Cara Memanfaatkan CRM Untuk Tingkatkan Penjualan Anda!

Sebagian besar pemilik bisnis di dunia memanfaatkan CRM untuk memenuhi segala kebutuhan bisnis mereka. Dari menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya hingga meningkatkan penjualan dan profit, CRM mewujudkannya. Bagaimana caranya? Dengan berbagai fitur canggih di dalamnya, software ini memberikan Anda solusi cerdas terhadap permasalahan atau kebutuhan Anda.

Bagi pengguna baru, menggunakan CRM mungkin masih sulit. Apalagi bagi mereka yang ingin segera meningkatkan penjualan demi tercapainya target. Oleh karena itu, mari lihat cara memanfaatkan CRM dengan mudah di bawah ini.

Cara Memanfaatkan CRM Untuk Tingkatkan Penjualan

1. Memanfaatkan CRM untuk menjangkau pelanggan

Cara memanfaatkan CRM (Customer Relationship Management) yang pertama adalah untuk menjangkau pelanggan Anda. Jika Anda menjangkau calon pelanggan yang telah melakukan kontak dengan bisnis Anda, ini dapat meningkatkan angka penjualan secara dramatis.

Doronglah staf layanan pelanggan Anda untuk menambahkan detail komunikasi ke CRM setiap kali pelanggan baru menghubungi mereka.  Otomatisasi dukungan pelanggan telah menjadi populer belakangan ini, tetapi staf layanan pelanggan juga perlu mengetahui betapa pentingnya keterlibatan aktif mereka. Data ini mewakili prospek potensial, yaitu orang yang telah menunjukkan minat pada bisnis Anda dan produknya. 

2. Tetapkan prospek ke setiap staf penjualan

Penggunaan CRM memungkinkan bisnis untuk menetapkan prospek potensial ke staf penjualan yang berbeda. Untungnya, Anda dapat memanfaatkan CRM untuk melacak tindak lanjut.

Dengan setiap pelanggan yang terhubung dengan satu staf penjualan, ada keuntungan. Tidak ada komunikasi yang terputus antara staf penjualan, sesuatu yang sering membuat pelanggan frustrasi. Seorang staf penjualan akan mengetahui riwayat pelanggan yang ditugaskan kepada mereka. Staf penjualan diposisikan untuk berkomunikasi dengan mereka dan membuat keputusan atas nama mereka.

CRM dapat memungkinkan pengguna untuk memasukkan banyak informasi. Mereka juga dapat melacak dan mengelola prospek saat pelanggan bergerak melalui perjalanan pembelian. Ini adalah cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan peluang penjualan.

3. Memanfaatkan CRM untuk tingkatkan hubungan layanan pelanggan dengan penjualan

Dalam bisnis, kerjasama antara departemen yang berbeda sangat penting. Ini mempromosikan suasana kolaboratif yang melayani pemangku kepentingan. Ini mengarah ke lebih banyak keuntungan. Karena layanan pelanggan dan penjualan sama-sama berurusan dengan pelanggan, ini penting.  Memanfaatkan CRM dapat mempromosikan sinergi dari dua kelompok penting ini.

CRM berhubungan dengan pelanggan. Departemen layanan pelanggan menggunakannya setiap hari. Departemen ini adalah kontak pertama bagi pelanggan, tetapi Anda juga dapat mendorong tim penjualan untuk menggunakan sumber daya ini. Ini mempromosikan hubungan yang lebih dekat antara layanan pelanggan dan penjualan.

Ini hanya bisa menjadi hal yang baik. Ketika kedua tim ini bekerja bersama, itu menciptakan lingkungan yang lebih ramah pelanggan. 

Hubungan yang membaik ini dapat memiliki banyak efek samping positif.  Termasuk mendorong staf layanan pelanggan untuk menjual lebih banyak. Mereka juga dapat meneruskan pelanggan ke tim penjualan saat mereka memiliki kueri khusus penjualan.

Hal ini juga akan meningkatkan hubungan interpersonal karyawan. Sehingga akan tercipta efek positif pada keseimbangan kehidupan kerja mereka dan mengurangi turnover. Tidak ada yang lebih buruk daripada ketika dua departemen memiliki hubungan yang kompleks. Mereka tidak akan bekerja sama secara efektif. Meskipun efek ini tidak berhubungan dengan penjualan, mereka menguntungkan bisnis secara keseluruhan.

CRM terbaik indonesia

4. Memanfaatkan CRM Anda untuk mengurangi drop off

Sebelum pelanggan berkomitmen untuk melakukan penjualan, mereka mungkin akan berpikir dua kali. Lebih dikenal sebagai pengabaian keranjang belanja, praktik ini bisa mematikan bagi bisnis. Memanfaatkan CRM membuat  pelacakan pelanggan Anda  lebih mudah. Ini dapat membantu Anda untuk memahami proses berpikir pelanggan individu. Ini menangkap potensi penjualan tepat sebelum mereka tiba-tiba berubah pikiran.

Ada banyak alasan mengapa orang meninggalkan gerobak. Terkadang, ada terlalu banyak langkah dalam membeli produk. Khususnya,  24 persen  orang meninggalkannya karena mereka perlu membuat akun untuk melanjutkan. Faktor lain adalah proses checkout yang terlalu lama dan pelanggan menyerah. Mengumpulkan informasi ini memudahkan untuk mengatasi masalah ini.

Sifat dasar dari CRM memungkinkan penyelidikan dan penghapusan penyebab pengabaian. Anda dapat menanggapi informasi ini dengan menargetkan pengabai dengan tawaran yang menggiurkan. Namun, pastikan untuk tidak membombardir pelanggan. Mereka dapat mengalami  kelebihan email dan kehilangan minat. Mendaftar fungsi CRM dengan cara ini dapat meningkatkan penjualan. Ini juga dapat meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan.

5. Mudah membuat laporan

Laporan penjualan merupakan bagian penting dari penjualan secara keseluruhan. CRM yang baik dengan semua fitur yang diperlukan akan membuat laporan spesifik tentang komunikasi pelanggan, kinerja penjualan individu, dan bahkan tingkat konversi. Selain menghemat waktu, laporan yang CRM hasilkan adalah sederhana dan bebas dari kesalahan manusia.

Software CRM juga dapat memberikan saran untuk laporan dan analisis penjualan. Laporan-laporan ini dapat memberi tahu masa depan. Atau, setidaknya, mereka bisa menebaknya. Peramalan adalah fitur umum dari banyak CRM yang memungkinkan Anda untuk melihat apa yang mungkin terjadi dalam beberapa bulan dan tahun mendatang. Anda dapat menggunakan ini untuk membuat keputusan penjualan yang lebih baik ke depan.

6. Memanfaatkan CRM untuk menindaklanjuti prospek dengan cepat

Tetap berhubungan dengan pelanggan sama pentingnya dengan mencari prospek baru. Menindaklanjuti pelanggan sangat penting untuk penjualan, dan itu mudah saat Anda menggunakan CRM. Alat ini dapat mengingatkan staf penjualan untuk menghubungi berbagai pelanggan dan memungkinkan mereka untuk melacak perjalanan mereka.

Seperti yang ditunjukkan oleh bagan donat di atas, sering kali ada batasan berapa kali staf penjualan menindaklanjuti. Penyebab kritis di balik kurangnya kontak ini adalah kelupaan dan ketidakmampuan untuk melacak prospek. Seperti yang dijelaskan, memanfaatkan CRM menghentikan ini sejak awal. Mengoptimalkan CRM Anda untuk memanfaatkan statistik ini disarankan.  Aktivitas penjualan menjadi ebih banyak dan lebih mudah. Ini juga akan mempromosikan hubungan pelanggan-penjual yang konsisten yang akan membantu mengembangkan bisnis Anda.

Banyak staf penjualan merasa enggan untuk menindaklanjuti pelanggan, mungkin karena takut mengganggu pelanggan. Yakinkan mereka dengan statistik di atas. Rencana CRM yang terprogram dapat menghilangkan kecemasan ini dan mempromosikan budaya kebersamaan. Pertemuan untuk menerapkan ini harus dilakukan melalui  konferensi video yang aman . Jadwalkan waktu bagi orang-orang untuk menghubungi pelanggan mereka dan dukung mereka yang tidak yakin tentang pendekatan baru untuk terhubung ini.

Rasakan Manfaat CRM untuk Tingkatkan Penjualan Anda

CRM menjadi solusi tepat dan praktis sebagai strategi marketing bisnis. Fitur-fitur di dalam CRM memudahkan Anda untuk mendetailkan laporan. Laporan yang tersusun detail mampu memastikan segmen penjualan Anda. Dapatkan kemudahan akses CRM untuk tingkatkan penjualan Anda dari Barantum sebagai strategi meningkatkan penjualan perusahaan Anda.

integrasi omnichannel

Rekomendasi Artikel

  1. Tips Membangun Omnichannel Customer Experience
  2. Apa Itu Personalisasi Omnichannel dan Apa Manfaatnya
  3. Manfaat Strategi Marketing Omnichannel
  4. Apa Itu Retensi Pelanggan dan Cara Meningkatkannya?
  5. Penilaian Akurat KPI Call Center dengan CRM Omnichannel
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".