CRM Optimalkan Operasional Bisnis Anda

CRM dapat membantu operasional pemasaran bisnis dan meningkatkan penjualan pada setiap bidang bisnis yang Anda geluti. Namun, Anda perlu memilih CRM yang tepat untuk bisnis yang Anda jalankan.

Sebaiknya Anda tidak terburu-buru untuk memilih sebuah aplikasi, termasuk dalam memilih CRM. Pilihlah CRM yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan budget yang Anda miliki. Dan, CRM yang Anda pilih dapat dikustomisasi dengan kebutuhan bisnis Anda sehingga efisiensi kerja pun tercipta.

Apa Itu CRM?

CRM (Customer Relationship Mangementadalah strategi bisnis yang bertujuan untuk mengelola hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Dengan Customer Relationship Mangement membantu menarik prospek penjualan, mengkonfersi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta meningkatkan potensi loyalitas pelanggan.

Di Indonesia, banyak perusahaan yang menawarkan jasa aplikasi CRM. Sebaiknya, Anda memilih CRM yang tepat untuk bisnis Anda, seperti bekerja sama dengan penyedia jasa CRM Barantum.

Memilih CRM yang tepat ini sangatlah penting agar sistem ini mempermudah operasional bisnis Anda. Pilihlah sistem CRM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Mengapa Perlu Menggunakan Aplikasi CRM?

Aplikasi CRM atau perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan menyediakan sistem analisis prospek yang terorganisasi kepada tim Anda. Sehingga membantu Anda merampingkan penjualan Anda.

Fitur aplikasi CRM mobile juga akan melengkapi upaya penjualan Anda dengan memberi staf penjualan Anda aplikasi pada smartphonenya yang akan membantu mereka dengan cepat menyortir pertemuan dengan pelanggan yang potensial — memberi Anda informasi yang diperlukan untuk melakukan kesepakatan penjualan dalam waktu sesingkat mungkin.

Manfaat CRM untuk Bisnis Anda

1. Menjangkau banyak pelanggan

Sistem CRM menjangkau banyak pelanggan dari berbagai saluran komunikasi yang berbeda-beda. Seluruh pesan akan masuk ke dalam satu halaman. Hal itu memudahkan staf Anda untuk merespons pesan pelanggan dengan cepat.

2. Kepuasaan pelanggan meningkat

Pelanggan akan merasa senang pesuahaan Anda membantu mereka menemukan kebutuhannya. Otomatis, omzet penjualan Anda meningkat.

Dengan penggunaan CRM, aktivitas pelanggan Anda akan terekam sehingga sales dapat mengetahui produk atau jasa apa saja yang diperlukan oleh pelanggan.

3. Tingginya jumlah rekomendasi dari pelanggan

Pelanggan yang puas terhadap pelayanan perusahaan Anda akan merekomendasikan perusahaan Anda ke rekan-rekannya.

Jika banyak pelanggan yang terpuaskan, brand perusahaan Anda semakin meroket. Dari sanalah Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan lainnya. Hal itu terus-menerus terulang.

Dengan menggunakan aplikasi CRM, kepuasaan pelanggan bisa Anda raih dengan mudah karena operasional bisnis Anda yang lebih efektif dan efisien.

4. Meningkatkan efisiensi kerja

Selamat tinggal dengan cara manual. Dengan sistem ini, staf Anda mampu mencatat data informasi pelanggan secara real time.

Jika terjadi permasalahan, kepala departemen Anda bisa langsung mengetahui hal tersebut. Penanganan masalah menjadi lebih cepat. Pelanggan Anda juga tidak perlu menunggu waktu lama. Dengan demikian sistem ini menawarkan database terpusat untuk perusahaan Anda.

5. Pelacakan prospek

Dengan melacak sumber prospek, Anda mendapatkan gambaran umum tentang bagaimana pelanggan tertentu menemukan perusahaan Anda. Mengetahui informasi ini memungkinkan Anda mengatur kampanye pemasaran yang ditargetkan atau mengirim materi penjualan yang relevan kepada prospek Anda.

Selanjutnya, Anda dapat memfilter saluran Anda berdasarkan sumber prospek dan melihat seberapa baik prospek dari sumber tertentu dikonversi menjadi pelanggan yang membayar. Saat jumlah prospek baru Anda mulai berkurang, memeriksa sumber prospeknya dapat mengarahkan Anda ke saluran lalu lintas yang bermasalah.

6. Dasbor penjualan

Metrik yang terdapat pada dasbor penjualan:

  • Penjualan bulanan/pelanggan baru
  • Prospek/prospek baru bulanan
  • Tingkat konversi lead-to-sale (Lead-to-sale conversion rate)
  • Biaya per lead (Cost per lead)
  • Biaya per konversi (Cost per conversion)
  • Nilai seumur hidup pelanggan (Customer lifetime value)
  • Tingkat pergantian pelanggan (Customer turnover rate)
  • Skor promotor bersih (Net promoter score)

Dasbor penjualan juga merupakan alat yang berguna selama rapat, memberi tim Anda gambaran umum singkat tentang hasil mingguan atau bulanan Anda.

7. Manajemen tugas

Dengan manajemen sales pipeline menjadi semakin efektif ketika Anda mengelola semua tugas Anda seperti menelepon dan mengirim email dalam sistem yang sama. Manajemen tugas adalah fitur CRM bermanfaat yang memberi Anda gambaran singkat tentang apa yang perlu dilakukan dan memungkinkan Anda menetapkan tenggat waktu.

Tautkan tugas ke profil pelanggan untuk menemukan semua tugas terkait dalam tampilan pelanggan. Kapan pun Anda akan bertemu pelanggan atau mengirim email kepada mereka, Anda mengingat semua yang harus Anda sampaikan atau informasikan kepada mereka.

8. Penyimpanan file

Menambahkan file seperti faktur dan kutipan ke profil pelanggan Anda membuatnya lebih mudah untuk menemukannya dengan cepat. Selain itu, ini adalah tempat yang bagus untuk menyimpan semua kontrak, sehingga tidak ada yang hilang.

Banyak solusi cloud memungkinkan tim Anda berbagi file di seluruh perusahaan. Selalu periksa batas penyimpanan software karena beberapa penyedia CRM menawarkan penyimpanan kurang dari 1GB.

CRM terbaik indonesia

9. Impor dan ekspor data

Perusahaan perlu mengekspor informasi pelanggan mereka karena berbagai alasan. Misalnya, Anda mungkin ingin mengimpor seluruh daftar kontak Anda ke alat otomatisasi email untuk mengirimi mereka buletin email.

Selain itu, kemampuan untuk mengimpor prospek dari file CSV atau XSL dapat berguna, terutama jika Anda mentransmisikan kontak dari sistem CRM lama Anda ke yang baru.

Fitur CRM lainnya adalah membuat perubahan pada sekelompok besar kontak dalam satu perintah tunggal. Cari software basis data pelanggan yang memungkinkan Anda memilih sekelompok kontak yang difilter dan menerapkan perubahan pada semuanya sekaligus.

10. Akses data jarak jauh

Perwakilan penjualan Anda mengunjungi beberapa prospek per hari. Agar efisien dalam pekerjaan mereka, mereka perlu mengakses basis data pelanggan Anda secara teratur untuk mengumpulkan informasi atau memperbarui data.

Pastikan bahwa sistem CRM adalah layanan cloud dan memiliki antarmuka atau aplikasi seluler yang interaktif. Dengan cara ini, Anda dapat membaca dan menambahkan data pelanggan kapan saja dan di mana saja.

11. Analisis

Analisis terperinci dapat meningkatkan kinerja penjualan Anda secara signifikan. Dengan memantau hasil bulanan dan membandingkan berbagai metrik penjualan, Anda akan dapat membuat keputusan yang diperhitungkan tentang cara meningkatkan penjualan Anda.

Fitur CRM harus mencakup setidaknya alat pelaporan dasar untuk menunjukkan kepada Anda prospek baru, konversi, dan pendapatan rutin bulanan dari bulan ke bulan. Jika sistem CRM memiliki dasbor penjualan, Anda dapat menambahkan grafik di samping metrik utama ke antarmuka untuk ikhtisar cepat (real-time) tentang kinerja penjualan Anda.

12. Tampilan yang dapat disesuaikan

Jika perusahaan Anda memiliki tim penjualan yang besar, tidak semua informasi relevan untuk setiap staf penjualan. Beberapa CRM memungkinkan Anda mengatur akses berbasis peran ke informasi tertentu. Sebagai contoh, hanya orang yang bertanggung jawab atas akuntansi yang mungkin memiliki akses ke faktur dan tagihan.

Terkadang, yang terbaik adalah menyesuaikan pengalaman software setiap anggota tim sesuai dengan pekerjaan mereka. Misalnya, tenaga penjual biasa tidak memerlukan fitur CRM untuk pemasaran atau pembuatan prospek.

Lebih baik memberi orang akses hanya ke alat yang mereka butuhkan untuk pekerjaan mereka. Berbagai macam alat yang tidak dikenal dapat membingungkan pengguna dan mengungkapkan informasi yang tidak perlu mereka ketahui. Sistem CRM yang dapat disesuaikan memberi manajer penjualan kendali penuh atas akses ke alat dan data tertentu.

Rasakan Manfaat CRM untuk Tingkatkan Penjualan Anda

CRM menjadi solusi tepat dan praktis sebagai strategi marketing bisnis. Fitur-fitur di dalam CRM memudahkan Anda untuk mendetailkan laporan. Laporan yang tersusun detail mampu memastikan segmen penjualan Anda. Dapatkan kemudahan akses CRM untuk tingkatkan penjualan Anda dari Barantum sebagai strategi meningkatkan penjualan perusahaan Anda.

integrasi omnichannel

Rekomendasi Artikel

  1. Tips Membangun Omnichannel Customer Experience
  2. Apa Itu Personalisasi Omnichannel dan Apa Manfaatnya
  3. Manfaat Strategi Marketing Omnichannel
  4. Apa Itu Retensi Pelanggan dan Cara Meningkatkannya?
  5. Penilaian Akurat KPI Call Center dengan CRM Omnichannel
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".