Tanda Tanda Perusahaan Anda Butuh CRM

Aplikasi CRM Terbaik Dalam Memenuhi Kebutuhan Perusahaan di Indonesia

 

Sebagian besar perusahaan di Indonesia percaya bahwa layanan pelanggan merupakan bagian integral dari kesuksesan mereka. Tetapi disaat yang bersamaan, sementara mereka paham tentang pentingnya layanan pelanggan, mereka juga paham bahwa memenuhi kebutuhan pelanggan adalah tantangan yang paling besar.

Dan untuk menghadapinya biasanya kita akan sangat bergantung pada Analisa manual menggunakan alat tulis, dan pikiran kita. Memori kita bisa memudar lebih cepat apalagi kita juga menghadapi banyak hal dalam keseharian kita. Kita biasa lupa dimana kita meletakan dokumen kita, atau lupa dimana rekan satu tim kita mencatat progress atau detail penting tentang pelanggan.

Solusinya sederhana – yaitu menggunakan teknologi. Ini akan membuat hidup lebih mudah bagi Perusahaan atau Organisasi Anda dan pada saat yang sama, dapat melipatgandakan produktivitasnya.

 

Kebanyakan orang menyamakan teknologi dengan smartphone, kenyataannya lebih dari hanya sekedar smartphone. Teknologi yang dapat mengatasi semua stress Anda adalah sistem software Customer Relationship Management (CRM).

 

Apa itu CRM?

aplikasi crm terbaik

 

CRM adalah strategi untuk mengelola hubungan organisasi Anda dengan pelanggan dan prospek. Dengan software CRM akan memungkinkan Anda untuk tetap terhubung dengan mereka, menambah penjualan dan mempermudah proses aftersales, serta meningkatkan profitabilitas.

 

Tujuan CRM ?  sederhana – yaitu meningkatkan kinerja bisnis.

 

Anda pasti sangat mengetahui tantangan yang Anda hadapi, terkait bagaimana dapat berinteraksi dengan waktu yang tepat untuk berhubungan dengan pelanggan. Tetapi saya yakin pertanyaan dalam pikiran Anda saat ini adalah, “Apakah saya memerlukan CRM?”

Bagian selanjutnya dari artikel ini akan menjawab pertanyaan anda.

Tiga aspek penting untuk kesuksesan organisasi Anda adalah:

 

  • Detil pelanggan
  • Manajemen penjualan
  • Aftersales support

Mari kita bahas skenario umum pada masing-masing aspek.

 

Detil pelanggan:

 

Skenario 1:

Anda tidak memiliki database pelanggan yang terpusat  dan semua detail pelanggan tersebar di ponsel Anda dan tim sales Anda, atau mungkin lembaran sheet Excel

Skenario 2:

Salah satu orang Anda menginginkan detail kontak pelanggan. Karena dia tidak dapat menemukannya, dia bertanya tentang hal tersebut. Dan Anda tidak yakin apakah detail itu relevan karena Anda merasa sudah memperbaruinya dua tahun yang lalu.

 

Jika organisasi Anda kehilangan basis data pelanggan yang dapat digunakan, itu adalah tanda bahwa Anda memerlukan sistem CRM. Ini mungkin tampak seperti masalah kecil saat ini, tapi akan memiliki dampak besar dalam jangka panjang.

Sistem Software CRM akan menyimpan semua rincian penting dari pelanggan Anda dalam satu lokasi. Bukan hanya nomor kontak, tetapi juga apa yang mereka beli dan kapan, berapa banyak interaksi yang mereka miliki dengan Anda, dan seterusnya.

 

Jika Anda menggunakan Software CRM berbasis cloud, contohnya seperti sistem CRM yang dibuat oleh perusahaan Barantum. Tim Anda dapat mengaksesnya bahkan pada saat bepergian dimanapun dan kapanpun.

 

Manajemen penjualan

 

Skenario 1:

Anda telah menugaskan tim marketing anda untuk menghasilkan prospek. Setiap minggu mereka mengirimkan banyak data calon pelanggan, tetapi Anda tidak tahu apakah tim sales Anda memfollow up hasil tersebut. Anda juga tidak tahu berapa lama setiap sales membutuhkan waktu untuk membuat penjualan, atau apakah data prospek tersebut relevan untuk produk Anda.

 

Skenario 2:

Untuk jangka waktu yang lama sudah tidak ada sales yang menghubungi pelanggan atau prospek. Tapi seketika mereka menerima panggilan dari tiga sales anda dalam satu hari. Pelanggan tersebut kemungkinan akan marah dan anda mendapat reputasi buruk di mata mereka.

Jika skenario ini umum terjadi di organisasi Anda. Anda sudah mengeluarkan uang banyak untuk strategi pemasaran dan membayar tenaga kerja penjualan dan lebih buruk lagi bahkan tenaga sales anda sama sekali tidak berinteraksi dengan mereka. Lalu Anda bertanya-tanya mengapa penjualan turun? Itu menandakan perusahaan anda butuh CRM.

 

Ketika Anda menggunakan sistem CRM, tim sales anda akan memperbarui status rapat mereka di dalamnya. Anda dapat menggunakan status ini untuk melacak kemajuan progress mereka.

 

Aftersales Service

 

Skenario 1:

Pelanggan yang marah menghubungi Anda karena masalahnya belum ditanggapi selama lebih dari seminggu. Saat Anda menyampaikan masalah ini dengan tim support Anda, mereka mengklaim telah menyelesaikannya.

Skenario 2:

Tim support anda memberikan solusi pemecahan masalah untuk pelanggan, yang berbeda dari apa yang di kemukakan sebelumnya. Dan Anda tidak bisa mengetahui siapa yang benar – tim Anda atau pelanggan.

Ini sering terjadi karena kurangnya kejelasan dalam dokumentasi dan pemahaman. Ini melibatkan pengerjaan ulang, pemborosan waktu, dan menghilangkan potensi pelanggan.

 

Sistem CRM adalah alat yang dapat kita gunakan sebagai Manajemen Hubungan Pelanggan. Ini berarti tidak hanya tentang peningkatan penjualan. Dengan sistem ini akan memungkinkan Anda untuk menambah dukungan dan melacak status Pelanggan Anda.

 

Jika tim support Anda melewatkan tenggat waktu untuk menyelesaikan masalah, sistem akan mengirimi Anda email atau sms pemberitahuan. Ini akan membuat Anda dapat mengambil tindakan sebelum masalah menjadi besar. Ini juga membuat tim support Anda lebih bertanggung jawab karena Anda dapat melacak keefektifannya.

Baca juga artikel tentang 10 Alasan Sales Butuh CRM

 

Kesimpulan

aplikasi crm terbaik indonesia

Sistem CRM akan memberikan transparansi dan mengurangi ambiguitas. Menggunakannya dengan cara yang benar akan menghilangkan rutinitas untuk melakukan daftar pengecekan dalam memantau kinerja. Dengan menerapkan sistem CRM yang di buat oleh Barantum anda akan lebih mudah melacak efisiensi dan efektivitas orang-orang Anda. Semua ini mengarah pada peningkatan produktivitas dan pendapatan.

In this article

Join the Conversation

nineteen − seventeen =