Bagaimana mengimplementasikan pemasaran omnichannel?

Strategi pemasaran omnichannel menjadi booming dan kemudian menjadi andalan perusahaan dalam mempromosikan merek ke berbagai platform sosial media. Melihat aktivitas pelanggan menggunakan berbagai platform membuat perusahaan turut mengikuti tren ini dalam melakukan aktivitas penjualan.

Pemasaran omnichannel bekerja dengan sangat baik untuk bisnis. Cara ini mengambil keuntungan dari beberapa saluran dan menciptakan pengalaman terpadu bagi pelanggan. Anda dapat menyesuaikan pemasaran omnichannel Anda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

Pemasaran omnichannel berfokus pada pelanggan dan menyediakan informasi dan pesan yang relevan. Untuk membantu Anda menggunakan pemasaran omnichannel secara efektif, ikuti tiga langkah berikut dan gunakan lima taktik dalam artikel ini.

Baca juga: Apa Itu Personalisasi Omnichannel dan Apa Manfaatnya

#1 Identifikasi persona pembeli

Anda perlu mencari tahu tipe orang yang mau melakukan pembelian dari bisnis Anda. Inilah yang kita sebut sebagai persona pembeli. Saat Anda mengidentifikasi persona target audiens Anda, Anda dapat mengetahui apa yang mereka inginkan dari pemasaran omnichannel Anda. Pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan ini untuk membantu Anda mengidentifikasi persona pembeli Anda.

  • Saluran atau platform apa yang paling sering digunakan pelanggan saya?
  • Bagaimana saya dapat memanfaatkan saluran tersebut dengan lebih baik untuk meningkatkan pengalaman mereka dengan perusahaan saya?
  • Apa yang mengganggu mereka sehingga saya tahu untuk menghindarinya?

Anda harus melakukan riset dan mengetahui apa yang diinginkan pelanggan. Jika salah satu dari mereka menggunakan email, maka arahkan strategi pemasaran omnichannel Anda ke pemasaran email. Itu semua tergantung pada audiens Anda dan apa yang akan membuat segalanya semudah mungkin bagi mereka.

Ini adalah hal yang paling penting untuk diingat: persona pembeli Anda akan berbeda dari bisnis lain. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menganalisis data pelanggan Anda dan tidak hanya menyalin bisnis lain. Pemasaran omnichannel berfokus pada menempatkan pelanggan sebagai pusat bisnis, sehingga Anda dapat melakukannya dengan mengidentifikasi persona pembeli mereka dan menyesuaikan saluran dengan kebutuhan mereka.

#2 Tentukan saluran komunikasi

Misalnya, hampir setengah dari bisnis berencana untuk menambahkan YouTube ke saluran mereka untuk pemasaran, tetapi ini mungkin tidak berhasil untuk pelanggan Anda. Misalnya, jika sebagian besar pelanggan Anda tidak menggunakan YouTube, Anda mungkin tidak ingin berfokus pada hal itu. Selalu bertujuan untuk menyenangkan pelanggan Anda dan membuat pengalaman berbelanja mereka semudah mungkin. Anda harus menyesuaikan dengan saluran apa yang digunakan oleh pelanggan Anda.

Jika Anda tidak tahu saluran mana, untuk memulai, pastikan Anda setidaknya menggunakan keempat saluran ini: email, situs web, media sosial (Instagram, Facebook, dll), dan Whatsapp.
Kebanyakan orang memiliki akun email, situs web memungkinkan Anda untuk mendirikan toko online, media sosial memungkinkan Anda berinteraksi langsung dengan pelanggan, dan Whatsapp memberikan kemudahan. Ini akan memberi Anda keuntungan besar dan kebanyakan orang menghargai bisnis yang menyertakan saluran-saluran ini. Mulailah dengan empat ini dan terus tambahkan lebih banyak saluran yang berlaku untuk pelanggan Anda.

#3 Tentukan software pemasaran omnichannel

Banyak orang kesulitan mengelola banyak saluran, tetapi software pemasaran omnichannel akan menyederhanakan prosesnya untuk Anda. Banyak jenis software omnichannel menyediakan fitur yang menyederhanakan manajemen pemasaran omnichannel dan berfungsi sebagai berikut:

  • Mengirim pesan tertentu kepada orang-orang berdasarkan interaksi mereka dengan saluran Anda.
  • Menyimpan semua informasi di satu tempat untuk menjaga organisasi tetap sederhana.
  • Mengumpulkan data tentang pelanggan dan pembelian.

Meskipun secara teknis Anda dapat melakukannya sendiri, Anda akan menghemat uang dan tenaga dengan menggunakan software pemasaran omnichannel. Karena menangani begitu banyak aspek pemasaran omnichannel, Anda dapat memfokuskan upaya Anda pada bagian lain dari bisnis Anda. Ini juga memastikan bahwa pesan yang tepat dikirim ke pelanggan yang tepat untuk meningkatkan keuntungan Anda. Untuk software pemasaran serta komunikasi omnichannel terbaik, Anda bisa menggunakan Barantum CRM Omnichannel. Software ini memungkinkan Anda terhubung dengan pelanggan melalui berbagai saluran, sambil memusatkan informasi yang memberdayakan tim penjualan Anda. Semua saluran yang Anda gunakan, terintegrasi ke dalam satu aplikasi menjadi satu layar terpadu. Sehingga, Anda tidak perlu berpindah-pindah saluran. Hanya dengan satu sentuhan, Anda bisa melihat seluruh percakapan dengan pelanggan dari berbagai saluran.

Baca juga: Tips Membangun Omnichannel Customer Experience

Lima taktik pemasaran omnichannel

Setelah Anda bersiap untuk menerapkan strategi pemasaran omnichannel Anda, Anda mungkin bertanya-tanya taktik mana yang akan membantu Anda. Berikut lima taktik baik yang bisa Anda lakukan :

  • Dapatkan wawasan pelanggan
  • Promosi lintas
  • Recycle content atau  mendaur ulang konten
  • Berikan CTA yang jelas
  • Minta umpan balik pelanggan

Mengumpulkan wawasan pelanggan memungkinkan Anda mempelajari tentang pelanggan dan melihat bagaimana mereka berinteraksi dengan saluran Anda. Lihat pesan dan strategi mana yang berkinerja baik dan terus gunakan. Di sisi lain, jika ada penyebab yang turun dalam metrik Anda, cobalah lakukan pendekatan yang berbeda.

Saat Anda menggunakan beberapa saluran, Anda dapat saling mempromosikan satu sama lain. Dorong orang untuk bergabung dengan buletin email Anda melalui situs web Anda atau tambahkan tautan ke halaman media sosial Anda. Cobalah berbagai taktik dan lihat mana yang cocok untuk bisnis Anda.

Anda dapat mendaur ulang konten di antara saluran yang berbeda. Namun, jangan hanya menyalin dan menempelkannya. Ubahlah dengan cara yang melengkapi saluran. Mendaur ulang konten untuk mendapatkan jenis informasi yang sama ke banyak pelanggan melalui saluran yang berbeda.

Memberi pelanggan Anda ajakan bertindak (CTA) memungkinkan Anda mendorong mereka untuk melakukan hal-hal yang akan membantu bisnis Anda. Pastikan Anda memperjelas CTA dengan memberi pelanggan sesuatu untuk diklik atau menyediakan cara mudah lainnya untuk berinteraksi dengan bisnis Anda.

Baca juga: Integrasikan Messenger ke CRM Efisienkan Performa Omnichannel

Pelanggan Anda mungkin memberi Anda umpan balik, dan jika tidak, Anda dapat meminta umpan balik melalui survei. Saat pelanggan Anda membagikan umpan balik ini kepada Anda, pastikan untuk mempertimbangkannya dan menerapkannya pada bisnis Anda. Ini akan membantu Anda untuk meningkatkan bisnis Anda. Anda bisa mengirimkan survei pelanggan melalui email atau pesan WhatsApp.

Lima taktik praktis ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan strategi pemasaran omnichannel Anda. Saat Anda menggunakannya, Anda akan melihat metrik penjualan omnichannel Anda meningkat.

Barantum CRM Omnichannel sebagai solusi tepat kebutuhan Anda

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, Anda dapat mengandalkan Barantum CRM Omnichannel untuk kebutuhan pemasaran omnichannel. Software ini tak hanya membantu Anda dalam menjalankan pemasaran omnichannel, namun juga memberikan pengalaman yang dipersonalisasi kepada setiap pelanggan Anda. Barantum CRM juga memungkinkan Anda mencari kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, dan menunjukkan apakah akun yang menggunakan kata kunci tersebut adalah pelanggan, prospek, atau seseorang yang baru mengenal bisnis Anda.

Saat ini, Barantum dapat terintegrasi dengan saluran WhatsApp, Line, Telegram, Instagram, dan Facebook Messenger. Saluran-saluran ini adalah yang paling banyak audiens atau pelanggan gunakan dalam berkomunikasi dengan bisnis Anda.

Rasakan efektivitas Barantum dalam mengelola pemasaran omnichannel Anda sekarang dan dapatkan uji coba gratis selama 7 hari di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments