Begini Cara Menanfaatkan WhatsApp Business untuk Tingkatkan Penjualan

Memanfatkan WhatsApp Business untuk tingkatkan penjualan bukanlah hal yang mustahil. Seiring berkembangnya teknologi, membuat pebisnis memiliki beragam pilihan untuk meningkatkan penjualan. Penggunaan WhatsApp pun sudah tidak asing lagi. Banyaknya pengguna aplikasi ini mejadi ladang pebisnis untuk mendapatkan pelanggan.

Mislnya, pada WhatsApp Business API memberi peluang bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan di saluran yang mereka sukai dan percayai. Hal ini karena WhatsApp Business API memiliki kemampuan untuk menambahkan tanda centang hijau ke profil WhatsApp bisnis. Dengan hal itu, WhatsApp dapat memverifikasi tiap perusahaan yang sah dan dapat diandalkan.

Mengapa? Adanya centang hijau ini pun berdampak positif untuk penjualan. Pasalnya, masyarakat lebih percaya dengan nomor telepon yang sudah terverifikasi. Dengan kemampuan itulah, bisnis Anda mendapatkan kredibilitasnya dan mampu menjangkau lebih banyak prospek yang nantinya akan menjadi pelanggan.

Apa Fungsi WhatsApp Business API untuk Penjualan?

whatsapp api tingkatkan penjualan

WhatsApp Business API memberi peluang bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan di saluran yang mereka sukai dan percayai. Hal ini karena WhatsApp Business API memiliki kemampuan untuk menambahkan tanda centang hijau ke profil WhatsApp bisnis yang memverifikasi apakah mereka benar-benar perusahaan yang sah dan dapat diandalkan.

Dengan kemampuan itulah, bisnis mendapatkan kredibilitasnya dan mampu menjangkau lebih banyak prospek yang nantinya akan menjadi pelanggan. Fitur WhatsApp blast yang ada pada WhatsApp Business API memungkinkan Anda mempromosikan bisnis ke banyak penerima. Bahkan ke penerima yang tidak menyimpan kontak Anda. Cara ini akan memberikan Anda banyak pelanggan potensial dari mana saja.

Cara Penggunaan WhatsApp Business untuk Tingkatkan Penjualan

Seperti yang sudah kita ketahui, dengan menggunakan WhatsApp (WA) Business API hubungan pelanggan dan perusahaan Anda lebih terjalin optimal. Dengan begitu, penjualan bisnis Anda semakin meningkat.

Namun, hanya dengan menggunakan WA Business API saja tidaklah cukup. Diperlukan teknik atau strategi agar penggunaannya maksimal dan berpengaruh pada jumlah penjualan Anda. Nah, bagaimana cara penggunaan WA Business API agar Anda bisa menghasilkan closing terus-menerus?

Daftar Centang Hijau WhatsApp Barantum

1. Dapatkan list kontak sebanyak mungkin

Buatlah list kontak untuk melakukan promosi. Tentunya, kontak pelanggan harus sesuai dengan target pasar Anda. Semakin banyak kontak pelanggan yang Anda miliki, semakin besar peluang untuk cepat closing.

Alih-alih Anda menyimpan satu per satu kontak pelanggan Anda dan menghubungi mereka. Kini Anda bisa menggunakan CRM untuk membantu mendata dan berkomunikasi pada pelanggan Anda dengan mudah. Pemakaian CRM, seperti Barantum, membantu Anda untuk mengirimkan pesan hanya dengan satu kali klik ke semua pelanggan. Anda pun dapat menyesuaikan pelanggan mana yang ingin Anda hubungi.

2. Buat rencana dan target

rencana penjualan whatsapp business api

Sales yang profesional penting memiliki rencana penjualan. Hal itu meningkatkan potensi closing lebih besar. Tanpa perencanaan, tim sales Anda akan bingung melaksanakan tugasnya. Oleh  karena itu, dengan bantuan WA Business API Anda bisa mencoba membuat rencana dan target.

Buat perencanaan dan target rutin. Misalnya per minggu ataupun per bulan. Anda pun bisa melihat seberapa banyak pelanggan yang memberikan atensi terhadap perusahaan Anda.

3. Tingkatkan jumlah list kontak WA Anda

Jumlah list kontang WA sangat berpengaruh pada potensi closing Anda. Pasalnya, semakin banyak jumlah list kontak WA Anda, semakin besar potensi pembelian di bisnis Anda. Contohnya jika list WA Anda terdapat 500 daftar kontak. Maka, cobalah kembangkan menjadi minimal 2.000 – 3.000 list kontak. Kontak pelanggan bisa Anda dapatkan dari media sosial lain atau grup-grup WA yang Anda ikuti sesuai dengan sasaran target pasar.

4. Fokus ke konten edukasi

whatsapp business api konten edukasi

Konten edukasi ini bisa dijadikan magnet untuk menarik pelanggan. Anda bisa membuat berbagai konten edukasi sesuai dengan jenis bisnis Anda. Misalnya, bisnis Anda adalah kedai kopi. Anda bisa membuat konten tentang manfaatt minum kopi, jenis-jenis kopi, dll.

Dengan begitu, pelanggan Anda akan penasaran dengan produk Anda. Jadi, konten edukasi ini adalah trik yang paling mudah agar calon target Anda bisa tetap dalam lingkaran Anda.

5. Memiliki manajemen kontak

Manajemen kontak WA perlu diperhatikan. Jangan sampai banyaknya kontak yang Anda miliki membuat telepon genggam Anda menjadi lemot. Selain itu, pentingnya manajemen kontak disebabkan untuk mempermudah menghubungi pelanggan Anda.

Mungkin saat list kontak masih 500 itu masih sedikit dan masih bisa di handle. Namun, jika  list kontak sudah mencapai ribuan, maka kontak tersebut perlu di maintenance agar  tidak hilang dan selalu ter-update.

6. Membuat broadcast secara periodik

Jangan melakukan broadcast tanpa tujuan  yang jelas, karena hasilnya bukannya optimalisasi order  tetapi justru membuat  list kontak anda menjadi  kurang respect. Cobalah dibuatkan planning yang jelas terutama pada saat  perusahaan melakukan promo-promo. Maka aktivitas broadcast chat WhatsApp menjadi terarah.

tingkatkan kepuasan pelanggan

7. Maksimalkan sistem closing sesuai kondisi target

Dengan banyaknya list kontak maka kita bisa golongkan mereka dalam 3 bagian besar target market. Dari mulai cold market, warm market hingga hot market. Sehingga kita bisa merencanakan marketing strategi dengan konten edukasi berdasarkan klasifikasi tersebut.

8. Buatlah sistem operasional WhatsApp

Whatsapp Business API memang sangat bagus untuk dijadikan media komunikasi bisnis. Oleh  karena itu cobalah untuk membuat mekanisme atau sistemisasi pengelolaan wa dari mulai sistem broadcast, sistem share konten, hingga masalah alur kerja funneling yang membuat semua aktivitas mengarah pada tujuan akhir yaitu closing.

9. Fokus pada hasil  yang maksimal

Semua progam marketing strategi memang sebaiknya menghasilkan target yang maksimal. Itulah kenapa, perlu juga memahami cara melakukan konversi bisnis yang baik. Sehingga pada akhirnya konsep alur kerja yang benar dari mulai : list kontak tersimpan, Edukasi target, share promo/teaser, calon buyer mulai muncul/ order mulai berdatangan dan akhirnya buyer secara continyu hadir  dan customer berubah menjadi ikon marketing perusahaan.

10. Ulangi terus semua tahapan

Semua tahapan mesti di lakukan terus menerus, karena keberhasilan itu tidak datang dengan mudah. Jadi tetap lakukan step by step sambil terus menambah jumlah list kontak.

Manfaat WhatsApp API Tingkatkan Penjualan Bisnis

1. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan

CRM Meningkatkan Penjualan Sales

Digabungkan dengan layanan yang lebih cepat, lebih langsung, dan lebih personal, WhatsApp dapat mendekatkan Anda dengan pelanggan, dan pada akhirnya menghasilkan konversi yang lebih besar. Dengan penggunaan WhatsApp API  memungkinkan Anda menjali hubungan baik dengan pelanggan. Anda yang menggunakan WhatsApp API secara otomatis meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan pelanggan.

Jika Anda baru pertama kali melakukan promosi pada pelanggan Anda melalui WhatsApp API, adanya centang hijau menambah kemungkinan pelanggan Anda membuka pesan. Secara otomatis, kepercayaan pelanggan berpengaruh pada peningkatan penjualan Anda. Semakin banyak pelanggan yang percaya, semakin banyak penjualan yang dilakukan.

2. Komunikasi interaktif

komunikasi interaktif whatsapp business api

Di dalam WhatsApp terdapat berbagai fitur interaktif yang dapat digunakan. Misalnya, Anda bisa melakukan komunikasi yang interaktif dengan pelanggan melalui pesan yang berisi gambar, audio, video, dokumen, hingga share live location. Hal ini memungkinkan staf Anda bisa lebih luas melakukan promosi ataupun penjualan terhadap pelanggan Anda dengan media yang menarik.

Di sisi lain, kebutuhan pelanggan Anda pun dapat direspons secara real time oleh tim support perusahaan Anda. Oleh sebab itu, pelanggan tidak perlu menunggu waktu lama. Jika pelanggan menunggu dalam waktu lama, memungkinkan mereka bertanya pada perusahaan lain yang merespons lebih cepat. Alhasil, penjualan gagal perusahaan Anda dapatkan.

3. Sebagai saluran komunikasi yang mudah dan praktis

saluran komunikasi praktis whatsapp business api

WhatsApp memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan di saluran yang sudahmereka gunakan. Kebanyakan orang memeriksa pesan mereka beberapa kali sehari yang menjadikan WhatsApp cara termudah dan paling nyaman bagi mereka untuk berhubungan dengan bisnis.

Pelanggan Anda juga tidak perlu memeriksa email mereka terus-menerus untuk mendapatkan pembaruan tentang pesanan/permintaan mereka. Di sisi lain, Anda dan pelanggan Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dari WhatsApp API. Sistem ini dilengkapi sistem enkripsi end-to-end dan two-factor authentication (2FA) yang menjamin keamanan percakapan, baik bagi bisnis maupun pelanggan.

4. Mudah diitegrasi

CRM Meningkatkan Penjualan Sales

Tidak perlu khawatir dengan keamanan dari WhatsApp Business API. Sistem ini dilengkapi sistem enkripsi end-to-end dan two-factor authentication (2FA) yang menjamin keamanan percakapan, baik bagi bisnis maupun pelanggan. Dengan adanya sistem tersebut dapat mengurangi adanya kemungkinan kebocoran data pelanggan maupun penipuan.

Di sisi lain WhatsApp Business API, seperti penggunaan Barantum Omnichannel, mampu mengintegrasikan satu aplikasi dengan aplikasi lain. Hal ini memungkinkan staf Anda melihat pesan dari satu halaman saja.

Tentu hal itu menjadi nilai plus dalam pekerjaan staf Anda. Kemungkinan pesan pelanggan yang terlewatkan kecil. Staf Anda pun mudah melihat berbagai riwayat chat dari beragam aplikasi. Dengan demikian, pekerjaan mereka lebih efisien. Staf Anda pun bisa menangani lebih banyak pelanggan dan menawarkan produk.

Baca juga: CRM & WhatsApp Business API: Paduan Alat Penjualan Sempurna

5. Dapat mengirimkan pesan blast

Keuntungan lainnya, yaitu mampu mengirimkan pesan blast. Pesan blast ini bisa terkirim ke kontak yang telah tersimpan. Oleh sebab itu, staf Anda tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk mengirimkan promosi, diskon, ataupun penawaran produk kepada pelanggan.

Pengiriman pesan yang tak terbatas secara bersamaan membuat waktu kerja staf perusahaan Anda lebih efisien.

6. Otomatis menyingkronkan kontak dan riwayat chat

CRM omzet

Tiap berkomunikasi dengan pelanggan, WhatsApp Business API  secara otomati menyimpan data dan riwayat chat. Berbeda dengan WhatsApp biasa ataupun WhatsApp business yang harus menyingkronkannya secara manual.

Hal ini mengecilkan risiko hilangnya riwayat percakapan pelanggan. Staf Anda yang membutuhkan bukti percakapan pelanggan pun mudah mencari dan menunjukkan bukti riwayat chat.

7. Kontak perusahaan Anda mendapatkan centang hijau

Centang hijau ini secara tidak langsung meningkatkan kepercayaan pada masyarakan yang menerima pesan dari perusahaan Anda. Sudah menjadi hal umum bahwa ada oknum-oknum tertentu yang mengatasnamakan orang pribadi atau perusahaan untuk keuntungannya. Namun, dengan sistem ini, pelanggan Anda tidak perlu khawatir dan curiga terhadap pesan yang masuk ke WhatsApp mereka.

Dengan begitu pelanggan Anda lebih percaya bahwa pesan yang dikirimkan benar dari perusaaan Anda, bukan dari oknum penipuan.

Dapatkan WhatsApp Business API Dari Mitra Resmi

Daftar Centang Hijau WhatsApp Barantum

Pemasangann WhatsApp Business API (WABA) membutuhkan mitra resmi WhatsApp. Sebagai mitra resmi WhatsApp, Barantum akan membantu Anda memasangnya tanpa waktu yang lama.

Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari WABA, salah satunya adalah centang hijau pada akun WhatsApp. Centang hijau ini akan membangun kredibilitas Anda di mata audiens. Sehingga mereka akan mempercayai bisnis Anda dan berani melakukan komunikasi serta bertransaksi dengan Anda.

Tertarik untuk memanfaatkan WhatsApp Business untuk pengiriman pesan yang cepat, aman, dan berharga dengan pelanggan Anda? Jadwalkan demo Anda sekarang juga kunjungi barantum.com. Anda pun bisa berdiksusi langsung tentang kebutuhan bisnis Anda bersama tim profesional Barantum di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".