  • Keamanan

Berkat enkripsi ujung ke ujung dan komitmennya untuk melindungi privasi pengguna, WhatsApp adalah pilihan yang aman bagi pelanggan yang ingin mengirim pesan ke bisnis. Ini juga memastikan pengalaman bebas spam

Baca juga: Kenali 11 WhatsApp Marketing Tools Ini & Tips Penggunaannya!

Cara WhatsApp Business API meningkatkan penjualan Anda

#1 Meningkatkan visibilitas produk Anda

Fitur katalog di aplikasi WhatsApp Business berfungsi sebagai etalase seluler bagi bisnis untuk memamerkan produk mereka. Ini menghemat bisnis kerumitan mengirim foto satu per satu dan mengulangi informasi.

Untuk setiap item dalam katalognya, bisnis dapat menambahkan informasi termasuk harga, deskripsi, gambar, nama produk, dan nomor. Barang serupa dapat dikelompokkan bersama dalam satu katalog. Atau, Anda dapat membuat katalog terpisah untuk setiap item dan mengunggah varian gambar yang sama. Ada batasan untuk produk yang dapat ditambahkan. Beberapa di antaranya jelas (obat-obatan dan bahan peledak), yang lain tidak begitu banyak (lensa kontak dan perban), jadi pastikan untuk memeriksa daftar lengkapnya.

#2 Mempromosikan produk Anda

Anda dapat mengirim konten informasi atau promosi pelanggan Anda melalui fitur “broadcast” tanpa melanggar privasi mereka karena berfungsi seperti fitur BCC di email.

Dan karena Anda memerlukan persetujuan pelanggan untuk mengirimi mereka pesan WhatsApp, Anda dapat yakin bahwa Anda hanya akan menargetkan prospek yang tertarik. Dengan fitur “Status”, Anda dapat berbagi informasi tentang flash sale dan promosi. Karena status yang diperbarui hanya tersedia untuk 24 jam bagi pemirsanya, Anda dapat menggunakannya untuk memanfaatkan pola pikir kelangkaan pelanggan untuk meningkatkan konversi.

#3 Menyediakan kode QR untuk mengobrol

WhatsApp menawarkan fitur “klik untuk mengobrol” yang memungkinkan Anda memulai obrolan dengan seseorang tanpa menyimpan nomor teleponnya. Ini nyaman bagi pelanggan yang tidak ingin menyimpan nomor setiap bisnis yang berinteraksi dengan mereka.

Anda dapat menggunakan alat ini untuk membuat tautan yang kemudian dapat diubah menjadi kode QR. Atau, Anda cukup menampilkan kode QR Anda di papan reklame atau materi promosi. Jika menarik minat pelanggan, mereka dapat memulai percakapan dengan memindai kode QR dengan smartphone mereka.

#4 Iklan Facebook ‘klik ke WhatsApp’

Iklan “klik ke WhatsApp” dapat membantu Anda menarik pelanggan melalui aplikasi perpesanan pilihan mereka. Untuk mengarahkan mereka ke WhatsApp, Anda dapat membuat iklan di Facebook dengan tombol “Kirim Pesan” yang akan membuka percakapan di WhatsApp ketika orang mengkliknya.

Mengizinkan pelanggan menghubungi Anda dengan mengklik tombol mempercepat proses pembelian yang berarti lebih banyak konversi. Anda dapat menyertakan pesan default yang dapat diedit oleh pelanggan untuk memulai percakapan.

#5 Demonstrasi produk dan meningkatkan keterlibatan pelanggan

Demonstrasi produk membuat pelanggan bersemangat tentang produk Anda. Ini juga merupakan cara yang efektif untuk mengatasi masalah terkait produk.

Kita ambil contoh seorang penjual saus tiram. Meskipun produk sehari-hari seperti saus tiram tidak benar-benar memerlukan instruksi, hanya ada begitu banyak hidangan yang bisa Anda buat dengannya.

Dalam inisiatif untuk menginspirasi penggunaan baru produk, penjual tersebut meluncurkan demonstrasi memasak langsung melalui WhatsApp untuk pelangSetelah pelanggan mendaftar secara online, mereka diminta untuk mengirim foto isi lemari es mereka melalui WhatsApp sehingga penjual dapat memberikan tip dan rekomendasi yang dipesan lebih dahulu.

Tantangan ini tidak hanya menyelesaikan dilema memasak tetapi juga meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Baca juga: Inilah Manfaat WhatsApp Business API yang Wajib Anda Ketahui

#6 Pembaruan informasi pesanan dan pengiriman

Konfirmasi email otomatis berisiko tersesat dalam ratusan email yang kemungkinan dibombardir pelanggan Anda setiap hari. Mereka bahkan mungkin mendarat di folder spam pelanggan Anda.

Tingkat pembukaan yang tinggi di WhatsApp menjamin bahwa pelanggan tidak akan melewatkan konfirmasi pesanan penting dan pembaruan status.

Misalnya untuk akun maskapai penerbangan. Untuk mendorong pelanggan agar memilih ikut serta dalam pesan, WhatsApp memungkinkan pelanggan menerima konfirmasi pemesanan, informasi penerbangan, dan boarding pass.

#7 Dukungan pasca penjualan

Hubungan pelanggan tidak berakhir setelah mereka melakukan pembelian. Pada titik tertentu, setiap orang telah membeli produk yang tidak memenuhi kebutuhan mereka atau tidak tahu cara menggunakannya.

WhatsApp adalah cara mudah untuk memberikan dukungan pasca-penjualan kepada pelanggan Anda tanpa membuat pelanggan Anda frustrasi karena antrean yang panjang atau informasi yang berulang. Dalam sebuah studi oleh Facebook, 50% pelanggan yang mengirim pesan ke bisnis melakukannya sepanjang perjalanan pelanggan mereka – untuk bertanya tentang jam buka, melakukan pembelian, atau berbagi umpan balik.

Untuk produk yang tidak memerlukan keahlian teknis, Anda dapat menawarkan dukungan tutorial video. Permintaan pengembalian dana juga dapat diproses dengan cepat tanpa bolak-balik email.

#8 Membangun hubungan pelanggan

Menciptakan hubungan pelanggan yang hebat adalah kebutuhan bagi sebagian besar bisnis. Daya tarik WhatsApp adalah Anda terhubung dengan pelanggan melalui saluran yang mereka gunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang mereka cintai.

Digabungkan dengan layanan yang lebih cepat, lebih langsung, dan lebih personal, WhatsApp dapat mendekatkan Anda dengan pelanggan, dan pada akhirnya menghasilkan konversi yang lebih besar.

Cara memulai WhatsApp API untuk bisnis Anda

HOW TO CREATE MQL & SQL FOR INCREASE OMZET
sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

Mendapatkan akses ke WhatsApp Business API adalah proses yang sederhana namun cukup rumit pada saat yang bersamaan. Perlu diingat bahwa API pada dasarnya adalah seperangkat fungsi dan prosedur yang mengirimkan informasi antara aplikasi yang berbeda. Dalam istilah awam, itu berarti bahwa diperlukan sebuah platform antar muka agar Anda dapat dengan mudah mengurutkan, menafsirkan, dan memahami informasi yang dikirim dan diterima, yang bisa sangat teknis.

Untuk itu, Anda membutuhkan BSP atau mitra resmi WhatsApp seperti Barantum salah satunya. Sebagai mitra resmi WhatsApp Business API, Barantum memberikan kemudahan bagi Anda dalam mendapatkannya.

  • Barantum mengambil alih implementasi teknis dan memastikannya selalu up to date – sehingga Anda dapat fokus untuk berbicara dengan pelanggan Anda di WhatsApp.
  • Privasi data adalah prioritas utama Barantum. Saat Anda menghubungkan API WhatsApp dengan Barantum, semua data akan terenskripsi end-to-end dan disimpan dengan aman di server.
  • Perutean cerdas, chatbots, analitik, tiketing manajemen, dan lainnya. Barantum dibuat untuk komunikasi pelanggan digital dan menawarkan fitur yang Anda butuhkan untuk dukungan WhatsApp yang efisien. Buat seluruh tim layanan Anda terlibat dalam interaksi pelanggan tanpa batas.
  • Telah mengadopsi teknologi Omnichannel. Integrasi banyak saluran perpesanan dalam satu platform. Memang kebanyakan orang menggunakan WhatsApp tetapi itu bukan satu-satunya saluran komunikasi bagi bisnis Anda tentunya. Satukan seluruh interaksi pelanggan Anda dari semua saluran dalam satu platform – Dengan Barantum Chat Anda dapat mengintegrasikan obrolan web, WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, Line, dan Instagram serta masih banyak lagi.
  • Best value for money. Bersama Barantum, Anda mendapatkan akses ke WhatsApp Business API hanya dengan biaya yang terjangkau. Sudah termasuk obrolan situs web dan banyak fitur layanan yang lebih canggih kami sertakan.
 Libatkanlah WhatsApp Business API dalam strategi bisnis Anda. Apalagi dengan pemasangan yang mudah bersama Barantum, Anda tak perlu menunggu waktu yang lama untuk memilikinya.
Barantum
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang