Apa Target Marketing Dapat Dilakukan Sales Lapangan?

Target marketing dapat dilakukan oleh sales lapangan untuk membantu meningkatkan penjualan yang optimal. Target marketing merupakan salah satu cara untuk membuat rencana pencapaian perusahaan. Dalam mencapai hal tersebut, tentu diperlukan kerja sama dan kolaborasi antar tim, tidak terkecuali tim sales lapangan.

Sales lapangan menjadi salah satu bagian marketing yang membantu meningkatkan penjualan dengan bertemu langsung dengan pelanggan. Oleh sebab itu, diperlukan strategi marketing yang tepat untuk memaksimalkan penjualan yang didapatkan oleh sales lapangan.

Berhadapan langsung dengan pelanggan bukanlah hal yang mudah. Mereka memiliki karakter dan sifat beragam. Sehingga sales lapangan perlu mengetahui cara berhadapan dengan pelanggan yang memiliki karakter berbeda. Selain itu, sales lapangan pun perlu memiliki skill atau kemampuan lainnya dalam berhadapan dengan pelanggan. Apa sajakah itu?

Kemampuan yang Diperlukan Sales Lapangan

– Berkomunikasi dengan baik

Komunikasi merupakan hal yang penting untuk sales lapangan. Tanpa adanya komunikasi yang baik, penjualan pun menjadi tidak optimal. Pada dasarnya komunikasi yang baik tidak hanya dilakukan saat bertatap muka saja. Namun, komunikasi secara tidak langsung baik dalam telepon ataupun pesan. Dalam membantu komunikasi sales lebih baik, Anda bisa menggunakan sistem CRM.

Sistem CRM, seperti Barantum CRM, dapat membantu komunikasi sales Anda lebih baik sehingga hubungan dengan pelanggan pun meningkat.

– Tepat janji dan disiplin

Seorang sales lapangan memang bertugas untuk menarik perhatian calon pelanggan agar mau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Namun, sebaiknya Anda tidak memberikan janji yang berlebihan.

Tidak hanya itu, pastikan janji yang Anda berikan kepada pelanggan terpenuhi. Hal tersebut agar Anda tidak kehilangan kepercayaan pelanggan. Hilangnya kepercayaan pelanggan akan berdampak buruk bagi penjualan perusahaan.

Jika sales lapangan telah menetapkan janji temu dengan pelanggan, pastikan Anda selalu datang tepat waktu dan disiplin.

– Memberikan pelayanan terbaik

Seorang sales lapangan perlu mengetahui kebutuhan pelanggan dengan baik.  Oleh sebab itu, Anda sebaagi sales lapangan pastikan untuk memberikan pelayanan terbaik. Dengan memastikan apa yang diperlukan dan dibutuhkan oleh pelanggan Anda.

Meskipun pelanggan Anda memiliki karakter yang berbeda-beda, selalu perlakukan pelanggan Anda dengan perilaku yang baik dan maksimal. Untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, bisa dibantu dengan penggunaan CRM. Mengapa? Karena tiap aktivitas pelanggan Anda dapat terekam, baik riwayat chat, pembelian, maupun aktivitas pencarian pada produk Anda.

CTA Barantum

– Mampu menarik perhatian

Penting bagi seorang sales lapangan untuk mendapatkan calon pelanggan dengan usaha dan pelananan terbaik. Dengan begitu, Anda dapat meninggalkan kesan pada pelanggan.

Tentunya kesan yang ditinggalkan adalah kesan yang positif. Jika Anda sudah berhasil meninggalkan kesan yang positif, maka pelanggan tersebut akan terus kepercayaan pada Anda. Selain itu, memungkinkan mereka melakukan pembelian berulang kali (repeat order).

– Lakukan promosi sewajarnya

Promosi yang sewajarnya perlu dilakukan. Pada umumnya, masyarakat pintar untuk mengetahui mana yang terkesan bohong dan asli. Oleh sebab itu, jika Anda melakukan promosi secara berlebihan, memungkinkan mereka tidak percaya.

Misalnya, saat sales lapangan mengatakan produk kecantikan berbentuk krim yang dijualnya mampun memutihkan kulit dalam waktu 12 jam. Tentu hal itu terkesan hanya iming-iming belakang yang tidak wajar.

– Memiliki etika

Etika penting untuk dimiliki tiap orang. Sales lapangan perlu mengetahui kapan dia bisa melakukan promosi ataupun tidak. Jangan sampai, pelanggan merasa risih karena aktivitas mereka terganggu. Terlebih jika ada keperluan yang mendesak.

Seseorang yang memiliki etika, pasti mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menawarkan produk/jsasa kepada pelanggan. Selain itu, mereka pun memperhatikan tutur katanya. Sehingga sales lapangan terlihat sopan dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

Memiliki etika yang baik berarti tau bagaimana caranya berperilaku yang baik sesuai dengan ketentuan norma sosial. Dan memiliki sopan santun, berarti mampu berkomunikasi secara sopan dan tidak menyakiti perasaan orang lain. Kedua hal tersebut wajib Anda perhatikan ketika membangun hubungan dengan pelanggan.

– Dapat menganalisa dan memahami keinginan pelanggan

Tidak semua orang mampu membaca karakter seseorang. Anda akan dapat menjadi lebih mudah dalam melakukan pendekatan dan mengeksekusi strategi promosi terbaik yang akan diterapkan kepada seorang pelanggan.

Sebagai contoh, Anda ingin menawarkan produk digital banking kepada orang-orang yang berkunjung di sebuah pusat perbelanjaan. Agar target Anda tepat sasaran, Anda perlu melihat terlebih dahulu apakah kira-kira orang yang ingin Anda datangi sesuai dengan target pasar produk digital banking tersebut. Jika sudah sesuai, Anda dapat melakukan pendekatan secara perlahan dan menjelaskan keunggulan dari produk tersebut yang sekiranya dapat memenuhi kebutuhan dari sasaran Anda.

Baca juga: Beberapa Trik Manfaatkan Fitur Sales CRM Barantum

Target Marketing yang Dapat Dilakukan Sales Lapangan

1. Melakukan analisa target penjualan produk 

Ada beberapa hal penting  yang harus dianalisa untuk mencapai target, antara lain memastikan breakdown per outlet terlebih dahulu. Apabila target belum mencapai, itu artinya anda memperoleh total target penjualan dalam satu gelondong atau periode. Jadi, lakukan breakdown setiap periode penjualan.

Agar lebih mudah, Anda buat saja data item produk berdasarkan riwayatnya. Tekan item produk per minggunya.

CTA Barantum

2. Konsentrasi pada rata-rata pareto

Anda perlu berfokus pada rata-rata kejadian penjualan dalam kurun waktu tertentu. Setiap target, anda harus menghitung target rata-rata pada pareto outlet atau produk.

Pareto yang pertama biasanya melibatkan pengaturan drop size pada tim sales yang bertujuan menghabiskan periode barang di akhir. Kedua, pareto yang mengutamakan pada peningkatan promo.

3. Memberikan program promo khusus pada mitra 

Agar mitra bisnis bisa melihat produk Anda secara langsung, mengadakan event dan pameran merupakan solusi terpenting. Ini menjadi salah satu tanggung jawab seorang sales lapangan. Pamerkan semua jenis produk dan promo dalam event atau pameran.

Apabila produk yang Anda jalankan belum terlalu besar, tidak masalah. Anda bisa membuka lapak sederhana dengan menyewa tempat satu hari aja yang dirasa ramai.

4. Membuat list target mitra bisnis supaya target lebih tepat sasaran

Tanggung jawab seorang sales lapangan yang selanjutnya adalah membuat list target yang sesuai dengan target yang dituju. Untuk menggandeng lebih banyak mitra bisnis, anda perlu membuat jadwal target mitra. Dengan begitu, anda bisa mengembangkan strategi sales secara meluas.

Tidak sulit mencari mitra-mitra ini. Anda bisa menggunakan aplikasi yang bisa andalkan untuk mencari mitra bisnis dengan fitur survei. Selain itu, anda juga bisa mencari jasa lain untuk mencari mitra bisnis.

5. Pastikan melakukan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya

Sebagai sales lapangan anda perlu tahu bahwa kewajiban seorang sales lapangan. Sales lapangan kini dapat dengan mudah mencatat seluruh aktivitas dengan menggunakan CRM. Terlebih kini ada CRM mobile untuk membantu aktivitas sales dan membuat aktivitas lebih terinci.

6. Menjaga hubungan baik dengan mitra bisnis

Hal terpenting adalah tetap menjaga hubungan baik dengan mitra bisnis. Selain menjaga kesopanan dalam membina hubungan dengan mitra, anda harus melakukan kerjasama sesuai dengan SOP yang berlaku. Setiap tugas dan kerjasama pasti memiliki sistem aturan sendiri-sendiri.

7. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Sales lapangan tingkatkan loyalitas pelanggan dengan CRM bukanlah hal yang mustahil. CRM memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan informasi dari seluruh titik kontak. Mulai dari web, call center, media sosial, hingga melalui sales lapangan.

Sales lapangan menggunakan metode pemasaran yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Dengan begitu, sales lapangan bisa melihat secara langsung karakter pelanggan. Pelanggan memiliki karakter yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, cara komunikasinya pun berbeda.

Inilah yang menjadi poin plus dari sales lapangan. Mereka yang dapat berkomunikasi sesuai dengan karakter pelanggan berdampak pada pelayanan pelanggan yang maksimal. Pelanggan yang merasa nyaman akan memicu loyalitas pelanggan tersebut. Alhasil, penjualan bisnis Anda pun semakin meningkat.

Hal tersebut bisa Anda dapatkan dari aplikasi CRM, seperti Barantum, yang tersedia aplikasi CRM mobile agar mudah diakses kapan saja dan dimana saja oleh tim sales lapangan.

Percepat Pencapaian Target Marketing dengan Memilih CRM yang Tepat

Dengan ratusan aplikasi CRM di pasaran, keputusan yang terbaik untuk bisnis Anda bisa sangat membingungkan. Untuk memastikan Anda mendapatkan yang terbaik dari CRM Anda, sebaiknya Anda tetap menggunakan aplikasi CRM profesional seperti Barantum CRM.

CTA Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".