CRM Sebagai Strategi Andalan Berbisnis

Sistem pendataan yang akurat serta efisiensi kinerja perusahaan kerap menjadikan CRM sebagai strategi andalan dalam meningkatkan aktivitas bisnis, organisasi, dan sebagainya. Tak dapat dipungkiri, strategi ini telah banyak digunakan oleh banyak perusahaan di dunia. Bahkan menurut sebuah riset, penggunaan perangkat lunak ini diprediksi akan terus meningkat hingga tahun 2025. Keadaan bisnis secara global saat ini memang membutuhkan CRM untuk memantau bisnis sekaligus aktivitas perusahaan. Dengan fiturnya yang beragam serta lengkap, CRM sudah memenuhi kebutuhan penggunanya dari banyak aspek dan tujuan.

Tahukah Anda, bahwa ternyata ada beberapa jenis CRM yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya masing-masing. Tiap jenisnya memiliki preferensi dan kelebihannya tersendiri, dimana membantu pemilik bisnis dalam memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan goals yang ingin dicapai. Anda bisa membaca artikel Apa itu CRM? Pengertian CRM, Manfaat CRM serta Penggunaannya jika ingin memahami terlebih dahulu apa itu CRM. Anda bisa terus melanjutkan membaca jika Anda sudah mengerti tentang CRM dan ingin mengenalnya lebih banyak lagi. 

Simak jenis-jenis CRM berikut untuk menentukan pilihan Anda dalam berbisnis!

CRM Operasional 

CRM jenis ini berfungsi untuk mempersingkat dan mengotomatiskan penjualan dan pemasaran juga proses layanan (customer service). CRM ini berperan dalam menghasilkan pelanggan yang potensial (prospek), lalu mengubahnya dalam bentuk data kontak dengan berbagai informasi lengkap yang dibutuhkan. Jadi, Anda dapat mengelola bisnis Anda dengan lebih baik berdasarkan data pelanggan yang Anda kumpulkan.

Dari segi penjualan, pelanggan yang telah terdata, akan ditangani secara efisien, dan pelanggan yang baru akan diatur dan dikelompokkan datanya. Dengan modul yang ada, CRM jenis ini akan menggabungkan manajemen kontak dan prospek serta perkiraan penjualan. Anda harus mempertimbangkan opsi ini jika Anda menjalankan proses penjualan linier yang berfokus pada bisnis baru dan ingin  daftar tugas diotomatisasi. 

Terkait pemasaran, CRM operasional membantu Anda saat menawarkan produk dan menyediakan cara berkomunikasi dengan pelanggan. Manajemen kampanye, email, panggilan telepon, dan rapat, semua bisa dilacak dan diatur. 

Dalam hal otomatisasi layanan, CRM ini menyediakan layanan customer service yang berkualitas seperti menangani hal-hal seperti manajemen panggilan dan pemantauan berdasarkan KPI.

CRM Analitis 

Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari CRM ini adalah menganalisa data. CRM analitis memberikan visualisasi data, wawasan yang lebih baik tentang pelanggan Anda serta  interaksi mereka dengan bisnis Anda, dan menyiapkan kemungkinan (posibilisme) yang ada.

Dengan menggunakan CRM analitis, pengambilan keputusan menjadi lebih efisien dan tepat serta efektivitas kampanye dapat dilacak.

Dari segi aktivitas karyawan, staf penjualan dan customer service dapat menggunakan informasi yang diberikan untuk meningkatkan hubungan mereka terhadap pelanggan. Informasi yang dikumpulkan dari berbagai saluran kemudian dianalisis secara terstruktur. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menerapkan metodologi bisnis dan menganalisis KPI secara efektif.

Dapat disimpulkan bahwa, CRM analitis berperan dalam mengumpulkan, menyimpan, dan mengevaluasi informasi yang diberikan dari semua departemen, serta membantu merencanakan kampanye pemasaran berdasarkan data yang akurat.

CRM Kolaboratif 

CRM kolaboratif memungkinkan tim yang berbeda di organisasi atau perusahaan Anda untuk berbagi informasi tentang pelanggan. Berbeda dengan CRM operasional yang berfokus pada pemasaran dan penjualan, CRM kolaboratif menekankan kinerja customer service.

CRM kolaboratif tidak hanya meningkatkan pertukaran informasi antar departemen seperti penjualan dan pemasaran, tetapi juga mendukung tim. Ini akan memungkinkan mereka untuk bekerja sama dan berbagi informasi pelanggan dengan semua tim, meningkatkan hubungan klien dan meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga mereka menjadi loyal. 

Dengan menggunakan CRM kolaboratif, hubungan dengan pelanggan Anda lebih mudah.

CRM Campaign Management 

CRM campaign management seringkali digambarkan sebagai CRM analitis atau operasional. Hal ini dikarenakan kedua CRM ini memadukan fitur yang memungkinkan penggunaan data pelanggan dan wawasan atau informasi untuk menjalankan kampanye pemasaran atau penjualan.

Jika tujuan Anda secara khusus ialah menggunakan informasi kontak untuk merencanakan, mengelola, dan menganalisis kampanye yang lebih baik, maka CRM campaign management adalah solusinya. Peran ini yang membedakannya dengan CRM analitis dan operasional.

Untuk memungkinkan menjalankan kampanye dari CRM, ada beberapa alat populer berintegrasi dengan penyedia kampanye email yang berbeda, seperti Mailchimp atau Outreach. 

CRM Strategis 

CRM jenis ini berfokus pada pelanggan. Dengan CRM strategis, Anda dapat meningkatkan serta memelihara interaksi Anda terhadap pelanggan.  CRM ini tidak hanya memberi Anda informasi, tetapi juga menyesuaikan cara Anda berinteraksi dengan pelanggan dalam jangka panjang. Solusi ini berguna jika Anda berada dalam bisnis yang berfokus pada hubungan jangka panjang, daripada penjualan cepat dan kampanye singkat.

Setelah mengetahui jenis-jenis CRM, mungkin Anda bertanya soal bagaimanakah cara menentukan CRM yang tepat untuk perusahaan Anda?

Anda dapat memberikan jawaban atas beberapa poin berikut ini untuk menentukannya:

  • Apakah Anda ingin mengotomatiskan pemasaran atau penjualan?
  • Apakah Anda mencari solusi untuk menganalisis pelanggan Anda?
  • Bagaimana Anda ingin departemen-departemen di perusahaan Anda berkolaborasi?
  • Apakah Anda fokus pada hubungan jangka panjang dengan pelanggan?

CRM Software Barantum 2019

Apapun jenis CRM yang Anda pilih, strategi andalan ini pastinya membina hubungan Anda dengan pelanggan dan meningkatkan profit bisnis secara bersamaan. Barantum, sebagai salah satu aplikasi CRM terpercaya, telah mencakup hampir seluruh kebutuhan bisnis Anda.

Coba aplikasi Barantum sekarang dan dapatkan free trial selama 7 hari!

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments