Fitur CRM yang Terintegrasi dengan WhatsApp Business API

Fitur CRM yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API memiliki banyak keunggulan. Salah satunya memudahkan kinerja dan efisiensi pekerjaan karyawan. Dengan begitu, bisnis dapat mengalami peningkatan penjualan.

WhatsApp sendiri merupakan salah satu aplikasi chat dengan pengguna paling banyak di seluruh dunia termasuk Indonesia. Untuk itu agar memudahkan pelanggan lebih terhubung dengan perusahaan maka WhatsApp menunjuk beberapa perusahaan pengembang software service atau CRM seperti Barantum, untuk mengintegrasikan WhatsApp dengan CRM melalui API (Application Programming Interface).

Dalam dunia bisnis saat ini, penjualan dan pelayanan pelanggan menjadi semakin kompleks dan juga dapat berasal dari banyak saluran penjualan. Untuk itu Perusahaan dan pelaku bisnis berlomba lomba untuk mengadopsi strategi penjualan Omnichannel. Dengan adanya fenomena ini, sistem software CRM pun dikembangkan agar dapat terintegrasi berbagai saluran komunikasi, termasuk yang paling gencar saat ini ialah WhatsApp.

Barantum

Mengapa perlu CRM WhatsApp?

CRM adalah sebuah perangkat lunak atau sistem aplikasi software yang membantu mengelola pelanggan, menumbuhkan, dan mengotomatiskan penjualan dan proses bisnis Anda.

CRM (Customer Relationship Mangement) juga merupakan strategi bisnis yang bertujuan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan yang memadukan proses antara manusia dan teknologi. Sistem CRM membantu mendapatkan prospek penjualan, mengkonfersi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada menjadi pelanggan yang puas dan loyal.

CRM mengumpulkan semua data pelanggan, kemudian merekam aktifitas tenaga penjual dalam berhubungan dengan pelanggan. CRM sendiri merupakan singkatan dari Customer Relationship Management. Sebuah CRM akan mengkonsolidasikan semua data Anda di semua saluran penjualan ke dalam satu sistem. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang CRM, Anda dapat membacanya lebih lanjut di sini

Maka itu hadirlah istilah CRM WhatsApp untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis dan juga pelanggan agar dapat lebih mudah berinteraksi dengan bisnis ataupun sebaliknya.

CRM WhatsApp adalah sistem komuniksi perpesanan melalui WhatsApp yang terintegrasi dengan Aplikasi CRM. Dengan CRM yang terintegrasi dengan WhatsApp merupakan bagian dari teknologi omnichannel dalam sistem komunikasi yang terintegrasi yang dapat digunakan oleh Perusahaan atau bisnis untuk memberikan kemudahan akses bagi pelanggannya untuk lebih terhubung dengan Perusahaan atau Bisnis melalui berbagai macam channel atau saluran komunikasi.

FITUR UTAMA CRM WHATSAPP

Sebagai sebuah aplikasi bisnis, CRM mempunyai segudang fitur yang bermanfaat bagi Bisnis Anda sekaligus memberikan pengalaman baru bagi Pelanggan. Berikut adalah beberapa fitur utama dari CRM yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API:

  1. Fitur profil bisnis: berisi informasi perusahaan (e-mail, alamat, website).
  2. Respons pesan: berguna untuk user dalam memberikan jawaban  otomatis secara cepat kepada lawan bicara.
  3. Kontak dan obrolan (label): Anda dapat mengatur sesuai kebutuhan, sehingga tampilannya bisa terlihat lebih rapi dan memudahkan penggunanya.
  4. Laporan: Dengan adanya fitur ini maka Anda bisa mensortir atau memfilter semua percakapan hingga pengaturan pesan yang belum terbaca.
  5. Fitur lainnya : pembuatan katalog.

Masih banyak lagi fitur lainnya dalam Whatsapp Business API, termasuk juga integrasi chatbot, fitur inbound dan outbound, ticketing, dll. Integrasi dengan CRM yang akan memudahkan mencatat semua histori percakapan bisnis dengan pelanggan, pelacakan GPS, dan lain sebagainya. Anda harus mencobanya dan Anda akan melihat bagaimana fitur – fitur ini akan sangat bermanfaat sekali bagi bisnis Anda.

Fitur canggih Barantum Chat ketika integrasi WhatsApp Business API

Ketika Anda mengintegrasikan WhatsApp Business API ke Barantum CRM, berbagai fitur hadir sebagai pendukung Anda menjalankan bisnis. Berikut fitur-fitur dalam Barantum Chat untuk mengoptimalkan komunikasi Anda bersama pelanggan.

Barantum

1. Fitur broadcast

Pada fitur ini, Anda dapat  membuat suatu publikasi berisi sebuah informasi atau pemberitahuan mengenai produk Anda, kemudian membagikannya kepada pelanggan sebagai bentuk campaign atau pemasaran. Terdapat template untuk membuat sebuah template pesan publikasi  yang akan digunakan sebagai media promo/campaign.

2. Fitur analytics

Pada fitur ini, terdapat laporan mengenai:

  • Informasi kecepatan masing-masing agent dalam merespon interaksi dengan pelanggan
  • Jumlah interaksi tiap agen
  • Persentase saluran yang digunakan oleh pelanggan Anda dalam berinteraksi berdasarkan jenis status interaksi mereka
  • Ongoing menjelaskan interaksi chat yang masih berjalan
  • Resolved adalah interaksi chat yang telah terselesaikan.

3. Fitur integrasi

Anda dapat mengintegrasikan layanan chat atau perpesanan terkait saluran yang akan anda gunakan seperti WhatsApp, Telegram, Line, Instagram, dan Facebook. Seluruh interaksi atau percakapan Anda bersama pelanggan dari saluran-saluran tersebut, akan terekam dalam satu halaman pada satu aplikasi.

4. Menu pengaturan

Menu ini berperan untuk mengatur data tiket  yang masuk.

  • Status tiket: untuk mengganti status tiket terkait menjadi aktif atau tidak aktif
  • Round robin: yang jika diaktifkan maka tiap agen akan secara bergantian menerima pesan atau interaksi yang masuk. Fungsi ini membuat tiap agen bisa menjawab pesan pelanggan milik agen lainnya
  • Limit get customer: berfungsi untuk membatasi jumlah room chat tiap agen

5. Menu on/off

Mengindikasikan status keberadaan agen. Jika agen sedang aktif atau online, maka agen tersebut akan memilih On. Sebaliknya, jika agen tersebut sedang tidak aktif atau offline, maka agen tersebut memilih off.

Barantum chat memberikan fitur-fitur pendukung kinerja agen dari template chat, broadcast, hingga analisis canggih terhadap percakapan untuk melacak kinerja setiap agen, percakapan masuk, hingga seberapa cepat respon percakapan yang diberikan oleh tim. Semua data tersebut berperan penting dalam memberikan pelayanan secara lebih optimal, interaktif dalam komunikasi dengan pelanggan.

Dapatkan WhatsApp Business API Dari Mitra Resmi

Barantum

Pemasangann WhatsApp Business API (WABA) membutuhkan mitra resmi WhatsApp. Sebagai mitra resmi WhatsApp, Barantum akan membantu Anda memasangnya tanpa waktu yang lama.

Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari WABA, salah satunya adalah centang hijau pada akun WhatsApp. Centang hijau ini akan membangun kredibilitas Anda di mata audiens. Sehingga mereka akan mempercayai bisnis Anda dan berani melakukan komunikasi serta bertransaksi dengan Anda.

Tertarik untuk memanfaatkan WhatsApp Business untuk pengiriman pesan yang cepat, aman, dan berharga dengan pelanggan Anda? Jadwalkan demo Anda sekarang juga kunjungi barantum.com. Anda pun bisa berdiksusi langsung tentang kebutuhan bisnis Anda bersama tim profesional Barantum di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang