WhatsApp Omnichannel Untuk Efektivitas Bisnis Anda

WhatsApp Omnichannel menjadi alat yang penting digunakan oleh bisnis sebagai langkah strategis untuk meningkatkan pengalaman dan pelayanan pelanggan. Sehingga bisnis mampu meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan begitu, penjualan bisnis Anda pun ikut mengalami peningkatan.

Sebagai aplikasi komunikasi terpopuler di dunia, termasuk di Indonesia, banyak pebisnis yang tidak melewatkan kesempatan untuk menggunakan aplikasi tersebut dalam melakukan promosi bisnis. Tingginya minat penggunaan WhatsApp untuk bisnis inilah yang membuat WhatsApp merilis WhatsApp Business yang khusus diperuntukkan untuk bisnis.

Namun, tentu saja tidak hanya saluran WhatsApp yang digunakan oleh pebisnis. Melainkan banyak saluran komunikasi yang juga digunakan untuk menjaring pelanggan. Oleh sebab itu, bisnis perlu menggunakan sistem Omnichannel yang mampu mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi dalam satu platfrom. Lalu, apa manfat penggunaan WhatsApp Omnichannel ini? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apa Itu WhatsApp Omnichannel?

WhatsApp Omnichannel adalah strategi komunikasi bisnis untuk mempererat hubungan antara bisnis dan pelanggan dengan meningkatkan kualitas dan respons layanan pelanggan yang terintegrasi dengan saluran komunikasi lainnya, seperti Instagram, Facebook. Telegram, Line, dan lainnya.

Penggunaan layanan WhatsApp Omnichannel, seperti Barantum, mampu mempercepat agen merespons pesan pelanggan hingga 89%.  Dan, mengurangi tingkat churn rate (kehilangan pelanggan) hingga 58%. Hal tersebutlah yang membuat WhatsApp Omnichannel menjadi salah satu sistem primadona di pebisnis dan perusahaan-perusahaan besar. Untuk mengetahui manfaat dan keunggulan WhatsApp Omnichannel lebih lengkap, Anda dapat membacanya pada pembahasan di bawah ini.

Apa Manfaat dan Keunggulan WhatsApp Omnichannel?

Adapun manfaat WhatsApp Omnichannel untuk bisnis, yaitu:

1. Mampu Menjaring Pelanggan Lebih Luas

Manfaat dan keunggulan WhatsApp Omnichannel yang pertama, yaitu mampu menjaring pelanggan lebih luas. Karena WhatsApp Omnichannel mampu mengintegrasi berbagai saluran komunikasi lainnya sehingga staf Customer Service Anda mudah merespons pesan pelanggan dalam satu halaman.

2. Respons Pesan Pelanggan Lebit Cepat

Respons agen Customer Service Anda dengan memakai WhatsApp Omnichannel mampu meningkat hingga 89%! Bisnis yang sangat reponsif dalam membalas pelanggan akan membuat pelanggan merasa lebih dihargai dan meningkatkan kepuasan pelanggan bisnis Anda. Terlebih pada saat ini tiap pebisnis berlomba-lomba untuk memberikan informasi dan solusi paling cepat dan tepat. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan bisnis. Sehingga mengurangi risiko kehilangan pelanggan.

3. Meningkatkan Pengalaman dan Kepuasan Pelanggan

Dengan WhatsApp Omnichannel yang mampu mempercepat agen bisnis dalam merespons pelanggan berdampak pada pengalaman pelanggan dan meningkatnya kepuasan mereka. Pelanggan akan senang dengan bisnis yang cepat tanggap dalam memberikan informasi dan solusi kepada mereka. Sehingga mereka tidak menunggu waktu lama untuk mendapatkan jawaban dari bisnis Anda. Dan, dari meningkatnya pengalaman dan kepuasan pelanggan ini, loyalitas pelanggan Anda pun dapat meningkat.

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat dan keunggulan WhatsApp Omnichannel lainnya, yaitu mampu meningkatkan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan ini bisa didapatkan karena bisnis yang responsif dan solutif dalam memberikan pelayanan pelanggan. Oleh sebab itu, kemungkinan kehilangan pelanggan bisnis pun berkurang hingga 58%. Sehingga bisnis mampu mempertahankan pelanggan.

5. Mudah Memonitor Pesan Yang Belum Terbalas

WhatsApp Omnichannel membantu agen customer service Anda melihat seluruh pesan yang masuk dari berbagai saluran hanya dalam satu halaman saja. Sehingga mereka tidak perlu membuka satu per satu aplikasi untuk membalas pesan pelanggan. Dengan begitu, mereka dapat langsung melihat pesan mana yang sudah direspons bisnis dan mana yang belum.

Hal ini lebih efektif dibandingkan bisnis yang tidak menggunakan WhatsApp Omnichannel. Bisnis yang tidak menggunakan sistem ini membuat agen bingung dan berebut dalam membalas pesan pelanggan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan agen membalas pesan yang sama dalam satu waktu.

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia di Indonesia

6. Pembagian Tugas Tiap Agen Secara Merata

Salah satu manfaat dan keunggulan WhatsApp Omnichannel, seperti Barantum, yaitu mampu membagi tugas ke tiap agen secara merata. Dengan fitur alokasi pesan, bisnis mampu mengatur pembagian pesan pelanggan tiap agen di berbagai saluran komunikasi. Sehingga meningkatkan efektivitas kinerja agen hingga 43%.

7. Laporan Statistik Otomatis

Dengan WhatsApp Omnichannel, bisnis mampu melihat laporan secara real time. Sehingga membantu memonitor aktivitas tiap agen hingga 88%. Mudahnya memonitor aktivitas tiap agen membuat bisnis mampu mengukur dan menilai KPI per agen dengan adil.

Dapatkan CRM Omnichannel Terbaik Sekarang!

Barantum CRM Omnichannel Terbaik

Kini Anda telah mengetahui lebih banyak mengenai omnichannel. Dalam memiliki omnichannel yang tepat untuk bisnis, sebaiknya Anda pertimbangkan dengan matang.  Jangan sampai sistem omnichannel untuk mempermudah bisnis Anda malah menjadi mempersulit bisnis Anda.

Gunakan Barantum CRM Omnichannel, penyedia CRM Omnichannel terbaik di Indonesia dengan fitur yang sangat lengkap dan juga sangat mudah digunakan. Dapatkan sistem terbaik untuk bisnis Anda sekarang!Raih Loyalitas Pelanggan Dengan Barantum CRM Omnichannel

Rekomendasi Artikel

  1. Cara Kirim Broadcast (Siaran) di WhatsApp ke Semua Kontak
  2. Cara Mudah Personalisasi Customer dengan Aplikasi Omnichannel
  3. Cara Mendapatkan dan Membuat Chatbot di WhatsApp
  4. Cara Mendapatkan WA Bisnis Multi-User dan Multi-Device
  5. Maksimalkan Penjualan dengan Strategi Marketing Software Omnichannel

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments