crm indonesia

Perangkat lunak / Software Customer Relationship Management (CRM) dibuat sebagai suatu solusi terbaik bagi bisnis untuk bekerja lebih baik dengan klien atau pelanggan mereka melalui penggunaan data yang terpusat. CRM dapat melacak percakapan dan menyediakan data bagi tim penjualan dengan informasi pribadi, kebiasaan konsumen dan memungkinkan perusahaan untuk menganalisis tren dan preferensi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan di mana pun mereka berada. Setidaknya itulah teorinya.

Namun apa yang terjadi? Pada kenyataannya, adalah bahwa kita terkadang melupakan “R” dalam CRM, dan mulai menggunakan aplikasi CRM sebagai cara untuk berbicara dengan pelanggan, daripada mendengarkannya. Agar CRM berfungsi se-efektif sesuai seperti yang sudah di rancang, penting untuk di ingat bahwa basic dari tujuan CRM tersebut harus bisa ter – implementasikan dengan sempurna saat pengaplikasiannya.

aplikasi crm

 

Seperti halnya dengan hubungan apa pun, manusia mempunyai sifat yang beragam dan mereka terus berevolusi dan berubah. Banyak perusahaan menggunakan CRM mereka sebagai cara untuk mengirim informasi, penjualan, kupon, produk baru . Tetapi bagaimanakah bila kita menggunakannya untuk mengajukan pertanyaan kepada pelanggan, dan kemudian mendengarkan jawabannya?

 

Pelanggan adalah Orang Yang Nyata

 

baca juga : CRM Solusi Terbaik Bagi Bisnis Anda

Sangat mudah untuk tidak berpikir bahwa pelanggan adalah orang sungguhan yang nyata, saat Anda melihat puluhan nama dan informasi kontak. Anda akan berpikir mungkin orang orang ini bukan sungguhan atau ada nomor yang terduplikat atau tanpa pemilik. Tetapi kenyataannya adalah bahwa orang-orang di belakang nama-nama itu sangat nyata. Anda tidak akan memanggil nama teman terdekat Anda, menjadi “Anton prospek” atau “prospek”. Mulailah berpikir tentang kehidupan di balik daftar nama tersebut. Anda mungkin mengenal mereka berdasarkan riwayat pembelian dan kebiasaan membeli mereka, tetapi cobalah melangkah lebih jauh untuk memahami apa yang mereka sukai, apa yang mereka hargai, dan bagaimana perasaan mereka.

CRM tidak dimaksudkan untuk sekadar data rumah, atau daftar nomor telepon sehingga Anda mengetahui kapan hari – hari terbaik dalam satu minggu untuk mengirimkan kupon (meskipun itu tentu berguna). Sebagian besar peran CRM adalah untuk memelihara hubungan-hubungan penting tersebut.

Jika Anda benar-benar menginginkan informasi yang baik, cobalah memilih sekelompok pelanggan yang berkinerja tinggi atau berkinerja rendah (atau bahkan keduanya!) Dan kirimkan mereka survei. Tanyakan tentang kebiasaan membeli, pemahaman mereka tentang produk Anda, dan bagaimana Anda dapat membantu mereka dengan lebih baik. Sama seperti Anda menggunakan perangkat lunak SDM Anda untuk mensurvei karyawan Anda, gunakan survei untuk lebih memahami apa yang membuat pelanggan Anda senang.

 

Melangkah Lebih Jauh dari Brand / Merek Perusahaan

 

Merek terkenal di dunia ada bukan karena mengalami kebetulan. Mungkin keliatannya orang-orang banyak menyebut nama atau merek mereka karena mereka sangat terkenal sampai seluruh kota mengetahui produk mereka, tetapi yang kita lupakan adalah mereka memulai dengan melayani pelanggan mereka terlebih dahulu. Kesalahan yang dilakukan banyak perusahaan adalah ketika mereka menciptakan profil pelanggan ideal mereka, mereka terkadang melupakan alasan mengapa brand mereka ada.

Apa yang perlu kita tanyakan adalah masalah apa yang sudah kita selesaikan? Apa yang sudah kita lakukan dengan baik, sehingga orang membutuhkan bantuan kita? Pertimbangkan cara-cara yang dapat Anda berikan dan bernilai bagi mereka. Anda dapat menemukannya semuanya itu dengan berkomunikasi langsung dengan mereka.

Bagaimana kita sebagai organisasi penjualan membangun kepercayaan, menambah nilai, dan memberi pelanggan informasi yang mereka butuhkan?

Tantangan saat ini di bidang hubungan pelanggan adalah menjadi – dan tetap – menguntungkan dengan membangun pengalaman pelanggan yang autentik, personal, dan efektif. Dengan kata lain, dimanakah cinta itu? Dan bagaimana kita sebagai pemasar dan profesional penjualan, mendapatkan bagiannya?

 

Jawabannya: Kita harus mendapatkannya. Kami ingin orang-orang membeli produk kita, menikmati ketika menggunakannya, dan kembali lagi.

 

Untuk memberikan pengalaman luar biasa, kita perlu mengenal pelanggan kita – dengan intim. Ini berarti menggunakan data dan wawasan kita untuk membangun profil pelanggan dengan detail dan secara terperinci sehingga kita seperti mengenal dekat dengan mereka.

CRM yang efektif akan menyediakan platform tunggal untuk pengalaman pelanggan yang bisa dipersonalisasi. Akan ada fleksibilitas untuk mengevaluasi, menguji, dan memberikan inovasi untuk mendorong penjualan. Pada saat yang sama, ia harus bisa beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan model pasar B2B, B2C, atau B2B2C.

Komponen yang terintegrasi harus memastikan pengalaman yang holistik dan responsif dengan berbagai fungsi bagi pelanggan dan juga dengan para tenaga profesional penjualan. Ini akan menciptakan hubungan pelanggan yang efektif dan penjualan dengan sistem cloud dan dengan kemampuan penagihan digital yang efisien.

 

Harapan besar – membangun kepercayaan

aplikasi crm

Mengembangkan kepercayaan adalah fondasi dari semua hubungan, dan ini terutama berlaku untuk hubungan antara konsumen dengan brand. Data dari Laporan Wawasan Konsumen Global 2017 SAP menunjukkan bahwa dua masalah utama adalah bagaimana organisasi melindungi data, dan seberapa transparan mereka bisa berbagi data dengan mitra. Apabila mereka tidak bisa terbuka tentang dua aspek ini, maka akan menyebabkan ketidakpuasan potensial.

Selain itu, penting untuk memahami bagaimana pelanggan ingin dihubungi, dan informasi apa yang membuat mereka bersedia untuk menjadi sukarelawan untuk survey demi peningkatan produk. Ini adalah konsep memberi dan menerima; pertukaran nilai. Baik itu melalui email, riwayat belanja, atau melalui seluler, sesuaikanlah pendekatan Anda.

Tanyakan pada diri Anda setiap kali – apakah interaksi ini diperlukan untuk membangun merek / brand, mempertahankan hubungan, dan menumbuhkan prospek profitabilitas, dengan pandangan akan menciptakan hubungan jangka panjang.

Setiap interaksi pelanggan adalah peluang yang bisa memperkuat atau melemahkan merek / brand Perusahaan. Staff Penjualan harus berkomunikasi secara konsisten dengan pelanggan,Jangan pernah membiarkan hubungan menjadi biasa saja. Mereka harus bisa memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa, di seluruh lini produk.

Customer Relationship Management Barantum CRM dirancang untuk menjadi solusi terbaik bagi bisnis Anda dalam memahami pelanggan sepenuhnya, untuk memaksimalkan nilai pelanggan dan untuk benar-benar memperkuat hubungan dengan pelanggan. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendeteksi dan bereaksi terhadap perubahan dalam rencana pelanggan dengan lebih cepat dan efisien daripada pesaing Anda.

Silahkan kunjungi www.barantum.com untuk informasi detail mengenai fitur dan produk lainnya, dan coba CRM gratis selama 14 hari dengan full fitur sehingga Anda bisa melihat contoh aplikasi CRM dan mempelajarinya atau langsung menerapkannya dalam bisnis Anda

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang