Bagaimana Cara WhatsApp Business API Tingkatkan Kinerja Customer Servive?

WhatsApp Business API mampu tingkatkan kinerja customer service karena mereka menjadi lebih mudah dalam melakukan pekerjaannya. Seperti halnya yang kita ketahui, tidak mudah memang melayani customer yang jumlahnya cukup banyak.  Terlebih dengan tingkat masalah dan keluhan yang bermacam-macam.

Namun, hal itu mesti dilakukan agar perfoma perusahaan selalu terlihat baik di mata customer. Performa yang baik itulah yang membuat tingkat kepercayaan customer perusahaan Anda meningkat. Oleh sebab itu, kondisi itulah yang menjadi salah satu perhatian bagi pera pelaku bisnis.

Seiring berkembangnya teknologi, tanggung jawab tim customer service relatif lebih berat. Customer service diharapkan bisa mempertahankan customer. Hal itu jauh lebih menguntungkan dibandingkan mendapatkan atau mencari customer baru.

Di sisi lain, perkembangan teknologi pun memberikan kemudahan bagi tim customer service dalam  bekerja. Salah satunya, dengan perkembangan fitur yang semakin lengkap dari aplikasi WhatsApp Business. Aplikasi ini menjadi efektif saat digunakan tim customer service dengan cara yang tepat.

Bagaimana cara yang tepat? Anda bisa mengintegrasikan WhatsApp Business Anda dengan sistem CRM. Sehingga Anda mendapatkan WhatsApp Business API. Pastikan Anda memilih partner WhatsApp resmi, seperti Barantum.

penerapan crm perusahaan

Manfaat WhatsApp Business API untuk Customer Service

Kini fungsi WhatsApp sudah semakin penting. Tetapi saat ini WhatsApp berkembang menjadi salah satu tools penting bagi perusahaan untuk menunjang performa bisnis perusahaan. Fitur WhatsApp pun semakin variatif, terlebih jika ditunjang dengan sistem CRM (Customer Relationship Management).

Baca juga: Cara Tingkatkan Penjualan dengan WhatsApp Business API

Salah satunya adalah guna meningkatkan performa dari divisi customer service. Setidaknya ada 5 hal yang membuat Whatsapp Business menjadi tools yang penting bagi perusahaan. Khususnya bagi para customer service.

Dengan memanfaatkan WhatsApp API, pekerjaan customer service lebih efektif dan efisien. Mereka dapat dengan mudah berkomunikasi dengan customer. Dengan begitu, customer tidak perlu menunggu waktu lama. Sehingga kenyamanan customer pun dapat tercipta. Tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan loyalitas customer.

1. Meningkatkan hubungan yang baik dengan customer

hubungan baik dengan customer pakai whatsapp

Adanya pengembangan beberapa fitur yang ada di Whatsapp Business API. Misalnya, adanya profil bisnis berisi email, nomor telepon, alamat, website, dan detail bisnis lainnya. Tentunya hal ini bagus untuk makin mempertegas kredibilitas perusahaan di mata publik.

2. Menjadi komunikasi yang lebih aman dan nyaman

komunikasi customer dengan whatsapp

Setidaknya ada dua hal yang membuat Whatsapp Business API bisa jadi sarana yang aman dan nyaman dalam berkomunikasi dengan customer. Pertama sudah  pasti karena adanya enskripsi  end to end dan two factor authentication (2FA).  Dengan begitu, semua percakapan akan tersimpan aman di masing-masing pihak.

3. Mampu menjadi media komuniasi yang interaktif bersifat dua arah

komunikasi dua arah whatsapp

Ada beberapa fitur yang akan membuat perusahaan dan customer merasa nyaman dalam berkomunikasi. Fitur yang ada di Whatsapp Business cukup beragam. Seperti WhatsApp story, display picture, dan status. Tidak hanya itu, WhatsApp Business juga ikut mendukung pesan yang berisi gambar, audio, video, dokumen, hingga share live location.

Hal tersebut membantu kedua belah pihak, termasuk dalam meningkatkan kualitas service atau layanan customer. Dengan menggunakan Whatsapp Business bisa menciptakan terjalinnya komunikasi yang real dengan pelanggan secara dua arah layaknya melalui telepon atau percakapan langsung di toko. Inilah yang menjadi salah satu fungsi menarik pada Whatsapp Business.

Barantum

4. Dapat teringerasi dengan aplikasi lain

CRM Meningkatkan Penjualan Sales

Dengan kemudahan ini, maka saat ini tidak sedikit aplikasi yang terintegrasi dengan Whatsapp. Salah satunya WhatsApp CRM, sebuah integrasi WhatsApp dan CRM yang akan semakin mempermudah penilaian kinerja SDM secara real dan benar. Itulah kenapa WhatsApp Business ada penambahan API  (application programming interface).

5. Dapat menjadi sarana penunjang survey loyalitas customer

Adanya beberapa fitur yang di miliki Whatsapp Business dan kemampuan untuk didukung CRM. Maka mempermudah komunikasi dan kegiatan bisnis Anda, misalnya meningkatkan kualitas pelayanan customer.

Pilih Partner Resmi WhatsApp untuk Gunakan WhatsApp Business API, Seperti Barantum

Jika sebelumnya Barantum CRM adalah sebuah perusahaan yang fokus dalam memberikan layanan CRM Integrasi kepada para customerya. Dengan adanya kolaborasi strategis dengan manajemen WhatsApp dan mendirikan  Whatsapp Official Partner Indonesia.

WhatsApp API Barantum

Keunggulan Barantum sebagai partner resmi WhatsApp

  • Adanya pengembangan produk yang bernama WhatsApp CRM. Inilah salah satu terobosan dan komitmen Barantum dengan adanya kolaborasi bisnis dengan manajemen, khususnya dalam memberikan layanan yang optimal kepada pelaku bisnis.
  • Ada dua produk unggulan yang saat ini diberikan oleh Barantum, yaitu Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing. Inilah dua produk yang akan semakin mempermudah pebisnis dalam menjalankan aktivitasnya.
  • Adanya kolaborasi dua aplikasi bisnis CRM dan WhatsApp memang sungguh menarik. Artinya semua fitur khusus yang ada dalam WhatsApp Business API akan diperkuat dengan sistem manajemen database customer yang telah di sediakan oleh Barantum CRM.
  • Adanya kolaborasi Barantum dan manajemen WhatsApp semakin mempermudah kerja pelaku bisnis karena tidak perlu menggunakan beragam jenis aplikasi. Cukup dengan WhatsApp Business API yang sudah terintegrasi dengan Barantum CRM maka semua hal menjadi  lebih mudah, cepat dan sudah pasti terjamin kerahasiaannya.
  • Tidak hanya aplikasi komunikasi WhatsApp saja, dengan keunggulan yang di berikan oleh Barantum. Aplikasi komunikasi seperti Youtube, Instagram, Telegram, Line, Email, Yahoo Messenger bisa diintegrasikan dalam satu dashboard. Itulah yang saat ini terkenal dengan nama Omnichannel CRM.

Barantum

Jika Whatsapp Business API mengutamakan konsep berkomunikasi yang efektif dan efisien kepada customer. Maka Barantum akan berusaha semaksimal mungkin mengembangkan dan meningkatkan fitur-fitur yang ada dalam CRM agar bisa secara optimal digunakan oleh customer.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang