Kelebihan dan kekurangan WhatsApp API bagi bisnis Anda

Semakin merebaknya kebutuhan akan komunikasi yang efektif terhadap pelanggan, membuat para pebisnis beramai-ramai menggunakan WhatsApp Business API. Layanan ini memang sejatinya diperuntukkan bagi bisnis besar yang telah memiliki banyak pelanggan. Tak hanya memberikan kemudahan dari pihak pebisnis, layanan ini pun memberikan kemudahan bagi pelanggan. Contohnya melihat katalog, melihat info perusahaan, seperti alamat, aktivitas, logo, dan sebagainya.

Tak hanya kemudahan tersebut yang WA API berikan. Layanan ini pun memiliki beberapa kelebihan, seperti:

1. Jangkauan pelanggan

Dengan menggunakan API, Anda dapat membalas pesan pelanggan secara otomatis dan memberikan informasi yang relevan menggunakan sumber daya perusahaan dan bot otomatis , mempercepat dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara signifikan.. Anda  bisa memuat email, nomor telepon, website dan detail lainnya pada profil API WhatsApp untuk membangun brand Anda.

2. Keamanan terjamin

Adanya enkripsi end-to-end dan two-factor-authentication  pada WhatsApp menjamin keamanan percakapan baik pelaku bisnis maupun pelanggan. Kelebihan ini mengurangi resiko kebocoran data atau penipuan.. Lebih interaktif

WhatsApp menyediakan fitur menarik seperti story, display picture dan status. Selain itu, WhatsApp juga bisa membagikan gambar, video, dokumen hingga membagikan live location yang memudahkan pelanggan untuk mengetahui detail produk. Dengan kelebihan WhatsApp bisnis ini, percakapan yang terjadi dengan pelanggan lebih atraktif dan mudah dipahami.

Baca juga: API WhatsApp Business: Skenario & Implementasi Penggunaan

3. Pesan cepat diterima

Pesan dikirimkan akan secara otomatis terkirim pada jam dan waktu yang sama ke pelanggan. WA Bisnis API ddilengkapi fitur chatbot sehingga untuk pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan. Chatbot dapat menerima dan menjawabnya secara otomatis.

4. Pesan cepat dibaca

Data Digital Report 2019 dari We Are Social dan Hootsuite menunjukan bahwa WhatsApp menjadi pesan instan paling sering dikunjungi dengan 83 persen dari 150 juta pengguna internet di Indonesia. Selain itu, sebanyak 80 persen pesan yang dikirim melalui WhatsApp dibaca dalam 5 menit dan rata-rata pengguna WhatsApp memeriksanya lebih dari 23 kali.

5. Meningkatkan pelayanan

Keuntungan menggunakan WhatsApp bisnis selanjutnya adalah memberikan analisis yang canggih terhadap percakapan WhatsApp untuk melacak percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan dan kinerja masing-masing agen. Data-data tersebut penting untuk meningkatkan pelayanan

6. Komunikasi dua arah

WhatsApp memungkinkan terjalinnya komunikasi real (dua arah) dengan pelanggan layaknya percakapan langsung atau telepon. Pelanggan dapat memulai percakapan dengan bertanya produk atau jasa melalui  WhatsApp API link yang tersedia di website atau media sosial. Kelebihan WhatsApp Business ini tidak bisa Anda dapatkan menggunakan WhatsApp Messenger.

7. Terintegrasi dengan aplikasi lain

Fleksibilitas WhatsApp API memungkinkan pengguna untuk mengintegrasi dengan aplikasi lain atauWhatsApp Integration.  Integrasi ini dilakukan dengan customer service atau sistem CRM. Dengan kelebihan WhatsApp Business,  semua obrolan yang masuk dapat cepat dibalas karena obrolan tersebut dapat langsung ditujukan ke agen tertentu.

Baca juga: Simak Keunggulan Broadcast WhatsApp Menggunakan CRM!

Sebuah layanan atau aplikasi canggih, bisa saja memiliki kekurangan. Termasuk WhatsApp Business API. Beriku kekurangan WA API untuk Anda pertimbangkan.

