Cara WhatsApp Business API menjangkau lebih banyak pelanggan

Layanan perpesanan gratis, WhatsApp, dengan berjuta penggunanya tak hanya menjadi andalan dalam berkomunikasi sehari-hari. Aplikasi ini turut menjadi andalan pebisnis dalam meningkatkan penjualan serta menjangkau lebih banyak pelanggan. Terutama WhatsApp Business API, dengan berbagai fiturnya yang canggih serta keunggulannya, memungkinkan pebisnis menjangkau pelanggan mereka secara global.

WhatsApp Business API, memberi peluang bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan di saluran yang mereka sukai dan percayai. Hal ini karena WA Business API memiliki kemampuan untuk menambahkan tanda centang hijau ke profil WhatsApp bisnis yang memverifikasi apakah mereka benar-benar perusahaan yang sah dan dapat diandalkan.

Dengan kemampuan itulah, bisnis mendapatkan kredibilitasnya dan mampu menjangkau lebih banyak prospek yang nantinya akan menjadi pelanggan. Lalu, bagaimana cara WhatsApp Business API menjangkau lebih banyak prospek atau pelanggan? Berikut adalah caranya.

Selalu tautkan akun bisnis Anda di setiap iklan atau promosi

Dalam setiap iklan atau promosi bisnis Anda di platform manapun, ingatlah selalu untuk memperkenalkan akun WhatsApp bisnis Anda. Peluang yang harus Anda sertakan dalam strategi brand awareness Anda adalah – menghubungkan saluran WhatsApp Anda dengan Facebook dan Instagram. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda dapat meningkatkannya ke jaringan audiens raksasa media sosial melalui iklan yang mengklik ke WhatsApp.

Apa saja iklan yang Anda tautkan ke WhatsApp?

Iklan yang mengklik ke WhatsApp adalah jalan pintas untuk memulai percakapan dengan pelanggan Anda. Dengan iklan yang  menuju ke WhatsApp,  Anda cukup menghubungkan postingan dan iklan Facebook yang ada ke saluran WhatsApp Anda.  Iklan ini sama dengan iklan Facebook dan Instagram biasa, tetapi dengan  tombol ‘Kirim Pesan’

Setelah iklan tersebut diklik, pelanggan Anda akan secara otomatis diarahkan ke saluran WhatsApp Business resmi Anda, memungkinkan mereka untuk melakukan langkah pertama – dengan cepat dan mudah.

Baca juga: Begini Cara WhatsApp Business API Untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Mengapa menggunakan iklan yang mengeklik ke WhatsApp?

Penggunaan iklan yang klik ke WhatsApp adalah tambahan yang berguna untuk strategi promosi media sosial Anda.  Ini dapat membantu Anda karena iklan ini dan WhatsApp nantinya akan memberikan tahapan kepada audiens terhadap bisnis Anda.

  • Fase Penemuan: saat memperkenalkannya sebagai saluran komunikasi baru atau mencoba menjangkau pelanggan baru
  • Fase Pengumuman: saat meluncurkan produk atau layanan baru dan ingin membangun daya tarik dan interaksi di sekitarnya
  • Fase Retensi: untuk menginformasikan pengikut yang ada tentang WhatsApp sebagai saluran dukungan
  • Fase Urgensi: ketika Anda mencoba menjangkau audiens yang lebih luas selama masa kritis dan tidak pasti

Menggunakan iklan klik ke WhatsApp dapat mengakibatkan:

  • Jangkauan lebih luas:  Facebook dan Instagram bersama-sama membanggakan jaringan audiens lebih dari 4 miliar pengguna aktif. Dengan opsi penargetan, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas selain database yang ada. Anda dapat menargetkan orang berdasarkan minat, demografi, perilaku media sosial, atau bahkan kemiripan mereka dengan audiens Anda yang ada.
  • Peningkatan basis pengguna yang beragam: Melalui iklan klik ke WhatsApp, Anda dapat meningkatkan basis pengguna dengan menjangkau seluruh jaringan audiens Facebook dan Instagram. Selain itu, Anda mendapatkan pengguna baru daripada hanya berinteraksi dengan pengguna yang sudah ada.
  • Pembuatan kontak yang cepat dan mudah: Pelanggan hanya perlu mengklik tombol untuk menghubungi Anda untuk informasi lebih lanjut. Mereka segera diarahkan ke obrolan WhatsApp Anda dengan mulus ke lingkungan obrolan yang mereka kenal.
  • Upaya agen yang berkurang:  Agen segera diberi tahu melalui iklan mana pelanggan telah menghubungi Anda, memastikan mereka kontekstual dan produktif. Tetapi Anda juga dapat melakukan ini dengan menggunakan chatbot dan menyediakan layanan 24/7. Fitur ini memberikan opsi layanan mandiri kepada pelanggan dan tanggapan otomatis untuk FAQ.
  • Layanan dan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi: Saat ini, 82% pelanggan  mengharapkan tanggapan langsung dari merek terkait pertanyaan pemasaran atau penjualan. Sebanyak 68% pelanggan setuju bahwa WhatsApp adalah saluran terbaik untuk menjangkau bisnis. Dengan memperkenalkan iklan klik ke WhatsApp, dan dengan  adanya chatbot sederhana, Anda akan dapat memenuhi atau bahkan melebihi harapan pelanggan.

Bagaimana cara memulai iklan dengan klik ke WhatsApp?

Iklan yang mengklik ke WhatsApp adalah fitur Facebook, yang membantu Anda  menghubungkan halaman Facebook Business yang ada dengan akun WhatsApp Business Anda.

  1. Masuk ke akun Pengelola Iklan Facebook Anda
  2. Pilih tujuan Anda: terhubung dan mengobrol dengan calon pelanggan atau membuat lebih banyak orang terlibat dengan postingan Anda
  3. Buat iklan Anda: pilih antara posting umpan berita dengan tombol ‘Kirim Pesan’ atau cerita Instagram dengan ajakan bertindak geser ke atas untuk mengobrol

Untuk meningkatkan brand awareness dan memberi pelanggan kesempatan untuk terhubung dengan bisnis Anda, titik masuk ini sederhana, namun berguna untuk mempromosikan keberadaan WhatsApp Anda.

Pertimbangkan juga untuk mengintegrasikan titik masuk lain seperti widget di situs web Anda. Tingkatkan pula peluang Anda untuk memberi tahu pelanggan Anda dan peluang bagi mereka untuk terhubung dengan Anda secara mudah, di mana pun.

Selain beriklan melalui Facebook, cara lain beberapa bisnis mempromosikan WhatsApp adalah melalui  media offline tradisional, widget di situs web mereka , atau melalui komunikasi pelanggan.

Baca juga: Kenali 11 WhatsApp Marketing Tools Ini & Tips Penggunaannya!

Di mana Anda bisa mendapatkan WhatsApp Business API?

HOW TO CREATE MQL & SQL FOR INCREASE OMZET
sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

Mendapatkan akses ke WhatsApp Business API adalah proses yang sederhana namun cukup rumit pada saat yang bersamaan. Perlu diingat bahwa API pada dasarnya adalah seperangkat fungsi dan prosedur yang mengirimkan informasi antara aplikasi yang berbeda. Dalam istilah awam, itu berarti bahwa diperlukan sebuah platform antar muka agar Anda dapat dengan mudah mengurutkan, menafsirkan, dan memahami informasi yang dikirim dan diterima, yang bisa sangat teknis.

Oleh karena itu, sebagai mitra resmi WhatsApp Business API, Barantum memberikan kemudahan bagi Anda dalam mendapatkannya.

  • Barantum mengambil alih implementasi teknis dan memastikannya selalu up to date – sehingga Anda dapat fokus untuk berbicara dengan pelanggan Anda di WhatsApp.
  • Privasi data adalah prioritas utama Barantum. Saat Anda menghubungkan API WhatsApp dengan Barantum, semua data akan dienkripsi end-to-end dan disimpan dengan aman di server.
  • Dibangun untuk layanan profesional. Perutean cerdas, chatbots, analitik, tiketing manajemen, dan lainnya. Barantum dibuat untuk komunikasi pelanggan digital dan menawarkan fitur yang Anda butuhkan untuk dukungan WhatsApp yang efisien. Buat seluruh tim layanan Anda terlibat dalam interaksi pelanggan tanpa batas.
  • Telah mengadopsi teknologi Omnichannel. Integrasi banyak saluran perpesanan dalam satu platform. Memang kebanyakan orang menggunakan WhatsApp tetapi itu bukan satu-satunya saluran komunikasi bagi bisnis Anda tentunya. Satukan seluruh interaksi pelanggan Anda dari semua saluran dalam satu platform – Dengan Barantum Chat Anda dapat mengintegrasikan obrolan web, WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, Line, dan Instagram serta masih banyak lagi.
  • Best value for money. Bersama Barantum, Anda mendapatkan akses ke WhatsApp Business API hanya dengan biaya yang terjangkau. Sudah termasuk obrolan situs web dan banyak fitur layanan yang lebih canggih disertakan.

Kini persaingan bisnis dan transformasi digital kian mendesak Anda untuk membuat strategi penjualan yang optimal. Libatkanlah WhatsApp Business API dalam strategi bisnis Anda. Apalagi dengan pemasangan yang mudah bersama Barantum, Anda tak perlu menunggu waktu yang lama untuk memilikinya.

Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang