Membuat Laporan Lebih Praktis dengan CRM

Laporan penjuakan harian menjadi sangat penting untuk pengambilan keputusan dan penyusunan strategi perusahaan dalam penjualan produk atau layanan. Tak hanya itu, laporan ini juga berguna untuk melacak kemajuan penjualan oleh tim sales dan mengekspos masalah untuk segera ditangani. Namun, pembuatan laporan penjualan tentu memakan banyak waktu karena banyak elemen di dalamnya.Apalagi kini perusahaan semakin banyak memiliki pelanggan. Untuk itu, sudah saatnya Anda mengotomatiskan laporan Anda dengan sistem pelaporan otomatis.

Laporan kinerja penjualan memberi tahu Anda seberapa baik kinerja tim penjualan Anda. Beberapa orang masih ragu untuk melacak tim penjualan mereka. Terutama, karena mereka merasa seperti mereka mengelolanya secara mikro. Namun, laporan ini bukan hanya tentang memantau apa yang dilakukan tim Anda. Ini juga tentang mengetahui seberapa baik proses yang Anda rancang bekerja, dan apakah ada ruang untuk perbaikan.

Dalam laporan penjualan kita dapat melihat kinerja tiap staf penjualan dalam mencapai target harian maupun bulanan mereka. Capaian target ini mengindikasikan kemampuan tiap staffnya; siapa yang mendapatkan jumlah penutupan penjualan terbanyak, total pendapatan terbanyak, dan sebagainya. Dengan mengetahui kemampuan timnya, seorang manajer sales dapat memberikan target yang realistis kepada mereka serta memperbaiki aspek-aspek yang perlu. Selain itu, manajer penjualan dapat memberikan pelatihan penjualan bagi timnya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Apa itu sistem pelaporan otomatis?

Sistem pelaporan otomatis membantu manajer untuk mengatur data mereka dan membagikan laporan bulanan, triwulanan, dan tahunan secara terjadwal, tanpa harus memperbarui data secara manual. Sistem ini dapat membuat laporan otomatis yang akan diperbarui secara berkala berdasarkan aturan yang telah ditentukan dengan menggunakan data waktu nyata.

Misalnya jika seorang manajer penjualan ingin melihat data penjualan mingguan mereka, mereka dapat menggunakan sistem ini untuk membuat aturan dan menjadwalkan laporan agar berjalan setiap hari Senin pada waktu yang telah ditentukan (katakanlah pukul 8 pagi).

Beberapa sistem pelaporan bahkan memungkinkan Anda untuk menggabungkan sumber data yang berbeda, sehingga Anda dapat menganalisis data dari beberapa sumber dalam satu laporan.

Manfaat Laporan dengan CRM

1. Membantu membuat laporan perkiraan penjualan

Untuk semua pemangku kepentingan, perkiraan penjualan mungkin merupakan laporan yang paling penting sekaligus yang paling sulit untuk dibuat. Dengan menggunakan Barantum CRM, tim penjualan dapat meningkatkan akurasi laporan ini hingga 40%.

Prakiraan penjualan memungkinkan bisnis untuk merencanakan secara efektif dan menyebarkan sumber daya ke area yang tepat. Jika sebuah bisnis sedang optimis pada penjualan dan dapat melihat bahwa akan ada kelebihan modal dalam tiga bulan, maka investasi modal utama dapat mereka lakukan lebih awal. Tetapi jika perkiraan ini salah maka mereka menghabiskan uang yang tidak mereka miliki.

Sangat sulit untuk membuat laporan yang akurat dalam bisnis yang mengandalkan sejumlah kecil penjualan. Sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi dengan penjualan besar dan seringkali ada sejumlah kecil kesepakatan. Satu kesepakatan yang tidak closing dapat memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap penjualan. Sejumlah besar staf penjualan berjuang dengan prediksi . Namun demikian, laporan penjualan yang akurat adalah penting dan tim penjualan harus bekerja keras untuk memberikan informasi yang akurat untuk bisnis.

2. Menyediakan pembaruan secara real-time

Jika perusahaan Anda kecil dengan dan arus masuk prospek tidak lebih dari 100 sebulan, maka Anda dapat dengan mudah melacaknya dengan lembar excel. Tapi, apa yang terjadi ketika jumlahnya meningkat? Meminta tim penjualan Anda untuk melacak secara manual akan membuang waktu berharga mereka. Hal ini karena pekerjaan tersebut membutuhkan waktu yang lama dan ini sungguh tidak efisien.

Namun, jika Anda memiliki CRM yang dapat memberikan laporan kinerja penjualan secara real-time, hal itu akan mempermudah Anda dan tim. Semakin besar perusahaan Anda, maka akan semakin kompleks proses penjualan Anda. Laporan dapat mempertimbangkan proses baru Anda dan melacak banyak aktivitas yang dilakukan tim Anda. Memiliki laporan real-time membantu Anda untuk terus memeriksa ‘kesehatan’ proses Anda dan mengambil tindakan korektif jika perlu. Barantum CRM menyediakan fitur ini. Tim Anda dapat membuat laporan kapan saja dan di mana saja secara aktual. 

penjualan optimal CRM omnichannel

3. Memungkinkan Anda menetapkan tujuan yang realistis

Sebagai manajer penjualan, salah satu dari peran Anda adalah menetapkan tujuan untuk tim. Jika statistik adalah segalanya, atribut ini, meskipun bisa sangat membantu tim, juga bisa menjadi masalah bagi tim. Inilah caranya.

Biasanya, kita meregangkan diri lebih jauh saat kita berkembang. Ini juga berlaku untuk dunia usaha. Dengan semakin banyak tuntutan yang masuk, Anda terpaksa meregangkan tujuan Anda untuk mengakomodasi semakin banyak proyek. Ada kalanya, kita cenderung mulai membuat tujuan yang tidak realistis yang tidak mungkin dicapai, tidak peduli seberapa keras kita berusaha.

Pada akhirnya, Anda membuat anggota tim Anda lelah tanpa mencapai tujuan yang tidak praktis juga. Hal ini tidak akan terjadi dengan sistem analitik yang baik. Memiliki laporan kinerja penjualan memberi Anda gambaran yang jelas tentang sejauh mana tim Anda dapat bekerja, membantu menciptakan tujuan yang lebih realistis yang dapat mereka capai dengan sedikit dorongan ekstra.

3. Meningkatkan produktivitas di antara anggota tim

Adalah hal yang lumrah ketika beberapa anggota tim Anda berada di bagian bawah papan peringkat. Dengan menyimpan laporan kinerja penjualan, Anda akan dapat mengetahui staf penjualan mana yang berada di bawah dan sudah berapa lama mereka berada di sana. Ini akan sangat membantu Anda dengan cepat menentukan apa yang salah dan kapan itu salah, membuatnya lebih mudah untuk memperbaiki kelambatan sebelum menjadi masalah besar.

Selain itu, menampilkan laporan kinerja penjualan dari tim penjualan dapat sangat membantu untuk membakar semangat tim. Dengan memposting kinerja mereka selama periode waktu tertentu, mereka mengetahui bagaimana kinerja orang lain. Tentu saja, tidak ada yang ingin berada di bagian bawah papan peringkat. Oleh karena itu, tekanan tampaknya meningkat dan semua orang bekerja tanpa lelah untuk meningkatkan capaian mereka. Ini mungkin terlihat seperti tekanan negatif dari perspektif, tetapi itu benar-benar mengarah pada hasil positif – peningkatan produktivitas.

Bagaimana Cara Membuat Laporan Penjualan dengan CRM?

1. Memilih CRM yang profesional

Pastinya Anda perlu memilih CRM yang tepat untuk bisnis Anda. Salah satunya, Anda bisa menggunakan Barantum CRM untuk menjadi solusi perangkat CRM pada bisnis. Barantum CRM menyediakan pilihan kustomisasi sehingga tampilan dashboard dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Pada Barantum CRM pun memiliki berbagai fitur-fitur canggih yang dapat memberikan gambaran, grafik, dan data secara real time.

2. Desain template laporan

Tentukan template laporan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bisnis Anda. Barantum.com dapat membantu memvisualisasikan kebutuhan tampilan dashboard pada laporan bisnis Anda. Sehingga laporan lebih mudah dipahami dan dimengerti.

3. Menentukan tipe laporan yang ingin digunakan

Terdapat beberapa jenis laporan yang umum digunakan, salah satunya yaitu laporan pipeline. Jenis laporan ini digunakan  untuk melacak prospek, rasio konversi, siklus penjualan, laporan probabilitas dan pendapatan, ROI pemasaran dan sebagainya. Sebaiknya, Anda mempertimbangkan jenis laporan apa yang cocok untuk bisnis Anda yang disesuaikan dengan penerapan cara pemasaran bisnis. Anda bisa berkonsultasi mengenai hal ini dengan tim Barantum.

Akses laporan penjualan di mana saja dan kapan saja

Dengan Barantum CRM, Anda dapat mengakses laporan tim penjualan Anda di mana saja dan kapan saja. Aplikasi Barantum CRM dapat diakses di berbagai platform. Misalnya, dekstop, ponsel, maupun tablet. Aplikasi Barantum versi mobile sungguh membantu tim lapangan Anda. Sehingga mereka tidak perlu membuka laptop atau komputer, bahkan pergi ke kantor untuk sekedar memasukkan data. Semuanya bisa mereka lakukan hanya dengan sentuhan jari pada layar smartphone mereka.

CRM terbaik indonesia

Rekomendasi Artikel

  1. Apa Itu CRM? (Customer Relationship Management)? Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya
  2. Tips Membangun Omnichannel Customer Experience
  3. Apa Itu Personalisasi Omnichannel dan Apa Manfaatnya
  4. Manfaat Strategi Marketing Omnichannel
  5. Apa Itu Retensi Pelanggan dan Cara Meningkatkannya?
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".