Begini Cara Hitung Customer Lifetime Value Dalam Bisnis

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, memahami nilai pelanggan adalah kunci kesuksesan. Salah satu metrik yang penting untuk dihitung adalah Customer Lifetime Value (CLV). CLV memberikan pemahaman tentang seberapa berharga pelanggan bagi bisnis dan membantu mengarahkan strategi pemasaran serta upaya retensi pelanggan yang efektif.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara menghitung customer lifetime value. Dengan memahami bagaimana menghitung CLV, Anda akan lebih dapat mengoptimalkan keberhasilan bisnis Anda dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Jadi, tunggu apalagi, yuk baca artikelnya sampai selesai!

Apa Itu Customer Lifetime Value?

Customer Lifetime Value (CLV) adalah konsep yang memberikan gambaran tentang seberapa berharga seorang pelanggan bagi perusahaan dalam jangka waktu tertentu. CLV menggabungkan beberapa faktor penting, seperti rata-rata pembelian pelanggan, frekuensi pembelian, dan masa hidup pelanggan sebagai pelanggan aktif. Dengan menghitung CLV, perusahaan dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang seberapa besar pendapatan yang dihasilkan dari setiap pelanggan.

Mengapa Menghitung Customer Lifetime Value Penting Bagi Bisnis?

Menghitung Customer Lifetime Value (CLV) sangat penting bagi bisnis karena memberikan pemahaman yang mendalam tentang nilai pelanggan. Dengan mengetahui CLV, bisnis dapat mengidentifikasi dan fokus pada pelanggan yang paling berharga. Hal ini membantu bisnis untuk mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien dan mengarahkan upaya pemasaran serta layanan pelanggan kepada segmen yang memberikan kontribusi terbesar terhadap pendapatan perusahaan.

Selain itu, menghitung CLV juga membantu bisnis dalam merencanakan strategi retensi pelanggan yang efektif. Dengan memahami nilai finansial yang dihasilkan oleh pelanggan selama masa hubungan bisnis, bisnis dapat merancang program loyalitas yang tepat, memberikan insentif yang relevan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Hal ini membantu memperpanjang masa hidup pelanggan dan mengurangi tingkat churn atau perpindahan pelanggan ke pesaing. Dengan memperhatikan CLV, bisnis dapat memaksimalkan nilai pelanggan dan mencapai pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan.

Bagaimana Cara Menghitung Customer Lifetime Value?

Cara menghitung Customer Lifetime Value (CLV) dapat dilakukan dengan menggunakan formula sederhana. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung CLV:

  1. Tentukan periode waktu yang ingin Anda gunakan sebagai acuan dalam menghitung CLV, misalnya dalam satu tahun.
  2. Hitung rata-rata pembelian per pelanggan selama periode waktu tersebut. Misalkan rata-rata pembelian per pelanggan adalah Rp1.000.000.
  3. Hitung frekuensi pembelian rata-rata per pelanggan dalam periode waktu tersebut. Misalkan pelanggan rata-rata melakukan pembelian 5 kali dalam satu tahun.
  4. Hitung masa pelanggan aktif, yaitu berapa tahun mereka tetap sebagai pelanggan perusahaan. Misalkan pelanggan rata-rata tetap sebagai pelanggan selama 3 tahun.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Setelah mendapatkan data-data tersebut, CLV dapat dihitung dengan mengalikan rata-rata pembelian dengan frekuensi pembelian  dan masa pelanggan aktif.

Customer lifetime value = Rata-rata nilai transaksi x Jumlah transaksi dalam satu tahun x Waktu retensi/pelanggan.

Sebagai contoh, jika rata-rata pembelian per pelanggan adalah Rp1.000.000, frekuensi pembelian rata-rata adalah 5 kali dalam setahun, dan masa sebagai pelanggan aktif adalah 3 tahun, maka CLV dapat dihitung sebagai berikut: Rp1.000.000 x 5 x 3 = Rp15.000.000.

Dengan menghitung CLV, bisnis dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang nilai finansial yang dihasilkan oleh setiap pelanggan dan dapat mengarahkan upaya pemasaran dan layanan pelanggan untuk meningkatkan nilai tersebut.

Bagaimana Cara Meningkatkan Customer Lifetime Value Dalam Bisnis?

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Untuk meningkatkan Customer Lifetime Value (CLV) pada bisnis solusi efektif yang bisa Anda lakukan, yaitu didukung dengan sistem CRM. Dengan CRM, Anda dapat memahami kebutuhan dan preferensi tiap pelanggan. Hal ini dapat dilakukan melalui analisis data pelanggan, segmentasi pasar, dan penggunaan teknologi CRM untuk mengumpulkan informasi pelanggan secara terpusat.

Dalam konteks ini, penggunaan CRM, seperti Barantum CRM dapat menjadi solusi yang efektif. Barantum CRM memungkinkan Anda untuk mengelola interaksi dengan pelanggan, melacak preferensi dan riwayat pembelian, serta memberikan layanan yang lebih personal. Sehingga memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan strategi meningkatkan CLV dengan menyediakan pengalaman pelanggan yang unggul.

Teknologi CRM All-in-One Solutions yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".