Bagaimana Manfaat Integrasi Sosial Media dengan CRM?

Komunikasi yang baik dengan pelanggan adalah salah satu fondasi penting dalam menjalankan bisnis. Apalagi di jaman digital ini, hampir seluruh bisnis menggunakan berbagai channel dalam berinteraksi dengan pelanggan mereka. Terdapat salah satu cara yang bisa Anda lakukan dalam pelayanan pelanggan, yaitu mengintegrasikan sosial media dengan CRM. Integrasi sosial media dengan CRM mampu meningkatkan pelayanan Anda sehingga lebih optimal.

Apapun channel yang pelanggan gunakan, mereka pastinya mengharapkan layanan terbaik dari pemilik bisnis atau staf layanan pelanggan (customer service). Memiliki beberapa channel komunikasi  dalam berinteraksi tentu tidak mudah. Anda harus cepat tanggap dalam melayani pelanggan dari sebuah channel, namun pada waktu yang sama, pelanggan dari channel lainnya ingin berkomunikasi dengan Anda.

Tentu, keadaan ini mengharuskan Anda berpindah dari satu channel ke channel lainnya. Hal ini pastinya menghabiskan waktu Anda dan merepotkan. Bisa saja ada pelanggan yang terlewatkan sehingga mereka merasa kesal karena lama menunggu respon Anda. Alhasil, bisa saja pelanggan tersebut beralih ke perusahaan lainnya, bahkan ke kompetitor Anda.

Anda tidak ingin itu terjadi, bukan?

Solusi dari permasalahan ini adalah, Anda dapat mengintegrasikan berbagai channel ke aplikasi CRM (Customer Relationship Management). Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengecek atau membuka semua channel satu per satu. Dalam satu layar saja, Anda bisa berinteraksi dengan pelanggan dari berbagai layanan chat dan media sosial pada waktu yang bersamaan. Dengan mengintegrasikan messenger pada CRM, akan memberikan kemudahan sebagai berikut:

  • Melacak interaksi pelanggan
  • Membangun ikatan yang kuat dengan pelanggan
  • Menyediakan layanan dan dukungan pelanggan yang ahli

Itulah bagaimana CRM akan membantu Anda dan pelanggan agar tetap terhubung dengan baik. Selain menghemat waktu dan membuat kinerja Anda menjadi efisien, inilah alasan mengapa Anda harus mengintegrasikan omnichannel ke CRM.

Apa Itu CRM Omnichannel?

WA CRM

CRM Omnichannel adalah  sebuah proses bisnis yang menggabungkan seluruh saluran komunikasi terhadap pelanggan, baik secara online maupun offline dalam satu interface secara real-time. CRM ini hadir sebagai solusi atas berbagai platform yang pelanggan gunakan dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan layanan pelanggan.

Dahulu, pelanggan menghubungi layanan pelanggan hanya melalui telpon. Kini dengan semakin berkembangnya teknologi digital, semakin berkembang pula lah layanan komunikasi yang tercipta. WhatsApp, Instagram, Telegram, dan sebagainya adalah platform yang pelanggan gunakan untuk berkomunikasi.

Oleh karena itu, bisnis membutuhkan CRM Omnichannel untuk menjawab kebutuhan ini demi menciptakan customer experience yang baik. Dengan adanya inovasi ini, Anda tidak perlu berpindah-pindah saluran dalam menghubungi pelanggan. Seluruh saluran akan menjadi satu dalan satu interface atau layar terpadu.

Baca juga: Tips Membangun Omnichannel Customer Experience

Manfaat CRM Omnichannel

1. Layanan pelanggan yang lebih baik

layanan pelanggan

Layanan pelanggan menjadi pemeran utama dalam interaksi dengan pelanggan. Bagaimana tanggapan serta umpan balik dari pelanggan, dimulai dari pengalaman mereka dilayani oleh tim layanan pelanggan. Layanan pelanggan yang baik tentu akan memuaskan pelanggan dan mendorong mereka untuk datang lagi, bahkan menjadi pelanggan loyal.

Mengintegrasikan omnichannel ke CRM akan memudahkan tim layanan pelanggan menjelajah informasi pelanggan. Fungsi ini memberikan akses kepada tim layanan pelanggan secara realtime.

2. Wawasan dan analisis pemasaran yang lebih baik

Solusi CRM menggabungkan data ini untuk memberi Anda gambaran umum analitis yang luas tentang demografi, sasaran, minat, dan perilaku pembelian. Profil pelanggan Anda akan lebih ‘kaya’ dan Anda akan memiliki lebih banyak wawasan tentang siapa pelanggan itu dan posisi mereka di channel penjualan.

Memiliki akses ke jenis data ini memungkinkan Anda untuk lebih memahami target pasar dan berkonsentrasi pada prospek yang Anda tahu memiliki kemungkinan closing yang tinggi.

3. Mendapat prospek dan interaksi baru

prospek baru

Setiap kali Anda memperluas jaringan Anda, potensi interaksi baru selalu ada. Membuat kampanye media sosial menjadi salah satu strategi pemasaran paling efektif untuk memenangkan pelanggan baru. Agar kampanye ini berhasil, Anda harus mengidentifikasi waktu dan penargetan yang tepat. Di sinilah analitik yang dikumpulkan oleh CRM bekerja.

CRM akan mengidentifikasi waktu yang paling efektif untuk menyampaikan pesan, dan mengelompokkan pelanggan ke dalam kelompok sasaran menurut rincian kontak, riwayat interaksi, pola perilaku, atau kebiasaan belanja. Saat basis media sosial Anda tumbuh, begitu pula basis pelanggan Anda.

telemarketing CRM
telemarketing CRM

4. Meningkatkan reputasi merek atau produk

Menggunakan strategi omnichannel mengharuskan Anda untuk membangun citra produk secara konsisten di setiap channel yang Anda gunakan. Reputasi produk bergantung pada bagaimana produk  tersebut diiklankan/dipromosikan dan interaksi sosial Anda.

Pertimbangkan untuk membangun ‘suara’ produk Anda agar beresonansi dengan audiens target Anda. Misalnya, jika audiens target Anda lebih muda, gunakan bahasa yang akrab bagi mereka.

 5. Pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi

Adalah hal yang rumit jika Anda harus menggapai seluruh pelanggan Anda pada semua channel untuk mendapatkan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi. Hal ini akan menjadi mudah dengan menggabungkan fungsi CRM dan channel messenger Anda. Anda dapat segera mengenali pelanggan dengan bantuan obrolan atau riwayat interaksi, detail pelanggan, dan data perilaku masa lalu yang disimpan dalam sistem CRM.

6. Membangun kerja sama tim

Membangun pengalaman pelanggan dalam omnichannel tidak hanya merupakan tugas dari satu departemen saja. Harus bekerja sama dengan departemen-departemen terkait, terutama yang berperan dalam perjalanan pembeli, seperti tim penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan manajemen produk.

Ajari tim untuk memberikan dukungan pelanggan melalui saluran yang berbeda. Semakin awal Anda merencanakan, semakin mudah untuk membuat perubahan dan mengidentifikasi potensi masalah dalam prosesnya. Cara yang baik adalah memulai dari yang kecil dan kemudian memperhatikan perjalanan pelanggan di lebih banyak platform. Anda dapat menyelaraskan pengalaman di saluran utama Anda terlebih dahulu, lalu memperluas pengalaman ini ke berbagai platform pendukung.

CTA Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".