Komponen Utama dalam Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)

komponen manajemen hubungan pelanggan

Komponen Manajemen Hubungan Pelanggan

 

Ada sejumlah komponen yang berbeda beda dalam Manajemen Hubungan Pelanggan, yang mempunyai peranan penting untuk menjalankan organisasi menuju kesuksesan. Setiap komponen tersebut unik dalam peranannya sendiri. Anda bisa membaca artikel mengenai definisi Apa itu Manajemen Hubungan Pelanggan / CRM 

Otomatisasi Staff Penjualan

 

Otomatisasi adalah komponen paling penting dalam manajemen hubungan pelanggan. Ini adalah salah satu komponen yang dijalankan oleh organisasi bisnis. Ini termasuk forecasting, pencatatan pemrosesan penjualan serta melacak interaksi calon pelanggan potensial (prospek/leads). Ini akan sangat membantu untuk mengetahui seberapa besar peluang Anda untuk meningkatkan pendapatan dan hasilnya akan sangat signifikan. Komponen ini juga mencakup analisa perkiraan penjualan dan kinerja tenaga kerja Anda. Untuk mencapai peningkatan menyeluruh dalam pengembangan dan pertumbuhan industri / bisnis Anda, banyak komponen perlu bekerja bersama untuk membentuk otomatisasi tenaga penjualan sebagai unit terpadu. Beberapa elemen utama yang sama adalah Manajemen Pimpinan, Manajemen Akun, Manajemen Peluang, Forecasting, Analisa Pipeline/ Saluran penjualan, Manajemen Kontak, Manajemen Aktivitas, Manajemen Email, dan Pelaporan.

Manajemen Sumber Daya Manusia

 

Manajemen Sumber Daya Manusia melibatkan penggunaan sumber daya dan keterampilan manusia secara efektif dan benar pada saat dan situasi tertentu. Ini mengharuskan untuk memastikan bahwa keterampilan dan tingkat intelektual para profesional sesuai dengan tugas yang dilakukan oleh mereka sesuai dengan profil pekerjaan mereka. Ini adalah komponen penting tidak hanya untuk perusahaan skala besar tetapi juga industri menengah. Ini melibatkan pengadopsian strategi yang efektif dan mempelajari keterampilan atau tenaga kerja dan pertumbuhan yang dihasilkan sehingga merancang dan menerapkan strategi yang diperlukan sesuai dengan tujuan perkembangan perusahaan.

Manajemen Prospek / Leads

 

Manajemen Prospek / Leads atau calon pelanggan sesuai dengan namanya mengacu pada melacak jejak penjualan serta distribusinya. Bisnis yang diuntungkan oleh komponen CRM ini adalah industri penjualan, perusahaan pemasaran, dan pusat eksekutif pelanggan. Hal ini melibatkan manajemen pemasaran yang efisien, merancang formulir yang disesuaikan, menyelesaikan email dan beberapa elemen lainnya. Sebuah studi ekstensif tentang pola pembelian pelanggan, serta penjualan potensial, arahan untuk membantu menangkap prospek dan mendapatkan penjualan maksimum untuk meningkatkan penjualan.

nilai pelanggan

Layanan Hubungan Pelanggan

 

Manajemen Hubungan Pelanggan menekankan pada pengumpulan informasi dan data pelanggan, informasi dan pola pembelian mereka serta melibatkan penyediaan informasi yang dikumpulkan ke departemen yang diperlukan dan terkait. Ini membuat layanan pelanggan merupakan komponen penting dari CRM. Hampir semua departemen utama termasuk departemen penjualan, tim pemasaran, dan personel manajemen diharuskan mengambil langkah-langkah untuk mengembangkan kesadaran dan pemahaman mereka tentang kebutuhan pelanggan serta keluhan. Ini tidak diragukan lagi membuat bisnis atau perusahaan untuk memberikan solusi cepat dan sempurna dan bantuan kepada pelanggan serta memenuhi kebutuhan mereka yang meningkatkan ketergantungan serta mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Manajemen Pemasaran

 

Pemasaran adalah salah satu komponen paling penting dari Manajemen Hubungan Pelanggan dan mengacu pada kegiatan promosi yang diadopsi oleh perusahaan untuk mempromosikan produk mereka. Pemasaran dapat ditargetkan untuk sekelompok orang tertentu serta masyarakat umum. Pemasaran melibatkan pembuatan dan penerapan strategi untuk menjual produk. Customer Relationship Management membantu dalam proses pemasaran dengan meningkatkan dan meningkatkan efektivitas strategi yang digunakan untuk pemasaran dan promosi.

Ini dilakukan dengan melakukan pengamatan dan studi terhadap pelanggan potensial. Beberapa elemen utama pemasaran adalah Manajemen Kampanye pemasaran, Manajemen Aktivitas, Manajemen Dokumen, Manajemen Panggilan, Email Massal dan Pelaporan. Penggunaan elemen-elemen tersebut di atas bervariasi dari bisnis ke bisnis sesuai dengan sifat dan persyaratannya serta target pemasaran.

Otomatisasi Alur Kerja

 

Sejumlah proses berjalan secara bersamaan ketika datang ke manajemen dan ini membutuhkan pemotongan biaya yang efisien serta perampingan pada semua proses. Fenomena melakukannya dikenal sebagai Otomatisasi Alur Kerja. Ini tidak hanya mengurangi pengeluaran berlebih tetapi juga mencegah pengulangan tugas tertentu oleh orang yang berbeda dengan mengurangi pekerjaan dan tenaga kerja yang semakin terbuang untuk pekerjaan yang bisa dihindari. Mengarahkan dokumen dan mengisi formulir adalah beberapa elemen dari proses dan bertujuan mencegah hilangnya waktu dan upaya yang berlebihan.

Pelaporan Bisnis

 

CRM dilengkapi dengan manajemen penjualan, laporan layanan pelanggan, dan pemasaran. Laporan layanan pelanggan membantu para eksekutif perusahaan untuk mendapatkan wawasan tentang manajemen dan operasi kerja harian mereka. Ini memungkinkan seseorang untuk mengetahui posisi tepat perusahaan pada setiap contoh tertentu. CRM memberikan laporan tentang bisnis dan yang membuatnya memainkan peran utama di sini. Dipastikan bahwa laporannya akurat dan tepat. Fitur penting lainnya adalah peramalan / forecasting dan kemampuan untuk mengekspor laporan bisnis pada sistem lain. Untuk membuat perbandingan, seseorang dapat menyimpan data historis juga.

Analytics

 

Analytics adalah proses mempelajari dan mewakili data untuk mengamati tren di pasar. Membuat representasi grafis dari data dalam bentuk histogram, bagan, gambar dan diagram yang memanfaatkan data saat ini serta yang dihasilkan di masa lalu. Hal ini sangat penting untuk mencapai pemahaman terperinci mengenai tren pasar dan pola pembelian konsumen. Analytics adalah elemen yang sangat signifikan dari Manajemen Hubungan Pelanggan karena memungkinkan untuk melakukan studi mendalam tentang informasi yang diperlukan untuk menghitung kemajuan dalam bisnis. Komponen berbeda dari Manajemen Hubungan Pelanggan dikaitkan dengan elemen yang berbeda terutama, akuisisi pelanggan, peningkatan nilai pelanggan dan retensi pelanggan. Berbagai aplikasi pemasaran diukir untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan sedangkan database dari CRM dan alat analitis membantu bisnis untuk menjaga pelanggan dengan komunikasi dan hubungan yang lebih baik. Untuk meningkatkan nilai pelanggan di antara pelanggan yang ada dan yang akan datang. Secara keseluruhan, masing-masing komponen yang dibahas dari Manajemen Hubungan Pelanggan sangat penting untuk meningkatkan struktur kerja serta respons pasar terhadap bisnis dan produk mereka.

software crm

Hal – hal di atas adalah 8 komponen utama dari sebuah sistem Manajemen Hubungan Pelanggan, dan semua dari komponen tersebut bekerja saling melengkapi untuk mencapai hasil yang maksimal yaitu meningkatkan retensi pelanggan serta kepuasan pelanggan dan menaikan pertumbuhan profit perusahaan Anda. Anda bisa mencoba contoh sistem Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) Barantum secara gratis pada link berikut Contoh Aplikasi CRM

Anda bisa membaca artikel berikut mengenai Manajemen Hubungan Pelanggan untuk melengkapi pengetahuan Anda tentang pentingnya sebuah Bisnis memakai Aplikasi CRM

In this article

Join the Conversation

9 − four =