Berapa Harga WhatsApp API?

Harga WhatsApp API mengalami peningkatan di tahun ini. Tepatnya pada awal Februari lalu. WhatsApp merupakan aplikasi yang marak digunakan oleh masyarakat. Melihat hal tersebut, WhatsApp menambahkan fitur WhatsApp Business API untuk mempermudah pebisnis. Fitur tersebut memiliki penetapan tarif berdasarkan inisiasi bisnis dan inisiasi pelanggan.

Diketahui bahwa WhatsApp Business API memang efektif dalam menjangkau pelanggan Anda dengan lebih luas. Layanan ini sangat cocok untuk melayani pelanggan Anda. Hal itu karena mereka merasa lebih mudah dan cepat untuk menghubungi Anda.

Semakin meningkatnya pengguna WhatsApp Business API, ada pemberlakuan baru terkait penetapan tarif. Per 1 Febuari 2022 lalu, penetapan tarif berdasarkan inisiasi. Terdapat dua jenis initiate atau inisiasi yang perlu diketahui.

Pertama, insiasi pelanggan atau customer initiated (inbound). Percakapan yang dimulai sebagai tanggapan atas pesan pengguna. Bisnis dapat mengirim pesan bentuk bebas dalam jendela layanan pelanggan 24 jam ini.

Kedua inisiasi bisnis atau business initiated (outbound). Percakapan yang dimulai dari bisnis yang mengirimkan pesan kepada pengguna di luar jendela layanan pelanggan 24 jam. Pesan yang memulai percakapan yang diprakarsai oleh bisnis akan memerlukan template pesan.

Keduanya pun memiliki skema penetapan tarif yang berbeda. Pada customer initiated (inbound) dikenakan tarif Rp271 per satu pesan dalam 24 jam sesi chat dan nomor Indonesia. Sedangkan pada business initiated (outbound) dikenakan tarif Rp465 per satu pesan chat dalam 24 jam sesi chat dan nomor Indonesia.

Baca juga: Tarif WhatsApp Business API Alami Kenaikan per 1 Febuari 2022

Daftar Centang Hijau WhatsApp Barantum

Biaya initiate kebijakan baru dari WhatsApp Business API

Sebelumnya biaya sesi initiate berlaku untuk percakapan selama 24 jam berdasarkan pesan terakhir yang dikirim pelanggan. Sekarang biaya initiate berlaku sejak pesan pertama yang diterima. Jika percakapan yang diterima atau dikirim telah lewat dari 24 jam akan masuk biaya sesi initiate baru.

1. Seorang pelanggan mengirimkan pesan pertama kali  pada 15 Desember 15 2021 pukul 08.15. Pada saat ini akan dikenakan biaya sesi initiate yang berlaku hingga 24 jam ke depan, yaitu hingga 16 Desember  2021 pukul 8.15.

2. Jika Anda membalas pesan dari pelanggan tersebut pada 15 Desember 2021 pukul 08.18 maka pengiriman pesan tersesebut masih dalam sesi 24 jam percakapan sebelumnya. Oleh sebab itu, pesan ini tidak dikenakan biaya.

3. Sesi initiate berakhir pada 16 Desember 2021 pukul 08:18. Dengan demikian, jika ada pengiriman pesan setelah pukul 08:18 atau sudah melebihi batas 24 jam, maka akan dikenakan biaya sesi initiate baru.

4. Initiate business Anda mengirimkan pesan pertama kepada pelanggan dengan menggunakan template pada 16 Desember 2021 pukul 08:20. Pada saat pengiriman pesan ini, Anda akan masuk biaya sesi initiate baru berlaku hingga 24 jam ke depan. Dengan demikian, sesi baru tersebut akan berakhir pada 17 Desember 17 2021 pukul 08:20.

5. Selanjutnya, jika initiate business Anda mengirimkan pesan kepada pelanggan Anda kembali pada 16 Desember  2021 pukul 09.20. Maka pengiriman pesan ini masih dalam sesi 24 jam percakapan sebelumnya.

Baca juga: Apa itu WhatsApp API ? Semua yang perlu Anda ketahui tentang WhatsApp API

1. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan

Dengan penggunaan WhatsApp API  memungkinkan Anda menjali hubungan baik dengan pelanggan. Anda yang menggunakan WhatsApp API secara otomatis meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan pelanggan.

Jika Anda baru pertama kali melakukan promosi pada pelanggan Anda melalui WhatsApp API, adanya centang hijau menambah kemungkinan pelanggan Anda membuka pesan. Secara otomatis, kepercayaan pelanggan berpengaruh pada peningkatan penjualan Anda.

2. Komunikasi interaktif

Anda bisa melakukan komunikasi yang interaktif dengan pelanggan melalui pesan yang berisi gambar, audio, video, dokumen, hingga share live location. Hal ini memungkinkan staf Anda bisa lebih luas melakukan promosi ataupun penjualan terhadap pelanggan Anda dengan media yang menarik.

Oleh sebab itu, pelanggan tidak perlu menunggu waktu lama. Jika pelanggan menunggu dalam waktu lama, memungkinkan mereka bertanya pada perusahaan lain yang merespons lebih cepat. Alhasil, penjualan gagal perusahaan Anda dapatkan.

3. Sebagai saluran komunikasi yang mudah dan praktis

WhatsApp memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan di saluran yang sudahmereka gunakan. Kebanyakan orang memeriksa pesan mereka beberapa kali sehari yang menjadikan WhatsApp cara termudah dan paling nyaman bagi mereka untuk berhubungan dengan bisnis.

Pelanggan Anda juga tidak perlu memeriksa email mereka terus-menerus untuk mendapatkan pembaruan tentang pesanan/permintaan mereka. Di sisi lain, Anda dan pelanggan Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dari WhatsApp API.

4. Mudah diitegrasi

Tidak perlu khawatir dengan keamanan dari WhatsApp Business API. Dengan adanya sistem enkripsi end-to-end dan two-factor authentication (2FA) dapat mengurangi adanya kemungkinan kebocoran data pelanggan maupun penipuan.

Di sisi lain WhatsApp Business API, seperti penggunaan Barantum Omnichannel, mampu mengintegrasikan satu aplikasi dengan aplikasi lain. Hal ini memungkinkan staf Anda melihat pesan dari satu halaman saja.

Tentu hal itu menjadi nilai plus dalam pekerjaan staf Anda. Kemungkinan pesan pelanggan yang terlewatkan kecil. Staf Anda pun mudah melihat berbagai riwayat chat dari beragam aplikasi. Dengan demikian, pekerjaan mereka lebih efisien. Staf Anda pun bisa menangani lebih banyak pelanggan dan menawarkan produk.

Baca juga: CRM & WhatsApp Business API: Paduan Alat Penjualan Sempurna

5. Dapat mengirimkan pesan blast dan centang hijau

Keuntungan lainnya, yaitu mampu mengirimkan pesan blast. Pesan blast ini bisa terkirim ke kontak yang telah tersimpan. Oleh sebab itu, staf Anda tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk mengirimkan promosi, diskon, ataupun penawaran produk kepada pelanggan. Pengiriman pesan yang tak terbatas secara bersamaan membuat waktu kerja staf perusahaan Anda lebih efisien.

Di sisi lain, perusahaan Anda bisa mendapatkan centang hijau. Centang hijau ini secara tidak langsung meningkatkan kepercayaan pada masyarakan yang menerima pesan dari perusahaan Anda.

Sudah menjadi hal umum bahwa ada oknum-oknum tertentu yang mengatasnamakan orang pribadi atau perusahaan untuk keuntungannya. Namun, dengan sistem ini, pelanggan Anda tidak perlu khawatir dan curiga terhadap pesan yang masuk ke WhatsApp mereka.

Dapatkan WhatsApp Business API Dari Mitra Resmi

Pemasangann WhatsApp Business API (WABA) membutuhkan mitra resmi WhatsApp. Sebagai mitra resmi WhatsApp, Barantum akan membantu Anda memasangnya tanpa waktu yang lama.

Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari WABA, salah satunya adalah centang hijau pada akun WhatsApp. Centang hijau ini akan membangun kredibilitas Anda di mata audiens. Sehingga mereka akan mempercayai bisnis Anda dan berani melakukan komunikasi serta bertransaksi dengan Anda.

Tertarik untuk memanfaatkan WhatsApp Business untuk pengiriman pesan yang cepat, aman, dan berharga dengan pelanggan Anda? Diskusikan bersama tim kami dan daftarkan bisnis Anda DI SINI.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments