Solusi CRM Terbaik Untuk Perusahaan Non-Profit

Dalam dunia organisasi nirlaba, membangun hubungan yang kuat dengan para donatur, sukarelawan, dan pemangku kepentingan lainnya merupakan faktor kunci untuk kesuksesan. Untuk mendukung hal tersebut, salah satu solusi terbaik, yaitu menggunakan Nonprofit CRM.

Dengan fitur-fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kompleksitas perusahaan non-profit, Nonprofit CRM menyediakan solusi terbaik untuk mengoptimalkan hubungan dan meningkatkan efisiensi operasional.

Fitur-fitur seperti manajemen data yang terintegrasi, manajemen aktivitas, integrasi komunikasi, serta pengelolaan promosi penggalangan dana memungkinkan perusahaan non-profit untuk memahami lebih baik kebutuhan bisnis.

Dengan Nonprofit CRM, perusahaan non-profit dapat memberikan pengalaman yang lebih personal dan terfokus kepada pemangku kepentingan, meningkatkan efektivitas kampanye, serta memperoleh informasi penting untuk mendukung pengambilan keputusan strategis.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, yuk simak artikel ini sampai selesai!

nonprofit CRM - Barantum CRM Terbaik

Apa Itu Nonprofit CRM?

Nonprofit CRM (Customer Relationship Management) adalah sistem yang digunakan oleh organisasi nirlaba untuk mengelola hubungan dengan para donatur, sukarelawan, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Sistem ini melibatkan penggunaan teknologi dan strategi pemasaran yang bertujuan untuk memahami, memenuhi, dan mempertahankan hubungan dengan para pemangku kepentingan. Selain itu, juga untuk meningkatkan dukungan mereka terhadap misi dan tujuan perusahaan Anda.

Nonprofit CRM mencakup pengumpulan dan analisis data, riawat, dan interaksi dan partisipasi sukarelawan. Sehingga dapat digunakan untuk mengoptimalkan komunikasi, penggalangan dana, pengelolaan program, dan membangun hubungan jangka panjang.

Apa Kendala yang Dialami Perusahaan Non-Profit Tanpa Menggunakan CRM?

Berikut adalah kendala yang mungkin dihadapi oleh perusahaan non-profit jika tidak menggunakan Nonprofit CRM:

1. Kurang Mengetahui Informasi Donatur/Sukarelawan

Pertama, tanpa Non-Profit CRM, perusahaan non-profit mungkin tidak memiliki infromasi tentang donor dan sukarelawan mereka. Anda mungkin tidak dapat melacak riwayat donasi, atau interaksi komunikasi sebelumnya. Sehingga menyulitkan Anda dalam mempersonalisasi pendekatan, memberikan apresiasi yang relevan, atau mengelola hubungan jangka panjang.

2. Kinerja Kurang Efisien

Kedua, tanpa Nonprofit CRM, Anda mungkin menghadapi kesulitan dalam mengelola kegiatan operasional bisnis. Anda mungkin tidak memiliki sistem yang terstruktur untuk melacak donasi atau mengatur komunikasi dengan para donor. Sehingga sulit memaksimalkan potensi pendanaan, mengelola kampanye, atau melacak kinerja staf Anda.

3. Sulit Melakukan Koordinasi

Selanjutnya, tanpa Nonprofit CRM, Anda berisiko mengalami sulit untuk mengelola dan berkoordinasi dengan antardivisi. Sehingga meningkatkan potensi terjadinya kesalahan informasi yang bisa berdampak pada bisnis.

3. Sulit Melakukan Analisis Data dan laporan

Berikutnya, tanpa nonprofit CRM, Anda sulit untuk dapat mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan data dengan efisien. Kurangnya informasi yang didukung oleh data dapat menghambat kemampuan perusahaan non-profit untuk mengukur keberhasilan program, mengidentifikasi tren, atau membuat keputusan strategis berdasarkan informasi yang akurat.

4. Sulit Membangun Hubungan Jangka Panjang

Selain itu, tanpa Nonprofit CRM, Anda mungkin menghadapi kesulitan dalam membangun hubungan jangka panjang. Tanpa sistem yang terorganisasi, Anda dapat mengalami kesulitan dalam mengirimkan pesan yang relevan, memberikan apresiasi yang tepat, atau memastikan komunikasi yang efektif. Sehingga menghambat upaya perusahaan non-profit dalam membangun kepercayaan dan retensi pelanggan.

5. Tidak Ada Integrasi Data yang Terpusat

Berikutnya, tanpa Nonprofit CRM, Anda mungkin menghadapi kesulitan dalam mengintegrasikan data dari berbagai sumber. Sehingga dapat menghambat kemampuan perusahaan non-profit untuk mendapatkan informasi menyeluruh, membuat analisis data yang holistik, atau mengambil keputusan strategis yang didukung oleh informasi yang lengkap.

Mengapa Perusahaan Non-Profit Penting Menggunakan CRM?

Penggunaan Non-Profit CRM menjadi penting bagi bisnis non-profit karena membantu Anda dalam mengoptimalkan hubungan jangka panjang. Dengan menggunakan CRM, bisnis Anda dapat melacak dan menganalisis data, kebutuhan, dan riwayat interaksi sebelumnya.

Sehingga memungkinkan Anda untuk mempersonalisasi pendekatan mereka. Selain itu, Nonprofit CRM membantu bisnis nirlaba dalam mengelola program dan mengukur dampak yang dicapai.

Apa Saja Fitur Yang Wajib Ada Dalam Nonprofit CRM?

Berikut adalah fitur penting yang ada dalam Nonprofit CRM untuk perusahaan non-profit:

1. Manajemen Data Terpusat

Pertama, fitur ini memungkinkan perusahaan non-profit untuk mengelola data secara terpusat. CRM memungkinkan pengumpulan informasi seperti kontak, riwayat interaksi, kebutuhan, dan keinginan tertentu. Sehingga membantu perusahaan non-profit untuk memahami pelanggannya dengan lebih baik.

2. Manajemen Kampanye

Fitur ini memungkinkan perusahaan non-profit untuk mengatur dan melacak kampanye mereka. CRM memungkinkan perusahaan non-profit untuk membuat kampanye, mengelola tujuan dan target dana, serta melacak kemajuan kampanye secara real-time. Selain itu, fitur ini juga dapat mengirimkan pesan penggalangan dana secara personal, mengelola segmentasi penggalangan dana, dan melacak respons dan hasil kampanye.

3. Analitik dan Laporan

Fitur ini membantu perusahaan non-profit dalam menganalisis data dan melaporkan hasil dengan lebih baik. CRM menyediakan laporan yang dapat diakses, seperti analisis donor, hasil kampanye, dan dampak program. Fitur ini memungkinkan perusahaan non-profit untuk mengukur keberhasilan, melihat tren dan pola donasi, serta membuat keputusan berdasarkan data. Analitik dan pelaporan yang disediakan oleh CRM membantu perusahaan non-profit dalam melakukan evaluasi, meningkatkan efisiensi, serta memberikan pembaruan yang transparan kepada pemangku kepentingan.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

4. Pemantauan dan Evaluasi Program

Fitur ini memungkinkan perusahaan non-profit untuk memantau dan mengevaluasi program yang mereka jalankan. CRM dapat melacak indikator kinerja program, mengumpulkan data dampak, dan menghasilkan laporan evaluasi yang terperinci. Sehingga membantu Anda dalam mengukur efektivitas program, mengidentifikasi keberhasilan atau kegagalan, serta menginformasikan pengambilan keputusan dan perbaikan program pada masa depan.

5. Manajemen Tugas

Fitur ini khusus untuk perusahaan non-profit yang sering bekerja dengan relawan dalam proyek atau kampanye tertentu. CRM dapat membantu dalam merekrut, melacak, dan mengelola relawan untuk proyek tertentu. Sehingga Anda dapat memaksimalkan kontribusi relawan, memastikan kepatuhan pada tugas yang ditugaskan, serta meningkatkan koordinasi dan produktivitas dalam proyek.

Bagaimana Contoh Penerapan Nonprofit CRM Dalam Perusahaan Non-Profit?

Yayasan “Harapan Baik” adalah sebuah organisasi non-profit yang berfokus pada penyediaan pendidikan dan perawatan medis bagi anak-anak yang kurang mampu di wilayah tertentu. Sebagai yayasan yang beroperasi dalam skala besar, mereka menghadapi tantangan dalam mengelola hubungan dengan donor, mengorganisir kegiatan penggalangan dana, serta melacak dampak dan penggunaan dana dengan efektif. Tanpa sistem Non-Profit CRM yang terintegrasi, Yayasan Harapan Baik menghadapi kesulitan dalam memantau dan memaksimalkan dukungan dari para donor, mengkoordinasikan kampanye penggalangan dana, serta melaporkan hasil dan dampak yang dicapai dengan tepat kepada pemangku kepentingan.

Solusi CRM:

Yayasan Harapan Baik memutuskan untuk mengadopsi Non-Profit CRM guna mengatasi tantangan yang mereka hadapi. Mereka mengimplementasikan sistem CRM yang terintegrasi dengan basis data donor, platform komunikasi, dan sistem akuntansi mereka. Dengan Non-Profit CRM, yayasan dapat melacak sejarah donasi, preferensi komunikasi, serta kegiatan partisipasi donor dengan lebih baik. Mereka juga dapat mengatur kampanye penggalangan dana yang terkoordinasi melalui CRM, mengirimkan pesan yang relevan kepada donor, serta melacak dan melaporkan penggunaan dana dengan akurat.

Melalui fitur Non-Profit CRM, Yayasan Harapan Baik dapat mengoptimalkan hubungan dengan para donor. Mereka dapat memberikan apresiasi yang tepat kepada donor, mengirimkan laporan mengenai penggunaan dana yang transparan, serta mengirimkan pembaruan mengenai proyek dan program yang disokong oleh donasi. Selain itu, yayasan juga dapat mengorganisir kegiatan penggalangan dana dengan lebih efisien, mengelola acara, serta memantau tujuan penggalangan dana secara real-time melalui fitur CRM.

Hasil:

Dengan adopsi Non-Profit CRM, Yayasan Harapan Baik berhasil mencapai hasil yang signifikan. Mereka dapat mengoptimalkan hubungan dengan para donor, meningkatkan keterlibatan, dan memperkuat komunikasi. Retensi donor meningkat secara signifikan, dengan banyak donor yang terus memberikan dukungan dan meningkatkan besaran donasi mereka. Dengan fitur Non-Profit CRM, yayasan juga mampu meningkatkan efisiensi dalam mengatur kampanye penggalangan dana, mengorganisir acara, serta memantau kemajuan dan hasil kampanye dengan lebih baik.

Selain itu, Non-Profit CRM membantu Yayasan Harapan Baik dalam melacak dan melaporkan dampak yang dicapai melalui program mereka. Mereka dapat mengumpulkan data, mengukur indikator kinerja, serta menghasilkan laporan evaluasi yang terperinci. Hal ini membantu yayasan dalam memastikan akuntabilitas terhadap pemangku kepentingan dan memberikan informasi yang transparan tentang penggunaan dana yang diterima.

Solusi CRM Terbaik Untuk Perusahaan Non-Profit Anda!

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Salah satu pilihan terbaik adalah Barantum CRM, yang telah terbukti menjadi solusi yang andal dan efektif dalam mendukung perusahaan non-profit. Barantum CRM telah dipercaya oleh ribuan klien dari berbagai jenis industri, termasuk perusahaan non-profit. Klien tersebut di antaranya, yaitu DPP PKS Pusat, GBI (Gereja Bethel Indonesia), Yayasan Pembina Mualaf At-Tauhid, UNHCR, dan masih banyak yang lainnya.

Dengan fitur-fitur unggulannya, seperti manajemen pelanggan yang terintegrasi, manajemen komunikasi yang efisien, dan analisis data yang mendalam, Barantum CRM dapat membantu perusahaan non-profit dalam menghadapi tantangan yang dihadapi dalam industri yang kompetitif ini.

Barantum juga menawarkan fitur omnichannel yang memungkinkan bank untuk memberikan pengalaman pelanggan yang terintegrasi melalui berbagai saluran komunikasi melalui telepon, email, obrolan maupun pesan melalui media sosial, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Telegram, Line, dan lainnya. Sehingga dapat menyediakan respons yang cepat dan konsisten di seluruh saluran, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memperkuat hubungan.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Dapatkan Sekarang!


nonprofit CRM - Barantum CRM Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".