Apa yang membuat WhatsAPP Business berbeda dengan WhatsApp biasa?

WhatsApp menjadi platform komunikasi sehari-hari dan kini telah tersedia WhatsApp Business khusus untuk para pebisnis. Fitur yang tercipta tahun 2018 ini bertujuan untuk kemudahan komunikasi antara pemilik bisnis dengan pelanggannya. Dengan adanya fitur ini, bisnis dapat menjangkau lebih luas pelanggannya dan menyampaikan pesan marketing secara cepat dan praktis.

Perbedaan WhatsApp biasa dengan WhatsApp Business

Whatsapp biasa (versi reguler) merupakan versi yang paling banyak masyarakat gunakan. Berbagai segmen pengguna dapat menggunakan aplikasi gratis ini. Aplikasi ini menyediakan layanan perpesanan gratis dengan berbagai jenis konten seperti gambar/stiker, audio, dan video.

WhatsApp Business adalah aplikasi yang dirancang untuk perusahaan, baik kecil maupun besar, untuk memungkinkan mereka membuka saluran kontak yang profesional, praktis, aman, dan efektif dalam platform WhatsApp. Dalam menggunakan aplikasi ini, perusahaan dapat hanya menggunakan akun perusahaan mereka tanpa harus menggunakan nomor pribadi. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur Quick Reply , yang memungkinkan admin merespon balasan berbasis template. Selain itu, WhatsApp Business juga dilengkapi dengan kemampuan untuk melabeli percakapan dan juga beberapa fitur penunjang bisnis lainnya.

Banyak perusahaan tertarik untuk menggunakan aplikasi ini karena memungkinkan mereka untuk mengirim pesan langsung ke pelanggan mereka, secara profesional dan gratis, selama mereka memiliki koneksi internet. Aplikasi ini juga memudahkan pelanggan dalam menelusuri katalog, melihat informasi perusahaan seperti alamat, aktivitas, logo, dan banyak lagi.

Baca juga: API WhatsApp Business: Skenario & Implementasi Penggunaan

Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Business API

WhatsApp Business API dirancang khusus untuk perusahaan besar dan/atau sedang berkembang. Layanan ini dirancang untuk perusahaan besar yang menerima pesan dalam jumlah besar, yang tidak lagi dapat ditangani oleh WhatsApp Business. Penggunaan layaan ini sejatinya membutuhkan pengaturan teknis lebih lanjut, berbeda dengan WhatsApp Business regular yang hanya membutuhkan pendaftaran secara umum.

Versi ini menyediakan fitur yang sangat istimewa, canggih, dan unik, dioptimalkan untuk lingkungan bisnis. Fitur-fitur tersebut tidak akan Anda temukan pada WhatsApp Business biasa. Salah satu fitur khas ini adalah kemampuan untuk menambahkan tanda centang hijau ke profil WhatsApp Anda yang memverifikasi apakah Anda benar-benar perusahaan yang sah dan dapat diandalkan.

WhatsApp Business gratis untuk diunduh, dan memungkinkan Anda membuat akun sendiri, menggunakan nomor ponsel atau telepon rumah, sementara API dapat diperoleh dengan cara yang berbeda. Setiap perusahaan yang ingin mendapatkan layanan yang ditawarkan oleh WhatsApp API harus meminta, atau mengontrak layanan dari penyedia solusi bisnis dan mitra WhatsApp seperti Barantum. Setelah ini selesai, Anda akan memiliki akses ke API Anda dan WhatsApp akan meminta verifikasi akun Anda, yang hanya dapat dilakukan berkat mitra tersebut.

Keunggulan WhatsApp Business API

Seperti layanan lainnya, layanan ini berbayar, tetapi sangat penting karena memungkinkan Anda memperoleh fitur yang tidak dimiliki akun WhatsApp lain. Salah satunya adalah Anda memiliki otomatisasi proses dan sinkronisasi kontak, email masuk, dashboard terpusat dan banyak lagi. Barantum dapat menjamin Anda semua fitur ini.

Keunggulan lainnya dari WhatsApp Business API yang tidak mungkin dilakukan dengan dua solusi lainnya:

  • Memungkinkan beberapa agen mengakses akun yang sama secara bersamaan
  • Memungkinkan agen untuk menggunakan dasbor dan kotak masuk mereka sendiri
  • Berkomunikasi dengan semua pelanggan, bahkan dapat terhubung dengan pelanggan dari seluruh dunia
  • Meninggalkan pesan internal kepada anggota tim lain
  • Menggunakan fungsi mengirim pesan multimedia dengan foto, video, atau dokumen, dan mengakses fungsi yang berguna seperti analisis terperinci, laporan, dan lainnya. 

Baca juga: WhatsApp Business API Barantum: Terpercaya, Cerdas, dan Mudah

Kita tahu bahwa WhatsApp, dalam dua versinya, yang berarti versi reguler dan versi bisnis, memiliki aplikasi untuk perangkat Android dan iOS, sedangkan WhatsApp Business API tidak memiliki antarmuka seluler. Ini berarti bahwa, kecuali penyedia solusi bisinis menyediakannya, Anda tidak akan dapat menggunakan antarmuka seluler dengan sistem operasi apa pun. Dalam hal ini, Barantum memiliki aplikasi seluler yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan bahkan saat Anda tidak memiliki komputer.

Selain itu, Barantum juga menangani penyesuaian ukuran maksimum setiap berkas pada WhatsApp Business API. Ini memungkinkan Anda mengirim pesan tanpa batas atas nama Anda. Dengan harga terjangkau dan layanan yang baik, Anda dapat mempercayakan Barantum untuk menyediakan WhatsApp Business API.

Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang