Barantum CRM cocok untuk berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia

Jika Anda menyangka bahwa CRM hanya untuk perusahaan besar saja, maka Anda salah. Bisnis kecil seperti UKM malah membutuhkan CRM agar bisnis bisa berkembang dengan cepat sehingga dapat bersaing dengan perusahaan besar. Namun, masih tidak sedikit pemilik usaha kecil beranggapan bahwa mereka belum membutuhkannya karena jumlah karyawan dan pelanggan mereka masih sedikit.

Seiring dengan pertumbuhan bisnis kecil, banyak hal yang mungkin berubah, termasuk jumlah anggota staf  dan jumlah pelanggan yang semakin bertambah.
Tidak hanya akan menjadi tidak mungkin untuk mengingat semua detail setiap pelanggan, tetapi Anda juga akan memiliki anggota staf yang belum pernah berurusan dengan pelanggan Anda yang sudah ada sebelumnya. Tanpa CRM, Anda akan mengalami kesulitan untuk memenuhi apa yang pelanggan harapkan dari Anda.

Baca juga: Kenali Pelanggan Anda Secara Mendalam Dengan CRM

CRM akan memungkinkan Anda untuk menyimpan setiap detail kecil tentang pelanggan Anda. CRM terintegrasi web dan proses penjualan dapat menarik informasi dari email dan interaksi situs web, membangun gambaran pelanggan Anda bahkan sebelum Anda berurusan dengan mereka secara langsung.

Setiap kali anggota tim penjualan Anda berbicara dengan pelanggan, mereka dapat merujuk informasi yang tersimpan dalam database CRM dan menambahkannya sesuai kebutuhan. Ini berarti bahwa pelanggan dapat berbicara dengan seseorang yang sudah mengetahui kebutuhan mereka (dan kemungkinan riwayat pembelian mereka). Tenaga penjual dapat berbicara dengan pelanggan dengan sedikit pengetahuan tentang apa yang mereka butuhkan. Ini jauh lebih mudah daripada memulai dari awal setiap waktu, mengurangi frustrasi pelanggan dan stres tenaga penjual.

aplikasi crm terbaik indonesia

CRM seperti apa yang bisnis kecil butuhkan?

Minimal yang dapat sebuah CRM simpan adalah nama dan detail kontak pelanggan, bersama dengan garis besar minat mereka. Namun, semakin banyak informasi yang dapat Anda kumpulkan, semakin baik. Mengapa demikian? Hal ini akan memberikan garis besar yang komprehensif tentang segala sesuatu tentang pelanggan.

Lebih baik lagi jika informasi ini dapat diotomatisasi. Ini berlaku dua arah, karena informasi yang Anda peroleh dari situs web dan tindakan email akan membantu tenaga penjualan. Tetapi panggilan dan email dapat secara otomatis diminta oleh CRM berdasarkan tindakan atau persyaratan pelanggan tertentu.

Lebih baik lagi adalah CRM yang mengidentifikasi potensi yang harus dibeli pelanggan. Akan ada indikator tertentu bahwa satu pelanggan lebih mungkin untuk membeli daripada yang lain. Hal ini Anda dapatkan dari cara bagaimana mereka awalnya menemukan Anda, atau cara mereka melihat-lihat situs web Anda. Mungkin seberapa sering mereka menelepon, atau topik yang mereka bicarakan – itu bervariasi dari bisnis ke bisnis.

Baca juga: Bagaimana CRM Mengatur Prospek (Calon Pembeli) Menjadi Pelanggan

Dengan mengonfigurasi CRM untuk mengidentifikasi faktor-faktor ini, setiap prospek dalam database Anda dapat diberi skor – semakin tinggi skornya, semakin besar kemungkinan orang tersebut menjadi pembeli Anda berikutnya. Tim penjualan dapat mengarah ke prospek dengan skor tinggi ini untuk mengerjakannya sebagai prioritas. Semakin sedikit waktu yang mereka butuhkan untuk menelepon, semakin tinggi kecenderungan untuk mengkonversi.

Barantum CRM memiliki fitur terbaik untuk bisnis kecil

Nah, Barantum CRM menjawab semua kebutuhan di atas. Barantum secara otomatis akan menyimpan data kontak pelanggan Anda beserta dengan kebutuhan dan referensi mereka.  Dengan informasi lengkap ini, Anda akan mudah membangun interaksi dengan pelanggan; dalam hal ini adalah memberikan solusi untuk mereka. Selain itu, Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan biaya untuk menghubungi prospek. Barantum CRM akan ‘memberitahu’ Anda prospek mana yang paling memungkinkan untuk berkonversi. Sehingga, proses penjualan Anda tidak berjalan lama dan lebih mudah untuk menutup penjualan atau mencapai close won.

Setelah Anda mengetahui keunggulan Barantum CRM secara umum, mari ketahui keunggulan lainnya!

1. Mampu berjalan di berbagai platform

Jika CRM Anda hanya berjalan di komputer atau desktop, akan sangat terbatas pada apa yang dapat Anda lakukan dengannya. Semua panggilan harus dirutekan ke tempat yang memiliki komputer dengan perangkat lunak yang diinstal, jika tidak, database CRM tidak dapat diakses.

Pendekatan berbasis cloud yang dimiliki Barantum CRM dapat membantu mengatasi masalah ini. Karena dapat Anda gunakan di komputer mana pun dengan koneksi internet. Mungkin setiap anggota tim penjualan Anda bekerja di lokasi yang berbeda, tetapi berbagi kumpulan pelanggan yang sama. Jadi penting untuk dapat membagikan informasi ini.

Barantum CRM juga dapat Anda gunakan pada handphone dan tablet. Anda dapat membuat dan menerima panggilan di mana saja dengan akses penuh ke CRM yang disinkronkan dengan versi web. Jika pelanggan menelepon kembali dan menghubungi anggota tim penjualan yang berbeda, mereka dapat melanjutkan percakapan mereka karena semua informasi yang relevan akan tersedia untuk tenaga penjual ini juga.

Baca juga: Ketahui 7 Manfaat Tersembunyi Dari CRM Mobile!

2. Mampu menghubungkan beberapa tim

Jika perusahaan Anda berurusan dengan banyak produk, mungkin ada anggota tim penjualan yang lebih cocok untuk bekerja dengan produk tertentu. Prospek dapat ditugaskan ke tenaga penjualan ini sesuai kebutuhan melalui kecerdasan Barantum CRM.

Ini akan membuat proses penjualan Anda lebih efektif karena pelanggan akan berurusan dengan para ahli tentang produk yang mereka minati, sehingga memudahkan mereka untuk mendapatkan jawaban yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan pembelian yang tepat.

2. Mampu mengotomatisasi proses penjualan

Seperti yang telah Anda lihat di atas, informasi dapat dikumpulkan secara otomatis untuk membangun profil prospek dan pelanggan Anda, tetapi bukan itu saja. Otomatisasi dapat bekerja dengan cara lain, menambahkan tugas ke daftar tugas tim penjualan jika pelanggan perlu mereka panggil atau kirimkan email dengan informasi lebih lanjut. Anda dapat menjadwalkan rapat dan melacak tim lapangan Anda untuk memastikan mereka tiba tepat waktu. Mereka juga dapat menambahkan catatan rapat ke database Barantum CRM, yang selanjutnya meningkatkan layanan yang akan didapatkan pelanggan saat mereka melakukan kontak berikutnya.

Apakah bisnis saya membutuhkan software CRM?

Jika Anda ingin melakukan penjualan secara teratur dan memiliki pelanggan yang puas, jawabannya tidak diragukan lagi adalah “ya”. Jika Anda memiliki satu tenaga penjual dan satu pelanggan, Anda mungkin bisa lolos tanpa menggunakan solusi CRM apa pun, tetapi saat Anda tumbuh lebih dari itu, Anda harus mulai melacak semuanya. Gunakanlah Barantum CRM.

Mencoba menjalankan bisnis yang efektif tanpa menggunakan software CRM adalah seperti mencoba menelepon seseorang dan menebak angka di sana. Anda mungkin bisa lolos pada akhirnya, tetapi hasilnya tidak akan pernah sebaik yang seharusnya jika Anda memiliki semua informasi untuk memulai.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang