Apa saja metrik penjualan yang harus Anda perhitungkan?

Sebuah aspek yang paling sering kita perhatikan dalan aktivitas penjualan adalah hasil penjualan atau jumlah closing sale. Padahal ada aspek lainnya yang tak kalah penting. Mari simak 5 metrik penjualan berikut untuk mencapai kesuksesan bisnis dan meningkatkan profit bisnis.

Target

Metrik penjualan yang pertama adalah target. Setiap anggota tim penjualan tentu mempunyai target. Menggunakan target bisa membuat tim penjualan Anda bersemangat. Target yang realistis selalu lebih baik dan ketika anggota tim Anda mencapai target mereka, mereka akan merasakan kepuasan dan pencapaian. Ini berguna untuk melihat bagaimana kinerja masing-masing anggota, dan juga penting untuk melihat apa yang telah tim capai secara keseluruhan.

Menggunakan laporan metrik aktivitas penjualan dibandingkan menggunakan target yang telah ditetapkan akan membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu Anda fokuskan untuk meningkatkan bisnis. Jika seseorang kurang menjual, atau tim tidak berkinerja sebaik yang Anda harapkan, Anda dapat memusatkan upaya Anda untuk mendorong atau melatih mereka untuk mendapatkan yang terbaik dari mereka.

Baca juga5 Strategi Penjualan Agar Lebih Unggul dari Pesaing anda

Metrik pertumbuhan penjualan

Mencapai target adalah baik dan bagus, tetapi jika target tetap sama selamanya, bisnis tidak akan pernah berkembang. Metrik penjualan ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana angka penjualan Anda berubah dari waktu ke waktu. Namun, mungkin ada periode tahun yang lebih lambat dari yang lain. Sehingga membandingkan data saat ini dengan data yang lebih lama dapat memberi Anda wawasan tentang mengapa angka tersebut menuju ke arah tertentu.

Anda juga akan melihat bagaimana jumlah rata-rata penjualan meningkat dibandingkan dengan penjualan yang dilakukan pada periode sebelumnya. Jika angka Anda secara konsisten naik dari tahun ke tahun, Anda tahu Anda melakukan sesuatu yang benar. Jika mereka menuju ke arah yang berlawanan, Anda perlu mengambil tindakan dengan cepat. Apakah Anda membutuhkan lebih banyak iklan? Pelatihan yang lebih baik? Produk baru atau terupdate? Hanya Anda yang tahu apa yang terbaik untuk bisnis Anda, tetapi angka penjualan Anda mudah hilang jika Anda tidak membandingkannya dengan kinerja sebelumnya.

Tingkat konversi prospek

Metrik penjualan konversi prospek sangatlah penting mengingat bisnis senantiasa mengharapkan prospek berkonversi menjadi pelanggan. Idealnya, setiap prospek yang datang ke bisnis Anda cepat atau lambat akan menjadi pembeli. Fakta bahwa ini hampir sulit terjadi, sebagian besar bisnis memiliki tingkat konversi prospek yang jauh lebih rendah.

Metrik aktivitas penjualan akan memungkinkan Anda melihat pelanggan mana yang membeli dari Anda. Anda akan dapat menemukan bagaimana pelanggan ini pada awalnya mengetahui tentang bisnis Anda, dan proses yang mereka lalui untuk menjadi pelanggan.

Untuk prospek yang belum mengambil risiko, Anda mungkin dapat mengidentifikasi apa yang dimaksud dengan penangguhan. Mungkin mereka perlu melalui proses tertentu yang harus diselesaikan oleh pelanggan yang membayar sebelum mereka membeli.

Jika Anda menemukan bahwa tingkat konversi prospek Anda sangat rendah, mungkin sudah saatnya untuk meninjau seluruh proses penjualan Anda. Dengan menjadi prospek, Anda tahu orang-orang ini memiliki minat pada apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda jual. 

Metrik kinerja produk

Bisnis Anda mungkin hanya memiliki beberapa produk dan layanan, atau mungkin memiliki ratusan opsi untuk pelanggan pilih. Metrik kinerja produk mengukur seberapa baik produk (atau layanan) tertentu terjual selama periode waktu tertentu. Anda mungkin menemukan bahwa suatu produk tidak pernah laku. Apakah tidak cocok untuk pelanggan Anda, atau hanya tidak dipasarkan dengan baik?

Mungkin saja suatu produk terjual dengan baik di satu area, tetapi tidak di area lain. Performa produk yang lebih rendah tidak selalu berarti bahwa produk tersebut gagal, karena mungkin hanya menarik bagi sebagian kecil audiens Anda. Menganalisis metrik kinerja produk Anda akan memberi Anda petunjuk tentang produk mana yang perlu Anda periksa lebih dekat, mana yang membutuhkan promosi lebih, dan mana yang tampaknya disukai pelanggan Anda. Beberapa bisnis mungkin menyepelekan metrik penjualan ini. Percayalah, metrik ini begitu penting, terutama untuk perusahaan SaaS.

Biaya penjualan vs pendapatan

Metrik penjualan selanjutnya adalah perbandingan antara biaya penjualan dengan pendapatan. Setiap penjualan yang Anda lakukan memiliki biaya yang menyertainya, sehingga angka penjualan Anda mungkin hanya mewakili setengah dari cerita. Biaya penjualan yang Anda buat mungkin terkait dengan biaya produksi, atau bahkan dengan waktu yang dihabiskan oleh tim penjualan melalui proses penjualan dengan pelanggan.

Membandingkan biaya penjualan dengan pendapatan yang Anda hasilkan akan menyoroti area yang perlu Anda tangani untuk meningkatkan keuntungan Anda. Bisakah Anda menurunkan biaya produksi? Bisakah proses penjualan disederhanakan sehingga tim penjualan perlu menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menjual produk?

Laba yang Anda hasilkan adalah ukuran sebenarnya dari kesuksesan bisnis Anda, karena pendapatan tidak berarti apa-apa jika semuanya dimakan oleh biaya operasional bisnis Anda.

Menggunakan metrik penjualan untuk memfasilitasi pertumbuhan

Mampu melihat keseluruhan gambaran dalam kaitannya dengan penjualan akan membantu Anda memahami dari mana bisnis Anda dan dari mana asalnya. Ini akan membantu Anda merencanakan masa depan secara efektif.

Tim penjualan yang termotivasi akan selalu berusaha mencapai penjualan terbaik untuk Anda. Menetapkan target yang sesuai dengan tingkat keahlian mereka dan untuk produk yang Anda jual akan selalu mendorong mereka untuk berkinerja baik.

Mengetahui bagaimana penjualan sebelumnya telah berubah sepanjang tahun juga akan membantu Anda membuat penyesuaian kecil yang Anda perlukan untuk mendapatkan yang terbaik dari tim Anda, dan dalam kasus terburuk, Anda akan tahu anggota tim mana yang perlu pelatihan dan produk mana yang memerlukan perubahan.

Belajar dari kinerja masa lalu akan memungkinkan Anda untuk memprediksi kesuksesan masa depan Anda jauh lebih akurat daripada hanya mengandalkan angka penjualan saja. Semakin banyak metrik penjualan yang Anda pertimbangkan, maka akan semakin baik.

Jika Anda mencari alat yang dapat membantu Anda mengukur aktivitas penjualan dan kinerja tim, Anda harus mencoba CRM Barantum. Muncul dengan dasbor yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, CRM Barantum juga menghadirkan berbagai fitur dengan kemudahannya. 

Coba pakai Barantum sekarang dan dapatkan sejuta kemudahannya!

CTA to Barantum.com

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".