Pentingnya CRM untuk Sales Lapangan

Sales lapangan membutuhkan CRM karena sistem tersebut dapat mengefisiensikan kinerja. Dengan begitu, pekerjaan sales lapangan menjadi lebih efektif. Pada akhirnya, berdampak pada tingkat penjualan.

Meski selalu berada di luar kantor dan berhadapan dengan berbagai macam situasi, bekerja di lapangan juga memiliki keuntungannya tersendiri. Apa saja keuntungan sales lapangan itu?

Keuntungannya, waktu kerja yang fleksibel, benefit yang menyesuaikan dengan performa di lapangan, dan juga kemampuan interpersonal yang meningkat melalui kesempatan berkomunikasi dengan beragam orang.

Kembali terkait CRM untuk sales lapangan, sistem ini memiliki berbagai manfaat untuk mereka. Tentunya, salah satu manfaatnya yaitu CRM membantu meningkatkan performa sales lapangan.

Penyebab CRM Diperlukan oleh Sales Lapangan

1. Memberi dukungan proses penjualan

CRM sebagai salah satu bagian penting dari strategi pemasaran dan bisnis bidang apapun, CRM dapat membantu perusahaan mendapatkan feedback yang akurat dan menyeluruh terhadap proses penawaran. Perusahaan pun akan dapat memonitor loyalitas pelanggan yang dimiliki saat ini berdasarkan nilai pembelian.

Tidak hanya itu, kolaborasi yang baik antar tim sales meningkat. Tim sales menghabiskan sebagian besar waktu mereka di luar kantor. Untuk tim yang besar, seringkali sulit untuk menyinkronkan aktivitas mereka atau mendiskusikan strategi.

Namun, dengan penggunaan CRM menempatkan semua staf tim sales pada halaman yang sama dan memberikan ruang untuk visibilitas bersama. Seluruh aktivitas dapat terlihat meskipun mereka tidak berkomunikasi.

Staf dapat melihat aktivitas anggota tim mereka meskipun mereka tidak dapat berkomunikasi. Mereka dapat melihat seberapa jauh suatu prospek telah dipelihara, termasuk interaksi dengan staf lainnya. Hasilnya, seluruh tim sales Anda dapat bekerja sama untuk hasil yang lebih baik. Dengan begitu, proses pemesanan pelanggan pun dapat diproses lebih cepat oleh tim yang berada di kantor.

2. Mudah diakses

Pemakaian aplikasi CRM Dengan tersedianya aplikasi seluler IOS/Android Barantum, Anda tak perlu bingung untuk meluangkan waktu. Aktivitas apapun yang Anda kerjakan serta di manapun Anda berada, aktivitas bisnis tetap terpantau dalam genggaman tangan Anda. Segala proses pemantauan bisnis dalam aplikasi CRM Barantum dilakukan dengan mudah, cepat, dan praktis.

3. Meningkatkan produktivitas perusahaan

Otomatisasi merupakan kunci untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Karyawan tak perlu lagi memasukkan data secara manual dan menelusuri berlembar-lembar dokumen demi menemukan informasi yang dibutuhkan.

CRM akan membantu perusahaan untuk mengotomatisasi hal-hal tersebut. Dengan begitu, sales lapangan memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan hal-hal yang membutuhkan fokus lebih.

4. Mudah membuat laporan

Bayangkan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mengumpulkan dan mengatur semua data untuk laporan Anda. Perusahaan Anda mungkin menyimpan beberapa data dalam CRM, dan Anda mungkin menyimpan beberapa data lain secara lokal di file Excel. Seringkali, Anda mungkin memiliki data di satu tempat, tetapi mungkin tidak akurat, sehingga Anda perlu melakukan pemeriksaan berkala.

Pada akhirnya, Anda harus mengelompokkan wawasan ini ke dalam berbagai laporan, lalu mengirimkan laporan ini kepada siapa pun yang membutuhkannya. Karena pelaporan tidak terjadi hanya sekali, Anda akhirnya mengulangi langkah yang sama setiap kali seseorang perlu melihat beberapa data penjualan.

Dengan otomatisasi laporan, Anda dapat membuat laporan yang hanya perlu disiapkan sekali. Hal ini akan menghemat waktu Anda, dan berinvestasi dalam proses pengambilan keputusan yang lebih berharga. Manajer dan rekan Anda akan selalu memiliki akses ke data pelaporan terbaru, dan meminimalisir human error.

Ketika staf sales Anda menggunakan CRM tradisional, mereka harus menunggu sampai mereka kembali ke kantor untuk memasukkan informasi pelanggan, mengubah janji, atau mencatat catatan. Akibatnya, mereka mungkin melupakan sebagian informasi atau membuat entri yang salah.

CRM dapat mengatasi kelemahan ini dengan fungsi entri data real time. Staf dapat memasukkan data dan membuat perubahan menggunakan aplikasi tersebut mereka di lapangan. Jadi tidak ada risiko atau lupa informasi atau membuat entri yang salah. Kelebihan ini mengarah pada data yang akurat dan berkualitas tinggi di CRM Anda. Anda dapat membangun otomatisasi alur kerja juga mengotomatiskan bagian dari proses entri data, menghemat waktu repetisi Anda.

5. Meningkatkan Produktivitas

CRM mobile meningkatkan produktivitas tim sales dan proses penjualan Anda. Aplikasi CRM juga dilengkapi dengan opsi lanjutan untuk merampingkan alur kerja Anda, sehingga menghemat waktu dan uang. Anda dapat menggunakan CRM mobile untuk merekam catatan, menjadwalkan janji temu atau meeting, meninjau data, menindaklanjuti, dan masih banyak lagi.

6. Membuat laporan kontak prospek secara terperinci

Sebuah laporan kontak memberikan staf penjualan pandangan pada kontak prospek dan pelanggan dalam database. Barantum CRM dapat memecah kontak ini berdasarkan jenis pekerjaan, tingkat keterlibatan, tanggal kontak terakhir, dan atribut lainnya. Aplikasi CRM mempermudah melaporkan data sales lapangan. Sehingga waktu kerja lebih efisien.

Informasi ini dapat diinterogasi untuk menganalisis serangkaian kontak, memungkinkan tim sales mengidentifikasi kontak utama dan menemukan peluang untuk perkenalan. Misalnya, ketika seorang staf sales ingin masuk ke perusahaan tertentu, mereka dapat menemukan kontak yang mungkin pernah bekerja di sana, berada di level yang sama, atau bekerja di industri terkait.

Tingkatkan Performa Sales Lapangan Anda Bersama Barantum

Dengan aplikasi CRM, mampu mengoptimalkan keuntungan perusahaan. Aplikasi CRM, seperti CRM Barantum, dapat memudahkan segala aktivitas bisnis. Mulai dari memudahkan tim admin untuk menilai performa di lapangan hingga melakukan report dengan fitur CRM Barantum sebagaipendukungnya.

penerapan CRM perusahaanTidak perlu khawatir jika Anda masih bingung mengenai penggunaan CRM. Tim profesional dari Barantum dapat memberikan penjelasan terkait penggunaan Barantum CRM. Diskusikan langsung kendala Anda dengan tim kami di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".