Bagaimana Cara Promosi Melalui WhatsApp Business?

Promosi bisnis di WhatsApp Business tidaklah sulit. Selama Anda mengetahui cara yang tepat melakukan promosi di WhatsApp Business, mendapat penjualan berkali-kali lipat pun tidak menjadi hal mustahil.

Kini banyak yang memakai WhatsApp Business untuk membantu penjualan bisnis. Hal itu karena hampir tiap orang memiliki aplikasi ini. Sehingga, Anda mampu menjaring banyak pelanggan.

Di sisi lain, algoritma yang berlaku pada fitur status WhatsApp sangat sederhana. Saat Anda menyimpan nomor telepon seseorang dan orang tersebut juga menyimpan nomor telepon Anda, maka status yang anda buat akan muncul dan tampil pada WhatsApp orang tersebut. Selain WhatsaApp Business, salah satu istilah yang dikenal dalam dunia bisnis, yaitu WhatsApp Marketing. Apa itu WhatsApp marketing?

Pengertian WhatsApp Business Marketing

WhatsApp API

WhatsApp marketing adalah alat pada aplikasi WhatsApp yang membantu bisnis memasarkan produk bisnis Anda. WhatsApp marketing ini cukup efektif untuk memasarkan dan promosi produk. Anda dapat mengirimkan pesan promosi berupa teks, gambar, video, suara atau file hanya dengan koneksi internet.

Fitur seperti chatting, telepon hingga video call dalam WhatsApp memanjakan penggunanya dalam komunikasi era modern yang menuntut semua serba cepat dan praktis.

Sebelum melakukan penawaran produk melalui Whatsapp, pastikan Anda menggunakan Whatsapp Business untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan secara efisien.

Cara Promosi di WhatsApp Business

1. Buat rencana dan target

membuat planning bisnis whatsapp api

Seperti cara atau strategi marketing yang lainnya, anda juga harus membuat plan atau rencana serta target pemasaran yang akan dilakukan. Hal ini akan membuat anda lebih mudah dan terarah saat melakukan promosi.

Tentukan terlebih dahulu target promosi Anda baik segmen yang akan anda tuju atau juga target pencapaian yang anda harapkan. Dengan memiliki segmen pasar, promosi yang anda lakukan akan lebih terarah dan meningkatkan ketertarikan calon konsumen.

Baca juga: Cara Selalu Closing dengan WhatsApp Business API 

2. Fokus membuat konten edukasi

konten edukasi whatsapp

WhatsApp story dapat berperan sebagai konten yang Anda buat dan disebarluaskan kepada calon konsumen untuk menarik minat sehingga membeli produk yang anda tawarkan. Saat Anda membuat konten edukasi, akan lebih banyak orang yang tertarik untuk menjadi list dari kontak Anda.

3. Membuat konten yang relevan

Maksud dari relevan di sini, yaitu konten yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda. Misalnya, dalam omnichannel yang mampu mengintegrasi berbagai saluran komunikasi membantu staf Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Dari rekaman percakapan, baik chat maupun telepon, staf Anda mampu menganalisis produk apa yang paling diminati.

Hal ini sangat menguntungkan Anda karena konten yang relevan tersebut meningkatkan persentasi keinginan pelanggan untuk membeli produk Anda. Hal itu karena konten yang Anda buat sesuai dengan kebutuhan mereka.

Barantum

4. Customer support

customer support whatsapp business api

Menyediakan customer support yang baik tentu tidak boleh Anda lewatkan. Whatsapp memiliki fitur pesan multimedia yang dipersonalisasi dengan menggunakan teks, audio, atau video. Tenang saja, fitur WhatsApp Business dapat menunjang kinerja staf Anda lebih efektif.

5. Membuat grup

WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk membuat grup chat. Melalui grup tersebut, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi maupun promosi kepada pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat membuat khusus reseller yang akan membantu mengontrol mereka dalam menjualkan produk.

Fitur ini juga merupakan cara terbaik untuk mempromosikan produk kepada pelanggan yang memang memiliki minat terhadap produk atau layanan serupa.

6. Menggunakan kata promosi

promosi whatsapp api

Selain menggunakan gambar, Anda dapat menggunakan tulisan sebagai media promosi. Tapi tentu saja bukan kata-kata asal karena anda juga harus menyusun kalimat tersebut lebih dahulu agar meningkatkan ketertarikan calon pelanggan kepada produk Anda.

Saat membuat kata-kata promosi, ceritakan bisnis Anda mulai dari cerita mengawali bisnis dan juga proses membangun bisnis tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan studi kasus yang tentu saja akan meningkatkan ketertarikan.

7. Membuat status

Sama halnya dengan Facebook maupun Instagram, di dalam aplikasi WhatsApp juga mengenal update status. Sesekali yang harus anda lakukan adalah dengan meng-upload video dalam rangkaian ini. Upload video yang dimaksud yaitu video mengenai penjelasan, detail, maupun info promosi yang sedang Anda lakukan.

Dengan membuat status, pelanggan di kontak Anda dapat melihat produk Anda. Produk Anda pun semakin dikenal.

8. Melakukan blast WhatsApp

blast whatsapp business api

Selain mengirim pesan di grup, Anda bisa mengirim pesan sekaligus ke seluruh konten Anda dengan blast atau broadcast WhatsApp. Dalam mendukung fitur ini, Anda bisa memakai sistem CRM Omnichannel, seperti Barantum, untuk memaksimalkan pesan blast yang ingin Anda kirimkan.

Dengan melakukan blast WhatsApp, Anda bisa menjaga komunikasi dengan pelanggan lebih baik. Anda bisa secara berkala mengirimkan blast kepada pelanggan Anda. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa pelanggan Anda membaca penawaran Anda. Hal ini lebih efisien dibandingkan hanya memasang status di WhatsApp.

Namun, lakukan blast secara proporsional. Jangan pernah sekali-kali melakukan spam yang isisnya hanya menjual dan menjual. Coba posisikan diri Anda sama halnya dengan pelanggan.

9. Gunakan nomor khusus

Menggunakan nomor khusus mungkin saja bukan hal yang terlihat penting. Namun akan lebih baik jika anda memiliki nomor khusus yang anda gunakan sebagai nomor telepon toko online anda. Hal ini berfungsi untuk membuat akun WhatsApp bisnis fokus dan terarah kepada bisnis saja.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan WhatsApp Business yang ditawarkan oleh WhatsApp karena sangat membantu untuk berjualan. Terdapat beberapa fitur seperti katalog, alamat dan pesan otomatis pada WhatsApp Business yang dapat membantu Anda.

Dapatkan WhatsApp Business dari Barantum untuk Optimalkan Promosi Anda

Dapatkan aplikasi WhatsApp Business API yang mampu membantu menunjang promosi bisnis Anda di WhatsApp seperti yang disediakan oleh Barantum. WhatsApp Business API dapat terintegrasi ke dalam sistem CRM sehingga memudahkan Anda untuk melakukan promosi dalam satu platfrom.

Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".