1. Akun berpotensi diblokir jika teridentifikasi mengirimkan spam

Akun WhatsApp bisnis memungkinkan mengirimkan pesan langsung ke pelanggan seperti promo atau informasi menarik lain tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Pesan yang dikirim terus menerus atau spam dapat membuat pelanggan risih.

2. Nama yang digunakan WhatsApp Business API tidak bisa diubah

Nama akun bisnis yang sudah didaftarkan tidak dapat diubah lagi, berbeda dengan WhatsApp messenger yang nama profil bisa diganti dengan mudah. Oleha karena itu, Anda harus memikirkan dengan baik nama bisnis yang akan didaftarkan.

3. Nomor WhatsApp Business API tidak bisa digunakan untuk WhatsApp Messenger

Nomor yang digunakan di layanan WhatsApp bisnis bersifat permanen atau tidak bisa diganti. Selain itu juga nomor tersebut tidak bisa digunakan untuk akun WhatsApp biasa atau messenger.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan WhatsApp Business API, Anda perlu untuk memperhatikan hal-hal berikut:

Batasan percakapan

Untuk menghindari pelanggan yang melakukan spam, WhatsApp memungkinkan Anda untuk terlibat dengan pelanggan Anda  hanya  setelah mereka memulai percakapan. Selain itu, Anda memiliki jangka waktu 24 jam untuk membalas pesan mereka. Jika Anda melewatkan jangka waktu ini, Anda harus menunggu mereka menghubungi Anda lagi. Pengecualian untuk aturan ini adalah mengirimkan pesan template yang telah disetujui sebelumnya kepada pelanggan Anda (misalnya, informasi tiket, pengingat, detail autentikasi, dll.). Template ini melalui persetujuan WhatsApp, sebuah proses yang dapat memakan waktu antara 3–25 hari untuk persetujuan awal dan modifikasi apa pun.

API masih dalam pengujian

Karena API menjanjikan banyak fitur dan kemampuan yang hebat, pengembang sedang membangun integrasi dan solusi yang canggih. Misalnya, beberapa vendor memanfaatkan AI untuk memahami konteks percakapan dan memberikan respons yang lebih baik dan lebih cepat, dan beberapa menyediakan perutean agen cerdas berdasarkan input pelanggan.

Pada akhir 2019, API itu sendiri dan solusi apa pun yang terintegrasi dengannya, masih dalam mode pengujian beta dan mungkin perlu beberapa saat untuk mulai diproduksi. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa Facebook cenderung sering mengubah API mereka dan pengembang perlu mengikuti perubahan ini dan beradaptasi dengan perubahan baru dalam produk mereka secara terus-menerus.

Jadi, meskipun WhatsApp API terdengar sangat menjanjikan bahkan pada tahap yang sangat awal, dan solusi terintegrasi yang berharga akan segera hadir, sebelum menerapkannya, Anda disarankan untuk memeriksa dan mengunjungi semua batasannya, dan memeriksa apakah API tersebut selaras dengan kasus penggunaan Anda dan kesulitan yang Anda coba selesaikan.

Baca juga: Apa itu Verified Badge Centang Hijau pada WhatsApp ? dan cara mendapatkannya

Dapatkan pengalaman WhatsApp Business API yang optimal bersama mitra resmi WhatsApp: Barantum

Mengetahui kelebihan dan kekurangan WA API serta batasannya, menjadi wawasan harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya atau tidak. Namun, WA API tetap menjadi andalan para pebisnis melihat pelanggan mereka sebagian besar telah menggunakan WhatsApp.

Untuk penggunaan WhatsApp Business API yang optimal dan menyeluruh, Anda membutuhkan BSP atau mitra resmi WhatsApp seperti Barantum. Dengan mendaftarkan WA API melalui Barantum, Anda tidak perlu menunggu proses pemasangan yang lama, karena Barantum yang akan melakukannya untuk Anda. Selain itu, Anda dapat mengirimkan banyak broadcast WhatsApp kepada pelanggan tanpa syarat apapun, berbeda dengan WhatsApp Business biasa. Menarik bukan?

Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang