Manfaat Strategi Marketing Omnichannel

Berbagai strategi marketing telah ada untuk memaksimalkan pendapatan bisnis Anda. Selaku pemilik bisnis, tentunya Anda sungguh berhati-hati dalam memilih strategi yang tepat. Karena hal ini menentukan kelanjutan bisnis atau perusahaan Anda. Strategi marketing tentu tidak hanya melibatkan produk Anda saja, melainkan juga melibatkan pelanggan Anda. 

Salah satu strategi marketing yang bisa Anda coba adalah omnichannel. Strategi ini bisa dikatakan yang paling populer, melihat tren kini pembeli yang aktif dalam menggunakan berbagai media sosial dan layanan perpesanan dalam menjelajahi produk yang ingin dibeli.

Omnichannel sendiri adalah strategi marketing lintas platform, di mana suatu sistem yang memungkinkan pelanggan menggunakan lebih dari satu channel atau platform penjualan milik Anda. Strategi ini hadir atas kenyataan bahwa pembeli atau pelanggan menggunakan platform yang berbeda untuk membeli suatu produk. Maksudnya adalah, pembeli bisa berbelanja melalui sosial media, situs website, aplikasi handphone, layanan perpesanan, dan sebagainya. Dari kenyataan ini, pembeli berharap dapat terhubung dengan produk melalui berbagai cara yang memungkinkan.

Strategi marketing omnichannel memberikan manfaat bagi bisnis Anda,diantaranya adalah:

  • Memberikan keuntungan yang kompetitif

Tak hanya pembeli yang ingin terhubung ke berbagai platform, namun juga perusahaan. Perusahaan tentunya menargetkan pasar yang lebih luas, demi menjangkau pembeli yang lebih luas pula. Menjangkau pembeli yang lebih luas melalui berbagai platform membuat Anda terlibat dengan mereka. Analisis dan perspektif tentang preferensi konsumen melalui platform dapat menciptakan citra holistik tren pembelian untuk konsumen. Anda akan mencapai pemahaman yang lebih mendalam dan real-time tentang pembeli (kebutuhan serta preferensi mereka), memungkinkan Anda untuk menyesuaikan materi iklan dan strategi komunikasi terhadap kebutuhan unik setiap channel atau platform.

  • Meningkatkan konversi

Konsistensi dan relevansi di semua elemen omnichannel sangat penting untuk mendorong penjualan serta memberikan merek dan retensi pelanggan yang lebih andal, terutama di pasar e-commerce B2B yang berkembang pesat. Dengan strategi omnichannel, tingkat konversi bisa mencapai 60% lebih tinggi melalui pencarian situs web.

  • Meningkatkan loyalitas, kepuasan dan retensi pelanggan

Strategi marketing omnichannel memberikan pengalaman yang konsisten serta dipersonalisasi untuk setiap konsumen. Hal ini akan mendorong mereka menjadi pelanggan yang loyal. Selain itu, pengalaman omnichannel merupakan cara terbaik untuk menangani berbagai cara pembelian  yang diinginkan pelanggan. Kenyamanan inilah yang dapat meningkatkan retensi pelanggan. Strategi marketing ini tidak hanya berjalan satu arah. Dengan kata lain, pelanggan memeriksa dan membeli tetapi juga mengharapkan Anda untuk menawarkan layanan yang baik kepada mereka melalui salah satu channel yang mereka gunakan.

  • Mengembangkan interaksi dengan pelanggan

Saat ini, kehadiran interaksi pelanggan secara online atau offline saja tidak cukup, semuanya harus saling berhubungan. Tujuan akhir Anda seharusnya tidak menghasilkan penjualan di platform tertentu tetapi memungkinkan pembelian terjadi secara alami dan lancar di saluran yang dipilih pelanggan Anda. Sebagai contoh, sebuah perusahaan yang menawarkan diskon yang dipublikasikan melalui aplikasi seluler produk mereka. Namun, diskon itu hanya akan berlaku pada pembelian langsung ke toko dengan menscan barcode atau menunjukkan voucher diskon tersebut langsung kepada staf.

Jenis interaksi ini meningkatkan hubungan dengan klien dan membuat mereka berpartisipasi dan berinteraksi dengan perusahaan Anda atas keinginan mereka sendiri. Contoh dari interaksi pembeli ini akan melalui jalur penjualan Anda sebagai berikut: dari calon pembeli menjadi pelanggan, lalu dari pelanggan sekali menjadi pelanggan tetap, kemudian dari pelanggan tetap menjadi pelanggan yang secara aktif merekomendasikan produk Anda ke orang-orang di sekitarnya.

  • Meningkatkan brand recall

Strategi omnichannel memerlukan konsistensi agar konsumen melihat produk Anda dengan cara yang sama di seluruh platform dan perangkat. Konsistensi ini membantu memperkuat brand recall bagi pelanggan Anda. Kesan brand recall yang kuat akan meningkatkan kemungkinan pembelian di seluruh basis pelanggan Anda.

  • Menjangkau konsumen lebih banyak

Strategi omnichannel tentunya akan menjangkau pelanggan baru. Dengan diaksesnya berbagai platform, Anda akan mendapatkan konsumen dengan kebutuhan serta preferensi yang beragam, sesuai dengan platform yang mereka gunakan. Tentunya hal ini akan menjaring banyak pelanggan. Karena menjangkau pelanggan baru adalah kunci pertumbuhan sebuah bisnis.

  • Meningkatkan efisiensi pada operasional

Beberapa manfaat strategi omnichannel yang mungkin dilihat oleh bisnis mencakup peningkatan efisiensi operasional dan pengurangan biaya. Dengan strategi omnichannel, bisnis hanya perlu mengumpulkan data pelanggan satu kali, bukan di setiap titik kontak. Membuat ikhtisar holistik juga berarti bahwa perusahaan tidak perlu khawatir tentang membuat dan menerapkan strategi untuk setiap saluran atau platform.

Strategi omnichannel sungguh menguntungkan, bukan? Di jaman yang serba digital ini, Anda perlu menyesuaikan strategi bisnis Anda dengan teknologi yang ada. Strategi marketing omnichannel tidak hanya akan membawa profit bagi bisnis Anda, tetapi juga akan menjaring lebih banyak pelanggan. 

Dengan digunakannya berbagai platform atau channel oleh pelanggan, Anda harus pandai mengatur interaksi dengan mereka secara efisien. Sehingga, pelanggan menjadi puas dan nyaman.

Bagaimana caranya?

Anda dapat mengintegrasikan saluran layanan perpesanan pada media chat dan media sosial ke aplikasi CRM Barantum. Hal ini dilakukan agar Anda tidak perlu lagi membuka satu per satu channel demi menanggapi pelanggan Anda. Semua saluran chat dijadikan satu dalam satu aplikasi saja; membuat pekerjaan Anda lebih cepat, efisien, dan dan cerdas. 

Yuk, gabung dengan Barantum sekarang!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".