CRM Yang Tepat Buat Penjualan Bisnis Makin Meningkat

Apa rekomendasi CRM yang bisa menjadi pilihan untuk bisnis? Terdapat berbagai sistem CRM. Namun, Anda perlu memilih CRM yang tepat untuk mengoptimalkan bisnis Anda. Oleh sebab itu, berikut rekomendasi CRM untuk bisnis Anda.

CRM atau Customer Relationship Management sederhananya merupakan sebuah software yang mengelola hubungan dengan pelanggan. Software ini memadukan proses antara manusia dan teknologi. CRM mengumpulkan semua data pelanggan, kemudian merekam aktivitas tim penjualan dalam berhubungan dengan pelanggan.

Dalam prosesnya, sistem CRM membantu menarik prospek, mengonversi mereka menjadi pelanggan, menjadikan mereka pelanggan yang loyal,serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Mengapa bisnis membutuhkan CRM dan apa manfaatnya?

Fungsi utama CRM adalah membina hubungan pelanggan dengan perusahaan atau agar terciptalah pengalaman pelanggan yang baik. Selain itu, CRM juga meningkatkan retensi pelanggan, dalam hal ini adalah peningkatan persentase pelanggan yang dapat dipertahankan. Pelanggan adalah aset jangka panjang sebuah bisnis. Oleh karena itu, dengan meningkatnya retensi pelanggan dan pengalaman pelanggan yang baik, tentu akan meningkatkan pendapatan perusahaan. Apa itu saja manfaat CRM bagi sebuah bisnis? Simak betapa bermanfaatnya CRM bagi keberlangsungan bisnis Anda.

1. Layanan pelanggan yang lebih baik

CRM mengelola semua kontak pelanggan Anda dan mengumpulkan informasi penting mereka, seperti demografi, catatan pembelian, dan pesanan sebelumnya di semua saluran. Informasi ini mudah diakses oleh siapa saja di perusahaan Anda yang membutuhkannya.

2. Meningkatkan penjualan

Alat CRM dapat membantu Anda merampingkan proses penjualan, membangun jalur penjualan, mengotomatiskan tugas-tugas utama, dan menganalisis semua data penjualan Anda di satu tempat terpusat, yang berpotensi meningkatkan penjualan dan produktivitas. Tim Anda dapat mengandalkan CRM dalam membangun proses penjualan.

3. Meningkatkan retensi pelanggan

Menggunakan CRM memberikan Anda informasi tentang pelanggan Anda untuk mendorong bisnis yang berulang. CRM akan memberikan analisis sentimen, tiket otomatis, otomatisasi dukungan pelanggan, dan pelacakan perilaku pengguna untuk membantu Anda menentukan masalah pelanggan dan dengan cepat mengatasinya.

4. Memberikan analisis secara terperinci

Memiliki banyak data tentang pelanggan Anda mungkin adalah hal yang merepotkan, tetapi Anda perlu tahu apa artinya dan bagaimana menggunakannya. Software CRM biasanya memiliki kemampuan analitik bawaan untuk mengontekstualisasikan data, memecahnya menjadi item yang dapat ditindaklanjuti, dan metrik yang mudah dipahami. Metrik seperti rasio klik-tayang, rasio bounce, dan informasi demografis memungkinkan Anda menilai keberhasilan kampanye pemasaran dan mengoptimalkannya.

5. Produktivitas dan efisiensi yang lebih tinggi

Software CRM menggunakan teknologi otomatisasi pemasaran, yang mempercepat tugas-tugas kasar dan membebaskan waktu karyawan Anda untuk fokus pada pekerjaan yang hanya dapat ditangani oleh manusia, seperti membuat konten. Hal ini juga dapat memastikan bahwa tidak ada tugas yang lolos (misalnya, semua email penting selalu dikirim ke orang yang tepat). Selain itu, CRM dapat menunjukkan dasbor tentang cara kerja proses bisnis Anda dan di mana alur kerja Anda dapat ditingkatkan.

6. Memberikan database terpusat

Hal lainnya yang terbaik dari software CRM adalah menyediakan database terpusat dengan semua informasi tentang pelanggan Anda, membuatnya mudah diakses oleh siapa saja yang membutuhkannya. Ini memudahkan tim penjualan untuk melihat produk apa yang pelanggan tertentu minati, misalnya. Jika pelanggan sebelumnya telah berinteraksi dengan perusahaan, CRM akan menyertakan catatan interaksi tersebut, yang dapat menginformasikan upaya pemasaran dan promosi penjualan di masa mendatang. Ini menghemat waktu karyawan Anda untuk menggali file dan catatan lama, dan itu membuat pengalaman yang lebih baik dan lebih produktif bagi pelanggan.

7. Komunikasi dengan prospek terkelola

Pemeliharaan prosek bisa menjadi proses yang sulit dan rumit, dengan banyak langkah dan kesempatan untuk berkomunikasi. CRM secara otomatis mengelola proses, mengirimkan peringatan kepada karyawan Anda saat mereka harus menjangkau calon pelanggan dan melacak setiap interaksi, dari email hingga panggilan telepon.

8. Prediksi penjualan yang lebih akurat

Dalam operasi bisnis apa pun, Anda harus dapat meninjau kinerja masa lalu Anda dan merencanakan masa depan secara strategis. Dengan menggunakan laporan penjualan otomatis dalam perangkat lunak CRM, Anda dapat mengidentifikasi tren utama dan mendapatkan gambaran tentang apa yang diharapkan dari kinerja siklus penjualan Anda di masa mendatang, sambil menyesuaikan sasaran dan metrik agar sesuai dengan proyeksi tersebut.

9. Komunikasi internal yang efisien

Selain memfasilitasi komunikasi antara bisnis Anda dan pelanggan Anda, CRM dapat memudahkan karyawan Anda untuk berkomunikasi satu sama lain. CRM memudahkan untuk melihat bagaimana karyawan lain berbicara dengan calon pelanggan, yang membantu tim Anda mempertahankan suara merek yang terpadu. Ini juga memungkinkan anggota tim untuk saling mengirim catatan atau peringatan, menandai satu sama lain pada proyek, dan mengirim pesan dan email, semuanya dalam satu sistem.

10. Segmentasi pelanggan

Daftar ratusan kontak bisa sangat berat dan berlebihan. Misalnya, bagaimana Anda tahu pelanggan mana yang ingin melihat email Anda tentang produk baru di toko Anda? CRM akan secara otomatis mengelompokkan daftar kontak Anda berdasarkan kriteria Anda, sehingga mudah untuk menemukan orang yang ingin Anda hubungi pada waktu tertentu. Anda dapat mengurutkan kontak berdasarkan lokasi, jenis kelamin, usia, tahap pembelian, dan lainnya.

11. Otomatisasi laporan penjualan

Tim Anda dapat dengan mudah mengumpulkan dan mengatur data prospek dan pelanggan saat ini menggunakan fitur pelaporan dan dasbor perangkat lunak CRM. Fitur ini memungkinkan karyawan untuk mengotomatisasi dan mengelola saluran dan proses mereka. CRM juga dapat membantu anggota tim Anda mengevaluasi kinerja mereka, melacak kuota dan sasaran mereka, dan memeriksa kemajuan mereka di setiap proyek mereka.

Bagaimana CRM bekerja untuk bisnis Anda?

Software CRM bekerja untuk siapa saja; manajer, tim penjualan, tim pemasaran, perekrutan, layanan pelanggan, dan seluruh tim dalam bisnis Anda. CRM mengatur komunikasi internal perusahaan juga eksternal (terhadap pelanggan), koordinasi antar tim, otomatisasi dan manajemen tugas, pemantauan KPI, dan sebagainya.

Selain itu, CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi kontak pelanggan dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan, dan mengelola kampanye pemasaran. Juga membuat informasi tentang setiap interaksi pelanggan yang tersedia bagi siapa saja di perusahaan Anda yang mungkin membutuhkannya.

Ada berbagai macam aplikasi CRM untuk berbagai keperluan bisnis Anda. Namun kami telah merangkum rekomendasi CRM untuk pilihan bisnis Anda.

1. Barantum CRM

Rekomendasi CRM yang pertama, yaitu Barantum CRM.  Barantum CRM Merupakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia dengan berbagai fitur canggih dan modern untuk keperluan bisnis Anda. Tak hanya memudahkan Anda dalam proses penjualan, Barantum juga membantu Anda dalam meningkatkan pengalaman pelanggan serta layanan lainnya. Adapun produk dan solusi Barantum adalah sebagai berikut:

  • CRM Sales: Aplikasi crm untuk memudahkan bisnis dalam mengatur dan otomatisasi proses penjualan, memantau, laporan penjualan KPI tim sales dan tiap progress aktivitasnya secara real time.
  • Call Center: Sistem panggilan telepon untuk mengotomatisasi layanan pelanggan hingga memantau kinerja tim.
  • Customer Service: Membantu tim customer service dalam melayani keluhan pelanggan melalui sistem ticketing, melacak keluhan tersebut serta interaksi tim dengan pelanggan.
  • Omnichannel chat integration: Aplikasi chat omni channels untuk mengelola komunikasi dan keluhan pelanggan dari berbagai saluran atau platform seperti WhatsApp, Line, Telegram, dan Facebook dalam satu halaman yang saling terintegrasi.
  • Live GPS: fitur GPS yang memberikan titik lokasi secara real-time (waktu nyata).
  • Real-time report: buat laporan kerja harian individu secara real-time di mana saja dan kapan saja.
  • Mobile application: CRM Barantum tersedia dalam versi mobile untuk lancarkan aktivitas lapangan Anda.
  • Customizable Dashboard: tampilan dashboard yang dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pantau KPI & manajemen tugas: memiliki fitur KPI tracking untuk setiap individu yang dapat diatur dan dimodifikasi, serta fitur pengatur tugas.
  • Otomatisasi data: seluruh data pelanggan akan secara otomatis disimpan oleh sistem secara terperinci dan lengkap.

Selain unggul dengan produk dan solusi yang dimilikinya, CRM Barantum juga merupakan partner resmi dari WhatsApp Business API (WABA). Jadi, Anda dapat mengintegrasikan WABA pada CRM Barantum untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Harga yang kompetitif serta terjangkau di pasaran membuat CRM Barantum adalah pilihan yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

2. SalesForce CRM

Aplikasi CRM berbasis cloud yang berkantor pusat di San Fransisco, berfokus pada layanan pelanggan, otomatisasi pemasaran, analitik, serta pengembangan aplikasi. Fitur-fitur SalesForce adalah sebagai berikut:

  • Sales Cloud: Untuk memaksimalkan penjualan, meningkatkan pendapatan, produktivitas dan visibilitas dalam bisnis
  • Marketing Cloud: Dapat memantau kampanye marketing dan orang-orang yang berpartisipasi dalam kampanye tersebut
  • Services Cloud: Layanan pelanggan sehingga menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan
  • Sales Platform dan App Exchanger: Mendapat informasi real time mengenai pelanggan dan penjualan
  • Salesforce Chatter: Dapat membuat kolaborasi dalam tim tanpa batas

3. Pipedrive CRM

Aplikasi Pipedrive CRM merupakan perusahaan yang menawarkan software berbasis cloud yang berfokus pada aplikasi customer relationship management. Pipedrive berkantor di Estonia,USA, Florida, Portugal, Inggris Raya, dan  Republik Ceko. Sayangnya aplikasi ini tidak memiliki versi gratis, namun mereka menawarkan uji coba gratis.

Fitur-fitur pada aplikasi CRM Pipedrive adalah:

  • Manajemen Leads dan Penjualan
  • Pelacakan Komunikasi
  • Memiliki sistem otomatisasi
  • Pelaporan dan wawasan bisnis
  • Privasi dan keamanan pada aplikasi
  • Akses Mobile Apps

4. SAP CRM

Merupakan aplikasi CRM terbaik buatan SAP SE yang pada awalnya merupakan sebuah software lokal yang terintegrasi dalam menangani CRM pada bagian pemasaran, penjualan, dan pelayanan bagi perusahaan skala menengah dan skala besar di semua sektor dan industri. Aplikasi ini berkembang menjadi sebuah software  untuk menjalankan proses bisni sesuai kebutuhan.

Berikut adalah fitur-fitur SAP CRM:

  • Dukungan bisnis yang berfokus pada pelanggan (pemasaran, penjualan, dan pelayanan)
  • Memiliki gambaran sales funnel melalui berbagai channel
  • Menyajikan data analitik untuk pelaporan dan pengambilan keputusan
  • Menyimpan semua data ke dalam cloud
  • Otomatisasi sales dan marketing
  • Pelacakan penjualan dan forecasting

Dapatkan CRM Terbaik Untuk Bisnis Anda

Kini Anda sudah mengetahui rekomendasi CRM untuk bisnis Anda. Nah, jika Anda mencari CRM yang cocok untuk berbagai jenis bisnis; dari UMKM hingga bisnis besar, maka CRM Barantum adalah jawabannya.

Barantum menyediakan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan sebagian besar bisnis, sehingga Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Semuanya hanya membutuhkan satu solusi melalui satu platform saja. Hal ini tentu menghemat biaya dan waktu Anda, serta meningkatkan produktivitas tim Anda.

crm terbaik indonesia

Rekomendasi Artikel

  1. Apa Itu CRM? (Customer Relationship Management)? Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya
  2. Tips Membangun Omnichannel Customer Experience
  3. Apa Itu Personalisasi Omnichannel dan Apa Manfaatnya
  4. Manfaat Strategi Marketing Omnichannel
  5. Apa Itu Retensi Pelanggan dan Cara Meningkatkannya?
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang