Kegunaan Omnichannel Ticketing System Untuk Tim CS Anda

Dalam era di mana layanan pelanggan memiliki peran sentral dalam kesuksesan bisnis, omnichannel ticketing system muncul sebagai alat yang tak tergantikan bagi tim customer service (CS).

Omnichannel ticketing system bekerja dengan menyatukan semua informasi pelanggan ke dalam satu tiket atau permintaan layanan. Setiap kali pelanggan berinteraksi dengan perusahaan Anda, entah melalui pesan, email, atau telepon, sistem ini mencatatnya dalam satu tempat sehingga tim CS dapat dengan mudah melihat sejarah lengkap percakapan. Sehingga membantu tim untuk lebih memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan respons yang lebih cepat dan akurat.

Selain itu, pendataan tiket dari seluruh saluran ini membantu agen CS Anda untuk melihat seluruh kedala pelanggan dalam satu tempat terpusat. Sehingga tidak perlu membuka satu per satu saluran komunikasi (channel).

Dalam artikel ini, kita akan merinci lebih lanjut bagaimana omnichannel ticketing system dapat menjadi kunci untuk meningkatkan efektivitas tim CS dan mengoptimalkan interaksi pelanggan di berbagai saluran.

Ingin tahu informasi lengkapnya? Yuk, baca artikelnya sampai selesai!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu Omnichannel Ticketing System?

Omnichannel ticketing system adalah sistem yang membantu perusahaan untuk lebih baik mengelola pertanyaan atau masalah dari pelanggan melalui berbagai cara komunikasi, seperti email, obrolan online, telepon, dan media sosial.

Bayangkan, sistem ini seperti “catatan besar” yang menampung semua pertanyaan atau masalah dari pelanggan. Tidak peduli dari mana pelanggan Anda menghubungi, bisa lewat email, pesan, atau telepon, agen customer service mampu mengetahui riwayat aktivitas mereka sebelumnya. Jadi, saat pelanggan menghubungi Anda lagi, Amda sudah tahu riwayar pembicaraan sebelumnya.

Dengan begitu, agen customer service dapat memberikan bantuan yang lebih baik dan lebih cepat. Sehingga pengalaman berkomunikasi dengan perusahaan Anda menjadi lebih lancar dan efisien.

Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Omnichannel Ticketing System?

Bisnis perlu menggunakan Omnichannel Ticketing System karena ini membantu perusahaan Anda menyatukan semua pertanyaan atau permintaan yang masuk melalui berbagai saluran. Seperti pesan, email, atau telepon menjadi satu “tiket” dalam satu tempat terpusat. Sehingga memudahkan agen CS untuk melihat dan memahami seluruh riwayat interaksi pelanggan tanpa harus mencari informasi dari berbagai sumber.

Selain itu, juga membantu meningkatkan efisiensi operasional. Dengan otomatisasi proses penugasan dan prioritas, tim CS dapat lebih terfokus dan responsif dalam menanggapi setiap tiket. Selain menghemat waktu, juga memastikan bahwa setiap permintaan pelanggan dikelola dengan cepat.

Apa Saja Manfaat Omnichannel Ticketing System untuk Customer Service?

Dengan menggunakan omnichannel ticketing system, customer service dapat memberikan pengalaman yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih akurat kepada pelanggan. Sehingga membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun hubungan yang lebih positif dengan mereka.

Berikut adalah manfaat omnichannel ticketing system, yaitu:

1. Integrasi Informasi Pelanggan

Pertama, omnichannel ticketing system mengintegrasikan semua informasi pelanggan dari berbagai saluran. Ini membantu tim customer service untuk lebih memahami riwayat interaksi pelanggan dan memberikan solusi yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan kata lain, sistem ini memungkinkan customer service memberikan pelayanan yang lebih personal dan efektif.

2. Respon Cepat dan Efisien

Kedua, dengan otomatisasi proses, sistem ini membantu customer service untuk merespons pertanyaan atau masalah pelanggan lebih cepat dan dengan lebih efisien. Ini membantu menciptakan pengalaman pelanggan yang positif karena mereka mendapatkan bantuan atau solusi dengan cepat.

3. Mudah Mengelola Tiket

Berikutnya, membantu customer service dalam mengelola semua tiket atau permintaan dengan lebih mudah. Sistem ini memberikan kemudahan dalam menetapkan prioritas, menugaskan tugas, dan memantau status setiap tiket, sehingga memastikan tidak ada permintaan yang terlewat.

4. Konsistensi Layanan

Selanjutnya, memastikan bahwa setiap kali pelanggan berkomunikasi, mereka mendapatkan tingkat layanan yang sama, tidak peduli lewat saluran apa pun. Ini menciptakan konsistensi dalam pengalaman pelanggan, membantu membangun kepercayaan dan meningkatkan kepuasan.

5. Analisis Data yang Akurat

Terakhir, memberikan kemampuan untuk menganalisis data pelanggan dengan lebih baik. Customer service dapat melihat tren, memahami kebutuhan pelanggan, dan mengidentifikasi area di mana pelayanan dapat ditingkatkan. Analisis ini membantu dalam mengambil keputusan yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Omnichannel Ticketing System?

Adapun cara mengoptimalkan omnichannel ticketing system, yaitu:

1. Pemantauan dan Evaluasi Rutin

Pertama, rutin memantau kinerja sistem untuk melihat seberapa baik sistem berfungsi. Evaluasi ini membantu bisnis untuk mengidentifikasi area yang bisa diperbaiki dan memastikan sistem tetap berjalan dengan baik.

2. Pelatihan Tim dengan Baik

Selanjutnya, pastikan tim dukungan pelanggan paham cara menggunakan sistem ini dengan baik. Pelatihan yang baik membantu mereka memanfaatkan fitur-fitur sistem secara optimal. Sehingga customer service Anda bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan. Untuk mendalami sistem ini dengan baik, pilihlah vendor yang menyediakan pelatihan mengenai penggunaan sistem, seperti Barantum. Sehingga Anda menjadi lebih mudah untuk memahami penggunaannya secara jelas.

3. Integrasi dengan Sistem Lain

Berikutnya, mengintegrasikan dengan sistem lain yang digunakan oleh perusahaan Anda dapat membantu menyatukan data dan informasi. Sehingga membuat analisis dan pelaporan menjadi lebih mudah dan akurat.

4. Responsif terhadap Umpan Balik Pelanggan

Selanjutnya, perhatikan umpan balik pelanggan terkait pengalaman mereka menggunakan sistem. Tanggapi saran atau masukan dengan cepat dan lakukan perbaikan jika diperlukan. Ini membantu menjaga kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.

5. Perbarui dan Tingkatkan Sesuai Kebutuhan

Terakhir, pastikan untuk selalu memperbarui sistem sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan perusahaan. Pembaruan ini dapat membawa fitur baru atau perbaikan keamanan yang menjaga kinerja sistem tetap optimal. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memilih vendor yang memiliki sistem up-to-date dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan bisnis Anda, seperti Barantum.

Tingkatkan Kepuasan Pelanggan Anda Dengan Omnichannel Ticketing System Terbaik!

omnichannel ticketing system

Untuk mengambil langkah lebih jauh dalam mengoptimalkan tim customer service dan meningkatkan pengalaman pelanggan, banyak perusahaan telah beralih ke Barantum sebagai penyedia Omnichannel Ticketing System terbaik.

Barantum tidak hanya menyediakan platform yang terintegrasi secara canggih, Namun, juga membawa inovasi dalam menyederhanakan manajemen tiket pelanggan. Dengan fitur-fitur cerdas dan kemampuan analisis data yang mendalam, Barantum dapat membantu perusahaan Anda untuk memahami dengan lebih baik preferensi dan kebutuhan pelanggan.

Oleh karena itu, jika Anda serius dalam menghadirkan layanan pelanggan yang unggul dan efisien, ayo temukan bagaimana Barantum dapat menjadi mitra strategis Anda. Yuk, isi formulir di bawah untuk informasi lebih lanjut.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - omnichannel ticketing system

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".