Kelebihan WhatsApp Business Dalam Bisnis

WhatsApp Business adalah aplikasi khusus untuk bisnis yang memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka dengan lebih efisien melalui platform WhatsApp. Selain sebagai aplikasi chat, WhatsApp Business memiliki beberapa fitur tambahan yang dirancang untuk memudahkan bisnis dalam berinteraksi dengan pelanggan. WhatsApp Business juga memungkinkan bisnis untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan cara yang lebih efektif.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Dalam artikel ini, kami akan membahas kelebihan, manfaat, dan fitur WhatsApp Business yang dapat membantu bisnis dalam mengembangkan bisnis mereka. Dalam era digital yang semakin berkembang, WhatsApp Business dapat menjadi alat yang sangat efektif bagi bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka secara langsung dan terlibat dengan mereka dalam waktu nyata. Jadi, jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang WhatsApp Business dan manfaatnya bagi bisnis, mari ketahui informasi lebih lanjut dengan membaca artikel ini sampai habis!

Apa Itu WhatsApp Business?

WhatsApp Business adalah aplikasi khusus untuk bisnis yang memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka melalui platform WhatsApp. WhatsApp Business dikembangkan untuk memberikan solusi komunikasi yang lebih mudah dan efisien bagi bisnis dalam berinteraksi dengan pelanggan. Dengan menggunakan WhatsApp Business, bisnis dapat mengirim pesan, membuat daftar kontak, dan memperluas jangkauan bisnis mereka dengan lebih efektif.

Terdapat dua jenis WhatsApp Business. Pertama, WhatsApp Business standar yang bisa Anda dapatkan di Play Store ataupun App Store. Kedua, WhatsApp Business API yang hanya bisa Anda dapatkan dengan bekerja sama pada Mitra Resmi WhatsApp Tepercaya, seperti Barantum. Perbedaan lengkapnya bisa Anda simak di artikel berikut -> WhatsApp Business & WhatsApp API: Apa sih Bedanya?.

Agar bisa membantu bisnis lebih optimal, maka sebaiknya Anda menggunakan WhatsApp Business API. Sehingga Anda bisa mengakses fitur tambahan yang tidak bisa Anda dapatkan pada aplikasi WhatsApp lainnya.

Apa Saja Kelebihan WhatsApp Business?

Adapun kelebihan dari penggunaan WhatsApp Business, yaitu:

1. Balas Pesan Otomatis

Fitur pesan otomatis memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan yang sudah diatur sebelumnya sebagai respons atas pesan yang masuk. Pesan otomatis ini dapat digunakan untuk memberikan salam, menjawab pertanyaan umum, memberikan informasi tentang produk atau layanan, atau memberikan respons ketika bisnis Anda sedang tutup.

Dengan fitur ini para pemilik bisnis tidak perlu standby setiap saat untuk membalas pesan dari konsumen secara manual. Cukup dengan mengaktifkan fitur WA auto reply ini, Anda sudah bisa mengirimkan pesan balasan secara otomatis kepada konsumen dalam waktu yang sudah Anda tentukan dan atur sebelumnya.
Terdapat tiga fitur pesan otomatis pada aplikasi ini, yaitu:

  • Away Message: Anda bisa membalas pesan dari konsumen secara otomatis sehingga meskipun sedang sibuk.
  • Greeting Message: Anda bisa menggunakan untuk menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis.
  • Quick Replies: Anda bisa membalas pesan dari pelanggan dengan pertanyaan yang sama.

2. Verifikasi Akun 2 Langkah

Untuk meningkatkan keamanan akun WhatsApp Business Anda dan mencegah orang yang tidak dikenal untuk masuk ke akun Anda, Anda dapat melakukan verifikasi akun bisnis. Dengan fitur ini, akun WhatsApp Business Anda akan terlindungi melalui registrasi 6-digit PIN yang diperlukan untuk masuk ke akun Anda. Jika Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah, Anda juga dapat menambahkan alamat email sebagai opsi untuk memulihkan PIN Anda jika lupa dan membantu menjaga keamanan akun Anda.

3. Dapat Mengelola Profil Bisnis

Fitur ini memungkinkan bisnis untuk membuat profil bisnis resmi dengan informasi kontak, alamat, jam operasional, deskripsi singkat bisnis, dan gambar profil bisnis. Dengan adanya fitur ini, pelanggan dapat dengan mudah mengakses informasi bisnis yang mereka butuhkan. Contohnya, nomor telepon, alamat, atau jam operasional bisnis. Selain itu, fitur profil bisnis juga memberikan kesan profesional dan resmi pada bisnis Anda, yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan branding bisnis Anda.

4. Tersedia Katalog produk

Fitur katalog produk memungkinkan bisnis untuk menampilkan produk atau layanan yang mereka tawarkan secara rinci di dalam aplikasi WhatsApp. Katalog produk ini dapat diakses oleh pelanggan dengan mudah melalui pesan WhatsApp dan memudahkan pelanggan untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp5. Analitik pesan

Fitur analitik pesan memungkinkan bisnis untuk melihat statistik pesan yang dikirim dan diterima, termasuk jumlah pesan yang diterima, dibaca, dan tidak terkirim. Analitik pesan ini dapat membantu bisnis dalam mengukur efektivitas kampanye pemasaran atau mengevaluasi kinerja karyawan yang bertugas dalam mengelola pesan pelanggan.

6. Tersedia Fitur Broadcast

Fitur ini memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan massal ke beberapa pelanggan sekaligus. Namun, pesan yang dikirimkan hanya dapat diterima oleh pelanggan yang sudah menyimpan nomor bisnis di kontak mereka. Dengan fitur ini, bisnis dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan efisiensi dalam berkomunikasi dengan pelanggan, serta menghemat waktu dan tenaga dalam mengirim pesan secara individu. Fitur broadcast juga dapat membantu bisnis dalam menjalankan promosi dan kampanye pemasaran dengan lebih efektif.

7. Dapat Upgrade ke Versi Lanjutan

Salah satu kelebihan WhatsApp Business adalah kemampuannya untuk diupgrade ke versi lanjutan, yaitu WhatsApp Business API. Dengan upgrade ke WhatsApp Business API, Bisnis dapat mengintegrasikan WhatsApp ke dalam sistem CRM atau platform bisnis mereka, sehingga dapat mengotomatiskan proses bisnis, meningkatkan efisiensi, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Untuk meng-upgrade WhatsApp Business standard ke WhatsApp Business API, Anda perlu bekerja sama dengan BSP atau mitra resmi WhatsApp tepercaya, seperti Barantum.

Bagaimana Cara Upgrade ke WhatsApp Business API?

Cara mendapatkan WhatsApp Business tingkat lanjut, yaitu WhatsApp Business API hanya bisa dengan bekerja sama pada BSP atau Mitra Resmi WhatsApp, seperti Barantum. Namun, perlu diingat bahwa WhatsApp Business API ini hanya diperuntukkan untuk akun bisnis bukan akun pribadi atau perorangan.

Oleh sebab itu, untuk mendapatkannya Anda perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Meta. Jika semua syarat telah terpenuhi, tim Barantum dapat membantu Anda untuk mengajukan bisnis Anda mendapatkan WhatsApp Business API. Cara lengkap mendapatkan WhatsApp Business API ini bisa Anda dapatkan di artikel ini -> WhatsApp Business API: Pengertian, Manfaat dan Fiturnya.

Apa Saja Fitur Dalam WhatsApp Business API?

fitur WhatsApp Business API

Beragam fitur WhatsApp Business API yang bisa Anda dapatkan jika bekerja sama dengan Barantum:

  1. Centang Hijau WhatsApp: Centang hijau atau verified badge merupakan tanda verifikasi yang mampu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap merek bisnis Anda.
  2. Chatbot Autoresponder: Balas pesan otomatis tiap pesan pelanggan yang masuk sekali pun di luar jam kerja.
  3. WhatsApp Multi-User: Satu nomor WhatsApp Bisnis API bisa diakses oleh beberapa admin sekaligus melalui banyak perangkat, sehingga respons untuk pelanggan jadi lebih cepat.
  4. Alokasi Agent: Alokasikan pesan masuk secara merata kepada seluruh agen yang tersedia secara otomatis.
  5. Personalisasi Pesan: Tambah kedekatan dengan pelanggan menggunakan personalisasi pesan ke tiap pelanggan secara otomatis.
  6. Broadcast (Blast WhatsApp): Mengirimkan ribuan pesan ke pelanggan secara serentak.
  7. Terintegrasi CRM: Membantu bisnis berinteraksi dan membangun hubungan dengan pelanggan dengan mengelola semua informasi untuk mendorong kesetiaan pelanggan.
  8. Laporan Analitik: Menampilkan pencapaian kerja tim, dan data konsumen yang dipakai oleh agen customer service agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Selain fitur-fitur di atas, jika Anda menggunakan sistem Barantum, maka Anda bisa menjadwalkan broadcast sesuai dengan kebutuhan melalui fitur Broadcast Scheduler. Anda pun bisa mengatur jam operasional dan memberi notifikasi kepada pelanggan yang mengirim pesan saat di luar jam kerja dengan fitur Office Hour. Dengan sistem Barantum ini akan mengikuti perkembangan bisnis Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kualitas sistem.

Upgrade dan Gunakan WhatsApp Business API Sekarang!

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Dalam artikel ini, kita telah melihat beberapa kelebihan WhatsApp Business, manfaat, dan fiturnya. Bagi bisnis yang ingin memperluas kemampuan WhatsApp Business, WhatsApp Business API dapat menjadi solusi yang tepat. Dengan WhatsApp Business API, bisnis dapat mengotomatiskan proses bisnis mereka, meningkatkan efisiensi, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Sebagai Mitra Resmi WhatsApp, Barantum, menawarkan layanan WhatsApp Business API yang dapat membantu bisnis dalam mengimplementasikan WhatsApp Business API dengan mudah dan efisien. Dengan menggunakan WhatsApp Business API dari Barantum, bisnis dapat memperluas kemampuan bisnis mereka di platform WhatsApp dan mengambil keuntungan dari fitur-fitur khusus seperti chatbot dan analitik.

Barantum pun telah banyak membantu ribuan klien dari berbagai sektor bisnis untuk mendapatkan WhatsApp Business API. Sehingga Barantum menjadi pilihan tepat sebagai penyedia jasa WhatsApp Business API bagi banyak bisnis.

Jadi tunggu apalagi, jika kamu tertarik untuk membuat bisnis lebih mudah dan mendapatkan trust atau kepercayaan yang baik dari pelanggan segera hubungi tim Barantum untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai bisnismu DI SINI.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".