Bangun Brand Awareness Menggunakan CRM

Membangun brand awareness adalah suatu langkah awal yang dilakukan oleh perusahaan dalam memperkenalkan brand atau merek dagang mereka kepada masyarakat. Brand awareness secara harfiah memiliki makna kesadaran akan sebuah merek. Artinya adalah, adanya rasa familiar atau rasa kenal masyarakat terhadap sebuah merek. Rasa kenal ini bisa juga meliputi logo dan  tagline yang mengikuti sebuah merek.

Membangun brand awareness adalah hal yang sangat penting dan utama dalam membangun bisnis agar berkelanjutan serta menjadi investasi jangka panjang. Selain itu, hal ini juga menciptakan kepercayaan pelanggan, memudahkan menjaring konsumen baru, meningkatkan brand equity (pengalaman dan impresi konsumen dalam menggunakan produk),serta mendorong konsumen menjadi loyal.

Customer Relationship Management atau CRM seperti yang telah kita ketahui adalah sebuah strategi untuk meningkatkan aktivitas bisnis serta menjaga relasi terhadap konsumen, sehingga pada akhirnya tercapailah peningkatan profit perusahaan. Berarti, CRM berhubungan dengan pelaku bisnis beserta timnya dan pelanggan.

Bagaimana CRM dapat meningkatkan brand awareness

Mungkin bagi sebagian perusahaan atau pemilik bisnis, masih awam akan fungsi menarik CRM yang satu ini. Seringnya, perusahaan atau pemilik bisnis menggunakan sosial media dalam memperkenalkan dan menjual produk atau jasa mereka. Kenyataannya, CRM membangun rasa kenal akan merek  dengan lebih baik dan lebih efisien. Caranya adalah dengan mengintegrasikan sosial media ke software  CRM, yang dikenal dengan nama social customer relationship management atau CRM. 

Sistem ini memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui media yang dipilih oleh mereka, seperti layanan chat, telepon, email, dan media sosial. Ini tentunya akan memberikan peningkatan pada customer service dan insight pelanggan.

Nah, agar mengetahui fungsi CRM yang menarik ini, simak caranya dalam membangun brand awareness untuk bisnis Anda!

Targeting

Bisnis Anda dapat mencapai pemasaran yang lebih terfokus dan terarah. CRM memberikan informasi tertentu tentang perilaku dan preferensi pelanggan, yang berarti Anda dapat mengambil tindakan yang lebih tepat untuk meningkatkan kesadaran prospek dan kepuasan pelanggan.

Konten yang dipersonalisasi

Sistem CRM memungkinkan Anda untuk mempersonalisasi konten yang ingin dikirim ke audiens yang ditargetkan. Anda dapat menyapa pelanggan dengan nama mereka, mengetahui terlebih dahulu perusahaan tempat mereka bekerja serta posisi apa yang mereka pegang, dan jenis layanan apa yang paling sesuai untuk mereka. Semua ini dapat membantu Anda dalam menyesuaikan konten, menarik perhatian pelanggan, dan membentuk seluruh komunikasi agar sesuai dengan target pasar tertentu. Hal ini dapat menciptakan tingkat respons yang lebih baik, persepsi merek yang lebih kuat, dan tentunya peningkatan pendapatan.

Sukseskan kampanye produk

Salah satu aspek terpenting dari pemasaran adalah mencari tahu kampanye mana yang berhasil dan mana yang tidak. Dengan sistem CRM, Anda dapat melakukan research ini dan menghilangkan semua dugaan dan pendapat yang tidak perlu. Setelah Anda mengetahui kampanye mana yang paling baik dan tepat untuk direalisasikan, Anda dapat mendaur ulang kampanye yang paling sukses untuk kontak dan audiens baru. Cara ini menyebabkan biaya pemasaran turun dan konversi meningkat!

CRM sosial dengan segudang manfaat dan fungsinya, tentu akan sangat membantu Anda dalam menjalankan bisnis dan memperkenalkan merek ke tengah masyarakat. Selain meningkatkan customer service dan insight pelanggan, CRM sosial juga memberikan banyak manfaat dalam membangun brand awareness, diantaranya adalah:

  • Bangun kehadiran merek yang kuat di media sosial.
  • Dengarkan pelanggan dan tanggapi komentar mereka saat mereka membutuhkan Anda.
  • Memantau umpan balik negatif dan menyelesaikan keluhan pelanggan secepat mungkin.
  • Menawarkan brand experience atau pengalaman merek yang baik.
  • Berkolaborasi dengan influencer dan tingkatkan kepercayaan merek.
  • Identifikasi saluran sosial yang sempurna untuk bisnis Anda.
  • Meningkatkan SEO.
  • Membangun hubungan yang lebih kuat dan lebih baik dengan pelanggan.

Setelah mengetahui cara kerja dan manfaat CRM sosial dalam membangun brand awareness, Anda sebagai pelaku bisnis juga perlu mengetahui elemen-elemennya yang berperan penting, agar semakin mantap dalam mencapai target yang diinginkan.

1. Pemasaran

Pemasaran pada CRM sosial melibatkan dialog satu per satu (one-on-one) dengan pelanggan Anda. Anda fokus pada membangun hubungan dengan mereka. Anda dapat menggunakan bantuan influencer untuk menjangkau lebih banyak orang yang benar-benar tertarik dengan produk Anda. Perlu diketahui, pilihlah influencer berdasarkan tingkat engagement mereka. Influencer dengan banyak pengikut belum tentu menghasilkan banyak engagement.

2. Penjualan

Penjualan pada media sosial akan memelihara prospek Anda daripada langsung menjual produk atau layanan kepada mereka. Tim penjualan Anda perlu banyak bersosialisasi untuk mempersingkat siklus penjualan dan meningkatkan produktivitas.

Setelah mengidentifikasi prospek, yang perlu dilakukan oleh tim penjualan Anda adalah ‘memelihara’ mereka sehingga mereka berubah menjadi pelanggan. Pengaturan waktu dalam memposting di media sosial juga perlu diperhatikan. Hal ini sangat penting dan Anda harus memiliki pemahaman tentang waktu terbaik untuk memposting di media sosial. 

3. Customer Support (dukungan pelanggan)

CRM sosial mengikuti praktik terbaik dalam menggunakan media sosial untuk dukungan pelanggan. CRM sosial akan melacak semua penyebutan merek Anda – baik itu positif maupun negatif – dan ditanggapi secepat mungkin. Terkadang, merek Anda mungkin tidak disebutkan secara langsung. Anda perlu melacak penyebutan tidak langsung ini dan mencari peluang untuk membantu konsumen.

4. Umpan Balik

CRM sosial memungkinkan Anda untuk mendapatkan umpan balik pelanggan secara real-time. Misalnya, Anda dapat mulai menerima umpan balik pelanggan segera setelah penjualan Anda dipublikasikan atau ditayangkan. Mention tools pada CRM sosial memainkan peran besar dalam melacak tanggapan pelanggan mengenai suatu merek. Anda dapat menggunakan alat ini untuk memilih saran pelanggan dan meningkatkan layanan atau produk Anda.

Kini, telah banyak tersedia berbagai cara atau strategi untuk membangun brand awareness. Menggunakan CRM bukanlah hal yang baru lagi dalam mewujudkannya. Penggunaan software CRM yang mudah, efisien, dan tepat sasaran, sudah pasti menjadi strategi andalan dan pilihan terbaik dalam menjalankan bisnis Anda. 

Yuk, bangun brand awareness mu bersama aplikasi CRM Barantum!

Daftar di sini sekarang juga dan dapatkan free trial selama 7 hari.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".