Ketahui Jenis Customer Service Yang Terdapat Dalam Bisnis

Customer service atau layanan pelanggan bisa Anda anggap sebagai jantungnya perusahaan. Mengapa? Mereka berdiri pada baris terdepan dalam menghadapi dan melayani pelanggan. Melayani pelanggan tentu bukanlah tugas yang mudah, mengingat Anda harus mampu mempertahankan mereka demi keberlanjutan perusahaan.

Dalam melakukan pelayanan pelanggan, customer service memiliki banyak saluran komunikasi yang digunakan. Perbedaan itulah yang membuat customer service terbagi ke dalam beberapa jenis. Nah, untuk mengetahui jenis-jenis customer service, simak artikel ini sampai habis ya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Customer Service?

Customer service adalah sebuah layanan yang ditawarkan dari perusahaan untuk para pelanggan. Baik sebelum atau sesudah membeli produk atau jasa.

Adanya customer service bertujuan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan. Tak hanya itu, mereka perlu membuat pelanggan senyaman mungkin dengan pelayananan bisnis. Oleh sebab itu, customer service menjadi bagian penting dan diperlukan dalam bisnis.

Apa Pentingnya Customer Service Untuk Bisnis?

Customer service memiliki peranan penting dalam bisnis. Untuk menciptakan brand image yang baik, tidak cukup untuk menampilkannya dari segi fisik seperti packaging atau sekadar konten media sosial. Sebuah brand atau perusahaan harus memiliki tim customer service demi berkomunikasi langsung kepada para pelanggan.

Tidak hanya itu, salah satu faktor pelanggan akan kembali atau mengulang pembelian adalah tim customer service yang baik, responsif, dan solutif.

Apa Jenis-Jenis Customer Service?

1. Customer Service Melalui Email

Untuk memaksimalkan jenis pelayanan customer service yang seperti ini, bisnis kita perlu memiliki otomatisasi yang baik yang dapat memungkinkan kita untuk memilih, memprioritaskan, mendelegasikan masalah, dan menanganinya dengan lebih cepat dan lebih baik.

Harapan setiap pelanggan saat itu mulai berubah. Mereka menginginkan tanggapan yang cepat, pengiriman yang cepat dan tepat waktu, serta pengalaman pribadi lainnya. Sementara, email tidak dapat memberikan hal yang mereka inginkan.

Kendati begitu, email tidak sepenuhnya ketinggalan zaman. Untuk beberapa bisnis tertentu layanan pelanggan ini bekerja menjadi yang terbaik. Begitu juga dengan perusahaan B2B (Business to Business), banyak yang masih nyaman dengan menggunakan email. Hal tersebut karena sifat dari layanan pelanggan mereka tidak terlalu begitu mendesak. Jadi, Anda bisa memilih yang terbaik sesuai kebutuhan perusahaan.

Jadi, jika Anda memiliki perusahaan B2B maka layanan pelanggan menggunakan email adalah hal yang tetap bisa Anda terapkan. Namun, Anda tetap harus mengatur waktu respons awal yang cepat atau baik, meski setelah itu waktu penyelesaian masalah mungkin akan cukup lama.

Barantum CRM Canvassing Terbaik di Indonesia

2. Customer Service Melalui Telepon

Ini adalah jenis customer service yang paling pertama dan paling utama untuk dimiliki setiap bisnis. Ketika seorang pelanggan memiliki keluhan atau menghadapi suatu permasalahan yang berhubungan dengan produk dan layanan jasa, maka secara otomatis mereka akan merasa panik, marah, dan ingin mendapatkan solusi dari permasalahan ini secepat mungkin.

Hal yang pertama kali akan dilakukan pelanggan adalah mencari nomor telepon customer service yang bisa dihubungi dari produk atau layanan jasa tersebut. Sebagai contoh, Hendra adalah seorang pelanggan yang baru saja membeli laptop dari salah satu perusahaan ecommerce di Indonesia. Ketika barang pesanannya sampai, Hendra mengecek kelengkapan pesanannya. Sayangnya, dia tidak menemukan charger laptop di dalam paket pesanannya tersebut.

Sebagai pelanggan, wajar saja jika Hendra merasa khawatir, marah dan kesal, sehingga dia ingin berbicara langsung dengan customer service dan menanyakan hal ini. Coba bayangkan jika bisnis kita tidak memiliki layanan semacam ini? Sudah dapat dipastikan para pelanggan akan merasa sangat kecewa, frustasi dan menulis ulasan negatif tentang bisnis kita secara online.

3. Customer Service Melalui Pesan Media Sosial

Dalam jendela chat ini, para pelanggan bisa menyampaikan segala keluh kesah dan masalah yang mereka miliki terhadap produk atau layanan jasa kita. Para pelanggan bisa menggunakan opsi layanan pelanggan seperti ini, terutama ketika mereka tidak memiliki kesempatan untuk menelepon customer service secara langsung atau jika mereka merasa lebih nyaman untuk berinteraksi melalui chat.

Bagaimana Menjadi Customer Service Yang Baik?

1. Bahasa dan Komunikasi Yang Baik

Sebagai orang yang berhadapan langsung melayani pelanggan, maka perlu memiliki komunikasi yang baik. Dengan begitu, pelanggan dapat mengerti apa yang disampaikan oleh agen customer service.

Gunakan bahasa yang sopan dengan pembawaan yang ramah, sehingga saat berinteraksi dengan pelanggan, pelanggan akan merasa nyaman. Dengan komunikasi yang baik, customer service dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Sehingga meningkatkan potensi pelanggan bisnis menjadi pelanggan yang potensial.

2. Sabar

Menghadapi pelanggan bukanlah hal yang mudah. Karena manusia memiliki sifat yang beraneka ragam dalam menyampaikan atau menanyakan suatu permasalahan. Terlebih jika menghadapi komplain pelanggan. Oleh sebab itu, customer service perlu memiliki kesabaran dalam menghadapi tiap pelanggan.

3. Problem Solving

Pelanggan yang menghubungi customer service tidak hanya menanyakan produk atau jasa bisnis saja. Melainkan juga menyampaikan komplain, baik terhadap barang yang diterima ataupun ketidaksesuaian pengiriman barang.

Sebagai customer service, dituntut untuk bisa menyelesaikan permasalahan pelanggan. Mereka perlu menjadi pemecah masalah yang dihadapi oleh pelanggan. Kesigapan dan kesuksesan customer service dalam memberikan solusi terhadap pelanggan akan menjadi nilai plus bagi agen.

4. Empati

Pelanggan merasa dirinya dipahami jika customer service menunjukkan sikap empati. Seorang customer service yang baik akan benar-benar memahami dan mau membantu menyelesaikan masalah pelanggan. Oleh sebab itu, mereka harus bisa jadi pendengar yang baik.

Dapatkan Sistem Customer Service Terbaik Sekarang

Sistem Layanan Panggilan dan Customer Service TerbaikDapatkan pengalaman terbaik dalam mengelola layanan pelanggan yang efektif menggunakan Sistem Customer Service (Customer Service) terbaik dari Barantum. Dengan fitur customer service yang lengkap seperti IVR, sistem omnichannel media sosial seperti Facebook, Instagram, Line, Telegram dan banyak lagi yang terintegrasi WhatsApp.

Sistem Customer Service berbasis cloud dari Barantum memiliki semua fitur untuk mengelola pusat panggilan masuk, keluar atau kombinasi keduanya secara efisien. Sederhanakan sistem dukungan pelanggan Anda dengan sistem tiket otomatis yang mengubah permintaan pelanggan yang datang dari berbagai saluran menjadi tiket yang siap di tindak lanjuti oleh tim yang di tugaskan secara otomatis dan lacak seluruh interaksi dengan pelanggan Anda.Sistem Layanan Panggilan dan Customer Service Terbaik

Rekomendasi Artikel

      1. Apa itu Customer Service? Pengertian, Tugas dan Jenisnya
      2. Contact Center: Apa itu & Perbedaannya Dengan Call Center
      3. Ketahui Fitur Penting yang Wajib Dimiliki Software Call Center
      4. Customer Support: Pengertian, Tugas dan Manfaatnya
      5. Simak Alasan Call Center Perlu Diintegrasikan ke CRM

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang